Daily Archives: July 19, 2018

Qurban Kambing Hamil

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

Qurban Kambing Hamil

Hai sobat Aqiqah Berkah….Bagaimana kabar kalian hari ini?. Kabar Baik kan….Ok Kali ini kita akan membahas tentang berqurban dengan kambing yang sedang hamil. Dari judulnya saja sudah membuat penasarankan….apakah boleh berqurban dengan kambing yang sedang hamil? Lebih lengkapnya kita lihat penjelasannya berikut.

Kata qurban yang kita fahami, berasal dari bahasa Arab, artinya pendekatan diri, sedangkan maksudnya adalah menyembelih binatang ternak sebagai sarana pendekatan diri kepada Allah. Arti ini dikenal dalam istilah Islam sebagai udhiyah. Udhiyah secara bahasa mengandung dua pengertian, yaitu kambing yang disembelih waktu Dhuha dan seterusnya, dan kambing yang disembelih di hari ‘Idul Adha. Adapun makna secara istilah, yaitu binatang ternak yang disembelih di hari-hari Nahr dengan niat mendekatkan diri (taqarruban) kepada Allah dengan syarat-syarat tertentu (Syarh Minhaj).

Adapun binatang yang boleh digunakan untuk berqurban adalah binatang ternak (Al-An’aam), unta, sapi dan kambing, jantan atau betina. Sedangkan binatang selain itu seperti burung, ayam dll tidak boleh dijadikan binatang qurban.

Allah Swt berfirman:” Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka” (QS Al-Hajj 34).

Kambing untuk satu orang, boleh juga untuk satu keluarga. Karena Rasulullah Saw. Menyembelih dua kambing, satu untuk beliau dan keluarganya dan satu lagi untuk beliau dan umatnya. Sedangkan unta dan sapi dapat digunakan untuk tujuh orang, baik dalam satu keluarga atau tidak, sesuai dengan hadits Rasulullah Saw.: Dari Jabir bin Abdullah, berkata “Kami berqurban bersama Rasulullah Saw. di tahun Hudaibiyah, unta untuk tujuh orang dan sapi untuk tujuh orang” (HR Muslim).

Berqurban merupakan amal ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah, sehingga hewan yang dijadikan qurban juga disyaratkan bagus, sehat, dagingnya banyak, dan sebagainya. Memang terdapat beberapa kriteria hewan yang tidak mencukupi apabila dijadikan qurban, yaitu hewan yang jelas butanya (buta sebelah), jelas pincangnya, jelas sakitnya, dan jelas kurusnya. Hal ini didasarkan pada hadits Nabi saw. bahkan hewan yang jelas putus telinga dan ekornya juga tidak mencukupi untuk dijadikan sebagai hewan qurban.

Nah, sekarang apabila hewan yang dijadikan qurban tersebut betina apalagi sedang bunting (hamil), bagaimana hukumnya? Dalam hal ini perlu dijelaskan bahwa hewan yang dijadikan qurban haruslah yang sehat, bagus, banyak dagingnya, dan telah memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai hewan qurban, tidak memandang apakah jantan atau betina. Sehingga kesimpulannya, Hewan betina tidak masalah apabila dijadikan sebagai hewan qurban. Apabila ternyata hewan tersebut sedang bunting (hamil), maka dalam hal ini terjadi khilaf (perbedaan pendapat) di antara ulama, Ibn ar-Rif’ah berpendapat bahwa hewan yang sedang bunting boleh dijadikan sebagai hewan qurban, karena janinnya justru bisa digunakan sebagai tambahan daging, tetapi terdapat pula imam lain (seperti Ibn an-Nuqaib) yang mengatakan tidak boleh, karena bunting termasuk kategori cacat. Dan terdapat pula yang memerinci, apabila hewan yang bunting tersebut gemuk serta dagingnya bagus dan banyak, maka boleh dijadikan sebagai hewan qurban, akan tetapi apabila kurus tak berdaging, maka tidak boleh dijadikan sebagai hewan qurban. Sehingga kesimpulannya, diperbolehkan berqurban dengan hewan betina termasuk apabila ternyata sedang bunting, asalkan gemuk, dagingnya banyak, bagus dan tidak cacat, dan telah memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai hewan qurban. (Kifayatul Akhyar, Juz II, hlm. 236-239).

Nah, sobat semua sudah mengertikan bahwa berqurban dengan kambing atau bintang ternak yang sedang hamil atau bunting diperbolehkan asalkan hewan qurban tersebut sudah memenuhi kriteria yang sudah ditentukan. Jika sobat semua akan berqurban tetapi bingung memilih hewan qurban yang bagus dan memenuhi kriteria untuk berqurban, kami siap membantu sobat untuk memilih hewan qurban yang berkualitas baik untuk sobat Aqiqah Berkah.

Untuk Informasi dan Pemesanan bisa Menghubungi :

TELPON/SMS :

0858-5344-4472

_-_Aqiqah Berkah Siap Membantu Pelaksanaan Kurban Anda_-_

Qurban Kambing Online

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

qurban kambing online

Salah satu amalan pada bulan dzulhijjah ini adalah qurban. Qurban merupakan bentuk ketaatan kepada Allah dengan melakukan perintah-Nya. Qurban dilakukan setelah sholat Idul Adha selesai hingga tanggal 13 dzulhijjah. Boleh memilih waktu hingga 3 hari setelah idul adha. Akan tetapi paling utama dilakukan pada tanggal 10 dzulhijjah setelah sholat Ied.

