Daily Archives: August 19, 2019

Paket Aqiqah Denpasar Peduli

By | Artikel | No Comments

Assaalamualaikum Ayah dan Bunda semuanya, ketemu lagi dengan kami dari Aqiqah Berkah. Nah Pada artikel kali ini Aqiqah Berkah akan menjelaskan mengenai pengertian aqiqah serta qurban hakikat aqiqah serta qurban, apakah aqiqah bisa menggunakan sapi, aqiqah wajib atau sunnah, bagaimana prosesi aqiqah, dan masih banyak lagi. Langsung saja saya bahas penjelasan penjelasan dari hal hal tersebut, silahkan Anda simak penjelasan yang saya jelaskan berikut ini dan semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

A. Pengertian Dari Aqiqah dan Qurban

Aqiqah secara bahasa diartikan dengan memotong atau diartikan juga menyembelih, yang artinya berasal dari kata serapan yaitu kata dari Bahasa Arab.

Sedangkan menurut Istilah Aqiqah adalah proses penyembelihan hewan ternak kambing atau domba sebagai wujud rasa syukur kita semua kepada Allah swt. atas lahirnya sang buah hati tercinta, dan untuk menebus sang bayi tersebut dari status tergadai.

Pelaksanaannya yaitu pada hari ketujuh bayi dilahirkan dan tentunya dilaksanakan dengan syarat syarat tertentu yang sesuai dengan syariat agama Islam.

Sedangkan penjelasan qurban menurut bahasa ialah berasal dari kata Bahasa Arab yang memiliki arti dekat atau mendekatkan diri. Menurut Istilah, pengertian qurban adalah suatu proses penyembelihan hewan ternak yang dilaksanakan pada saat hari besar Islam yakni Idul Adha dan juga pada saat hari tasyriq yang memiliki tujuan sebagai pendekatan diri kepada Allah swt..

B. Hakikat Aqiqah dan Qurban

Ibadah aqiqah adalah ibadah yang disunnahkan untuk setiap orang tua yang ditujukan untuk sang buah hati yang baru lahir ke dunia. Aqiqah juga memiliki makna secara syar’i yakni penyembelihan hewan kambing atau domba yang dilakukan oleh kedua orang tua sang bayi dengan tujuan untuk menebus sang bayi yang baru dilahirkan.

Pelaksanaan aqiqah yang afdhol adalah dengan menggunakan satu ekor kambing atau domba jika anak yang diaqiqahi anak perempuan, dan apabila anak yang diaqiqahi laki-laki maka menggunakan dua kambing atau domba.

Dan penyembelihan hewan tersebut dapat dilaksanakan pada saat hari ketujuh, ke-14, atau ke-21 dari kelahiran sang buah hati tercinta, dengan syarat orang tua dari bayi sudahlah mampu untuk melaksanakannya.

Ibadah qurban yaitu ibadah yang disunnahkan bagi setiap Muslim jika sudah mampu. Perintah untuk berqurban ini ada, dilatar belakangi oleh kejadian dimana Nabi Ibrahim yang diminta untuk mengorbankan anaknya (Nabi Ismail) oleh Allah swt.. Jika secara sosial, syariat ibadah qurban dapat menuntun umat Muslim untuk meningkatkan solidaritas antar sesama umat Muslim.

C. Apakah Aqiqah Bisa Dengan Sapi ?

“Menurut pendapat yang paling shahih, aqiqah dengan hewan unta yang gemuk ataupun dengan hewan sapi lebih utama dibandingkan aqiqah menggunakan hewan ternak kambing atau domba.

Namun ada pendapat lain yang mengakatakan bahwa aqiqah menggunakan hewan ternak kambing atau domba lebih baik, maksudnya disini adalah aqiqah menggunakan satu ekor kambing atau domba untuk bayi perempuan dan menggunakan dua ekor kambing atau domba untuk bayi laki-laki,dan semua itu sudah sesuai dengan syarat sunnah aqiqah,” pendapat ini menurut kutipan yang berada dalam kitab Kifayatul Akhyar.

Dan jika mencermati penjelasan dari kitab tersebut, beraqiqah menggunakan sapi atau unta jelas suatu kebolehan. Bahkan dikatakan dengan sangat sangat jelas, bahwa ada pendapat yang lebih shahih adalah pendapat yang mengatakan bahwa melakukan aqiqah menggunakan hewan unta atau sapi lebih utama dibandingkan aqiqah menggunakan hewan kambing atau domba.

