Daily Archives: July 2, 2018

Souvenir Aqiqah Kare Madiun

By | Paket Aqiqah, Tentang Aqiqah | No Comments

SOUVENIR AQIQAH KARE MADIUN

Souvenir aqiqah di Kare Madiun dapat dipesan melalui Aqiqah Berkah Madiun. Pemesanan souvenir aqiqah dapat dilakukan secara online dengan menghubungi nomor 085853444472.

Paket Aqiqah Murah (4)Lengkapi kebutuhan aqiqah dengan souvenir aqiqah. Dapat dipesan langsung pada Aqiqah Berkah secara online. Aqiqah merupakan suatu bentuk ibadah yang dilaksanakan sebagai penebusan diri seorang bayi yang baru lahir. Aqiqah dilakukan dengan bersedekah, menyembelih binatang ternak, membagikannya dalam keadaan matang kepada saudara, kerabat, tetangga atau fakir miskin. Aqiqah bukan suatu bentuk kewajiban namun anjuran agar dilaksanakan.

Aqiqah menjadi tanggung jawab sang penanggung nafkah anak. Meskipun terdapat perbedaan pendapat dari beberapa ulama, aqiqah lebih banyak dihukumi sunnah muakadah. Dianjurkan dilaksanakan di hari ke tujuh kelahiran anak dengan syarat dan ketentuan.

Dalam pelaksanaan aqiqah, afdhalnya dilaksanakan di hari ketujuh kelahiran anak. Pada pelaksanaan aqiqah tersebut, orangtua diperintahkan untuk mencukur gundul rambut sang bayi dan memberi nama yang baik untuk sang bayi. Sebagaimaa yang telah disampaikan oleh Rasulullah SAW :

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِيْـنَـةٌ بِـعَـقِـيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَـنْـهُ يَـوْمَ سَابِـعِـهِ وَيُـسَـمَّى فِيْـهِ وَيُـحْلَـقُ رَأْسُـهُ

“Setiap anak yang lahir tergadai aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari itu ia diberi nama dan digunduli rambutnya.” (Hadits Sahih Riwayat Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah, Baihaqi dan Hakim).

Adapun manfaat yang diperoleh dengan melaksanakan aqiqah salah satunya adalah memberikan titik terang mengenai nashab atau garis keturunan sang anak dan memberikan kabar bahagia kelahiran sang buah hati. Mengenai pelaksanaan aqiqah anak, diupayakan melaksanakan aqiqah di waktu yang telah disyariatkan oleh Islam, bila tidak bisa dapat dilakukan sebelum anak baligh.

Paket Aqiqah Murah (5)Sementara itu mengenai pelaksanaan aqiqah ketika sudah dewasa, Imam Ahmad dan Imam Ibnu Qudamah berpendapat bahwa ketika sudah dewasa dan waktu kecil termasuk tidak mampu melaksanakan aqiqah, maka gugur aqiqah untuk dirinya.

Anjuran hewan sembelihan aqiqah adalah dua ekor kambing untuk bayi laki-laki dan seekor kambing untuk bayi perempuan. Bagi yang mampu menyembelihkan 2 ekor kambing untuk anak laki-laki maka harus dilakukan, namun apabila tidak mampu maka boleh menyembelih cukup satu ekor kambing saja. Intinya bahwa yang mengaqiqahi anak laki-laki dengan dua ekor kambing lebih layak diterima.

Mengenai souvenir aqiqah, Rasulullah memang tidak menganjurkan secara jelas dalam sabdanya untuk memberikan souvenir aqiqah. Pada masa Nabi SAW belum ada pembahasan mengenai hal tersebut. Namun, seiring berkembangnya zaman dan tanpa meninggal syariat ajaran Islam, memberikan souvenir aqiqah untuk para tamu undangan dapat dimaksudkan sebagai sedekah.

Dengan niat tulus dan ikhlas dalam memberikan jamuan aqiqah serta souvenir aqiqah, Insya Allah akan diganti dengan pahala dan catatan amal baik. Yang terpenting adalah niat pemberiannya bukan dalam niat pamer atau sombong. Karena niat oamer tersebut maka sedekah tidak akan berarti apa-apa justru akan merugikannya.