“Dari Abi Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda: siapa yang memperoleh kelapangan untuk berqurban, dan dia tidak mau berqurban, maka janganlah hadir dilapangan kami (untuk shalat Ied).” [HR Ahmad, Daru qutni, Baihaqi dan al Hakim]

Fadillah dan keutamaan berqurban antara lain:

1. Qurban Pintu Mendekatkan Diri Kepada Allah
Sungguh ibadah qurban adalah salah satu pintu terbaik dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagaimana halnya ibadah shalat. Ia juga menjadi media taqwa seorang hamba. Allah Subhanahu wata’ala telah berfirman:
“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.” (QS:Al Hajj:37)

2. Sebagai sikap Kepatuhan dan Ketaaan pada Allah
Berqurban merupakan bentuk sikap kita patuh dan taat kepada Allah SWT Sebagaimana firman Allah surat Al Hajj ayat 37:
“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” [QS: Al Hajj : 34]

3. Ajaran Nabi Ibrahim AS
Berkurban juga menghidupkan ajaran Nabi Ibrahim AS yang ketika itu Allah memerintahkan beliau untuk menyembelih anak tercintanya sebagai tebusan yaitu Ismail ‘alaihis salaam ketika hari an nahr (Idul Adha).

4. Sebagai Saksi Amal di Hadapan Allah
Ibadah qurban mendapatkan ganjaran yang berlipat dari Allah SWT, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa, “Pada setiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kabaikan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah). Juga kelak pada hari akhir nanti, hewan yang kita qurbankan akan menjadi saksi di hadapan Allah SWT.

5. Berdimensi Sosial Ekonomi
Ibadah qurban juga memiliki sisi positif pada aspek sosial. Sebagaimana diketahui distribusi daging qurban mencakup seluruh kaum muslimin, dari kalangan manapun ia, fakir miskin hingga mampu sekalipun. Sehingga hal ini akan memupuk rasa solidaritas umat. Jika mungkin bagi si fakir dan miskin, makan daging adalah suatu yang sangat jarang. Tapi pada saat hari raya Idul Adha, semua akan merasakan konsumsi makanan yang sama.

6. Membedakan dengan Orang Kafir
Sejatinya qurban (penyembelihan hewan ternak) tidak saja dilakukan oleh umat Islam setiap hari raya idul adha tiba, tetapi juga oleh umat lainnya. Sebagai contoh, pada zaman dahulu orang-orang Jahiliyah juga melakukan qurban. Hanya saja yang menyembelih hewan qurban untuk dijadikan sebagai sesembahan kepada selain Allah.
“Katakanlah, ‘Sesungguhnya shalatku, sembelihanku (qurbanku), hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam, tiada sekutu baginya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah).” [QS: al-An’am : 162-163]

Hukum Qurban Secara Online

Besarnya keutamaan ibadah qurban membuat banyak umat muslim berlomba untuk menyembelih hewan qurban. Akhir-akhir ini marak ibadah qurban dilakukan secara online. Dengan teknologi yang semakin canggih, seseorang bisa berqurban pada panitia qurban yang berada di tempat yang jauh. Orang yang hendak qurban hanya transfer sejumlah uang sebesar harga hewan yang akan diqurbankan kepada panitia.

Lalu panitia qurban yang tidak diketahui keberadaannya membelikan hewan qurban atas nama orang yang telah transfer uang dan menyembelih lalu dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan di daerah lain. Lalu yang menjadi pertanyaan, bagaimana hukum qurban secara online yang dilakukan banyak orang masa kini?

Melaksanakan qurban secara online dibolehkan berdasarkan pendapat para ulama, sebab tidak ada dalil yang secara jelas melarang hal itu. Berqurban secara online memang konsekuensinya orang yang berqurban tidak bisa menyembelih sendiri atau setidaknya menyaksikan hewan qurbannya disembelih panitia. Namun hal itu hukumnya sunnah, jika hanya diwakilkan maka tidak mengapa.

Sebagaimana pernah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam saat beliau berqurban:
“Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menggiring 100 ekor unta bersama beliau, lalu ketika beliau mendatangi tempat penyembelihan, beliau menyembelih sendiri 63 ekor dengan tangannya sendiri, kemudian menyerahkannya pada Ali, lalu Ali menyembelih sisanya.” [HR. Ibnu Hibban]

Untuk informasi lebih lanjut tentang Qurban Online silakan hubungi kami Aqiqah Berkah Nganjuk. Kami akan membantu anda untuk pemesanan hewan kurban.

Untuk Informasi dan Pemesanan bisa Menghubungi :

TELPON/SMS :

0858-5344-4472

_-_Aqiqah Berkah Siap Membantu Pelaksanaan Kurban Anda_-_

Qurban Kambing Untuk Berapa Orang

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

qurban kambing untuk berapa orang?

Berqurban merupakan bagian dari Syariat Islam yang sudah ada semenjak manusia ada. Ketika putra-putra nabi Adam as. diperintahkan berqurban. Maka Allah Swt. menerima qurban yang baik dan diiringi ketakwaan dan menolak qurban yang buruk. Allah Swt
berfirman:
“Ceriterakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan qurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): “Aku pasti membunuhmu!” Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa” (QS Al-Maa-idah 27).

Disyariatkannya qurban sebagai simbol pengorbanan hamba kepada Allah Swt., bentuk ketaatan kepada-Nya dan rasa syukur atas ni’mat kehidupan yang diberikan Allah Swt. Kepada hamba-Nya. Hubungan rasa syukur atas nikmat kehidupan dengan berqurban yang berarti menyembelih binatang dapat dilihat dari dua sisi.

• Pertama, bahwa penyembelihan binatang tersebut merupakan sarana memperluas hubungan baik terhadap kerabat, tetangga, tamu dan saudara sesama muslim. Semua itu merupakan fenomena kegembiraan dan rasa syukur atasni’mat Allah Swt. kepada manusia, dan inilah bentuk pengungkapan ni’mat yang dianjurkan dalam Islam:
“Dan terhadap ni’mat Tuhanmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur)” (QS Ad-Dhuhaa 11).

