Monthly Archives: August 2019

Paket Aqiqah di Tangerang Peduli

By | Artikel | No Comments

Hay semuanya yang ada di tanggerang dan sekitarnya, nah di aqiqah Berkah sekarang hadiri dengan Aqiqah Berkah Peduli loh.. Pasti semua pada pada penasaran kan? dan sebelum kami menjelaskan tentang Aqiqah Berkah Peduli, kami akan memberi pengetahuan terlebih dahulu kepada ayah dan bunda mengenai Aqiqah. Dan diartikel ini nanti akan dijelaskan tentang pengertian aqiqah serta qurban, apakah aqiqah itu wajib, apakah aqiqah sama dengan qurban, apakah boleh qurban sebelum aqiqah, apakah aqiqah wajib dalam Islam, doa utnuk orang yang beraqiqah, dan yang lainnya. Yuk langsung saja kita bahas bersama dibawah ini.

A. Pengertian Tentang Aqiqah dan Qurban

Sebelumnya materi tentang pengertian dari aqiqah dan qurban sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya. Namun diartikel ini akan dijelaskan kembali mengenai materi tersebut.

Oke mari kita awali sekarang. Sebenarnya pengertian dari aqiqah dan qurban itu hampir sama, namun yang membedakan hanya arti dan pelaksanaanya saja.

Kata aqiqah ialah suatu kata yang berasal dari kata bahasa arab yang berarti pemotongan atau penyembelihan, namun jika diartikan secara lengkap ialah suatu proses penyembelihan dan pemotongan hewan aqiqah yang dilaksanakan pada hari ketujuh, empat belas atau bisa juga dihari ke dua puluh satu setelah bayi dilahirkan.

Sedangkan arti adri kata qurban ialah dekat dan jika diartikan panjang ialah suatu proses penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan pada hari raya idul adha atau hari raya idul qurban, dan dilaksanakan satu kali saja dalam setahun.

B. Apakah Aqiqah Itu Diwajibkan ?

Jawabannya adalah diwajibkan, jika aqiqah tersebut telah dinazarkan. Karena hal apapun yang jika dinazarkan, maka akan menjadi wajib hukumnya.

Dan apabila aqiqah tersebut tidak dinazarkan, maka hukum aqiqah tersebut tetaplah sunnah muakkad yang berarti dianjurkan untuk dilaksanakan.

Tetapi menurut sebagian ulama ada yang mengatakan bahwa hukum aqiqah ialah sunnah. Ada dari beberapa ulama yang berpendapat mengenai hukum aqiqah ialah sunnha yaitu ulama Imam Malik, Imam Syafi’i beserta pengikutnya, ulama Amdinah, Imam Ahmad, Abu Tsur, Ishaq, dan sebagian besar ualama fiqih dan ijtihad.

Adapula yang mengatakan hukum aqiqah yaitu wajib, dan ulama yang berpendapat bahwa hukum aqiqah ialah wajib, antara lain ialah Imam Hasa Al-Bashri, Al-Laits Ibn Sa’ad dan yang lainnya.

C. Apakah Aqiqah Sama Dengan Qurban ?

Jawabannya adalah tidak sama meskipun aqiqah dan qurban memiliki beberapa kesamaan, misalnya yaitu hewan yang digunakan boleh sama. Aqiqah dan qurban memiliki banyak perbedaan antara lain perbedaan dalam tujuan syariat nya, dimana qurban disyariatkan untuk memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. yang sejarahnya sudah tertulis di dalam Al-Qur’an sedangkan aqiqah dilaksanakan untuk mewujudkan rasa syukur orang tua atas kelahiran anaknya. Perbedaan kedua adalah pada jumlah hewan yang digunakan atau yang disembelih, jika qurban tidak memiliki batasan dalam jumlah, maka aqiqah memiliki batasan, yaitu berjumlah dua ekor untuk anak laki laki dan seekor untuk anak perempuan. Perbedaan ketiga adalah waktu pelaksanaannya, qurban dilaksanakan saat hari Idul Adha dan 3 hari setelah nya, sedangkan aqiqah adalah pada hari ketujuh dari hari kelahiran anak.

D. Apakah Boleh Qurban Sebelum Aqiqah ?

Terdapat beberapa alasan untuk hal ini tetapi dapat disimpulkan bahwaa berqurban boleh dilakukan sebelum melaksanakan aqiqah. Berikut ini adalah alasan alasannya

  1. Jika situasi kondisinya tidaklah mendekati hari Idul Adha, maka lakukan aqiqah terlebih dahulu dan jika mendekati Idul Adha, maka berqurbanlah terlebih dahulu
  2. Jika pelaksana belum diaqiqahi semenjak dilahirkan dan hendak berqurban, maka qurban tersebut sudah mewakili aqiqah untuk si pelaksana
  3. Qurban memiliki keutamaan hukum yang terlebih utama dibandingkan dengan aqiqah, jadi jika hanya memiliki dana untuk melakukan salah satu dari keduanya, maka pilihlah untuk melaksanakan qurban terlebih dahulu

Tetapi jika ingin untuk melaksanakan keduanya secara bersamaan, hal tersebut juga diperbolehkan dengan niat menyembelih hewan untuk berqurban sekaligus untuk beraqiqah.

E. Apakah Aqiqah Wajib Dalam Islam ?

Jawabannya adalah tidak, karena hukum aqiqah adalah sunnah muakkad, jadi sebaiknya dilaksanakan.

Tetapi jika belum mapu melaksanan, boleh kapan saja melaksanakan aqiqah saat sudah mampu melaksanakannya. Hari hari yang disunnahkan adalah pada hari ke-tujuh, ke-empat belas, atau dihari ke-21 dari kelahiran si bayi. Aqiqah bukanlah wajib, melainkan sunnah, sunnah yang lebih baik dilaksanakan.

Karena Nabi Muhammad SAW juga melaksanakan aqiqah untuk cucu nya, yaitu Hasan dan Husain. Jika Anda melaksanakan aqiqah anda akan mendapat banyak pahala, karena sudah melaksanakan sunnah Rasulullah SAW. juga dapat meningkatkan ibadah kepada Allah swt. karena didalam acara aqiqah akan ada pembacaan Al-Qur’an dan pembacaan tahlil.

F. Doa Untuk Orang Yang Aqiqah

  1. Doa ketika menyembelih hewan

Bismillâhi wallâhu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu…(ucapkan nama bayi yang diaqiqahi)

Artinya: “Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah aqiqahnya … (ucapkan nama bayi yang diaqiqahi)”

  1. Doa saat walimatul aqiqah

Allâhummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyâni wa min jamî’is sayyiâti wal ‘ishyâni wahrishu bihadlânatika wa kafâlatika al-mahmûdati wa bidawâmi ‘inâyatika wa ri’âyatika an-nafîdzati nuqaddimu bihâ ‘alal qiyâmi bimâ kalaftanâ min huqûqi rububiyyâtika al-karîmati nadabtanâ ilaihi fîmâ bainanâ wa baina khalqika min makârimil akhlâqi wa athyabu mâ fadldlaltanâ minal arzâqi. Allâhummaj’alnâ wa iyyâhum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`âni wa lâ taj’alnâ wa iyyâhum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyâni.

Artinya: “Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela.”

G. Daftar Harga Aqiqah Berkah Peduli

Jika Anda ingin memesan aqiqah anak Anda tetapi dengan disalurkan ke tempat tempat yang membutuhkan, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi ingin memesan dimana.

Kini Kami, Aqiqah Berkah menyediakan Paket Aqiqah Peduli, yaitu paket yang nantinya akan kami salurkan ke tempat tempat yang membutuhkan. Atau bisa juga disalurkan ke tempat yang Anda inginkan dengan menginformasikannya kepada tim kami saat Anda melakukan pemesanan.

Dengan harga yang terjangkau kami siap melayani pesanan dengan profesional. Berikut adalah daftar harga 2 paket layanan aqiqah di Aqiqah Berkah

A. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

B. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

Mari Berbagi Bersama Paket Aqiqah di Palembang Peduli

By | Artikel | No Comments

Hayhay semuanya yang berada di Palembang dan sekitarnya, nah ketemu lagi nih diartikel Aqiqah Berkah. Dan diartikel Aqiqah Berkah ini akan dibahaskan mengenai Aqiqah menurut islam dan aqiqh menurut para ahli, serta cara aqiqah yang benar. Semuanya pasti sudah penasaran kan bagaimana cara aqiqah yang benar dan apa sih pengertian dari aqiqah. Oke langsung saja kita bahas bersama dibawah ini.

Pengertian Aqiqah Menurut Agama Islam

Pada paragraf diawal ini kami akan membahas tentang pengertian aqiqah menurut islam terlebih dahulu. Aqiqah juga dapat diartikan sebagai pengungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT karena telah dikaruniai bayi perempuan ataupun bayi laki-laki.

Aqiqah juga sebagai bentuk rasa cinta kita kepada Rosulullah SAW. Kita melaksanakan aqiqah sama dengan kita menjalankan sunnah Rosaulullah SAW.

