Daily Archives: August 3, 2018

Qurban Kambing Bisa Untuk Berapa Orang

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

qurban kambing bisa untuk berapa orang

hai para sahabat yang berbahagia. Langsung saja kita bahas ya…. mari…

QURBAN 1 EKOR KAMBING UNTUK DIRI SENDIRI DAN ANGGOTA KELUARGA

Memang betul al-Qur’an menegaskan bahwa seseorang memperoleh pahala adalah hanya atas perbuatan (ibadah) yang ia lakukan. Di samping difahami dari surat al-Zilzalah ayat 7-8, juga lebih tegas disebutkan dalam surat an-Najm (53) ayat 39:
Artinya: “Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.” [QS. an-Najm (53): 39]

Dalam surat al-Baqarah (2) ayat 286 Allah SWT berfirman:
Artinya: “… ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya …” [QS. al-Baqarah (2): 286]

Dan dalam surat Yasin (36) ayat 54 Allah berfirman:
Artinya: “… dan kamu tidak dibalasi, kecuali dengan apa yang telah kamu kerjakan.” [QS. Yaasiin (36): 54] Lalu, bagaimana dengan keterangan hadits tentang penyembelihan binatang qurban bahwa satu ekor kambing telah mencukupi untuk berqurban satu keluarga?Apakah tidak kontradiktif/ta‘arudl (saling bertentangan)?

Dalam menghadapi persoalan ini perlu diketahui tentang fungsi hadits di samping al-Qur’an. Dalam surat an-Nahl (16) ayat 44 Allah berfirman:
Artinya: “Dan Kami turunkan kepadamu Al Qur’an, agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan.” [QS. an-Nahl (16): 44]

Dari ayat di atas para ulama menyimpulkan bahwa fungsi hadits terhadap al-Qur’an adalah sebagai اْلينا (al-bayan), yakni sebagai yang memberi penjelasan atau keterangan. Penjelasan hadits terhadap al-Qur’an oleh para ulama diklasifikasikan menjadi beberapa macam, di antaranya adalah:

  1. Bayan Taqrir, yaitu keterangan dalam hadits memperkuat yang telah diterangkan oleh al-Qur’an, seperti keterangan tentang wajibnya berpuasa Ramadlan setelah melihat hilal (awal bulan).
  2. Bayan Tafshil, yaitu keterangan dalam hadits yang memberi rincian keterangan dalam al-Qur’an secara ringkas, seperti keterangan tentang pelaksanaan atau tata cara melakukan ibadah shalat.
  3. Bayan Tafsir, yaitu keterangan dalam hadits yang menjelaskan maksud keterangan dalam al-Qur’an, seperti hadits yang menerangkan bahwa yang dimaksud dengan ayat yang artinya: “dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.” [QS. al-Baqarah (2): 187], adalah batas antara malam dan siang, sebagaimana diketahui bahwa larangan makan dan minum bagi orang berpuasa adalah di siang hari, yang batas awal siang yaitu terangnya antara benang hitam dengan benang putih atau waktu fajar.
  4. Bayan Tasyri‘, yaitu hadits yang menerangkan hukum yang tidak terdapat atau tidak diterangkan oleh al-Qur’an, seperti hadits yang menerangkan larangan perkawinan karena ada hubungan sepersusuan (radla‘ah).
  5. Bayan Taqyid, yaitu hadits yang menerangkan batas dari kemutlakan yang disebutkan oleh al-Qur’an, seperti hadits yang menerangkan batas mengusap tangan dengan debu sampai pergelangan tangan dalam melakukan tayammum.
  6. Bayan Takhsis, yaitu hadits yang menerangkan kekhususan dari ketentuan (hukum) umum yang disebutkan dalam al-Qur’an, seperti dalam ayat-ayat sebagaimana yang ditulis di atas, bahwa seseorang akan memperoleh pahala atas perbuatannya sendiri. Akan tetapi hadits membolehkan seorang anak melakukan ibadah haji untuk orang tuanya yang telah meninggal dunia.