• Kedua, sebagai bentuk pembenaran terhadap apa yang datang dari Allah Swt.. Allah menciptakan binatang ternak itu adalah ni’mat yang diperuntukkan bagi manusia, dan Allah mengizinkan manusia untuk menyembelih binatang ternak tersebut sebagai makanan bagi mereka. Bahkan penyembelihan ini merupakan salah satu bentuk pendekatan diri kepada Allah Swt.

Adapun binatang yang boleh digunakan untuk berqurban adalah binatang ternak (Al-An’aam),unta, sapi dan kambing, jantan atau betina. Sedangkan binatang selain itu seperti burung, ayam dll tidak boleh dijadikan binatang qurban. Allah Swt berfirman:
” Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan menyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka” (QS Al-Hajj 34).

Berdasarkan kesepakatan para ulama’ (lih. Al Qowaninul Fiqhiyyah, Bidayatul Mujtahid, Mughnil Muhtaj, Assyarhul Kabir dll) bahwa satu ekor kambing untuk satu orang, sementara berdasarkan hadist Rasulullah SAW, bahwa satu ekor untu atau satu ekor sapi bisa untuk tujuh orang (dan tidak untuk 10 orang). Sahabat Jabir berkata : “ Kami berqurban bersama Rasulullah SAW di Hudaibiyyah, satu ekor unta atas nama 7 orang dan satu ekor sapi atas nama 7 orang ” (HR. Jama’ah).

Namun dengan demikian, para ulama’ embolehkan seorang muslim untuk bequrban dengan seekor kambing atau dengan seekor sapi atau dengan seekor unta atas nama diriinya dan keluarganya (yang dibawah tanggung jawabnya, yaitu istri dan anak – anaknya meskipun lebih dari tujuh orang). Dalam arti bahwa seekor kambing atau seekor sapi atau seekor unta bisa dijadikan qurban atas nama satu orang lebih (meskipun lebih dari tujuh orang) ketika seorang yang berqurban dengan seekor kambing tersebut mangatasnamakan dirinya dan keluarganya yang dibawah tanggung jawabnya dan bukan atas nama dirinya dan orang lain yang bukan keluarganya yang dibawah tanggung jawabnya, hal tersebut didasarkan pada hadist Muslim yang diriwayatkan oleh ‘Aisyah “ bahwa Rasulullah SAW pernah berqurban dengan seekor kambing atas nama dirinya dan keluarganya”.

Bagi seorang muslim atau keluarga muslim yang mampu dan memiliki kemudahan, dia sangat dianjurkan untuk berqurban. Jika tidak melakukannya, menurut pendapat Abu Hanifah, ia berdosa. Dan menurut pendapat jumhur ulama dia tidak mendapatkan keutamaan pahala sunnah.

Maka dari itu kami, layanan aqiqah berkah Nganjuk terpanggil untuk membantu Anda yang ingin berqurban. Aqiqah Berkah Nganjuk akan memberikan layanan yang terbaik dan berkualitas untuk anda yang ingin berqurban. Sekarang tunggu apalagi !!! Segara hubungi kami Aqiqah Berkah Nganjuk.

Untuk Informasi Lebih lanjut Hubungi Kami :

TELPON/SMS :

0858-5344-4472

Qurban Kambing Madiun

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

Qurban Kambing

Kurban sebentar lagi tiba. Jadi kita yang mau berkurban harus tau bagaimana cara memilih hewan qurban kambing atau sapi. Berikut ini ulasan mengenai Qurban. Cekidot….

Harga Hewan Qurban Jiwan
Kata qurban yang kita fahami, berasal dari bahasa Arab, artinya pendekatan diri, sedangkan maksudnya adalah menyembelih binatang ternak sebagai sarana pendekatan diri kepada Allah SWT. Arti ini dikenal dalam istilah Islam sebagai udhiyah. Udhiyah secara bahasa mengandung dua pengertian, yaitu kambing yang disembelih waktu Dhuha dan seterusnya, dan kambing yang disembelih di hari ‘Idul Adha. Adapun makna secara istilah, yaitu binatang ternak yang disembelih di hari-hari Nahr dengan niat mendekatkan diri (taqarruban) kepada Allah dengan syarat-syarat tertentu (Syarh Minhaj).

Berqurban merupakan ibadah yang paling dicintai Allah Swt. di hari Nahr, sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat At-Tirmidzi dari ‘Aisyah ra. bahwa Nabi Saw. bersabda:
”Tidaklah anak Adam beramal di hari Nahr yang paling dicintai Allah melebihi menumpahkan darah (berqurban). Qurban itu akan datang dihari Kiamat dengan tanduk, bulu dan kukunya. Dan sesungguhnya darah akan cepat sampai di suatu tempat sebelum darah tersebut menetes ke bumi. Maka perbaikilah jiwa dengan berqurban”.

Adapun binatang yang boleh digunakan untuk berqurban adalah binatang ternak (Al-An’aam), unta, sapi dan kambing, jantan atau betina. Sedangkan binatang selain itu seperti burung, ayam dll tidak boleh dijadikan binatang qurban.

Allah Swt berfirman:
” Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka” (QS Al-Hajj 34).

Binatang yang akan diqurbankan hendaknya yang paling baik, cukup umur dan tidak boleh cacat. Rasulullah Saw. bersabda:
” Empat macam binatang yang tidak sah dijadikan qurban: 1. Cacat matanya, 2. sakit, 3. pincang dan 4. kurus yang tidak berlemak lagi “ (HR Bukhari dan Muslim).

Hadits lain :
” Janganlah kamu menyembelih binatang ternak untuk qurban kecuali musinnah (telah ganti gigi, kupak). Jika sukar didapati, maka boleh jadz’ah (berumur 1 tahun lebih) dari domba (HR Muslim).