Oke sekarang kembali kepembahasan awal, yaitu pengertian dari aqiqah. dan pengertian aqiqah menurut islam ialah suatu wujud atau bentuk rasa syukur setiap orang tua kepa Allah SWT atas dilahirkannya sang buah hati tercinta.

Bentuk dan wujud rasa syukur tersebut kemudian dibuktikan dengan cara melaksanakan aqiqah anak. Pelaksanaan aqiqah tersebut ialah dengan menyemebelih satu atau dua ekor kambing/domba pada hari ketujuh, empat belas ataupun dua puluh satu sesudah hari lahir sang bayi tersebut.

Pengertian Aqiqah Menurut Para Ahli

Kemudian yang kedua ialah pengertian aqiqah menurut para ahli. Sebenarnya pengertian aqiqah menurut agama islam dan menurut para ahli ialah hampir sama saja.

Yaitu Sebagai ungkapan rasa bersyukur setiap orang tua kepada Allah SWT karena telah dilahirkannya seorang anak laki-laki ataupun perempuan.

Pelaksanaan aqiqah sendiri dilaksanakan pada hari ketujuh sesudah bayi lahir, hari ke empat belas sesudah bayi lahir, hari ke dua puluh satu sesudah bayi tersebut lahir kedunia.

Jumlah hewan yang disunnahkan untuk aqiqah juga berbeda, yaitu 2 ekor untuk laki-laki dan 1 ekor saja untuk perempuan. Untuk orang tua yang sudah memiliki anak sangat dianjurkan untuk segera mengaqiqahi anak jika ia sudah mampu. Karena setiap anak yang terlahir didunia maka statusnya masih tergadai.

Cara Aqiqah Yang Benar Menurut Islam

Anda semua pasti ada yang belum tau betul cara aqiqah yang benar menurut islam.

Dan disini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai hal tersebut. Yang pertama cara aqiqah menurut islam yaitu dengan menyembelih hewan aqiqah sesuai syarat dan ketentuan agama islam.

Dan cara tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Pastikan pisau yang akan dipakai untuk menyembelih hewan diasah terlebih dulu sampai benar-benar tajam.
  2. Kemudian baringkan hewan dan hadapkan kearah kiblat seperti kita sholat menghadap kiblat.
  3. Injakkan kaki anda tepat di leher hewan yang akan disembelih
  4. Lalu potong tepat pada urat nadi dileher hewan tersebut
  5. Kemudian biarkan dan diamkan terlebih dulu hewan tersebut sampai benar-benar sudah mati dan tidak bergerak lagi.

Setelah menyembelih hewan, kemudian hewan tersebut dibersihkan dan dipotong-potong menjadi daging yang kecil dan kemudian diolah menjadi masakan siap siap santap ataupun siap saji.

Apakah Aqiqah Boleh Menerima Sumbangan ?

Kita mengaqiqahi anak sama dengan kita sudah menjalankan sunnah rosul, tidak hanya itu, kita juga akan mendapat pahala dari Allah SWT karena sudah melaksanakan ibadah aqiqah.

Pelaksanaan ibadah aqiqah juga dapat meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT. Pada pelaksanaan aqiqah sendiri sanga bayi atau sang anak banyak mendapatkan doa dari banyak orang yang telah hadir diacara aqiqah tersebut, dan pada saat itu juga status anak yang masih tergadai akan terbebas dan terlepas dari status tersebut.

Oke sekarang kita lanjut kepembahasan awal tadi yaitu tentang pertanyaan apakah aqiqh boleh menerima sumbangan? mari kita bahas bersama.

Sebenarnya aqiqah menerima sumbangan itu tidak apa, seperti halnya jika diacara pernikahan ataupun khitanan kita juga akan menerima sumbangan dari orang luar berupa uang. Menerima sumbangan sama artinya kita menerima rezeki, jadi intinya kita boleh saja menerima sumbangan dari luar.

Apakah Kambing Aqiqah Harus Jantan ?

Sebenarnya untuk jenis kelamin untuk aqiqah itu bebas dan tidak peraturannya, hanya saja aqiqah yang lebih baik itu menggunakan kambing jantan.

Maksudnya ialah jika kita menggunakan kambing jantan maka kita juga akan mendapatkan daging lebih banyak, sebab daging kambing jantan dan betina dagingya pun banyakan kambing jantan, dan maka dari itulah kambing jantan lebih mahal dari kambing betina.

Namun jika anda hanya bisa membeli kambing betina untuk aqiqah maka diperbolehkan saja, sebab gak ada perbedaan antara aqiqah menggunakan kambing jantan ataupun kambing betina.

Jadi untuk anda yang akan melaksanakan aqiqah bebas menggunakan jenis kambing atau jenis domba apapun. Asalkan kedua hewan tersebut benar-benar sehat dan tidak ada cacat dibadannya, dan pastinya hewan harus cukup umur ya.

Apakah Sapi Bisa Untuk Aqiqah ?

Seperti peraturan aqiqah, bahwa peraturan untuk jenis hewan aqiqah yang diperbolehkan hanya hewan kambing dan hewan domba saja. Meskipun ada sebagian ulama yang memperbolehkan aqiqah menggunakan sapi sebab harganya mahal dan dagingnya yang banyak.

Namun ada juga ulama yang tidak memperbolehkan aqiqah menggunakan hewan sapi, sebab aqiqah juga bisa menghilangkan sifat kehewanan seperti hewan kambing.

Dan mengapa harus hewan kambing? sebab hewan kambing memiliki sifat yang tidak pernah mandi sehingga kambing tersebut berbau dan sulit sekali untuk menurut kepada manusia. Nah dari penjelasan itulah mengapa aqiqah tidak boleh menggunakan hewan sapi ataupun hewan unta.

Jasa layanan Aqiqah Berkah Peduli Yang Mudah Pesannya, Murah Harganya, dan Amanah Penyalurannya

Jasa Aqiqah Berkah ialah jasa layanan aqiqah dan jasa penyaluran aqiqah yang sudah terpercaya di berbagai kalangan masyarakat. Di Aqiqah Berkah hewan aqiqahnya pun juga sudah sesuai dengan ketentuan hewan untuk aqiqah, kemudian hewan kambingnyapun juga diambil dari ternak sendiri.

Penyembelihannya juga dilakukan oleh ahlinya yang pasti sesuai syariat islam. Masakannya dimasak oleh juru masak yang ahli, masakannya enak dan tidak bau prengus.

Tidak diragukan lagi silahkan pesan di jasa Aqiqah Berkah, untuk kejelasan tentang Aqiqah Berkah silahkan kunjungi aqiqahberkah.com.

Daftar Harga Aqiqah Mandiri

daftar harga aqiqah mandiri

Daftar Harga Aqiqah Peduli

daftar harga aqiqah peduli

Paket Aqiqah di Kemayoran Peduli Yang Jujur dan Amanah

By | Artikel | No Comments

Hallo ayah bunda yang bertempat tinggal di Kemayoran dan sekitarnya, Nah ketemu lagi dengan kami Aqiqah Berkah. Pada isi artikel nanti Aqiqah Berkah akan membahas mengenai Aqiqah dan Qurban. Nah semuanya pasti sudah pada penasaran kan? Mari langsung saja kita langsung kepembahasan awal.

Apa Pengertian Aqiqah dan Qurban?

Pada dasarnya Aqiqah dan Qurban tidak jauh berbeda, karena tata caranya pun juga hampir sama. Ibadah Aqiqah merupakan suatu ibadah yang disunnahkan dengan bertujuan untuk menebus status anak yang masih tergadai dengan cara menyembelih kambing atau domba.

Sedangkan Ibadah Qurban merupakan ibadah yang disunnahkan oleh Allah SWT bagi orang yang sudah mampu atau berkecukupan ekonomi dengan cara menyembelih hewan bisa berupa sapi, kambing, domba, ataupun unta.

Kedua ibadah tersebut sangat disunnahkan oleh Allah SWT untuk orang yang sudah berkemampuan. Sebab ibadah tersebut memiliki manfaat besar bagi orang yang melaksanakannya.

Apa Perbedaan Aqiqah dan Qurban ?

Seperti yang sudah dibahas barusan bahwa aqiqah dan qurban tidak jauh berbeda, hanya saja yang membedakan niat, jenis hewan dan pelaksanaan ibadahnya.

Ibadah Aqiqah dilaksanakan di 7 hari, 14 hari, ataupun 21 hari setelah hari lahirnya sang bayi. Namun jika pada hari yang disunnahkan aqiqah tersebut anda belum bisa mengaqiqahi anak sebab belum berkemampuan, maka hari untuk aqiqah anak dapat diganti di hari kapan saja sesudah anda berkemampuan beraqiqah.

Sedangkan Ibadah Qurban ialah dilaksanakan pada hari raya idul adha atau hari raya idul qurban setelah kita melaksanakan sholat idul adha. Ibadah aqiqah hanya bisa dilaksanakan 1 kali saja seumur hidup, dan hari untuk aqiqah pun juga bebas (sesuai kemampuan orang tua anak) .

Namun jika ibadah qurban bisa dilakukan berkali-kali seumur hidup, dan ibadah qurban juga dilaksanakan setahun sekali saja pada hari raya idul adha ataupun hari raya qurban.

