Daily Archives: August 20, 2019

Paket Aqiqah Bekasi Utara Peduli Siap Membantu Anda Melaksanakan Aqiqah

By | Artikel | No Comments

Assaalamualaikum ayah bunda yang bertempat tinggal di daerah Bekasi dan sekitarnya, terimakasih telah mengunjungidi website resmi kami di Aqiqah Berkah. Dan pada kesempatan ini Aqiqah Berkah akan menjelaskan mengenai arti dari kata aqiqah, Apa hukum dari aqiqah menurut Islam, apakah wajib aqiqah bagi anak, apakan ada batas waktu untuk aqiqah, apakah aqiqah boleh dengan uang pinjaman. Oke mari langsung saja kita bahas bersama mengenai hal diatas dibawah ini.

A. Arti Kata Aqiqah

Kata aqiqah sendiri berasal dari kata Bahasa Arab artinya adalah memotong atau menyembelih. Aqiqah merupakan salah satu ibadah sunnah sebagai wujud rasa bersyukur dari orang tua kepada Allah swt.

karena lahirnya buah hati tercinta, dan kelahiran bayi tersebut harus diaqiqahi dengan disertai niat dan syarat syarat aqiqah yang sesuai dengan tuntunan dari agama Islam.

Dan aqiqah sendiri dilaksanakan pada hari ke tujuh, empat belas atau dua puluh satu setelah kelahiran bayi tersebut. Apabila ketiga hari tersebut kedua orang tua dari sang bayi belum berkemampuan melaksanakan aqiqah untuk bayinya, maka sang anak tersebut boleh di aqiqah setelah kedua orang tua dari anak sudah berkemampuan mengaqiqahi anaknya.

Dan apabila sang anak sudah beranjak dewasa atau sudah sampai bisa mencari rezeki sendiri tapi masih belum juga di aqiqahi oleh kedua orang tuanya, maka anak tersebut bisa mengaqiqahi dirinya sendiri.

B. Apa Hukum Aqiqah Dalam Islam ?

Ada beberapa pendapat para ulama yang membahas masalah hukum aqiqah, dan pendapat dari para ulama bahwa hukum aqiqah ialah wajib, sunnah mu’akkad, dan juga sunnah.

Dan menurut pendapat ulama mazhab Syafi’i, hukum melakukan aqiqah ialah sunnah, maksudnya adalah jika orang berkemampuan melaksanakan aqiqah.

Dari pendapat diatas dapat dibedakan dari para ulama disebabkan oleh ada banyak hadis yang dilihat dari segi makna juga dari segi perawi hadits dapat dilihat dari shahih dan tidaknya hadits tersebut dan dari kedudukan hadistnya.

pendapat dari perbedaan para ulama Ahlusunnah Waljama’ah yang mu’tabar, pengertiannya adalah sebagai berikut:

  1. Menurut madzhab Imam Hanafi, bahwa hukum aqiqah merupakan mubah artinya apabila dilakukan tidak mendapat pahala dan apabila dilakukan juga tidak mendapat dosa.
  2. Menurut madzhab Imam Malik hukum dari aqiqah yaitu sunnah, yang artinya apabia dilakasanakan mendapat pahala namun apabila tidak dilaksanakan tidak mendapat dosa
  3. Menurut Madzhab Imam Syafi’i, madzhab, dan madzhab Imam Malik, hukum dari aqiqah yaitu sunnah, yang artinya yaitu apabila dilakuakan kita mendapat pahala dan apabila tidak dilakuakan kita tidak mendapat dosa.
    4.Dan yang terkahir Menurut Madzhab Imam Ahmad bin Hanbal bahwa hukum aqiqah ialah sunnah, dan pendapat tersbut sama dengan pendapat madzhab Imam Malik dan Madzhab Imam Syafi’i.