Musinnah adalah jika pada unta sudah berumur 5 tahun, sapi umur dua tahun dan kambing umur 1 tahun, domba dari 6 bulan sampai 1 tahun. Dibolehkan berqurban dengan hewan kurban yang mandul, bahkan Rasulullah saw. berqurban dengan dua domba yang mandul. Dan biasanya dagingnya lebih enak dan lebih gemuk.

Kambing adalah binatang kurban untuk acara Idul Adha dalam kebudayaan Muslim . Pada saat nabi Ismail akan disembelih oleh ayahnya atas perintah Allah, dijadikan kambing sebagai penggantinya. Menurut kitab Al Quran, binatang ternak ( salah satunya adalah kambing ) adalah salah satu sumber pelajaran yang penting bagi umat manusia . Semua bagian tubuhnya bisa dijadikan manfaat bagi manusia.

kambing merupakan hewan ternak berkaki empat yang paling banyak di gunakan untuk berqurban oleh masyarakat Indonesia, sebab kambing mempunyai harga yang sangat terjangkau untuk masyarakat Indonesia yang kebanyakan merupakan masyarakat menengah ke bawah.

Memilih kambing untuk berqurban haruslah dengan cermat, Kita harus memilih kambing yang terbaik kualitasnya dan harus memenuhi syarat sebagai hewan qurban seperti sudah cukup umur, tidak cacat, serta tidak kurus badannya.

Jika anda akan melaksanakan qurban, segera hubungi kami untuk pemesanan hewan qurban. Kami akan membantu pelaksanaan kurban anda. Serta akan meilihkan hewan qurban terbaik untuk Anda.

Untuk Informasi dan Pemesanan bisa Menghubungi :

TELPON/SMS :

0858-5344-4472

_-_Aqiqah Berkah Siap Membantu Pelaksanaan Qurban Anda_-_

Syarat kambing Qurban Harus Jantan

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

Syarat Kambing Kurban Harus Jantan

gibas

Pengertian
Kata kurban berasal dari bahasa Arab وقربانا . قربا . بقربو yang berarti pendekatan diri atau mendekatkan diri. Sedangkan menurut syariat Islam adalah penyembelihan binatang ternak yang memenuhi syarat tertentu dilaksanakan pada waktu tertentu, dengan niat ibadah guna mendekatkan diri kepada Allah SWT. Syarat kurban didasarkan atas perintah Allah SWT, tercantum dalam surat Al-Kausar Ayat 1-3 dan AL-Hajj Ayat berikut:
1. Sesungguhnya kami Telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.
2. Maka Dirikanlah shalat Karena Tuhanmu; dan berkorbanlah
3. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus

Hukum Kurban
Bagi umat Islam, hukum kurban adalah sunah muakad. Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya menyembelih kurban itu tidak wajib, tetapi sunah dari Rasulullah SAW.” (HR At-Tirmizi: 1427)
Dalam hadits yang lain, Rasulullah SAW bersabda : Artinya : “Diwajibkan kepadaku berkurban dan tidak wajib atas kamu.(HR .4 t- Daruquti)

Sebagian ulama berpendapat hukum berkurban ialah wajib sebagai berikut :
Artinya: Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang memiliki kemampuan, tetapi tidak berkurban maka janganlah ia menghampiri tempat shalat kami. “(HR. Ahmad dari Abu Hurairah: 7924: Ibnu Majjah :3114)

Sejarah Singkat Perintah Berkurban
Peristiwa berkurban bermula ketika Allah SWT menyuruh Nabi Ibrahim a.s lewat mimpi pada malam kedelapan bulan Dzulhijjah untum menyembelih Ismail, putra yang sangat dicintai. Sebagai seorang yang taat pada perintah Allah WT, Nabi Ibrahim a.s menyampaikan hal itu kepada putranya. Sungguh, luar biasa jawaban Ismail a.s ternyata beliau tidak keberatan.

Pada hari ke sepuluh bulan Dzulhijjah, tepat waktu duha, Nabi Ibrahim a.s melaksanakan perintah Allah SWT yaitu melaksanakan mimpinya. Hari kesepuluh disebut dengan hari Nahar, artinya hari menyembelih.

Ketika Nabi Ibrahim a.s melaksanakan perintah Allah SWT, Allah mengganti Ismail dengan seekor kambing sembelihan. Nabi Ibrahim a.s menyembelih kurban setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Syariat ini terus berlaku hingga sekarang (umat Muhammad).

Waktu Penyembelihan Kurban
Waktu pelaksanaan ialah tanggal 10 Dzulhijjah (Hari Raya Idul Adha) atau hari Tasyrik yaitu tanggal 11,12,13 Dzulhijjah. Rasulullah SAW bersabda.
Artinya : Barang siapa menyembelih sebelum shalat maka sesungguhnya itu hambalah penyembelihan untuk dirinya sendiri. Barang siapa menyembelih sesudah shalat dan dua khotbah maka telah sempurna ibadahnya(sah kurbarrya) dan telah sesuai dengan sunah muslim. (HR. Al Bukhari dari Bara ‘bin Azib: 5130).

Syarat Binatang untuk Qurban
Jenis binatang yang sah untuk kurban ialah binatang yang dipelihara dan diternakan serta halal zatnya untuk dimakan dagingnya. Binatang tersebut seperti kambing, sapi, kerbau, dan unta. Binatang temak yang untuk berkurban harus memenuhi dua sarat yaitu cukup umur dan tidak cacat.