Aqiqah Berkah menyediakan layanan souvenir aqiqah Kec. Kare Kab. Madiun, untuk tiap pemesanan paket aqiqah mandiri. Aqiqah Berkah memberikan fasilitas buku risalah GRATIS untuk para tamu undangan Anda dalam aqiqah mandiri. Insya Allah layanan kami adalah yang termurah, termudah dan berkah.

Pemesanan jasa layanan aqiqah dan souvenir aqiqah untuk wilayah Kare Madiun dapat menghubungi :

Telephone / SMS : 0858-5344-4472

Whatsapp : 0858-5344-4472

PinBB: 7C0B38CE

Alhamdulillah banyak pelanggan Aqiqah Berkah di Kare Madiun yang tetap menjaga silaturahim dan melakukan pemesanan aqiqah kembali maupun pemesanan hewan qurban untuk kesempurnaan ibadah sunnah. Nah bagaimana kini dengan Anda yang akan melaksanakan aqiqah ? Tidak perlu kehilangan waktu dan tenaga untuk kesempurnaan ibadah sunnah Anda. Aqiqah Berkah akan menjadi partner terbaik dalam ibadah.

Aqiqah Berkah Kare Madiun

By | Paket Aqiqah, Tentang Aqiqah | No Comments

AQIQAH BERKAH KARE MADIUN

Aqiqah Berkah cabang wilayah Kab. Madiun akan menjadi mitra terbaik Anda dalam pelaksanaan aqiqah khususnya di Kec. Kare Madiun. Layanan memuaskan tanpa meninggalkan keabsahan aqiqah, hubungi segera 085853444472.

Paket Aqiqah Murah (3)

Kini mulai banyak bermunculan jasa layanan aqiqah dan qurban di berbagai wilayah. Salah satu jasa layanan aqiqah dan qurban yang terpercaya di Jawa Timur khususnya Madiun adalah Aqiqah Berkah. Telah lama berdiri sejak tahun 2008 dan hingga kini mulai berkembang di berbagai wilayah di Jawa Timur.

Ketahuilah bahwa dengan melaksanakan aqiqah akan diperoleh beberapa keutmaan. Aqiqah disyariatkan sebagai sebuah bentuk untuk menampakkan kenikmatan (tahadduts bi al-ni’mah) dan rasa syukur kepaa Allah karena anak telah lahir. Selain itu, aqiqah pun sebagai sebuah syiar kepada orang-orang bahwa telah lahir seorang anak yang akan menjadi bagian dari masyarakat. Anak tersebut nanti memiliki hak dan kewajiban terhadap masyarakat.

Hukum melaksanakan aqiqah adalah sunnah muakkad khususnya bagi sang penanggung nafkah anak tersebut. Meskipun seorang ayah ada dalam kemiskinan, lebih baik dia melakukan aqiqah. Karena, Rasulullah dan para sahabat melakukannya. Rasulullah SAW, pernah bersabda, “ Anak digadaikan oleh aqiqahnya. Aqiqah tersebut disembelih pada hari ketujuh, di beri nama, an dicukur rambutnya.” (HR Al-Tirmidzi, Al-Nasa’i, Abu Daud, Ibn Majah). Dalam hadist riwayat Abu Daud diriwayatkan bahwa Rasulullah menyembelih aqiqah untuk Al-Hasan dan Al-Husain dengan kambing.

Paket Aqiqah Murah (2)Adanya Aqiqah Berkah di Jawa Timur guna membantu kelancaran pelaksanaan aqiqah dan qurban umat muslim. Banyak diantara umat muslim khususnya di wilayah Kare yang kerepotan mempersiapkan acara aqiqah bahkan hanya memiliki waktu minim untuk mempersiapkannya. Nah untuk itulah Aqiqah Berkah hadir agar umat muslim tetap dapat melaksanakan ibadah sunnah meskipun dalam waktu yang minim.