Jumlah hewan yang benar ialah 2 ekor untuk laki-laki dan 1 ekor untuk perempuan. Dan hewan qurban ialah kambing atau domba untuk qurban 1 orang saja, namun jika qurban sapi maka bisa untuk 7 orang pequrban.

Cara Sembelihan Aqiqah

Cara menyembelih hewan aqiqah ialah sama dengan cara menyembelih hewan qurban, yaitu pertama pastinya kita harus mengasah terlebih dahulu pisaunya sampai tajam.

Kemudian kita giring hewan yang akan disembelih dan memapan ataumenghadapkannya ke arah kiblat. Selanjutnya ialah potong atau sembelih pas di urat nadi lehernya sambil membaca doa sembelih hewan aqiqah, setelah itu biarkan hewan tersebut terbaring terlebih dahulu sambil kita memastikan bahwa hewan tersebut sudah benar-benar mati dan tidak bergerak lagi.

Kemudian angkat hewan tersebut dan hewan siap dipotong-potong menjadi daging aqiqah yang selanjutnya akan dimasak menjadi olahan masakan aqiqah.

Cara Niat Aqiqah

Untuk niat aqiqah dan qurban pastilah berbeda, waktu pelaksanaanya pun juga berbeda, dan diparagraf ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara niat untuk aqiqah yang benar dan sesuai syariat islam.

Aqiqah juga menjadi ibadah sunnah yang harus dilaksanakan oleh orang tua yang sudah memliki anak. Sebab jika anak belum diaqiqah maka status dari diri sang anak tersebut masih tergadai.

Dan untuk menebus status tergadai tersebut orang tua harus mengaqiqahinya.

Dan berikut ialah niat atau do’a aqiqah yang benar:

Bismillahi wallahu akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu… (sebutkan nama bayi)

Artinya : “ Dengan menyebut asma Allah. Allah maha besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah qiqahnya…(sebutkan nama bayi)

Cara Menghitung Aqiqah

Cara menhitung hari aqiqah sendiri bisa dilakukan oleh orang tua sendiri tanpa dibantu oleh yang lebih tua, nah jika ayah dan bunda belum bisa atau masih bingung dengan cara menghitung hari aqiqah.

Disini akan dijelaskan secara detail cara menghitung hari aqiqah agar ayah dan bunda bisa menentukan sendiri hari aqiqah untuk putra putrinya. Jika bayi ayah bunda lahir dipagi hari ataupun siang hari, maka awal menghitungnya yaitu dihari tersebut.

Namun jika bayi ayah bunda lahirnya di sore hari ataupun malam hari maka awal menghitung dimualai pada keesokan harinya bukan di hari tersebut.

Oke jika ayah bunda masih bingung akan kami beri contoh berikut: Dan berikut ialah cara menghitung aqiqah dihari ke tujuh antaranya jika bayi lahir pada selasa tanggal 11/08, pukul lima pagi maka menghitungnya dimulai dari hari itu yaitu selasa.

Jadi pelaksanaannya pada senin tanggal 17/08. Dan apabila anak itu lahir pada hari selasa tanggal 11/08 pada pukul enam sore maka menghitungnya dimulai pada hari besoknya yaitu hari rabu. Jadi pelaksanaannya pada hari selasa 18/08.

Menu Paket Aqiqah Berkah Peduli

Menu Paket Aqiqah Berkah Peuli yang ada di Aqiqah Berkah ialah banyak sekali variasinya, dan menu utama kami ialah Kambing Guling. Untuk menu masakan di Aqiqah Berkah ialah Gule kambing, Daging Lapis, Rendang Kambing, Sate kambing baik sate godok ataupun sate bakar, kemudian krengsengan, Dendeng Ragi dan masih ada menu lainnya di Aqiqah Berkah.

Jadi untuk ayah dan bunda yang masih bingung mencari jasa playanan aqiqah dan jasa penyaluran aqiqah yang murah mudah dan amanah, silahkan ayah dan bunda pesan langsug Di Aqiqah Berkah dengan menghubungi nomor layanan kami di 0813-3568-0602.

Jika anda ingin lebih tau lagi tentang Aqiqah Berkah, anda juga bisa mengunjungi website resmi kami di qurban-aqiqah.com disitu akan banyak sekali informasi dan pengethuan mengenai aqiqah.

Aqiqah Berkah Peduli Aqiqah Yang Sesuai Syariat Islam

Untuk anda yang akan melaksanakan aqiqah dan tempat tinggalnya diluar jawa, kami menyediakan jasa penyaluran aqiqah yang murah, mudah dan amanah.

Aqiqah Berkah akan membuat anda semakin mudah untuk melaksanakan ibadah yang disunnahkan oleh Rosulullah SAW. Untuk hewan di Aqiqah Berkah sudah dipastikan sesuai dengan syariat islam.

Aqiqah Berkah memilih hewan aqiqah yang benar-benar sehat, bersih dan cukup umur, sebab hewan di Aqiqah Berkah pun diambil dari ternak sendiri. Jadi pasti terjamin kesehatan dan makanannya. Mari laksanakan ibdah sunnah anda dengan menyalurkan aqiqah anda melalui Aqiqah Berkah.

Daftar Harga Paket Mandiri

daftar harga aqiqah mandiri

Daftar Harga Paket Peduli

daftar harga aqiqah peduli

Layanan Aqiqah Paling Murah dan Mudah Paket Aqiqah di Jombang Jatim

By | Artikel | No Comments

Assalamu’alaikum semuanya dan apa kabar semuanya? saya do’akan semoga sehat dan panang umur semuanya. Dan ketemu lagi nih diartikel Aqiqah Berkah. Nama awalnya saja sudah Aqiqah Berkah pastinya diisi artikel ini akan membahas mengenai Aqiqah. Diartikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai aqiqah, namun diartikel ini kami juga akan membahas tentang aqiqah secara lengkap lagi. Mari simak bersama penjelasan berikut ini.

Pengertian Aqiqah Menurut Bahasa Adalah

Di awal ini yang kita bahas yaitu penjelasan aqiqah menurut bahasa. Asal mula dari kata aqiqah yaitu berasal dari bahasa arab, apabila diartikan yaitu suatu penyembelihan atau pemotongan.

Jika diartikan secara lengkap merupakan suatu proses atau suatu kegiatan menyembelih dan memotong binatang aqiqah kambing atau domba yang pelaksanaanya dilaksanakan di hari ke 7, 14 ataupun dihari ke 21 sesudah bayi dilahirkan.

Penyembelihan tersebut bertujuan guna menebus anak atau bayi yang statusnya masih tergadai. Rasa bersyukur dan bahagia kita kepada Allah SWT serta rasa cinta kita kepada Rosulullah SAW bisa dibuktikan dengan cara melaksanakan ibadah aqiqah.

Sebab ibadah aqiqah ialah ibadah yang disunnahkan oleh Rosulullah SAW. Jadi untuk putra putri anda yang belum diaqiqah, segera laksanakan aqiqah untuk anak putra putri ayah bunda apabila ayah dan bunda sudah berkemampuan. Karena akan merugi apabila ayah dan bunda tidak mengaqiqahinya.

Cara Aqiqah Yang Baik dan Benar

Kemudian diparagraf ini dibahas tentang bagaimana cara aqiqah yang baik dan benar. Bagi setiap orang tua pastinya akan mencari tau terlebih dahulu tentang bagaiman sih tata cara aqiqah yang benar sesuai syariat islam sebelum melaksanakan aqiqah untuk putra putrinya.

Dan tata cara aqiqah benar ialah sebagai berikut:

  1. Yang pertama pastinya kita menyembelih hewan aqiqah terlebih dahulu, untuk hewan aqiqah bisa berupa kambing ataupun domba. Untuk menyembelih hewan pastikan pisaunya tajam, hadapkan hewan aqiqah ke arah kiblat seperti kita sholat menghadap kiblat, Injak leher hewan aqiqah sambil membaca doa menyembelih hewan aqiqah, potong atau sembelih dengan cepat agar darah yang keluar tidak terlalu cepat, biarkan hewan terbaring terlebih dahulu sambil memastikan bahwa hewan sudah benar-benar mati.
  2. Yang kedua ialah membagikan atau menyalurkan daging aqiqah kepada tetangga, teman, kerabat atau bisa disalurkan di panti asuhan, pondok pesantren, dan masyarakat yang membutuhkan. Untuk pembagian daging aqiqah sendiri harus dalam keadaan sudah matang dan sudah diolah menajadi makanana siap santap.

Pengertian Walimah Aqiqah

Selanjutnya kita akan membahas tentang walimah aqiqah. Sebelum ke penjelasa walimah aqiqah, setiap orang tua yang sudah mampu dan sudah memiliki anak pastinya akan mengadakan acara aqiqah untuk putra putrinya.

Dan tujuan dari acara aqiqah tersebut ialah untuk menjalankan sunnah dari Rosulullah SAW. Selain itu tujuan aqiqah juga sebagai penebus diri putra putri ayah bunda yang masih tergadai.