  1. Ketentuan umur Binatang Qurban.
    1) Domba sekurang-kurangnya berumur satu tahun atau telah berganti gigi (musinah). Rasulullah SAW bersabda :
    Artinya : Dari Jabir berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah engkau menyembelih (berkueban) kecuali telah berganti gigi. Kecuali apabila engkau sulit mendapatkanya maka sembelihlah yang telah berumur satu tahun dari (jenis) domba. (HR. Muslim : 3631)
    2) Kambing bisa sekurang-kurangnya berumur dua tahun.
    3) Sapi atau kerbau sekurang-kurangnya berumur dua tahun.
    4) Unta sekurang-kurangnya berumur lima tahun.
  2. Cacat
    Binatang cacat yang menyebabkan tidak sah dipergunakan untuk berkurban, yaitu :
    1). Sakit mata (buta)
    2). Sakit (tidak sehat).
    3). Pincang kakinya.
    4). Terlalu kurus, dan tua sekali sehingga seakan tidak bersumsum.

Dalam hadits diterangkan sebagai berikut.
Artinya : Rasulullah SAW bersabda, “Empat macam binatang yang tidak boleh dijadikan kurban, yaitu yang jelas cacat matanya, jelas sakit, jelas pincang, dan kurus tidak berlemak. (HR Ahmad dari Bara’ : 17777).

Kurban untuk lebih dari satu orang
Sebagaimana pembayaran dam (denda) dalam ibadah haji seekor kambing untuk satu orang, sedangkan sapi atau unta untuk tujuh. Rasulullah SAW bersabda : “Dari Jabir berkata, “Kami telah menyembelih kurban bersama-sama Rasulullah SAW. Pada tahun Hudaibiyah, satu ekor unta untuk tujuh orang dan seekor sapi untuk tujuh orang. (HR Muslim: 2322)

Pemanfaatan daging kurban
Daging kurban harus habis dibagikan kepada fakir miskin dan sebagian untuk yang berkurban. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Hajj ayat 28
Artinya : …. maka makanlah sebagiannya dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (tidak meminta-minta) dan orang yang meminta (QS Al-Hajj/22: 36)

Rasulullah SA W bersabda:
Artinya : Dari Ali bin Abi Thalib r.a Ia berkata, “Rasululllah SAW memerintahkan kepada saya supaya mengurus unta kurba beliau, dan supaya membagikan dagingnya, kulitnya dan barang-barang yang merupakan pakaian unta itu kepada orang-orang miskin, dan saya tidak menerima upah sembelihan daripadanya. (HR Muslim :2321; Al Bukhari : 1602)

Sunah-sunah penyembelihan qurban
Anak-anak pada saat melaksanakan penyembelihan qurban disunakan:
a. Membaca basmalah
b. Membaca shalawat Nabi Muhammad SAW
c. Membaca Takbir.
d. Binatang qurban dihadapkan kearah kiblat.

Itulah yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk anda. Ammiinnnn…

Jika anda membutuhkan kambing Aqiqah atau qurban dengan Kualitas terbaik dan berkualitas anda melihat di website kami www.qurban-aqiqah.com atau bisa juga menghubungi nomor berikut ini untuk informasi lebih detailnya. Kami tunggu pesanan anda….

Untuk Informasi Lebih lanjut Hubungi Kami :

TELPON/SMS :

0858-5344-4472

 

Hewan atau Kambing bisa dipilih di kandang kami dan Gratis titip hewan qurban sebelum di antar.

-_-Aqiqah Berkah Siap membantu Anda dalam Qurban atau Aqiqah Anda-_-

Hadist Qurban Kambing

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

Hadist Qurban Kambing

Ibadah qurban merupakan ibadah yang disyariatkan berdasarkan dalil-dali al-Qur’an dan hadis Nabi;

  1. Surat al-Kautsar (108): 1-2 yang artinya sebagai berikut;
    Sesungguhnya Kami (Allah) telah memberikan engkau (Muhammad) ni’mat yang banyak, maka shalatlah kamu karena Tuhanmu dan sembelihlah (kurbanmu). (Q.S. Al-Kautsar:1-2)
  2. Surat al-Hajj (22): 36 yang artinya sebagai berikut;
    Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian daripada syi’ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak daripadanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelih dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang-orang yang tidak minta-minta dan orang-orang yang minta-minta. Demikianlah Kami menundukkan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur. (Q.S.Al-Hajj: 36)
  3. Hadis Nabi dari Jabir, yang artinya;
    Saya shalat ‘Idul Adlha bersama Rasulullah saw, kemudian setelah selesai, kepada beliau diberikan seekor kibasy (kambing yang besar) lalu beliau menyembelihnya seraya berdoa: Bismillahi wallahu akbar, Allahumma hadza ‘anniy wa ‘an man lam yudlahhi min ummatiy (Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Wahai Allah, ini dariku dan dari orang yang tidak berqurban dari umatku). [HR. Ahmad, Abu Dawud, dan At-Turmudziy].

Para ulama berbeda pendapat tentang hukum qurban, ada yang mengatakan wajib dan ada pula yang berpendapat sunnah. Terlepas dari adanya perbedaan pendapat mengenai hukum melakukan qurban, tetapi yang jelas bahwa ibadah qurban itu diperintahkan oleh Allah, seperti dalam surat al-Kautsar (108): ayat 1-2.

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dab beribadahlah. (QS: al-Kautsar: 1 dan 2) Perbedaan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut;

1. Abu Hanifah, al-Auza’iy, dan Malik berpendapat bahwa kurban hukumnya wajib. Adapun dalil yang dijadikan dasar adalah ;
a. QS al-Kautsar (108):2 Maka shalatlah kamu karena Tuhanmu dan sembelihlah (kurbanmu). (Q.S. Al-Kautsar:1-2)
b. Hadis Ahmad dari Abu Hurairah Dari Abi Hurarah Ra. bahwasanya Rasulullah saw. bersabda ”Barangsiapa yang memiliki keleluasan harta dan tidak menyembelih hewan qurban,maka janganlah mendekati tempat shalat kami”. (HR. Ibnu Majah dan Ahmad).