Banyak sekali paket layanan aqiqah dan qurban yang ditawarkan oleh Aqiqah Berkah seperti di Kec. Kare Kab. Madiun. Untuk paket aqiqah tersedia paket aqiqah mandiri dan paket aqiqah peduli. Sedangkan untuk paket qurban tersedia paket qurban peduli syar’i dan paket qurban mandiri syar’i.

Pemesanan Aqiqah Berkah di Kec. Kare Kab. Madiun dapat dilakukan secara online dengan menghubungi :

Call / SMS : 0858 5344 4472

Whatsapp : +62858 5344 4472

PinBB : 7C0B38CE

Sahabat Aqiqah Berkah yang dirahmati Allah, hikmah mendasar apabila kita menjalankan sunnah aqiqah adalah wujud dari rasa syukur dan rasa gembira demi tegaknya agama Islam dan lahirnya keturunan yang dikemudian hari akan memperbanyak umat Nabi Muhammad SAW. Menjadi terhubungnya talii silaturahim antar anggota masyarakat dalam menyambut kedatangan anak yang baru lahir.

Anda juga dapat memesan paket qurban pada Aqiqah Berkah. Tersedia paket qurban mandiri syar’i dan paket qurban peduli syar’i. Berikut ini uraian paket qurban pada Aqiqah Berkah :

Paket Qurban Peduli Syar’i

Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan paket qurban dari kota Anda (Jawa dan Luar Jawa).

Paket Qurban Mandiri Syar’i

Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban. Adapun kota yang kami sediakan untuk layanan paket qurban mandiri adalah Kab. Nganjuk, Kab. Madiun Kab. Kediri, Kab. Jombang, Kab. Blitar, Kab. Trenggalek, Kab. Tulungagung.

Adapun jenis hewan qurban yang telah di sediakan adalah :

1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-

2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-

3) Kambing Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-

Aqiqah di Kare Madiun

By | Paket Aqiqah, Tentang Aqiqah | No Comments

AQIQAH DI KARE MADIUN

Kecamatan Kare Kab. Madiun terdapat sejumlah 8 Desa atau Kelurahan yakni Desa Bodog, Desa Bolo, Desa Cermo, Desa Kare, Desa Kepel, Desa Kuwiran, Desa Morang, Desa Randualas.

Hukum Pelaksanaan Aqiqah

Hukum melaksanakan aqiqah menurut kalangan Imam Syafi’i dan Hambal adalah sunnah muakadah. Dasar yang digunakan oleh kalangan Syafi’i dan Hambali adalah hadts Nabi Muhammad SAW yang artinya sebagai berikut ini :

“anak-anak tergadai (tertahan) pada aqiqahnya, disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari itu pula dicukurlah ia dan diberi nama.” (HR. Al-Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Madjah, dari Hasan).

Dari ummu Kurzin Al-Ka’biyah r.a, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW, bersabda : “Bagi anak laki-laki dua ekor kambing yang sama, sedangkan bagi anak perempuan satu ekor kambing.” (HR Al-Tirmidzi dan Ahmad).

Paket Aqiqah Murah (1)Demi tegaknya Islam dan untuk membantu kelancaran pelaksanaan aqiqah untuk putera puteri Anda, aqiqah di Madiun khusunya di Kec. Kare, kini hadir jasa aqiqah Kec. Kare. Salah satu yang terpercaya dan telah berkali-kali melayani kebutuhan aqiqah adalah jasa layanan Aqiqah Berkah Madiun.

Agar menjadi tambahan pengetahuan bagi Anda, ketahuilah pengertian mengenai aqiqah berikut ini. Aqiqah menurut bahasa artinya “memotong”. Asal mulanya aqiqah ialah rambut yang terdapat pada kepala bayi ketika bayi tersebut keluar dari rahim ibunya. Rambut bayi tersebut dinamakan dengan aqiqah karena rambut tersebut harus dipotong (dicukur).

Secara istilah, aqiqah adalah hewan yang disembelih karena bayi atau untuk bayi yang dilahirkan tersebut. Dinamakan sembelihan aqiqah karena hewan tersebut disembelih pada hari ketujuh saat mencukur rambut kepala bayi.