Oke kita kembali ke pembasan awal yaitu tentang pengertian dari walimah aqiqah, dan Pengertian walimah aqiqah merupakan ketetapan dari Allah SWT dan Rasul untuk melaksanakan pemotongan hewan aqiqah yaitu kambing dan memotong rambut bayi dan pemberian nama pada hari ketujuh pada kelahiran bayi dan memberikan perjamuan pada tamu dan memberitahu nama anak tersebut.

Lebih jelasnya walimah berarti menyajikan makanan untuk acara aqiqah, pesta atau lainnya.

Arti Dari Aqiqahan

Aqiqah dalam bahasa jawa aqiqah sebagai perlindungan anak dari jin atau setan yang menyertainya sejak lahir. Aqiqah bentuk menekatkan diri kepada Allah.

Aqiqah juga bisa mempererat tali silaturahmi dan tali persaudaraan antar umat muslim. Melaksanakan aqiqah hukumnya yaitu sunnah mu’akad atau bisa diartikan sebagai sunnah yang dianjurkan.

Waktu sunnah atau waktu yang lebih baik untuk pelaksanaan aqiqah ialah dihari ke tujuh setelah lahirnya bayi, dan apabila orang tua diwaktu tersebut belum mampu beraqiqah untuk anaknya maka tidak ada masalah baginya.

Melakukan aqiqah bisa dengan waktu yang mereka mampu atau yang mereka bisa. Jadi untuk anda yang belum diaqiqah sejak kecil karena ketidak mampuan orang tua, maka masih bisa melaksanakan aqiqah sendiri meskipun anda sudh tumbuh dewasa bahkan sudah berkeluaraga.

Membuat Acara Aqiqah

Untuk acara aqiqah sendiri bisa dilaksanakan di rumah sendiri ataupun ditempat lainnya seperti pondok pesantren, panti asuhan dan tempat tujuan penyaluran aqiqah lainnya. Karena pelaksanaan acara aqiqah tidak harus dirumahnya sendiri.

Untuk acara aqiqah sendiri tidak harus dilaksanakan dirumah saja, acara aqiqah bebas dilaksanak ditempat mana saja. Didalam acara aqiqah tersebut pastinya kita harus mengundang ustadz untuk memimpin doa aqiqah.

Kemudian kita juga harus menyajikan masakan aqiqah untuk santapan para tamu undangan, dan masakan aqiqah tersebut bisa berupa nasi kotak ataupun masakan siap saji.

Untuk anda yang masih bingung apa saja masakan yang disajikan pada saat acara aqiqah, anda bisa berkonsultasi atau bisa pesan langsung masakan aqiqah di Aqiqah Berkah.

Di situ kami banyak menyediakan menu masakan aqiqah maupun catrening yang dapat anda pilih. Untuk penjelasan lebih lanjut nanti akan kami jelaskan lebih lengkap dibagian bawah artikel ini.

Susunan Acara Kegiatan Aqiqah

Dan setelah membahas mengenai acara aqiqah, sekarang kita lanjut membahas mengenai susunan acara aqiqah. Karena setiap acara aqiqah tidak akan berjalan lancar tanpa susuna acara yang benar. Dan berikut ialah susunan acara aqiqah:

  1. Pertama pastikan pembukaan terlebih dahulu. Untuk pembukaan acara biasanya mc membaca bismillah terlebih dahulu
  2. Kemudian ialah pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an
  3. Selanjutnya sambutan dari wakil salah satu orang tua dari anak yang diaqiqahi
  4. Dan yang keempat ialah acara pencukuran rambut sibayi disertai dengan pemberian nama untuk bayi
  5. Untuk acara yang terakhir ialah mempersilahkan tamu undangan untuk mencicipi atau menyantap masakan aqiqah yang telah disediakan

Dan kurang lebih seperti itulah susunan dari acara aiqah yang biasa dipakai pada acara aqiqah.

Jasa Layanan Aqiqah dan Catering Yang Murah Harganya, Mudah Pesannya, dan Lezat Rasa Masakannya

Oke sekarang kita sudah mencapai pembahasan yang terakhir, yaitu mengenai jasa layananan masakan aqiqah dan catering yang murah, mudah dan enak.

Seperti yang sudah dibahas dibagian paragraf atas tadi bahwa untuk anda yang masih bingung mencari masakan siap santap dataupun siap saji untuk acara aqiqah ataupun acara lainnya.

Anda bisa menghubungi atau pesan langsung di Aqiqah Berkah dengan menghubungi nomor layanan kami di 0813-3568-0602. Di Aqiqah Berkah kami menyediakan banyak variasi menu masakan untuk acara aqiqah, tasyakuran, pernikahan, gathering ataupun acara resmi dan tidak resmi lainnya.

Kami meyediakan berbagai menu masakan seperti: Sate, Gule, Rendang, Dendeng Ragi, Daging Lapis, , Krengseng, Kambing Guling, dan masih ada lagi yang lainnya.

Tidak usah khawatir dengan rasa masakan di Aqiqah Berkah, Sebab juru masak dari Aqiqah Berkah sudah berprofesional dan sudah banyak pengalaman kurang lebih 10 tahun dibidang mengolah masakan kambing. Jadi olahan masakan Aqiqah Berkah dijamin enak, lezat dan tidak berbau prengus kambing.

Aqiqah Berkah juga akan melayani anda dengan ramah, Team kami pun juga akan siap mengantarkan masakan tepat waktu ke alamat rumah anda. Jadi tunggu apalagi, lancarkan acara anda dengan memesan masakan di Aqiqah Berkah.

Daftar Harga Paket Mandiri

daftar harga aqiqah mandiri

Daftar Harga Paket Peduli

daftar harga aqiqah peduli

Paket Aqiqah di Balikpapan Peduli

By | Artikel | No Comments

Assaalamualaikum semuanya, terimakasih karena telah berkunjung di website ini. Kali ini akan dijelaskan tentang arti aqiqah secara bahasa dan istilah, hukum aqiqah jika aqiqah tersebut dinazarkan, hukum melaksanakan aqiqah dan qurban, tata cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban, cara aqiqah bagi orang dewasa, cara aqiqah yang benar, dan yang lainnya. Baiklah, silahkan disimak beberapa penjelasan dibawah ini dan semoga dapat bermanfaat.

A. Arti Aqiqah Secara Bahasa dan Istilah

Diartikel yang sudah ada pernah dijelaskan mengenai arti dari aqiqah secara bahasa dan secara istilah. Namun diartikel ini akan dijelaskan kembali mengenai hal tersebut agar ayah dan bunda lebih mengetahui lebih dalam lagi mengenai aqiqah.

Ketika kita mendengar kata aqiqah pasti tidak asing lagi, kata aqiqah ialah kata yang berasal dari bahasa arab, artinya ialah menyembelih atau memotong.

Dan jika dijelaskan secara lengkap yaitu suatu proses penyembelihan dan pemotongan hewan, bisa berupa kambing dan domba yang dilakukan dihari ke-tujuh, empat belas, dan dua puluh satu setelah bayi tersebut dilahirkan.

Tujuan dari penyembelihan tersebut ialah untuk menebus status anak tersebut yang masih tergadai. Karena setiap bayi yang lahir didunia maka dirinya masih tergadai dengan aqiqahnya.

B. Apa Hukum Aqiqah Jika Aqiqah Tersebut Dinazarkan ?

Jawabannya adalah hukum aqiqah tersebut menjadi wajib untuk dilaksanakan. Karena hal apapun yang jika dinazarkan, maka akan menjadi wajib hukumnya.

Jika sudah bernazar, tetapi ada halangan untuk melaksanakannya (misalnya kambing hilang saat akan disembelih), maka jika mampu gantilah kambing tersebut dan laksanakan aqiqah lagi.

Dan jika tidak mampu dan ingin membatalkan nazar tersebut, maka diwajibkan menunaikan kafarah sumpah untuk menggantinya. Kafarah sumpah ialah dengan memberi makan kepada sepuluh orang yang kurang mampu, memberi pakaian kepada sepuluh orang yang kurang mampu, dan memerdekakan seorang hamba sahaya.

Jika tidak dapat menunaikan 3 jenis dari kifarah sumpah, maka perlu untuk menunaikan puasa selama 3 hari untuk mengganti kifarah sumpah yang juga tidak dapat dilaksanakan.

C. Apa Hukum Melaksanakan Aqiqah dan Qurban ?

Hukum dari dilaksanakannya aqiqah ialah sunnah muakkad, artinya sunnah harus dilakukan, namun ada beberapa ulama mengatakan hal tentang hukum aqiqah yaitu sunnah.

Menurut pendapat ulama Imam Malik, Imam Syafi’i beserta pengikutnya, ulama Amdinah, Imam Ahmad, Abu Tsur, Ishaq, dan sebagian besar ulama fiqih dan ijtihad bahwa hukum aqiqah ialah sunnah. Ada juga yang berkata bahwa hukum ialah wajib.

Dan beberapa ulama yang berpendapat bahwa hukum aqiqah wajib, ialah Imam Hasa Al-Bashri, Al-Laits Ibn Sa’ad dan yang lainnya. Sementara hukum qurban ialah sunnah muakkad. Dan dilaksanakan pada hari tasyrik yaitu tanggal 10,11,12,dan 13 Dzulhijjah.