Dalam hadits diterangkan antara lain:
Artinya: “Seorang laki-laki dari Bani Khats‘am menghadap Rasulullah saw, kemudian ia berkata: Sesungguhnya ayahku masuk Islam pada waktu ia telah tua, tidak dapat naik kendaraan untuk haji, padahal haji itu adalah wajib baginya. Bolehkah aku menghajikannya? Rasulullah saw bertanya: Apakah kamu anak tertua? Laki-laki itu menjawab: Ya. Rasulullah saw bersabda: Bagaimana pendapatmu jika orang tuamu mempunyai hutang, lalu kamu membayar hutang itu untuknya cukup sebagai gantinya? Laki-laki itu menjawab: Ya. Rasulullah saw bersabda: Hajikanlah dia.” [HR. Ahmad dari Abdullah ibn Zubair]

Dalam hadits lain diterangkan:
Artinya: “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. bahwasanya ada seorang perempuan dari Juhainah datang kepada Nabi saw, kemudian ia berkata: Sesungguhnya ibuku pernah bernadzar untuk menunaikan ibadah haji, namun tidak menunaikannya sampai ia mati.

Bolehkah aku menghajikannya? Nabi saw bersabda: Ya, hajikanlah ia. Bagaimana pendapatmu andaikata ibumu memiliki hutang, apakah kamu yang melunasinya? Perempuan itu menjawab: Ya. Nabi saw bersabda: Lunasilah hutang kepada Allah, karena Allah lebih berhak atas pelunasannya.” [HR. al-Bukhari]

Diterangkan pula bahwa seseorang boleh menghajikan saudaranya, sebagaimana diterangkan dalam hadits:
Artinya: “Bahwa Nabi saw mendengar seorang laki-laki mengucapkan talbiyyah atas nama Syubrumah. Nabi saw bertanya: Siapa itu Syubrumah? Laki-laki itu menjawab: Ia adalah saudara atau orang yang dekat denganku. Nabi saw bertanya: Apakah kamu telah berhaji untuk dirimu sendiri? Laki-laki itu menjawab: Belum. Nabi saw bersabda: Berhajilah untuk dirimu sendiri, setelah itu berhajilah untuk Syubrumah.” [HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah dari Ibnu ‘Abbas]

Demikian halnya dengan hadits yang menerangkan berqurban dengan sesekor kambing cukup untuk satu keluarga, yaitu hadits:
Artinya: “Saya bertanya kepada Abu Ayyub al-Anshari: Bagaimana kamu berqurban pada masa Rasulullah saw? Ia berkata: Bahwa seseorang pada masa Rasulullah saw berqurban dengan menyembelih kambing bagi dirinya dan anggota keluarganya, kemudian mereka makan dan membagikannya kepada orang lain sehingga mereka saling membanggakan diri. Maka jadilah hal itu sebagaimana yang kamu lihat.” [HR. Ibnu Majah dan at-Tirmidzi dari Atha’ Ibn Yasar]

Hadits-hadits tersebut adalah merupakan bentuk aturan khusus dari keumuman sebagaimana yang terdapat pada ayat-ayat yang telah disebutkan.

Dengan pendekatan bayan takhsis ini, kiranya dapat menghilangkan kesan seolah-olah ada pertentangan (kontradiksi/ta‘arudl) sehingga diharapkan dapat menghilangkan pula kebingungan saudara.

Itulah mungkin yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang kami sampaikan di atas berguna dan bermanfaat untuk anda semuanya. Aminn……

SMS / TELPON :

0858-5344-4472

Aqiqah Berkah Siap Membantu dalam Pelaksanaan Qurban dan Aqiqah Anda

Jual Kambing Qurban Murah Kota Surabaya

By | Berita, Tentang Qurban | No Comments

Jual Kambing Qurban Murah Kota Surabaya

Sebentar lagi kita akan menyabut hari besar islam yaitu Idul Adha. Nah kami akan mengulas mengenai Tips mengolah daging kurban agar tetap sehat dan aman dan akan dilanjutkan mengenai harga kambing di surabaya. Simak ya sahabat…

Tips mengolah daging kurban agar tetap sehat dan aman

Memisahkan Daging dan Jeroan

Di antara kesalahan yang kerap terjadi adalah mencampur antara daging dengan jeroan. Jeroan yang dicampur akan mengakibatkan kontaminasi pada daging, menimbulkan bau dan mengotori daging. Daging yang dicampur dengan jeroan akan lebih cepat rusak. Oleh karena itu, seharusnya dipisahkan antara daging dan jeroan mulai dari pembersihan, penyimpanan, maupun saat pengolahan.