Sedangkan waktu yan afdhal melaksanakan aqiqah menurut sebagian besar ulama adalah di hari ketujuh. Bila luput dilaksanakan pada hri ketujuh, maka dapat dilaksanakan pada hari ke empat belas atau ke dua puluh satu dari kelahirannya. Bila masih tidak memungkinkan maka dapat dilaksanakan kapan saja hingga anak belum baligh.

Hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi :

“Disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari ke-empat belas, dan pada hari kedua puluh satu.”

Rangkaian aqiqah berikutnya adalah memberi nama yang baik pada sang bayi, mencukur rambutnya dan bersedekah seberat timbangan rambut bayi tersebut.

Aqiqah Berkah memberikan pelayanan dua paket pilihan aqiqah untuk aqiqah di Kec. Kare Kab. Madiun. Layanan Paket Aqiqah Mandiri dan Layanan Paket Aqiqah Peduli. Berikut ini penjelasan mengenai pilihan paket aqiqah yang ditawarkan :

Aqiqah Mandiri

  1. Dikirim ke rumah Sohibul Aqiqah.
  2. Wilayah Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kediri, malang, Tulungagung, Madiun dan Sekitarnya.
  3. Pilihan menu (pengganti sate) lapis, Krengseng, sate rebus, rendang, dendang ragi, gule.

Aqiqah Peduli

  1. Dikemas dalam benttuk walimatul aqiqah.
  2. Masakan di antar ke panti asuhan, masyarakat yang membutuhkan, pondok pesantren, desa binaan lengkap dengan nasi, kerupuk, buah dan air mineral.
  3. Shohibul aqiqah akan mendapatkan foto hewan aqiqah. Ucapan terima kasih dari wakil penerima aqiqah, laporan dan dokumentasi pelaksanaan aqiqah.

Segera tunaikan ibadah sunnah aqiqah dengan memesan paket aqiqah pada Aqiqah Berkah. Cara mudah pemesanan paket aqiqah adalah sebagai berikut :

Silahkan hubungi customer service Aqiqah Berkah Madiun di nomor layanan :

WA : +62858 5344 4472

BBM : 7C0B38CE

TELPON/SMS : 0858 5344 4472

Atau Anda juga dapat menginformasikan melalui sms atau Email dengan format sebagai berikut ini : Nama Anak, Tempat tanggal lahir, Nama Bapak & Ibu, Tanggal permintaan pelaksanaan aqiqah, Alamat pengiriman laporan Aqiqah Anda.

Silahkan transfer dana aqiqah ke nomor rekening lembaga (a.n. Peduli Dhuafa)

Konfirmasi segera kepada customer service kami apabila sudah melakukan transfer dana.

Sesuai tanggal yang di sepakati, aqiqah akan dilaksanakan sesuai dengan pilihan paket Anda.

H+3 Laporan pelaksanaan aqiqah kami kirim ke alamat yang telah disepakati di awal.

Laporan akan sampai pada shohibul aqiqah perkiraan H+5 dan seterusnya. Apabila belum sampai, mohon segera konfirmasi kepada Kami.

Layanan Aqiqah Berkah Saradan Madiun

By | Paket Aqiqah, Paket Qurban, Tentang Aqiqah, Tentang Qurban | No Comments

LAYANAN AQIQAH BERKAH SARADAN MADIUN

Aqiqah Berkah cabang wilayah Kab. Madiun akan menjadi mitra terbaik Anda dalam pelaksanaan aqiqah khususnya di Kec. Saradan Madiun. Layanan memuaskan tanpa meninggalkan keafdhalan aqiqah, hubungi segera 085853444472.

PUASA (2)

Makna Perintah Aqiqah

Sebagai muslim yng taat dan patuh akan perintah-Nya, syukuri kelahiran sang anak dengan anjuran Islam yakni aqiqah. Setiap pasangan suami istri tentunya mendambakan adanya keturunan. Ketika diberi nikmat dan kebahagiaan atas kelahiran sang anak, syukuri dan wujudkan dalam bentuk aqiqah. Imam Qayyim dalam kitabnya ‘Tuhfatul Maudud’ mengatakan bahwa : Imam Jauhari berkata : Aqiqah ialah “menyembelih hewan pada hari ketujuhnya dan mencukur rambutnya.”