Laksanakan saat sesudah sholat Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah sampai dengan matahari terbenam pada tanggal 13 Dzulhijjah.

D. Bagaimana Tata Cara Penyembelihan Hewan Aqiqah dan Qurban ?

Ibadah aqiqah dan ibadah qurban memiliki banyak persamaan, salah satunya adalah cara penyembelihan hewannya, yaitu antara lain:

  1. Haruslah disembelih oleh orang tua dari anak yang diaqiqah, bisa diwakilkan jika yang bersangkutan tidak mampu
  2. Menggunakan pisau yang tajam setajam mungkin, agar hewan tidak terlalu merasakan sakit
  3. Jika mengasah pisau jangan didepan hewan yang nantinya akan disembelih
  4. Hewan yang disembelih posisinya harus dihadapkan kearah kiblat
  5. Sembelih hewan dengan posisi hewan berbaring
  6. Saat menyembelih, bacalah basmalah, takbir, dan nama orang yang beraqiqah atau berqurban
  7. Sembelihlah hewan dengan cepat dan pastikan urat nadi hewan tersebut telah terpotong
  8. Janganlah mematahkan leher hewan tersebut sebelum hewan tersebut benar benar telah mati.

E. Cara Aqiqah Orang Dewasa

Tata cara aqiqah bagi orang yang sudah dewasa adalah sebagai berikut:

  1. Penyembelihan hewan ternak, yaitu dua ekor kambing jika laki laki dan seekor kambing jika perempuan. Dan hewan tersebut sudah cukup usianya, jika menggunakan kambing berusia minimal satu tahun jika menggunakan domba berusia minimal 6 bulan. Dan juga hewan tersebut sehat dan tidak cacat fisiknya
  2. Masaklah daging hasil hewan sembelihan, yang dapat mempermudah orang orang yang menerimanya
  3. Bagikan daging hasil aqiqah tesebut kepada tetangga, sahabat, kerabat, fakir miskin dan yang lainnya. Atau dengan mengundang mereka datang kerumah dan memakan masakan daging aqiqah tersebut

F. Cara Aqiqah Yang Benar

Berikut ialah cara untuk aqiqah yang benar:

  1. Menyembelih 2 ekor kambing apabila anaknya laki laki dan 1 ekor kambing jika anaknya perempuan. Dan jangan lupa untuk niat dan mengucapkan nama anak yang diaqiqahi saat menyembelih kambing
  2. Pencukuran sebagian dari rambut bayi serta pemberian nama yang bagus pada bayi yang diaqiqahi
  3. Memasak daging aqiqah, untuk mempermudah orang yang menerimanya karena tidak perlu memasak lagi dan tinggal memakannya
  4. Pembagian daging aqiqah, dibagikan pada fakir miskin, tetangga, sahabat, kerabat, dan yang lainnya. Boleh juga mengadakan jamuan makan dengan mengundang orang orang sekitar ke rumah dan memakan masakan daging aqiqah.

G. Aqiqah Yang Jujur dan Amanah Hanya Di Aqiqah Berkah Peduli

Oke sekarang kita sudah mencapai pembahasan terakhir, Dan dipembahasan terakhir pada artikel ini ialah tentang aqiqah yang jujur dan amanah.

Sebelumnya untuk ayah dan bunda yang belum tau mengenai Aqiqah Berkah, disini kami akan memberitahu atau memperkanalkan adri Aqiqah Berkah.

Dan Aqiqah Berkah merupakan Jasa layanan Aqiqah Dan Jasa Penyaluran Aqiqah yang terkenal murah harganya, mudah pesannya, ramah pelanannya dan amanah penyalurannya.

Jadi untuk putra putri ayah bunda yang belum diaqiqah, segera laksanakan aqiqah, sebab Aqiqah Berkah akan memudahkan ibadah aqiqah putra putri ayah dan bunda.

Di Aqiqah Berkah juga terdapat 2 macam Paket layanan, yaitu Paket Layanan Aqiqah Berkah Peduli dan Paket Layanan Aqiqah Mandiri. Paket Aqiqah Peduli ialah melayani jasa penyaluran aqiqah untuk anda yang bertempat tinggal diluar jawa.

Sedangkan Paket Aqiqah Mandiri ialah melayani masakan aqiqah di daerah Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Sidoarjo, Madiun, Ponorogo, Kediri, Biltar, Tulungagung, Trenggalek, dan sekitarnya.

Dengan pelayanan yang ramah dan pengantaran masakan yang tepat waktu. Mari laksanakan Aqiqah anda bersama Aqiqah Berkah dengan menghubugi nomor layanan kami di 0813-3568-0602.

1. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

2. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

Salurkan Aqiqah Anda Melalui Paket Aqiqah di Batam Peduli

By | Artikel | No Comments

Assalamu’alaikum, selamat datang di website qurban-aqiqah.com. Artikel ini saya akan membahas tentang aqiqah. Bagi ayah bunda yang mencari jasa aqiqah silahkan bisa di Aqiqah Berkah. Di Aqiqah Berkah menyediakan dua macam paket aqiqah yakni Paket Aqiqah Berkah Mandiri dan Paket Aqiqah Berkah Peduli. Untuk anda semua yang akan memesana dan ingin lebih tau lagi mengenai Aqiqah Berkah silahkan kunjungi aqiqahberkah.com.

Pengertian Aqiqah dan Waktu Pelaksanaannya

Aqiqah merupakan bentuk penyampaian rasa syukur pada Allah dengan cara penyembelihan dan pemotongan hewan berupa kambing dan domba. Dilaksanakannya aqiqah ialah pada hari ketujuh sesudah dilahirkannya sang bayi.

Dan Aqiqah bisa diartikan sebagai pelepasakan jin yang menyertai pada diri sang bayi sejak bayi tersebut dilahirkan. Dan untuk orang tua yang sudah mampu mengaqiqahi bayinya, maka sangat dianjurkan untuk segera melaksanakan aqiqah bayi sesuai dengan anjuran islam pada hari ketujuh.

Jika orang tua belum mampu maka diperbolehkan melaksanakan kapan saja kalau sudah mampu dan selama anak belum baligh. Manfaat melaksanakan aqiqah salah satunya adalah sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT.

Dilaksanakannya aqiqah yaitu dengan menyembelih kambing sebanyak dua ekor untuk anak laki-laki dan kambing satu ekor untuk anak perempuan. Pelaksanaan aqiqqah dalam acara dilakukan pencukuran rambut bayi disetai dengan pemberian nama bayi.

Pengertian Aqiqah Islam

Pengertian aqiqah dalam islam, dalam bahasa arab aqiqah mempunyai arti memutus. Aqiqah dilaksanakan dengan cara pemotongan binatang aqiqah, bisa berupa domba putih ataupun kambing dan juga memotong rambut bayi.

Aqiqah dalam islam berarti penyembelihan hewan sebagai bentuk rasa syukur setiap orang tua kepada Allah SWT karena telah dilahirkan bayi perempuan ataupun laki-laki ke dunia. Dilaksanakannya aqiqah juga merupakan cara kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Banyak sekali himah dari aqiqah jika ayah dan bunda melaksanakannya, dan hikah tersebut antara lain ialah mewujudkan rasa cinta kita semua kepada Nabi Muhammad SAW karena sudah menalankan sunnahnya. Dan berikutnya ialah dapat mempererat tali silaturahmi atau tali persaudaraan antar sesama umat muslim.

Dilakukannya aqiqah ialah dengan cara menyembelih atau memotong hewan domba yang berwarna putih atau kambing sebanyak dua ekor, dan satu ekor domba berwarna putrih atau kambing untuk anak perempuan.Pelaksanaan aqiqqah dalam acara dilakukan pencukuran rambut bayi disetai dengan pemberian nama bayi.

Maksud Aqiqah dan Qurban

Maksud dari aqiqah dan qurban, keduanya mempunyai hukum yang sama Sunnah Mu’akkad. Ibadah Aqiqah juga bisa diartikan sebagai bentuk atau wujud rasa syukur kita semua pada Allah SWT dengan melaksanakan penymbelihan hewan, bisa berupa hewan kambing atau hewan domba yang berwarna putih.

Aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh sejak kelahiran bayi. Pembagian daging dalam aqiqah beda dengan qurban, dalam aqiqah dianjurkan membagikan dalam keadaan sudah matang dengan begitu penerima dapat menikmati langsung tanpa repot mengeluarkan biaya dan memasaknya. Sedangkan qurban dibagikan dalam keadaan masih mentah.

Qurban adalah bentuk pendekatan diri pada Allah dengan cara menyembelih hewan tertentu. Ibadah qurban dilaksanakan pada hari raya idul adha.

Qurban juga wujud pendekatan diri kepada allah, adapun hakikat dari qurban yaitu berbagi kepada fakir. Ketentuan untuk hewan qurban ialah hewan kambing atau domba untuk qurban satu orang saja dan hewan sapi untuk qurban sebanyak tujuh orang.

Bagaimana Hukum Berqurban Jika Belum Aqiqah ?

Aqiqah ialah ibadah yang dilakukan merupakan bentuk rasa syukur pada Allah karena telah lahir anak perempuan ataupun anak laki-laki. Menurut berbagai pendapat mengenai hal ini tidak ada hubungannya aqiqah dengan qurban.