Menyimpan Daging dengan Benar

Daging yang tidak segera dimasak harus disimpan dengan cara yang benar agar tetap segar. Caranya adalah dicuci bersih dengan air yang mengalir. Diusahakan dicuci dengan air yang bersih, baik air sumur maupun air PAM. Setelah dicuci bersih, daging bisa disimpan di freezer.

Mengolah Secara Higienis

Dalam mengolah daging kurban, kebersihan pisau dan alat-alat lain yang digunakan harus diperhatikan. Cuci terlebih dahulu alat-alat yang digunakan hingga bersih. Pisahkan antara daging dan jeroan, cuci secara terpisah. Saat memasak, hendaknya memasak daging hingga benar-benar matang. Hal ini untuk menghindari kuman yang dapat membahayakan kesehatan. Makanan yang diolah setengah matang, ada kemungkinan masih mengandung kuman dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Pada prinsipnya daging kurban boleh diolah dengan berbagai macam jenis masakan. Yang penting prosesnya higienis dan diolah sampai benar-benar matang.

Tidak Berlebihan Mengkonsumsi Daging

Sesuatu yang berlebih-lebihan tidak baik bagi tubuh kita. Termasuk berlebih-lebihan dalam mengkonsumsi daging. Walaupun daging merupakan sumber proteindan lemak serta kaya akan mineral yang penting untuk tubuh, namun bila dikonsumsi berlebihan juga akan menyebabkan bahaya kesehatan bagi tubuh. Mengkonsumsi daging berlebihan akan meningkatkan kolesterol jahat yang merugikan tubuh. Hal ini berbahaya terutama bagi penderita hipertensi dan penyakit jantung.

Perhatikan pula saat makan yang tepat. Hindari makan daging berelebihan di malam hari. Pada malam hari biasanya sangat sedikit melakukan aktivitas yang dapat membakar kalori sehingga kalori dari nasi dan daging yang dimakan hanya akan mengendap.

Hindari juga kebiasaan langsung tidur setelah makan malam. Jarak minimal untuk tidur adalah satu jam setelah makan.

Perbanyak Minum Air Putih Serta Konsumsi Buah dan Sayur

Air putih dapat memperlancar pencernaan dan membantu membuang racun-racun dalam tubuh. Sayur dan buah juga dapat mengimbangi jumlah kalori yang masuk. Selain dapat memakan buah-buahan pencuci mulut, bisa juga menyisipkan lalapan sayuran seperti mentimun atau tomat dalam hidangan daging kambing atau sapi.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai Tips mengolah daging kurban agar tetap sehat dan aman. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat. Sekanjutnya kami akan mengulas sesuai topik utama ini,….

Terima kasih untuk semua customer Aqiqah berkah yang mempercayakan kami sebagai pusat layanan qurban dan aqiqah terbaik sampai saat ini.

Aqiqah Berkah merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang produk dan jasa penyediaan kambing dan sapi kurban beserta jasa pemotongan, pengolahan, pengantaran, dan penyaluran serta menerima pesanan paket nasi box untuk kebutuhan aqiqah, qurban atau kebutuhan lainnya. Didirikan sejak tahun 2008 dan di dukung oleh tenaga-tenaga profesional di bidangnya dan berakhlakuk karimah islami.

Maka kami layanan qurban online terpanggil untuk membantu san memudahkan bagi anda yang belum berqurban. Sekarang tunggu apalagi..

Segera pesan layanan qurban online sekarang juga. Kami akan menyediakan kambing dan sapi yang murah memenuhi syar’i, penyembelihan secara islami, mudah praktis, dan nyaman dengan pilihan harga yang bervariasi.