D. Apakah Aqiqah Wajib Atau Sunnah ?

Hal ini jawabannya adalah sunnah, lebih tepatnya adalah aqiqah memiliki hukum sunnah muakkad, Jadi sebaiknya laksanakanlah aqiqah pada hari yang sudah disunnahkan Apabila sudah mampu atau sudah bisa untuk melaksanakan aqiqah, namun jika ayah dan bunda masih belum mampu atau belum bisa melaksanakan aqiqah, maka diperbolehkan kapan saja melaksanakan aqiqah pada saat ayah dan bunda sudah mampu atau sudah bisa melaksanakannya.

Dan hari yang disunnahkan untuk aqiqah yaitu pada hari ke tujuh, ke empat belas, dan dihari kedua puluh satu dari kelahiran si bayi. Aqiqah bukanlah wajib, melainkan sunnah, sunnah yang lebih baik untuk dilaksanakan atau sunnah yang ditekankan untuk dilaksanakan.

Karena Nabi Muhammad SAW juga melaksanakan aqiqah untuk cucu nya, yaitu Hasan dan Husain. Jika Anda melaksanakan aqiqah anda akan mendapat banyak pahala, karena telah melaksanakan salah satu sunnah Rasulullah SAW.

E. Bagaimana Prosesi Aqiqah ?

Prosesi pelaksanaan aqiqah adalah sebagai berikut:

  1. Penyembelihan hewan ternak oleh orang tua bayi, yaitu sejumlah dua ekor kambing atau domba untuk bayi laki-laki sedangkan satu ekor kambing atau domba untuk bayi perempuan. Dan hewan tersebut sudah cukup usianya, jika menggunakan kambing berusia minimal satu tahun jika menggunakan domba berusia minimal 6 bulan. Dan juga hewan tersebut sehat dan tidak cacat fisiknya.
  2. Sembelih hewan aqiqah dapat dilaksanakan pada saat hari ketujuh, empat belas, ataupun pada hari ke dua puluh satu setelah kelahiran sang bayi dengan tujuan atau diniatkan untuk melaksanakan aqiqah sang bayi.
  3. Mencukur sebagian dari rambut sang bayi disertai dengan memanjatkan doa doa untuk sang bayi serta memberikan nama untuk sang bayi arti nama yang baik dengan harapan agar nantinya perilaku si bayi dapat mencerminkan nama tersebut.
  4. Bagikan daging hasil aqiqah tesebut kepada tetangga, sahabat, kerabat, fakir miskin dan yang lainnya dalam keadaan sesudah dimasak.

F. Layanan Aqiqah Berkah Peduli Yang Amanah dan Sesuai Dengan Syariat Islam

Layanan jasa aqiqah via online, Aqiqah Berkah dapat membantu pelaksanaan aqiqah anak dengan amanah dan juga tentunya sesuai dengan syariat Islam.

Dengan harga yang terjangkau, layanan jasa Aqiqah Berkah ini menyajikan banyak variasi menu masakan Aqiqah dan catering dalam bentuk masakan siap saji maupun siap santap. Dan Aqiqah Berkah juga merupakan persembahan dari Badan Wakaf Zakat Infaq dan Shodaqoh Peduli Dhuafa, atau yang biasanya cukup dikenal dengan sebutan Peduli Dhuafa.

Layanan Aqiqah Berkah sudah memiliki beberapa kantor cabang yaitu berada di wilayah Nganjuk, Jombang, Madiun, Kediri, dan Tulungagung. Dan khusus untuk paket aqiqah, qiqah Berkah juga menyediakan dua macam layanan masakan paket aqiqah, yakni Paket Aqiqah Berkah Mandiri dan Paket Aqiqah Berkah Peduli.


Dari perbedaan kedua paket tersebut adalah jika Paket Aqiqah Berkah Mandiri akan dikirim ke alamat alamat ayah dan bunda yang sudah diinformasikan saat melakukan pemesanan, sedangkan Paket Aqiqah Berkah Peduli akan disalurkan ke tempat tempat yang membutuhkan atau sesuai dengan tempat yang ayah dan bunda kehendaki atau amanahkan kepada Aqiqah Berkah dan juga yang ayah dan bunda informasikan saat melaksanakan pemesanan.


daftar harga aqiqah mandiri


daftar harga aqiqah peduli