Muhammad Ibn Ismail al-Kahlany dalam kitab Subul as-Salam Syarh Bulugh al-Maram menjelaskan bahwa hadis di atas dijadikan dasar oleh sebagian ulama yang berpendapat bahwa qurban hukumnya wajib bagi orang yang mampu. Secara lengkap beliau mengatakan sebagai berikut;
Ulama telah berdalil dengan hadis ini untuk menentukan hukum wajib berqurban bagi yang mampu, karena Rasulullah saw. melarang untuk mendekati tempat shalatnya menunjukkan bahwa dia (yang tidak berqurban padahal ia mampu) meninggalkan kewajiban, seakan-akan Rasulullah saw. bersabda:Tidaklah shalat yang dilakukan berfaedah, karena meninggalkan kewajiban ini (berqurban), karena firman Allah: “maka shalatlah karena Tuhan kamu dan berqurbanlah” dan hadis Nabi saw. “Wajib bagi penghuni rumah berqurban dalam setiap tahun”.

Catatan MTT PP: hadis di atas sesungguhnya adalah hadis yang daif, karena keberadaan seorang perawi yang bernama Abdullah ibn Ayyash yang munkarul hadis dan lemah hafalan. Namun, Imam al-Baihaqi meriwayatkan hadis di atas dengan sanad lain yang bernilai sahih, yaitu sanad yang tidak terdapat Abdullah ibn Ayyash di dalamnya. Namun sayangnya riwayat al-Baihaqi tersebut mauquf, yaitu hanya sampai kepada Abu Hurairah.

2. Imam as-Syafi’i, Malik dan Ahmad berpendapat bahwa hukum qurban adalah Sunnah Muakkadah. Pendapat mereka didasarkan pada dalil hadis Nabi saw. dari Ummu Salamah ;
Apabila telah masuk hari kesepuluh (bulan Dzulhijjah), dan salah seorang darimu ingin berkurban, maka ia tidak memotong rambut dan kukunya (HR Muslim)

Nah itulah mungkin yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang kami sampaikan di atas itu bermanfaat untuk anda semuanya…

Jika anda membutuhkan kambing Aqiqah atau qurban dengan Kualitas terbaik dan berkualitas anda melihat di website kami www.qurban-aqiqah.com atau bisa juga menghubungi nomor berikut ini untuk informasi lebih detailnya. Kami tunggu pesanan anda….

Untuk Informasi Lebih lanjut Hubungi Kami :
WA : +6281335680602
BBM : 7C0B38CE
TELPON/SMS : 085749622504

Hewan atau Kambing bisa dipilih di kandang kami dan Gratis titip hewan qurban sebelum di antar.

-_-Aqiqah Berkah Siap membantu Anda dalam Qurban atau Aqiqah Anda-_-

Perintah Aqiqah Dalam Islam

By | Berita, Paket Aqiqah, Tentang Aqiqah | No Comments

PERINTAH AQIQAH DALAM ISLAM

Sebenarnya apa makna perintah aqiqah ? Mengapa umat muslim yang memiliki bayi dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah untuk bayi nya ? Untuk mendapatkan kejelasan dan memahami perintah aqiqah, berikut ini akan diuraikan mengenai hakikat perintah aqiqah dalam Islam.

Aqiqah Dalam Islam

Aqiqah secara etimologis atau lughawi adalah memotong (al-qat’u) atau nama untuk rambut pada kepala bayi yang dilahirkan. Menurut terminologi syariah / fiqih aqiqah adalah hewan yang disembelih sebagai wujud rasa syukur atas karunia Allah SWT atas lahirnya seorang bayi di dunia ini.

Kelahiran sang buah hatu di dunia merupakan suatu anugerah terindah dan rizki yang datang dari Allah. Sebab anak merupakan jalan rizki bagi kedua orang tuanya kelak serta anak adalah dambaan setiap suami istri. Ungkapan rasa syukur dengan hadirnya anak dalam kehidupan keluarga diwujudkan dalam bentuk aqiqah bagi umat muslim. Aqiqah dalam Islam merupakan sebuah sunnah yang harus dilaksanakan.

Pelaksanaan perintah aqiqah adalah dengan menyembelih hewan pada hari ketujuh dari hari kelahiran anak (baik anak laki-laki maupun anak perempuan). Hukum melaksanakan aqiqah merupakan sunnah bagi orang yang memiliki kewajiban menanggung nafkah anak (penapat sebagian besar ulama fiqih).

Dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Ahmad, meriwayatkan dari Ummu Karaz Al Ka’biyah bahwa ia pernah menanyakan kepada Rosulullah tentang aqiqah. Rasulullah bersabda, “Bagi anak laki-laki disembelihkan 2 ekor kambing dan bagi anak perempuan disembelihkan 1 ekor, dan tidak akan membahayakan kamu sekalian, apakah (sembelihan itu) jantan atau betina.”

Aqiqah Dalam Islam 1

Al-Ghazi dalam kitab Fathul Qorib al-Mujib mendefinisikan aqiqah sebagai berikut :

الذبيحة عن المولود يوم سابعه) أي يوم سابع ولادته بحسب يوم الولادة من السبع

“Kambing yang disembelih untuk bayi pada hari ketuju kelahiran”

Al-Hafizh Ibnul Qayyim menyebutkan beberapa hikmah di laksanakannya syari’at aqiqah, antara lain:

  1. Menghidupkan sunnah Nabi
  2. Taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah dan syukur kepada-Nya
  3. Membebaskan anak bayi dari pergadaian
  4. Penyebab kebaikan anak, pertumbuhan, keselamatan, panjang umur, dan terhindar dari gangguan setan.
  5. Sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Tirmidzi, “Anak yang baru lahir menjadi rungguhan sampai disembelihkan baginya aqiqah pada hari yang ketujuh dari hari lahirnya, dan di hari itu juga hendaklah dicukur rambut kepalanya dan diberi nama”.