Tujuan Aqiqah Berkah yaitu membuat semua orang bisa berkurban menjalankan sunnah Rasulullah SAW. Di Aqiqah Berkah harga jual kambing murah di bandingkan dengan jasa layananqurban lainnya dan terjangkau untuk seluruh umat.

Keunggulan layanan qurban online ini sebagai berikut:

  1. Kambing berkualitas tinggi dan telah memenuhi syarat untuk qurban
  2. Kambing disembelih oleh ahlinya sesuai syariat Islam (wajib dan sunnah) jika memilih qurban online.
  3. Kambing dapat dilihat dan dipilih langsung di kandang
  4. Kami melayani Qurban untuk daerah Sekarisidenan Kediri
  5. GRATIS ongkos kirim untuk Nganjuk, madiun, kediri dan sekitarnya
  6. Kambing sehat, baik/sesuai syariah
  7. Pembayaran setelah barang sampai / transfer.
  8. Siap menyalurkan kepada yang berhak: pondok pesantren, panti asuhan dan fakir miskin.

Daftar Harga Kambing dan Sapi Qurban di Surabaya

Untuk sobat semua yang tinggal di Suarabaya dan ingin membeli kambing untuk berqurban kami memberikan referensi harga kambing qurban berikut ini:

A. Kambing qurban 2018 (Ready Stock)
– Jenis : Kambing / Domba Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

B. Harga Sapi qurban 2018 (Ready Stock)
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

itulah yang dapat kami sampaikan mengenai harga kambing surbaya 2018. Jika anda membutuhkan kambing qurban, kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra aqiqah anda dalam pelaksanaan qurban dan aqiqah.

Informasi dan Pemesanan :

TELPON/SMS :

0858-5344-4472

-_-Aqiqah Berkah Siap membantu Anda dalam Qurban atau Aqiqah Anda-_-

Kebutuhan Gizi Balita

By | Berita | No Comments

KEBUTUHAN GIZI BALITA

Asupan makanan yang bergizi sangat penting untuk sang bayi agar kelak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Karena itu pastikan bahwa menu yang disajikan untuk sang bayi telah memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Balita, pada usia ini mereka memasuki usia pra sekolah dan juga memiliki resiko besar terkena kurang gizi. Di usia ini, anak tumbuh dan berkembang dengan cepat sehingga membutuhkan zat gizi yang lebih banyak, namun mereka juga mengalami penurunan nafsu makan serta daya tubuh yang masih rentan sehingga lebih mudah terkena infeksi jika dibandingan dengan orang dewasa.

Zat gizi yang diperlukan anak balita adalah Karbohidrat berfungsi sebagai penghasil energy bagi tubuh dan menunjang aktivitas anak yang mulai aktif bergerak. Balita biasanya membutuhkan sebesar 1300 kkal per hari. Protein yang berfungsi untuk membangun dan memperbaiki sel tubuh dan menghasilkan energy.

Anak balita membutuhkan protein sebesar 35 gram per hari Mineral dan vitamin yang penting pada makanan anak adalah iodium, kalsium, zinc, asam folat, asam folat, zat besi, vitamin A,B,C,D,E, dan K. Mineral dan vitamin ini berperan dalam perkembangan motorik, pertumbuhan, dan kecerdasan anak serta menjaga kondisi tubuh anak agar tetap sehat. Sementara pertumbuhan fisik tubuh sedikit melambat, karenanya anak perlu makan makanan yang memberikan asupan gizi yang mendukung pertumbuhan otaknya.

Ketika memberikan nutrisi pada anak haruslah tepat, maksudnya adalah :

  1. Tepat kombinasi zat gizinya, antara kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral serta kebutuhan cairan tubuh anak, yaitu 1-1,5 liter/hari.
  2. Tepat jumlah atau porsinya, sesuia yang diperlukan tubuh berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian.
  3. Tepat dengan tahap perkembangan anak, artinya kebutuhan kalori anak berdasarkan berat badan dan usia anak.