C. Apakah Aqiqah Anak Itu Wajib ?

Dan jawaban dari pertanyaan tersebut yaitu tidak, karena hukum dari aqiqah merupakan sunnah muakkad, jadi sebaiknya dilaksanakan. Tetapi jika belum mapu melaksanan, boleh kapan saja melaksanakan aqiqah saat sudah mampu melaksanakannya.

Hari hari yang disunnahkan adalah pada hari ke-tujuh, ke-empat belas, atau dihari ke-21 dari kelahiran si bayi. Aqiqah bukanlah wajib, melainkan sunnah, sunnah yang lebih baik dilaksanakan.

Karena Nabi Muhammad SAW juga melaksanakan aqiqah untuk cucu nya, yaitu Hasan dan Husain. Jika Anda melaksanakan aqiqah anda akan mendapat banyak pahala, karena telah melaksanakan salah satu sunnah Rasulullah SAW.

Dan juga dapat meningkatkan ibadah kepada Allah swt. karena didalam acara aqiqah akan ada pembacaan Al-Qur’an dan pembacaan tahlil.

D. Apakah Aqiqah Ada Batas Waktunya ?

Oke sekarang kita bahas mengenai apakah aqiqah ada batas waktunya? menurut yang kami ketahui bahwa aqiqah sebenarnya tidak ada batas waktunya.

Jadi untuk anda semua yang belum melaksanakan aqiqah bisa melaksanakan aqiqah meskipun sudah berusia dewasa ataupun sudah berkeluarga, karena tujuan aqiqah adalah untuk menebus status diri kita yang masih tergadai.

Dan hukum melakukan aqiqah ketika anak sudah beranjak dewasa sebenarnyadiperbolehkan saja. Berhubung waktu yang disunahkan untuk mengaqiqah anak ialah saat hari ke tujuh, empat belas dan dua puluh dari hari kelahiran bayi, dan jika dari salah satu waktu tersebut kedua orang tua belum juga berkemampuan mengaqiqahi anaknya maka aqiqah diperbolehkan kapan saja sampai orang tua mampu mengaqiqahi sang anak.

Menurut ulama mazhab Hambali, bahwa mengaqiqah anak tidak perlu saat anak masih kecil, namun bisa melakukan aqiqah anak saat anak sudah beranjak dewasa, dengan syarat jika sampai dewasa anak tersebut belum juga diaqiqahi oleh kedua orang tuanya.

Hal tersebut diperbolehkan karena adanya sunnah melaksanakan aqiqah dan melaksanakan aqiqah tidak ada batas waktunya. Dan selama anak belum diaqiqahi juga, maka masih disunahkan melakukan aqiqah meskipun anak sudah dewasa atau bahkan sudah tua.

Dengan begitu, sunnah aqiqah tidak akan gugur, meskipun anak belum ataupun sudah dewasa sanga anak belum juga diaqiqahi karena aqiqah tidak memiliki batasan akhir dalam melaksanakannya.

E. Apakah Boleh Aqiqah Dengan Uang Pinjaman ?

Aqiqah merupakan salah satu sunnah Nabi SAW, jadi sebagai seorang muslim orang tua harus melakukan aqiqah untuk anak nya apabila sudah mampu.

Dan apabila belum berkemampuan melaksanakan aqiqah pada saat hari yang disunnahkan aqiqah, maka orang tua bisa berhutang terlebih dahulu dengan syarat orang tua benar benar sanggup untuk melunasi hutangnya tersebut.

Dan jika belum sanggup untuk melunasi hutang tersebut karena tidak tetapnya penghasilan, maka jangan lah melaksanakan aqiqah dengan berhutang terlebih dahulu. Tunggulah sampai benar benar mampu untuk melakuakan aqiqah anak.

Karena aqiqah tidak memiliki batasan waktu untuk melakuakannya, Anda bisa melaksanakan aqiqah kapan saja saat Anda sudah mampu untuk melaksanakannya, walaupun anak yang akan Anda aqiqahi sudah dewasa.