Hal-hal yang disunnahkan saat melaksanakan aqiqah adalah :

  1. Membaca basmalah.
  2. Membaca sholawat atas Nabi.
  3. Membaca takbir.
  4. Membaca doa.
  5. Disembelih sendiri oleh ayah dari anak yang diaqiqahkan.
  6. Daging aqiqah dibagikan kepada fakir miskin, sanak famili dan tetangga setelah dimasak terlebih dahulu.
  7. Pada hari itu anak dicukur rambutnya dan diberi nama dan bersedekah seberat rambu bayi yang baru dicukur dengan nilai 1/2 atau 1 dirham.

Hukum Aqiqah

Terdapat perbedaan pandangan mengenai hukum aqiqah dan makna aqiqah dalam Islam menurut para ahli fiqih adalah berikut ini :

  1. Hukumnya sunnah. Ulama yang berpendapat demikian diantaranya Imam Malik, ulama madinah, Imam Syafi’i beserta pengikutnya, Imam Ahmad, Ishaq, Abu Tsur dan sebagian besar ulama fiqih dan ijtihad.
  2. Hukumnya wajib. Ulama yang berpendapat demikian adalah Imam Hasa al-Bashri, al-Laits ibn Sa’ad dan lainnya. Dalil yang mendasari pemikiran tersebut adalah hadits yang diriwayatkan oleh al-Hasan dari Samurah ibn Jundab dari Nabi SAW beliau bersabda, “Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya”.
  3. Hukum yang ketiga adalah pendapat yang mengingkari disyariatkannya Aqiqah. Ulama yang berpendapat demikian adalah ulama penganut Madzhab Hanafi.

Guna membantu memenuhi dan memudahkan pelaksanaan aqiqah, Aqiqah Berkah kini hadir untuk membantu pelaksanaan aqiqah maupun pemesanan hewan aqiqah. Bagi saudara yang berkenan untuk melaksanakan aqiqah di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta, Yoggyakarta, jawa Timur, Bandung, Surabaya, Nganjuk dan sekitarnya, kami siap melayani saudara.

Harga Kambing Aqiqah di Kebonsari Madiun

By | Paket Aqiqah, Tentang Aqiqah | No Comments

HARGA KAMBING AQIQAH DI KEBONSARI MADIUN

Anda akan melaksanakan aqiqah tahun 2018 tapi terkendala dalam memilih kambing untuk aqiqah ? Tidak perlu bingung, hubungi langsung 085853444472 untuk memesan paket aqiqah maupun memilih kambing aqiqah di Kebonsari Madiun.

Kambing Aqiqah 1

Berkembangnya syiar Islam di Kec. Kebonsari Madiun salah satunya adalah dengan melaksanakan sunnah aqiqah dan qurban. Dikarenakan aqiqah merupakan penyembelihan hewan ternak sebagai wujud pernyataan syukur orangtua atas kelahiran sang buah hati yang berstatus tergadai.

Perintah ibadah aqiqah dilaksanakan hanya sekali dalam seumur hidup, maka berikan kesan yang terbaik dalam pelaksanaan aqiqah putera puteri Anda. Aqiqah Berkah wilayah Kec. Kebonsari Madiun siap membantu saudara muslim untuk melaksanakan aqiqah sesuai syariat dan tuntunan Islam. Anda dapat memilih paket aqiqah, catering aqiqah maupun kambing aqiqah. Semuanya tersedia lengkap di Aqiqah Berkah Kec. Kebonsari Madiun.

Ibadah aqiqah dapat dikatakan sebagai ibadah untuk penebusan anak yang masih tergadai. Hewan sembelihan aqiqah lebih afdhol dengan domba atau kambing. Di Indonesia khususnya masyarakat di Kebonsari Madiun, masyarakat lebih dominan menyembelih kambing untuk aqiqah dari pada domba. Keberadaan ternak kambing lebih mudah dijumpai dari pada domba.

Kambing Aqiqah

Kambing merupakan hewan ternak masyarakat di Indonesia. Kambing sangat mudah ditemukan dan diternak di wilayah Indonesia. Pilihan kambing untuk aqiqah anak sangatlah banyak. Anda dapat memilih kambing jawa, kambing kacang, kambing etawa atau kambing gibas untuk sembelihan aqiqah.

Bila Anda akan memilih kambing untuk sembelihan aqiqah, pilihlah kambing yang berkualitas untuk sembelihan aqiqah putera puteri Anda. Teliti hewan sembelihan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Jangan sampai karena tergiur harga kambing murah lantas mengesampingkan kesempurnaan dan kesehatan kambing. Kesehatan kambing sembelihan berpengaruh besar pada kesehatan para tamu undangan yang akan menyantap hidangan aqiqah.

Dalam rangka membantu kelancaran para shohibul aqiqah, kini Aqiqah Berkah menyediakan paket aqiqah mandiri dan paket aqiqah peduli, kambing aqiqah berkah, dan kambing qurban. Untuk mengetahui harga kambing aqiqah di Kec. Kebonsari Madiun pada Aqiqah Berkah 2018, cek segera disini !!!

Bagi yang akan melakukan aqiqah untuk buah hati anda tahun 2018, segera pesan paket aqiqah maupun kambing aqiqah. Harga kambing Aqiqah Berkah 2018 disesuaikan dengan ukuran kambing serta usia kambing. Aqiqah Berkah melayani pemesanan paket aqiqah, kambing aqiqah hingga hewan qurban.

Pemesanan kambing aqiqah di Kebonsari Madiun secara online dapat menghubungi nomor berikut ini :

Call / SMS : 0858 5344 4472

Whatsapp : 0858 5344 4472

PinBB : 7C0B38CE

Update selalu harga kambing Aqiqah Berkah 2018 di Kec. Kebonsari Madiun pada website www.aqiqahberkah.com dan dapatkan fasilitas aqiqah terlengkap untuk kelancaran aqiqah putera puteri Anda. Harga kambing aqiqah yang tersedia saat ini adalah kambing dengan jenis gibas, berat 24-29 Kg dengan harga Rp 1.850.000,-. Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Segera pesan kambing aqiqah Kebonsari Madiun pada Aqiqah Berkah Madiun !!!