KEBUTUHAN GIZI BALITA

Berikut ini adalah kebutuhan gizi balita yang harus dipenuhi oleh para orangtua agar tumbuh kembang anak optimal

ENERGI

  1. Balita membutuhkan energi (sebagai kalori) untuk memungkinkan sang anak beraktifitas serta guna pertumbuhan dan perkembangan tubuh mereka.
  2. Tubuh mendapatkan energi terutama dari lemak dan karbohidrat tetapi juga beberapa dari protein

ASUPAN KALORI

Anak-anak usia balita membutuhkan kalori yang cukup banyak disebabkan bergeraknya cukup aktif pula. Mereka membutuhkan setidaknya 1500 kalori setiap harinya. Dan balita bisa mendapatkan kalori yang dibutuhkan pada makanan-makanan yang mengandung protein, lemak dan gula.

PROTEIN

  1. Protein diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan jaringan tubuh, serta untuk membuat enzim pencernaan dan zat kekebalan yang bekerja untuk melindungi tubuh sang bayi.
  2. Kebutuhan protein secara proporsional lebih tinggi untuk anak-anak daripada orang dewasa.
  3. Asupan gizi yang baik bagi balita juga terdapat pada makanan yang mengandung protein. Karena protein sendiri bermanfaat sebagai prekursor untuk neurotransmitter demi perkembangan otak yang baik nantinya. Protein bisa didapatkan pada makanan-makanan seperti ikan, susu, telur 2 butir, daging 2 ons dan sebagainya.
  4. Sumber protein ikan, susu, daging, telur, kacang-kacangan
  5. Tunda pemberiannya bila timbul alergi atau ganti dengan sumber protein lain.
  6. Untuk vegetarian, gabungkan konsumsi susu dengan minuman berkadar vitamin C tinggi untuk membantu penyerapan zat besi.

LEMAK

  1. Beberapa lemak dalam makanan sangat penting dan menyediakan asam lemak esensial, yaitu jenis lemak yang tidak tersedia di dalam tubuh
  2. Lemak dalam makanan juga berfungsi untuk melarukan vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E dan K.
  3. Anak-anak membutuhkan lebih banyak lemak dibandingkan orang dewasa karena tubuh mereka menggunakan energi yang lebih secara proposional selama masa pertumbuhan dan perkembangan mereka. Namun, Anjuran makanan sehat untuk anak usia lebih dari 5 tahun adalah asupan lemak total sebaiknya tidak lebih dari 35% dari total energi.
  4. Sumber lemak dalam dalam makanan bisa di dapat dalam : mentega, susu, daging, ikan, minyak nabati.

KARBOHIDRAT

  1. Karbohidrat merupakan pati dan gula dari makanan
  2. Pati merupakan komponen utama dari sereal, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran akar
  3. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi anak. Hampir separuh dari energi yang dibutuhkan seorang anak sebaiknya berasal dari sumber makanan kaya karbahidrat seperti roti, seral, nasi, mi, kentang.
  4. Anjuran konsumsi karbohidrat sehari bagi anak usia 1 tahun keatas antara 50-60%
  5. Anak-anak tidak memerlukan ‘gula pasir’ sebagai energy serta madu harus dibatasi.
  6. Dalam kehidupan sehari-hari manusia membutuhkan karbohidrat sebagai energi utama serta bermanfaat untuk perkembangan otak saat belajar dikarnakan karbohidrat di otak berupa Sialic Acid. Begitu juga dengan balita, mereka juga membutuhkan gizi tersebut yang bisa diperoleh pada makanan seperti roti, nasi kentang, roti, sereal, kentang, atau mi.
  7. Kenalkan beragam karbohidrat secara bergantian.
  8. Selain sebagai menu utama, karbohidrat bisa diolah sebagai makanan selingan atau bekal sekolah seperti puding roti atau donat kentang yang lezat.