Perintah aqiqah oleh sebagian besar ulama fiqih dihukumi sunnah muakadah terutama bagi sang penanggung nafkah anak tersebut. Beberapa orang menyebutkan bahwa aqiqah adalah nama untuk hewan yang disembelih. Namun, secara syar’i aqiqah adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang telah lahir. Apakah sudah melaksanakan akikah anak ?

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Aqiqah menurut sunnah Nabi dilaksanakan pada hari ketujuh sejak kelahiran bayi. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dikatakan :

تذبح لسبع ، و لاربع عشر ، و لاحد و عشرين

“Disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari ke-empat belas, dan pada hari kedua puluh satu.”

Waktu penyembelihan hewan untuk aqiqah jika memungkinkan dilangsungkan pada hari ke tujuh. Jika tidak, maka pada hari ke-14. Dan apabila masih tidak memungkinkan, maka pada hari ke-21 dari hari kelahirannya. Jika masih tidak memungkinkan lagi maka dapat dilaksanakan kapan saja hingga orangtua mampu untuk mengaqiqahi anak.

Kini mulai banyak bermunculan jasa layanan aqiqah dan qurban di berbagai wilayah. Salah satu jasa layanan aqiqah dan qurban yang terpercaya di Jawa Timur khususnya Madiun adalah Aqiqah Berkah. Telah lama berdiri sejak tahun 2008 dan hingga kini mulai berkembang di berbagai wilayah di Jawa Timur.

Paket Aqiqah Murah

Adanya Aqiqah Berkah di Jawa Timur guna membantu kelancaran pelaksanaan aqiqah dan qurban umat muslim. Banyak diantara umat muslim yang kerepotan mempersiapkan acara aqiqah bahkan hanya memiliki waktu minim untuk mempersiapkannya. Nah untuk itulah Aqiqah Berkah hadir agar umat muslim tetap dapat melaksanakan ibadah sunnah meskipun dalam waktu yang minim.

Banyak sekali paket layanan aqiqah dan qurban yang ditawarkan oleh Aqiqah Berkah seperti di Kec. Saradan Madiun. Untuk paket aqiqah tersedia paket aqiqah mandiri dan paket aqiqah peduli. Sedangkan untuk paket qurban tersedia paket qurban peduli syar’i dan paket qurban mandiri syar’i.

Aqiqah Mandiri

  1. Dikirim ke rumah Sohibul Aqiqah
  2. Wilayah Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kediri, Tulungagung, Madiun dan sekitarnya
  3. Pilihan menu (pengganti sate) lapis, krengseng, sate rebus, rendang, dendeng ragi, rawon

Aqiqah Peduli (Tebar Aqiqah Berkah)

  1. Dikemas dalam bentuk walimatul aqiqah
  2. Masakan di antar ke panti asuhan, masyarakat yang membutuhkan, pondok pesantren, desa binaan lengkap dengan nasi, kerupuk, buah dan air mineral
  3. Shohibul aqiqah akan mendapatkan foto hewan aqiqah, ucapan terima kasih dari wakil penerima aqiqah, laporan dan dokumentasi pelaksanaan aqiqah.

Pemesanan Aqiqah Berkah di Kec. Saradan kab. Madiun dapat dilakukan secara online dengan menghubungi :

Call / SMS : 0858 5344 4472

Whatsapp : +62858 5344 4472

PinBB : 7C0B38CE

Sahabat Aqiqah Berkah yang dirahmati Allah, hikmah mendasar apabila kita menjalankan sunnah aqiqah adalah wujud dari rasa syukur dan rasa gembira demi tegaknya agama Islam dan lahirnya keturunan yang dikemudian hari akan memperbanyak umat Nabi Muhammad SAW. Menjadi terhubungnya talii silaturahim antar anggota masyarakat dalam menyambut kedatangan anak yang baru lahir.