Aqiqah merupakan tanggung jawab setiap orang tua terutama tanggung jawab untuk sang ayah yang sudah mampu melaksanakan aqiqah anak.

Jika anak tersebut belum diaqiqahi tepat pada waktu idul adha dan ingin melaksanakan ibadah qurban diperbolehkan baginya berquraban. Belum diaqiqahi karena tidak mampunya orang tua boleh aqiqah diri sendiri.

Kesimpulannya jika belum di aqiahi boleh saja melaksanakan ibadah qurban. Tentang apakah boleh qurban sebelum aqiqah, dan itu saja yang bisa saya bahas, bingung untuk melaksanakan ibadah aqiqah serta masih bingung untuk memilih layanan aqiqah yang amanah silahkan pesan saja di Aqiqah Berkah.

Apa Hukum Aqiqah dan Qurban ?

Sama halnya dengan aqiqah hukum dari qurban ialah sunnah mu’akkad. Ibadah sunnah aqiqah juga merupakan sebagai bukti rasa syukur kita kepada pada Allah SWT dengan cara menyembelih atau memotong hewan aqiqah berupa kambing atau domba yang berwarna putih.

Menurut sunnahnya ibdah aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh sejak kelahiran bayi. Pembagian daging dalam aqiqah beda dengan qurban, dalam aqiqah dianjurkan membagikan dalam keadaan daging sudah matang atau sudah menjadi makanan siap santap.

Dan dengan cara tersebut orang yang menerima aqiqah sudah tidak perlu repot untuk mengolah daging aqiqah menjadi makanan siap saji. Kemudian daging untuk qurban harus dibagikan dalam keadaan masih mentah. Ibadah qurban dilaksanakan pada hari raya idul adha.

Qurban juga wujud pendekatan diri kepada allah, adapun hakikat dari qurban yaitu berbagi kepada fakir. Ketentuan untuk hewan qurban adalah hewan kambing atau domba hanya untuk qurban satu orang saja sedangkan hewan sapi untuk qurban sebanyak tujuh orang.

Bagaimana Cara Menyembelih Hewan Qurban dan Aqiqah ?

Dibagian paragraf ini kami akan menjelaskan mengenai cara menyembelih hewan qurban dan aqiqah. Sebenarnya tata cara menyembelih hewan qurban dan aqiqah ialah sama saja, hanya saja yang membedakan hanyalah niat penyembelihannya dan waktu penyembelihannya.

Untuk waktu penyembelihan hewan aqiqah ialah diwaktu hari ketujuh, empat belas dan dua puluh satu setelah kelahiran sang bayi, dan penyembelihan tersebut ditujukan khusus untuk anak yang belum diaqiqah.

Pelaksanaannya pun dilaksanakan hanya satu kali saja seumur hidup. sedangkan penyembelihan qurban dilaksanakan pada hari raya idul adha saja atau hari raya qurban, dan ibadah qurban dilakukan oleh orang yang sudah mampu atau dalam hal ekonomi sudah berkecukupan.

Pelaksanaanya pun diaksanakan 1 kali dalam setahun dan bisa melaksanakannya kembali ditahun berikutnya apabila mampu. Untuk tata cara penyembeliha hewan ialah pertama hewan harus dihadapkan ke arah kiblat seperti arah hadapan kita waktu sholat.

Kemudian sebelum menyembelih membaca bismillah, kemudian pemotongan harus tepat pada urat nadi hewan, supaya hewan tidak cepat mengeluarkan darah. Selanjutnya disunnhakan untuk membaca sholawat nabi saat memotong, kemudian dilanjutkan dengan bacaan takbir.

Aqiqah Berkah Peduli, Aqiqah Jujur dan Amanah

Pada pembahasan yang terakhir ini kami akan memperkenalkan mengenai Aqiqah Berkah beserta dengan pelayanannya. Dan untuk Ayah bunda semuanya yang sekarang sedang bingung mencari jasa layanan ataupun jasa penyaluran aqiqah yang murah, mudah dan terpercaya, silahkan ayah dan bunda bisa menghubungi ataupun pesan langsung di Aqiqah Berkah.

Karena Aqiqah Berkah merupakan jasa layanan dan jasa penyaluran aqiqah yang jujur dan amanah. Sebab team dari Aqiqah Berkah akan siap mengantar pesanan anda tepat waktu pada tujuan dan membantu dalam kelancaran acara aqiqah anak anda.

Menu masakan di aqiqah beragam dan anda dapat memilih menu masakan sesuai keinginan anda. Silahkan kunjungi aqiqahberkah.com untuk keterangan lebih lanjut.

Jasa Penyaluran Paket Aqiqah Cikarang Selatan Peduli

By | Artikel | No Comments

Assalamu’alaikum untuk anda semuanya yang berada di Cikarang selatan dan sekitarnya. Pada artikel ini Aqiqah Berkah akan membahas mengenai Aqiqah secara keseluruhan. Untuk semuanya pasti sudah pada penasaran dan ingin segera lebih tau lagi mengenai aqiqah secara lengkap. Oke mari langsung saja kita simak bersama materi tentang Aqiqah dibawah ini.

Pengertian Ibadah Aqiqah

Dan penjelasan mengenai aqiqah secara lengkap yaitu adalah penyampaian rasa syukur pada Allah SWT atas kelahiran anak dengan cara penyembelihan hewan berupa domba putih atau bisa juga berupa kambing.

Aqiqah bisa diartikan sebagai ibadah yang hukumnya Sunnah Mu’akkad dan dilaksanakan menurut anjuran islam yaitu pada hari ketujuh setelah dilahirkannya sang bayi tersebut.

Yang wajib melaksanakan aqiqah adalah orang tua, apabila orang tua pada waktu anak lahir dalam keadaan tidak mampu tidak wajib untuknya melaksanakan.

Hikmah dari melaksanakannya aqiqah adalah sebagai bentuk wujud pendekatan diri kita kepada Allah SWT dan dapat mempererat tali silaturahmi antar manusia.

Aqiqah sebagaimana telah dicontohkan oleh rasulullah yang telah melaksanakan aqiqah cucunya, jadi aqiqah juga sebagai perwujudan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

Arti Sunnah Aqiqah

Hukum dari melaksanakannya aqiqah adalah Sunnah Mu’akkad. Orang tua yang yang baru memiliki anak pastinya bahagia dan sangat bersyukur dan untuk mewujudkan rasa syukur dilaksanakanlah aqiqah.

Aqiqah merupakan kewajiban orang tua yang sudah mampu. Untuk orang tua yang belum mampu melaksanakan aqiqah tidak wajib bagi mereka atau boleh melakukan kapan saja selama anak belum baligh.

Menurut islam pelaksanaan aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh sejak kelahiran anak. syarat aqiqah ialah bagi mereka yang telah mampu, dan untuk anak laki-laki penyembelihannya dilakukan dua ekor kambing dan anak perempuan hanya satu ekor kambing saja.

Syarat kambing aqiqah sehat tidak cacat fisik dan kambing minimal usia satu tahun memasuki dua tahun.

Apakah Belum Aqiqah Boleh Qurban ?

Aqiqah yaitu ibadah yang dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur pada Allah karena telah lahir anak laki-laki atau perempuan.

Menurut berbagai pendapat mengenai hal ini tidak ada hubungannya aqiqah dengan qurban. Yang melaksanakan dan bertanggung jawab dengan aqiqah anak ialah orang tuanya sendiri apabila orang tua tersebut sudah mampu aqiqah untuk anaknya, jika anak tersebut belum diaqiqahi tepat pada waktu idul adha dan ingin melaksanakan ibadah qurban diperbolehkan baginya berquraban.

Belum diaqiqahi karena tidak mampunya orang tua boleh aqiqah diri sendiri. Kesimpulannya jika belum di aqiahi boleh saja melaksanakan ibadah qurban. Tentang apakah boleh qurban sebelum aqiqah itu yang bisa kami bahas.

Apakah Boleh Aqiqah Dengan Sapi ?

Aqiqah yaitu suatu ibadah yang dilaksanakan sebagai penyampaian rasa syukur pada Allah karena lahirnya anak. Ketentuan jumlah hewan aqiqah untuk anak putri dan putra dibedakan yaitu satu ekor untuk anak putri dan dua ekor untuk anak putra.

Sebagian ulama memperbolehkan aqiqah dengan menggunakan sapi karena dagingnya yang banyak dan harga lebih mahal dan sapipun juga hewan persembahan.

Ada juga ulama yang menjelaskan tidak memperbolehkan menggunakan sapi untuk ibadah aqiqah, karena aqiqah juga dapat menghilangkan sifat kehewanan seperti kambing.

Mengapa kambing ? karena kambing memiliki sifat yang tidak pernah mandi sehingga sangat berbau dan sulit menurut. Maka dari itu aqiqah haruslah menggunakan kambing tidak boleh sapi ataupun unta.

Apa Perbedaan Aqiqah Dengan Qurban ?