SERAT

  1. Serat adalah bagian dari karbohidrat dan protein nabati yang tidak dipecah dalam usus kecil dan penting untuk mencegah sembelit serta gangguan usus lainnya.
  2. Serat dapat membuat perut anak menjadi cepat penuh dan terasa kenyang, menyisakan ruang untuk makanan lainnya sehinga sebaiknya tidak diberikan berlebih

VITAMIN DAN MINERAL

  1. Vitamin adalah zat organik kompleks yang dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil untuk banyak proses penting yang dilakukan dalam tubuh
  2. Mineral adalah zat anorganik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai fungsi
  3. Makanan yang berbeda memberikan vitamin dan mineral yang berbeda dan memiliki diet yang bervariasi dan seimbang . Ini penting untuk menyediakan jumlah yang cukup dari semua zat gizi
  4. Ada beberapa pertimbangan pemberian zat gizi untuk diingat, seperti pentingnya zat besi dan pemberian vitamin dalam bentuk suplemen.

ZAT BESI

Usia balita merupakan usia yang cenderung kekurangan zat besi sehingga balita harus diberikan asupan makanan yang mengandung zat besi. Makanan atau minuman yang mengandung vitamin C seperti jeruk merupakan salah satu makanan yang mengandung gizi yang bermanfaat untuk penyerapan zat besi.

KALSIUM

Balita juga membutuhkan asupan kalsium secara teratur sebagai pertumbuhan tulang dan gigi balita. Salah satu pemberi kalsium terbaik adalah susu yang diminum secara teratur.

3 Makanan Sehat Balita

By | Berita | No Comments

3 MAKANAN SEHAT BALITA

Menu makanan yang sehat untuk balita merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh para orangtua. Pada masa-masa inilah sang anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan mengaktifkan segenap indera yang dimiliki. Penuhi kebutuhan gizi dan makanan yang sehat untuk balita.

Anak balita lebih cenderung memiliki banyak keingintahuan akan segala hal. Pada masa inilah balita terus mengeksplore lingkungan sekitar dalam skala yang lebih jauh dari hari ke hari. Untuk menunjang tumbuh kembang anak balita, maka siapkan menu makanan sehat dan bergizi yang dapat dikonsumsi oleh balita Anda.

Menu sehat balita dapat diperoleh dari umber-sumber makanan yang dikonsumsi anak pada setiap harinya . seperti makanan pokok , makanan penunjang ataupun buah-buahan segar yang di olah halus seperti jus dan lain sebagainya . akan tetapi permasalahan yang sering muncul adalah ketika balita anda mengalami susah makan.

Hal semacam itu akan membuat para orangtua khawatir dan menjadi pekerjaan rumah untuk menjaga agar tetap pada pola makannya. Memberikan asupan gizi yang seimbang pada anak yang dalam fase usia balita sesuai kebutuhan merupakan tugas yang oenting. Tentu saja para orangtua tidak ingin melihat balita lemas dan tidak aktif karena kurangnya asupan gizi yang cukup bukan ?

Berikut ini, Aqiqah Berkah memberikan resep 3 makanan sehat balita untuk dikonsumsi sehari-hari khususnya untuk balita yang susah makan. Menu makanan berikut ini tentu saja disukai oleh balita 🙂

NASI TIM KEJU

Anda dapat memberikan si kecil nasi tim keju yang diracik sendiri agarlebih aman. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi tim keju antara lain :

  1. Beras putih 250 gram ( cuci bersih )
  2. Margarin 2 sendok makan
  3. Bawang bombay 1 siung ( cincang halus )
  4. Sumsum sapi 100 gram ( cincang halus )
  5. Kaldu ayam 600 mili liter
  6. Lada bubuk 1 sendok teh ( optional )
  7. Garam 1 sendok makan
  8. Keju pramesan 25 gram ( parut )

Cara membuatnya sangatlah mudah. Langkah awal panasakan margarin dalam sebuah pinggang panas , lalu masukkan bawang bombay. tumis hingga harum. Kemudian masukkan sumsum sapi dan beras yang sudah dicuci bersih . aduk-aduk hingga bahan tercampur dengan rata.