Pengetahuan Puasa

By | Berita | No Comments

PENGETAHUAN PUASA

“Makan dan minumlah kamu hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar, kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam” (QS Al Baqarah : 187).

PUASA

Pengertian Puasa

Puasa menurut lughat (bahasa) artinyamenahan. Sedangkan puasa menurut syara’ (istilah) adalah suatu amal ibadah yang dilaksanakan dengan cara menahan diri dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahri disertai niat karena Allah dengan syarat dan rukun tertentu. Sebagaimana yang telah diterangkan dalam surat Al Bawarah ayat 187 yang artinya sebagai berikut ini :

“Makan dan minumlah kamu hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar, kemudiansempurnakanlah puasa itu sampai malam” (QS Al Baqarah : 187).

Dalil Dasar Perintah Puasa

Dasar perintah untuk berpuasa telah Allah jelaskan dalam firmannya di surat Al Baqarah. Berikut ini surat Al- Quran yang menerangkan mengenai perintah berpuasa :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”. (QS Al Baqarah 183).

“Beberapa hari yang ditentukan itu adalah bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunakn (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalmu) dibulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu”. (QS Al-Baqarah : 185).

PUASA (1)

Syarat Wajib Puasa

Adapun yang menjadi syarat wajib untuk mengerjakan puasa itu ada lima hal yakni :

  1. Beragama Islam
  2. Berakal sehat, sehingga dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk
  3. Baligh, akan tetapi walau demikian orangtua diperintahkan untuk mengajari anak-anaknya untuk berpuasa walaupun tidak samapai sehari penuh.
  4. Mampu untuk mengerjakannya (tidak dalam keadaansakit)
    Suci dari haidh dan nifas

Rukun Puasa

Mengenai rukun puasa, berikut ini adalah rukun puasa yang harus dipenuhi :

  1. Niat. Niat yaitu menyengaja mengerjakan puasa. Bila puasanya itu wajib (Ramadhan), maka niatnya harus dilakukann pada malam hari (sebelum terbit fajar). tetapi apabila puasanya itu sunnat, maka niatnya boleh dilakukan pada pagi hari sebelum masuk waktu dzuhur. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam yang lima dari Hafshah ra, bahwa Nabi SAW bersabda, “Siapa yang tidak menetapkan niat puasa sebelum fajar, maka tidak sah puasanya” (HR Imam yang Lima)
  2. Menahan makan, minum dan apapun yang dapat membatalkannya sejak terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.

Makruh Puasa

Adapun yang termasuk dalam makruhnya puasa antara lain :

  1. Berkata kotor, keji, mencaci maki, mengumpat, bertengkar dan berkata berlebih-lebihan.
  2. Melambatkan berbuka puasa dengan sengaja setelah jelas masuk waktu Maghrib dengan meyakini bahwa yang demikian itu adalah yang lebih utama.
  3. Mengunyah atau mencicipi makanan, kecuali ada keperluan seperti mengunyahkan makan untuk anaknya.
  4. Berbekam kecuali ada keperluan.
  5. Bersiwak atau menggosok gigi setelah tergelincir matahari kecuali ada keperluan.
  6. Berkumur-kumur secara berlebih-lebihan setelah tergelincir matahari.

Qurban Aqiqah (4)

Hal-hal Membatalkan Puasa

Hal-hal yang dapat membatalkan puasa selain makan dan minum dengan sengaja, berikut uraiannya :

  1. Memasukkan sesuatu ke dalam rongga badann dengan sengaja.
  2. Melakukan hubungan suami istri (bersetubuh) di siang hari.
  3. Keluar mani dengan sengaja. Adapun bila keluarnya tidak disengaja, misalnya mimpi atau lainnya maka hal itu tidak membatalkan puasa.
  4. Muntah dengan sengaja.
  5. Hilang akal (ingatannya), misalnya gila, mabuk atau pingsan.
  6. Datangnya haidh atau nifas (bagi perempuan).
  7. Murtad (keluar dari agama Islam).