Sekedar informasi, agar dijadikan pertimbangan dalam memilih kambing aqiqah di Kebonsari Madiun, daftar harga kambing aqiqah Kec. Kebonsari di pasaran tahun 2018 ini bisa mencapai harga sekitar 1.250.000 dengan ukuran berat kambing sekitar 20 kg. Harga di Kota atau wilayah Jawa Timur lainnya sedikit berbeda dengan yang ada di Kec. Kebonsari Madiun. Perbedaan harga tersebut hanya terjadi sekitar kurang lebih 50.000 rupiah. Secara nasional harga kambing 2018 dapat mencapai harga rata-rata 1.200.000 dan ini tergantung dari harga tawar menawar yang anda lakukan.

Catering Aqiqah Kebonsari Madiun

By | Paket Aqiqah, Tentang Aqiqah | No Comments

CATERING AQIQAH KEBONSARI MADIUN

Aqiqah Berkah Kebonsari melayani catering aqiqah dengan pilihan menu masakan yang beragam dan lezat. Jasa layanan yang tidak hanya menyediakan paket aqiqah, namun juga menyediakan catering aqiqah hingga souvenir aqiqah. Harga yang ekonomis akan sangat membantu dalam terlaksananya aqiqah. Pesan hubungi 085853444472.

Catering Aqiqah

Harga catering aqiqah yang tersedia di Aqiqah Berkah sangat murah dan berkualitas. Aqiqah Berkah memiliki pelayanan antar GRATIS menu catering aqiqah sampai tujuan shohibul aqiqah. Dibantu dengan tenaga masak dapur Aqiqah Berkah yang handl dan berpengalaman dibidangnya, diharapkan akan mampu memenuhi kebutuhan aqiqah putera puteri Anda.

“Setiap anak yang terlahir tergadai dengan aqiqahnya, disembelih binatang pada hari ketujuh kelahirannya dan diberi nama serta dicukur rambut kepalanya” (HR Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Samirah)

Jasa catering aqiqah di Kebonsari Madiun memberikan layanan free delivery menackup wilayah Kec. Kebonsari Madiun dan sekitarnya, diantaranya :

Desa Balerejo, Desa Bacem, Desa Kebonsari, Desa Kedondong, Desa Krandegan, Desa Mojorejo, Desa Palur, Desa Pucanganom, Desa Rejosari, Desa Sidorejo, Desa Singgahan, Desa Sukorejo, Desa Tambakmas, Desa Tanjungrejo.

Aqiqah Berkah menyediakan paket aqiqah yang sangat beragam. Beragam pilihan menu catering aqiqah bertujuan untuk memberikan keleluasaan Anda dalam memilih menu masakan sesuai keingin shohibul aqiqah. Dijamin kelezatan masakan yang Anda pilih tidak mengurangi sedikit pun totalitas Aqiqah Berkah dalam melayani Anda.

Aqiqah Berkah yang telah berdiri sejak tahun 2008, melayani pelaksanaan aqiqah saudara muslim di berbagai wilayah di Madiun dan sekitarnya. Muliakan tetangga dan tamu Anda dengan hantaran masakan yang lezat, bergizi dan higienis.

Catering Aqiqah 1

Catering Aqiqah Berkah, “Daging empuk, Tidak Prengus, Tidak Amis”

Aqiqah Berkah memiliki resep khusus agar masakan daging kambing yang diolah tidak berbau prengus dan tidak amis. Resep tersebut diperoleh dari pengalaman Aqiqah Berkah selama bertahun-tahun memasak daging kambing.

Selain itu, daging terasa empuk meskipun bukan kambing muda yang disembelih. Daging empuk dihasilkan dari proses memasak yang sempurna dan ternak denga proses yang khusus. Penyembelihan kambing aqiqah pada Aqiqah Berkah untuk paket catering aqiqah, disembelih sesuai dengan tuntunan dan rukun menyembelih dalam Islam. Berikut ini rukun menyembelih :

  1. Penyembelih hendaklah orang Islam dan melakukannya dengan sengaja. Firman Allah dalam surat Al-Maidah : 5 yang artinya, “Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al-Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal pula bagi mereka”.
  2. Yang disembelih adalah binatang yang halal. Cara menyembelih : (a) Binatang yang dapat disembelih di lehernya hendaklah di sembelih di lehernya, dipotong urat tempat lewatnya makanan dan urat tempat keluar nafasnya, kedua urat itu wajib putus. (b) Binatang yang tidak dapat disembelih dilehernya karena liar atau jatuh ke dalam lubang sehingga tidak dapat disembelih di lehernya. Menyemebelihnya dapat dilakukan dimana saja dari abdannya, asal dia bisa matim karena luka itu.
  3. Alat (perkakas) menyembelih, yaitu semua barang tajam, melukai, besi, bambu atau lain-lainnya kecuali gigi dan kuku, begitu juga segala macam tulang.

Untuk informasi harga catering Aqiqah Berkah di Kebonsari Madiun atau pemesanan online, Anda dapat menghubungi langsung pada contact person :

Call : 0858 5344 4472

SMS : 0858 5344 4472

Whatsapp : 0858 5344 4472

Layanan aqiqah online 24 jam. Cara mudah pemesanan dapat menghubungi nomor tersebut diatas dengan format nama anak, nama orangtua (ibu bapak), pilihan paket aqiqah, tanggal pelaksanaan, lokasi pelaksanaan. Anda akan mendapatkan informasi detail untuk tahap selanjutnya.