Setelah itu masukkan air kaldu , lada , garam , dan keju , kemudian masak hingga matang dan semua air kaldu terserap ke dalam beras sehingga beras menjadi nasi. Angkat , kemudian sajikan selagi panas. Untuk bahan pelengkap, anda dapat menambahkan tambahan keju parut diatasnya untuk menambah citarasa gurih pada nasi tim keju yang anda buat.

NASI TIM AYAM

Menu makanan selanjutnya adalah nasi tim ayam. Tidak hanya balita, orang dewasa pun akan suka dengan menu makanan ayam. Namun untuk balita dapat diolah menjadi nasi tim ayam. Berikut ini cara membuatnya :

  1. Langkah awal campurkan semua bahan menjadi satu kedalam mangkok yang tahan panas (Nasi setengah matang 80 gram, Wortel 100 gram (diparut), Tomat 50 gram (diiris kecil-kecil), Daging ayam giling 50 gram, Kuning telur 1 butir
  2. Garam secukupnya, Air secukupnya.
  3. Kemudian tambahkan air , lalu aduk-aduk hingga semua bahan terendam dengan sempurna .
  4. Selanjutnya masukkan mangkuk tahan panas ke dalam panci tim yang sudah disiapkan , lalu tim selama beberapa menit lalu angkat .
  5. Nasi tim ayam siap disajikan kepada buah hati tercinta anda .

BUBUR KENTANG BROKOLI

Bubur kentang brokoli merupakan salah satu resep makanan yang banyak digemari oleh balita, karena rasanya yang dinilai lezat dan mampu menggugah selera makan. Cara membuatnya pun sangatlah mudah. Berikut ini bahan dan cara membuat bubur kentang brokoli untuk balita :

  1. Daging ayam tanpa lemak 40 gram (potong kecil-kecil)
  2. Kentang 200 gram (dikupas, kemudian potong kecil-kecil menyerupai potongan daging ayam)
  3. Wortel segar 40 gram (kupas lalu potong seperti potongan kentang)
  4. Air bersih 120 mili liter
  5. Brokoli 15 kuntum (potong kecil-kecil menyerupai potongan kentang dan wortel)

Cara Membuat :

  1. Pertama-tama masukkan daging ayam , kentang dan wortel kedalam panci tahan panas . masak diatas api kecil lalu tambahakan air hingga mendidih.
  2. Setelah itu tutup panci dan diamkan sekitar 30 menit.
    Selanjutnya masukkan brokoli kemudian tutup kembali panci sekitar 30 menit hingga brokoli lunak lalu angkat.
  3. Langkah akhir masukkan semua bahan kedalam blender, haluskan lalu tuang kembali kedalam mangkuk. ( biarkan hingga dingin )
  4. Setelah dingin, bubur kentang brokoli siap untuk dihidangkan kepada balita tercinta anda.

Kesehatan Ibu Hamil

By | Berita | No Comments

KESEHATAN IBU HAMIL

Setiap ibu hamil menginginkan agar tetap terjaga kesehatan ibu dan janinnya. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil agar tetap sehat hingga proses kelahiran.

Dalam masa kehamilan, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan agar tetap sehat baik ibu hamil maupun janin :

  1. Makan 1-2 piring lebih banyak makanan bergizi dalam 1 hari- terlebih jika anda kurus, makan lebih banyak sayur dan buah, lauk- pauk – daging merah, ayam, telur, ikan, ercis dan kacang- kacangan setiap hari.
  2. Periksa kehamilan secara teratur ke bidan atau petugas kesehatan lainnya.
  3. Minum suplemen zat besi dari bidan tiap hari untuk mencegah pendarahan pada saat melahirkan.
  4. Menerima suntikan TT 2 kali semasa kehamilan
  5. Menggunakan garam beryodium di makanan setiap hari untuk kesehatan janin.
  6. Tetap melakukan aktivitas sehari- hari dan berolahraga secara teratur, tapi jaga jangan terlalu capek.