Perbedaan aqiqah dengan qurban, aqiqah adalah wujud rasa gembira atau syukur pada Allah SWT karena telah lahirnya anak dilaksanakan dengan cara menyembelih hewan kambing atau domba.

Dilaksanakannya aqiqah yaitu pada hari ketujuh sejak kelahiran anak. dalam pembagian daging di aqiqah dibagikan dalam keadaan sudah dioleh dengan begitu penerima bisa langsung menikmati tanpa harus bingung mengolah dan mengeluarkan biaya untuk mengolahnya.

Qurban adalah bentuk wujud pendekatan diri kepada Allah SWT dengan cara menyembelih atau memotong hewan qurban (sapi, Kambing, Domba, Unta). Seperti arti dari ibadah qurban yakni dekat.

Dan ibadah qurban dilaksanakan dihari raya idul adha atau hari raya qurban. Sedangkan cara membagi daging untuk qurban ialah dibagikan masih dalam keadaan mentah atau belum dimasak.

Apakah Aqiqah Itu Wajib Atau Sunnah ?

Hukum dari dilaksanakannya aqiqah ialah Sunnah Mu’akkad, bagi orang tua yang sudah mampu dianjurkan untuk segera beraqiqah untuk anaknya pada waktu yang sudah dianjurkan.

Sedangkan bagi orang tua yang belum mampu atau belum bisa melaksanakan aqiqah untuk anaknya maka masih boleh melaksanakan aqiqah kapan saja selama anak belum baligh.

Untuk hikmah melaksanakan aqiqah adalah sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT, mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW dan mempereat tali silaturahmi antar manusia.

Dilaksankannya aqiqah sesuai dengan anjuran islam dilaksanakan pada hari ketujuh sejak kelahiran anak. jadi hukum dari aqiqah adalah sunnah.

Menghidupkan Sunnah Aqiqah Dengan Aqiqah Berkah

Bagi Ayah dan bunda yang sedang mencari layanan atau jasa aqiqah atau jasa penyaluran aqiqah yang terpercaya silahkan pesan saja di Aqiqah Berkah, pesanan anda akan diantar tepat pada waktunya.

Menu masakannya pun beragam pastinya enak, anda bisa memilih menu masakan sesuai keinginan anda. Menyembelihnya dilakukan oleh ahlinya sesuai syariat islam. Kunjungi websitenya untuk mengetahui lebih tentang Aqiqah Berkah di aqiqahberkah.com.

Paket Aqiqah Cikarang Utara Peduli

By | Artikel | No Comments

Assalamu’alaikum, selamat datang di website qurban-aqiqah.com. Dalam artikel ini saya akan membahas tentang aqiqah. Jika akan melaksanakan aqiqah dan bingung memilih jasa atau layanan yang dipercaya ayah dan bunda silahkan pesan saja di Aqiqah berkah, dijamin pesanan anda diantar tepat waktu. Adapun berbagai menu masakan dan anda dapat memilih sesuai keinginan anda, ada apa saja di Aqiqah Berkah silahkan kunjungi aqiqahberkah.com.

Paket Aqiqah Cikarang Utara Peduli

Pengertian aqiqah adalah penyampaian rasa bahagia atau syukur kepada Allah karena telah lahirnya anak dengan cara menyembelih hewan kambing ataupun domba. Aqiqah hukumnya merupakan Sunnah Mu’akkad.

Semisal orang tua dalam keadaan belum mampu mengaqiqahi anak pada saat waktu yang dianjurkan oleh agama islam diperbolehkan melakukan aqiqah kapan saja selama anak belum baligh.

Pelaksanaan aqiqah sendiri harus dilaksanakan sesuai syarat dan ketentuan islam. Menurut aturannya syarat waktu dan hari dilaksanakannya aqiqah yaitu di hari ketujuh, empat belas, ataupun dihari dua puluh satu sesudah bayi tersebut dilahirkan.

Pada saat pelaksanaan aqiqah, hewan aqiqahnya pun bisa berupa kambing dan bisa berupa domba putih, pemilihan hewan aqiqahnya pun juga harus benar-benar sehat, bersih dan tidak ada penyakit ditubuhnya.

Makna Aqiqah Dalam Bahasa Jawa

Aqiqah dalam bahasa jawa aqiqah sebagai perlindungan anak dari jin atau setan yang menyertainya sejak lahir. Aqiqah bentuk menekatkan diri kepada Allah.

Aqiqah juga mempunyai hikmah dimana mempererat tali silaturahmi antar manusia. Hukum dari pelaksanaan aqiqah adalah Sunnah Mu’akkad,dan dilakukannya aqiqah ialah pada waktu hari ketujuh sesudah lahirnya bayi.

Bagi orang tua yang sudah mampu mengaqiqahi anaknya maka sangat dianjurkan sekali untuk segera melaksanakan aqiqah pada waktu yang dianjurkan aqiqah.

Sedangkan untuk orang tua yang belum mampu atau belum bisa mengaqiqahi anaknya, maka bisa melaksanakan aqiqah kapan saja selama anak belum baligh.

Bagaimana Aqiqah Menurut Islam ?

Sebelum ini sudah pernah dijelaskan bagaimana aqiqah menurut islam. Akan tetapi di artikel ini akan dijelaskan kembali mengenai aqiqah menurut islam.

Ungkapan rasa bahagia dan rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahirannya sang bayi juga sebagian dari pengertian aqiqah. Seperti biasanya bahwa ibadah aqiqah dilaksanakan dengan proses penyembelihan atau pemotongan hewan aqiqah dimana hewan tersebut bisa berjenis hewan kambing ataupun hewan domba.

Proses penyembelihannya pun juga harus dengan niat yang benar dan tata cara yang sesuai dengan tata cara penyembelihan hewan aqiqah.

Dan untuk anda yang sudah menginjak usia dewasa dan sudah bisa mencari nafkah sendiri, namun sejak kecil belum juga di aqiqah oleh orang tuanya, maka sebaiknya segera laksanakan aqiqah untuk kebaikan diri anda sendiri. Sebab anak yang belum diaqiqah sejak kecil maka statusnya masih tergadai.

Apa Hukum Aqiqah dan Qurban ?

Hukum Aqiqah dan Qurban sebenarnya sama, yaitu Sunnah mu’akkad. Hanya saja perbedaanya ialah, jika aqiqah disunnahkanya untuk anak yang status masih tergadai sejak ia dilahirkan kedunia.

Dan ibadah aqiqah dilakukan oleh setiap orang tua yang sudah memiliki anak dan sudah mampu untuk melaksanakan aqiqah. Kalau qurban ialah suatu ibadah yang disunnahkan dan dilaksanakan untuk orang-orang sudah mampu atau dalam arti sudah cukup dalam hal ekonomi.

Dilakukannya iabdah aqiqah ialah 1 kali saja dalam seumur hidup, akan tetapi jika ibadah qurban boleh dilakukan berkali-kali jika ia memang sudah berkecukupan.

Dilaksanakannya ibadah qurban ialah pada hari raya idul adha. Qurban juga wujud pendekatan diri kepada allah, adapun hakikat dari qurban yaitu berbagi kepada fakir. Ketentuan untuk hewan qurban adalah sapi untuk satu orang saja dan sapi untuk tujuh orang.

Arti Perbedaan Aqiqah dan Qurban

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa qurban dan aqiqah ialah hampir sama, dari pengertian dan juga dari hukumnya. dilakukannya aqiqah ialah pada hari ketujuh setelah kelahiran anak.

Pembagian daging dalam aqiqah dibagikan dalam keadaan sudah diolah dengan begitu penerima bisa langsung memakan tanpa repot mengolahnya dan mengeluarkan biaya untuk memasak.

Sedangkan qurban merupakan bentuk pendekatan diri kita kepada Allah SWT dengan cara pemotongan dan penyembelihan hewan kambing dan domba. Sama dengan arti dari qurban ialah dekat.

Untuk qurban sendiri dilaksanakan pada hari raya idul adha. Pembagian daging qurban dibagikan dalam keadaan mentah beda halnya dengan pembagian daging untuk aqiqah.

Daftar Menu Aqiqah Berkah

Daftar Harga Aqiqah Mandiri

daftar harga aqiqah mandiri

Daftar Harga Aqiqah Peduli

daftar harga aqiqah peduli

Aqiqah Berkah Solusi Untuk Anda

Anda hendak melaksanakan ibadah aqiqah untuk anak anda, solusi jasa atau layanan aqiqah yang amanah sudah dipercaya di kalangan masyarakat dan pastinya enak hanya di Aqiqah Berkah.

Silahkan pesan saja di Aqiqah Berkah, pesanan anda akan diantar tepat pada waktunya. Menu masakannya pun beragam pastinya enak, anda bisa memilih menu masakan sesuai keinginan anda.

Menyembelihnya dilakukan oleh ahlinya sesuai syariat islam. Kunjungi websitenya untuk mengetahui lebih tentang Aqiqah Berkah di aqiqahberkah.com.


Layanan Paket Aqiqah Cibitung Peduli

By | Artikel | No Comments

Assaalamualaikum semuanya, terimakasih karena telah berkunjung di website ini. Pada kali ini akan dijelaskan tentang pengertian aqiqah lengkap, pengertian aqiqah menurut bahasa, aqiqah setelah dewasa, hukum aqiqah untuk dri sendiri, hukum melaksanakan aqiqah, dan yang lainnya. Langsung saja saya bahas hal hal tersebut, silahkan simak penjelasan penjelasan berikut ini dan semoga dapat bermanfaat.