Selain memperhatikan hal yang perlu dilakukan saat kehamilan, berikut ini merupakan hal-hal yang juga perlu Anda hindari untuk kesehatan janin :

  1. Bekerja terlalu keras dan tidak cukup istirahat.
  2. Minum obat sembarangan kecuali dengan resep dokter.
  3. Pijat perut.
  4. Berada di sekitar anak- anak penderita cacar atau cacar Jerman.
  5. Merokok
  6. Minum minuman beralkohol
  7. Bekerja dengan dan menghirup pestisida, herbisida atau bahan kimia lainnya.
  8. Makan terlalu sedikit dengan menu monoton; tidak ada makanan yang harus dihindari selama kehamilan.

Ibu hamil biasanya mengalami beberapa masalah ringan seperti mual dan muntah, panas di rongga dada, kaki bengkak maupun hal lainnya seperti sembelit. Untuk mengatasi hal-hal semacam itu, berikut ini beberapa pertolongan pertama untuk mengatasi masalah ringan selama kehamilan :

  1. Mual atau Muntah-Coba makan dengan porsi kecil tapi teratur walaupun tidak ada nafsu makan. Jika masih berlanjut, bidan mungkin bisa memberi obat.
  2. Panas atau Terbakar –di lambung atau rongga dada (asam lambung dan dada sesak) – Makan makanan dalam porsi kecil sampai habis dan banyak minum air.Bidan mungkin bisa memberi obat.
  3. Bengkak Kaki- Istirahat dengan kaki diangkat selama beberapa kali dalam sehari. Makan secara teratur dan kurangi makanan bergaram tiggi seperti mi instan. Jika kaki sangat bengkak, dikuti pembengkakan tangan dan wajah, segera pergi berobat.
  4. Sakit Punggung : Bisa diatasi melalui olahraga serta sikap duduk dan berdiri tegak.
  5. Terlalu kurus, pucat dan lemah : Makan lebih banyak beserta lauk pauk seperti ercis, kacang- kacangan, daging ayam, susu, telur, daging merah, ikan dan sayur warna hijau tua. Minum kapsul zat besi setiap hari.
  6. Sembelit :Minum banyak air- kurang lebih 6-8 gelas sehari. Makan banyak buah, sayuran, dan ubi. Banyak berolahraga.

Untuk para ibu hamil, posisi duduk saat sedang hamil juga dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi. Itulah sebabnya mengapa disarankan duduk dengan posisi yang tidak sembarangan bagi ibu hamil. Berikut ini beberapa posisi duduk yang tidak dianjurkan bagi para ibu hamil :

Posisi Bungkuk

Saat posisi membungkuk, punggung Anda tidak terjaga lurus. Berat badan dibebankan pada sumsum tulang belakang. Dan ini dapat membahayakan keselamatan Anda, juga janin yang ada di dalam perut. Maka dari itu, hindari posisi duduk seperti ini

Duduk dengan kaki menggantung

Duduk dengan kaki menggantung akan meningkatkan aliran darah ke kaki Anda. Sehingga, kaki akan mengalami pembengkakkan, yang mana hal ini merupakam masalah umum bagi para ibu hamil.

Duduk Tanpa Sandaran

Duduk tanpa sandaran, menyebabkan punggung dalam posisi tegang. Sehingga, punggung akan lekas nyeri dan pegal. Sebaiknya jika sedang duduk, pilihlah kursi yang memiliki sandaran. Agar punggung dalam kondisi nyaman dan rileks.

Posisi Duduk membungkuk Ke Depan

Duduk membungkuk ke depan adalah posisi paling berbahaya bagi ibu hamil. Karena, saat Anda membungkuk ke arah depan, beban tubuh beralih menekan perut Anda. Apalagi jika masa kehamilan telah memasuki fase lanjut, tulang rusuk Anda dapat menusuk tubuh bayi dan meninggalkan bekas permanen.

Posisi Duduk Setengah

Ibu hamil terkadang lalai dan sering duduk dengan posisi seperti ini. Tahukah Anda bahwa pada posisi ini sumsum tulang belakang menahan berat tubuh Anda. Dan itulah sebabnya, jika Anda duduk seperti ini dalam waktu yang lama, punggung akan terasa nyeri dan pegal.