A. Pengertian Aqiqah Lengkap

Diartikel sebelumnya sudah kami jelaskan mengenai pengertian dari aqiqah, namun pada artikel ini akan kami jelaskan lebih lengkap lagi mengenai pengertian dari aqiqah.

Kata aqiqah sendiri berasal dari kata bahasa arab yang maksudnya ialah pemotongan atau penyembelihan.

Dan jika dimaksudkan secara lengkap yaitu proses pemotongan atau penyembelihan hewan, bisa berupa hewan jenis domba atau hewan jenis kambing yang di disembelih orang tua dengan tujuan aqiqah anaknya. Dan berikut 2 hadist yang menjelaskan tentang aqiqah:

“Rasulullah SAW memerintahkan kepada kami supaya menyembelih aqiqah untuk anak laki laki dua ekor dan untuk anak perempuan seekor kambing” (HR. At-Tirmidzi).

“Anak anak tergadai pada aqiqahnya, disembelihkan pada hari ketujuh, dan pada hari ketujuh itu pula dicukurlah rambut si bayi dan diberi nama” (HR. At-Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah dari Hasan).

B. Pengertian Aqiqah Menurut Bahasa

Menurut bahasa aqiqah dapat diartikan sebagai pemotongan atau penyembelihan. Dan jika diartikan secara lengkap ialah pemotongan atau penyembelihan hewan berupa kambing atau domba baik berjenis kelamin jantan atau betina yang disembelih orang tua dengan tujuan untuk aqiqah anaknya, agar terlepas dari statusnya yang masih tergadai.

Aqiqah juga merupakan ibadah yang disunnahkan oleh Rosulullah kepada kita untuk melepas anak dari statusnya yang tergadai. Ibadah aqiqah juga sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT dan rasa cinta kita kepada Rosulullah karena sudah menjalankan sunnahnya.

Sedangkan waktu yang lebih baik untuk mengaqiqahi anak ialah pada waktu tujuh hari setelah bayi lahir, empat belas hari setelah bayi lahir, atau dua puluh satu hari setelah bayi lahir.

Namun jika diwaktu tersebut orang tua belum bisa mengaqiqahi sebab belum mampu, maka tidak usah takut dan khawatir tidak bisa mengaqiqahi anak, sebab waktu aqiqah anak bisa dilaksanakan kapan saja saat orang tua sudah benar-benar mampu mengaqiqahi anaknya.

C. Aqiqah Setelah Dewasa Salaf

Seperti yang sudah jelaskan baru saja di paragraf atas bahwa waktu pelaksanaan aqiqah yang lebih baik atau waktu yang disunnahkan aqiqah ialah di hari ketujuh, empat belas atau dua puluh satu sesudah bayi lahir.

Namun apabila di tiga waktu tersebut orang tua belum juga bisa melaksanakan aqiqah anak, maka tidak usah khwatair tidak bisa melaksanakan aqiqah, sebab waktu untuk aqiqah bisa dilaksanakan kapan saja.

Kembali kepembahasan pertama, yaitu tentang aqiqah setelah dewasa, nah untuk anda yang sudah tumbuh dewasa dan sudah bisa mencari nafkah sendiri namun belum diaqiqahi oleh orang tuanya sejak kecil, maka anda sudah bisa atau sudah dapat melaksanakan aqiqah sendiri dengan biaya anda sendiri.

Jadi dengan anda melaksanakan aqiqah sendiri maka anda juga akan meringankan beban orang tua untuk tidak lagi menanggung aqiqah anda. Maka dari itu segera anda laksanakan aqiqah jika anda sudah mampu melaksanakannya.

D. Apa Hukum Aqiqah Untuk Diri Sendiri ?

Terdapat dua buah perbedaan pendapat dari para ulama tentang hal ini, yaitu boleh dilakukan dan tidak perlu dilakukan.

Salah seorang ulama kalangan mazhab As-Syafi’iyyah, Ar-Rafi’i, mengatakan bahwa apabila seorang orang tua meng-akhirkan pelaksanaan aqiqah untuk anaknya hingga anaknya sudah baligh bahkan sudah dewasa, maka kesunahan ibadah aqiqah tersebut sudah gugur.

Namun, apabila anak tersebut memiliki niatan untuk ber-aiqah untuk dirinya sendiri, diperbolehkan. Begitupula pendapat salah seorang fuqaha mazhab As-Syafi’iyyah, Al-Qaffal.

Pendapat kedua adalah tidak perlu melaksanakan aqiqah jika untuk dirinya sendiri, dikarenakan pelaksanaan aqiqah adalah tanggungan bagi orang tua anak, bukan tanggungan anak tersebut.

Hal ini sesuai dengan pendapat Al-Imam Ahmad bin Hanbal ketika ditanyai tentang masalah ini. Ibnu Qudamah, salah satu ulama yang ber-mazhab Hambali, juga memiliki pendapat yang sama, yaitu “Menurut kami, penyembelihan itu disyariatkan sebagai beban bagi orang tua dan orang tua lain tidak dibebankan untuk melakukannya, seperti shadaqoh saat idul fitri”

Maka, kesimpulannya adalah jika anak sudah benar benar mampu untuk melaksanakan aqiqah dan orang tua belumlah mampu melaksanakan aqiqah, diperbolehkan bagi anak untuk melaksanakan aqiqah untuk dirinya sendiri.

Tetapi, jika anak dan orang tua sudah benar benar mampu, maka pelaksanaan aqiqah tetap diharuskan dilaksanakan oleh orang tua.

E. Apa Hukum Melaksanakan Aqiqah ?

Sekarang kita berlanjut kepembahasan selanjutnya, yaitu tentang hukum melaksanakan aqiqah. Nah sebenarnya ada beberapa ulama yang bependapat mengenai hukum dari aqiqah tersebut.

Namun hukum aqiqah yang benar ialah sunnah muakad atau sunnah yang dianjurkan. Memang hukum aqiqah adalah sunnah, tapi jika anda tidak melaksanakannya maka anda akan sangat merugi sekali, sebab banyak sekali manfaat dari aqiqah.

Oke sekarang kembali kepembahasan pertama tadi mengenai perbedaan pendapat dari beberapa ulama, dan berikut ialah perbedaan pendapat dari beberapa ulama tentang hukum aqiqah:

  1. Hukum ibadah aqiqah menurut madzhab Imam Malik ialah sunnah, maksud dari sunnah ialah berpahala jika dilakukan dan tidak berdosa jika tidak dilakukan. pendapat tersebutpun sama dengan Madzhab Imam Syafi’i dan Madzhab Imam Ahmad bin Hanbal yang memiliki pendapat sama.
  2. Dan hukum ibadah aqiqah Menurut madzhab Imam Hanafi yaitu mubah dan maksud dari mubah ialah jika dilakukan tidak berpahala dan jika dilakukan tidak berdosa.

F. Layanan Aqiqah Peduli Terbaik Hanya Di Aqiqah Berkah

Oke sekarang kita sudah berada dipembahasan terakhir, yaitu membahas tentang layanan aqiqah peduli yang terbaik. Nah ayah dan bunda semuanya pasti ada yang belum tau atau belum kenal dengan Aqiqah Berkah kan? disini kami akan sedikit memperkenalkan mengenai Aqiqah Berkah.

Nah taukah ayah dan bunda, Aqiqah Berkah ialah jasa layanan aqiqah dan juga jasa penyaluran aqiqah yang terkenal murah harganya, mudah pesannya, ramah pelayanannya dan amanah penyalurannya.

Aqiqah Berkah berdiri sudah sejak sekitar 10 tahun ini, Dan tujuan dari aqiqah Berkah ialah untuk mempermudah aqiqah anda semua yang berada diluar jawa dan belum melaksanakan aqiqah.

Di Aqiqah Berkah terdapat du macam paket layanan aqiqah, yaitu Paket Layanan Aqiqah Peduli dan Paket Layanan Aqiqah Mandiri. Maksud dari paket layanan aqiqah peduli ialah kami melayani untuk anda yang berada diluar jawa namun ingin melaksanakan aqiqah, maka kami siap menyalurkan aqiqah anda ke tempat yang berhak menerima aqiqah.

Tempat tersebut seperti panti asuhan, pondok pesantren dan masyarkat yang membutuhkan. Sedangakan maksud dari layanan aqiqah mandiri yaitu kami akan melayani anda yang akan melaksanakan aqiqah sendiri dirumah, dan kami siap mengantar masakan tepat waktu ke alamat anda sesuai waktu yang ditentukan anda.

Untuk wilayah layanan aqiqah berkah mandiri yaitu meliputi daerah Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Sidoaro, Madiun, Ponorogo, Kediri, Blitar, Tulungagung, dan Trenggalek.

Untuk anda yang ingin pesan atau ingin bertanya-tanya terlebih dahulu bisa menghunbungi nomor layanan kami Aqiqah Berkah di 0813-3568-0602.