F. Menu Aqiqah Berkah Bekasi

Menu menu masakan di Aqiqah Berkah Berkasi bermacam macam, seperti sate, kambing guling, krengsengan, nasi kebuli, nasi kotak, dan masih banyak lagi menu lainnya. Anda juga bisa memesan menu menu lain yang sesuai dengan selera dan keinginan Anda.

Untuk rasa masakannnya, Anda tidak perlu khawatir karena masakan di Aqiqah Berkah cabang Bekasi dimasak oleh juru masak yang sudah berpengalaman dan profesional. Karena dimasak oleh juru masak yang profesional, maka sudah pasti tidak akan bau prengus kambing dan juga rasanya yang enak dan lezat.

G. Aqiqah Peduli Solusi Untuk Anda yang Sedang Berada di Daerah Bekasi

Untuk Anda yang berada di daerah Bekasi dan sekitarnya, Anda tidak perlu bingung lagi untuk memesan jasa aqiqah dimana. Karena Aqiqah Berkah akan membantu melancarkan acara aqiqah Ayah dan bunda.

Di Aqiqah Berkah juga menyediakan dua macam paket layanan aqiqah, yakni Paket Aqiqah Berkah Mandiri dan Paket Aqiqah Berkah Peduli. Dan Aqiqah Berkah akan membantu acara aqiqahan anak Ayah dan bunda dengan menyalirkan menu menu pesanan Anda ke tempat yang membutuhkan, seperti panti yatim piatu, pondok pesantren, panti asuhan, dan tempat tempat yang membutuhkan lainnya.

Selain tempat tempat rekomendasi kami, Anda juga bisa menentukan tempat tempat yang Anda inginkan untuk menyalurkan aqiqah anak Anda yang kemudian iformasikan kepada kami agar kami dapat menyalurkan aqiqah anak Anda ketempat tersebut.

Dengan pelayanan yang profesional, kami siap menyalurkan berbagai pesanan Anda ke tempat tempat yang Anda inginkan dan sudah diinformasikan kepada kami sebelumnya.

Kami juga akan mengirimkan foto foto dokumentasi dan berkas berkas aqiqah yang sudah kami laksanakan kepada Anda via pos ke alamat Ayah dan bunda.

Dan ayah dan bunda akan mendapatkan sertifikat aqiqah sebagai bukti bahwa ayah dan bunda sudah melakukan aqiqah dari lembaga Peduli Dhuafa. Dan ayah dan bunda juga akan mendapatkan buku risalah aqiqah dari kami secara gratis.

Paket Aqiqah Bogor Peduli Siap Membantu Menyalurkan Aqiqah Anak Anda

By | Artikel | No Comments

Assaalamualaikum ayah dan bunda yang berada di daerah bogor dan sekitarnya, bertemu lagi di website resmi kami di Aqiqah Berkah. Dan pada kesempatan kali ini Aqiqah Berkah akan menjelasakan mengenai pengertian aqiqah secara jelas, kemudian apa hukum aqiqah menurut agama Islam, apa hukum aqiqah bagi anak, maksud aqiqah tergadaiapakah aqiqah itu wajib. Mari langsung saja kita bahas bersama berbagai penjelasan diatas tadi, dan berikut penjelasannya.

A. Pengertian Aqiqah Secara Lengkap

Kata aqiqah berasal dari Bahasa Arab yang memiliki arti memotong atau menyembelih. Aqiqah ialah salah satu ibadah sunnah sebagai bentuk ungkapan rasa bersyukur orang tua kepada Allah SWT atas kehadiran bayinya, baik bayi laki laki ataupun perempuan dengan disertai niat dan syarat syarat tertentu sesuai tuntunan agama Islam.

Aqiqah yang sesuai syariat dilakukan saat hari ke tujuh, empat belas, dan dua puluh satu setelah lahirnya sang bayi. Apabila pada hari tersebut ayah dan bunda masih belum mampu melaksanakan aqiqah untk bayinya, maka aqiqah bisa dilaksanakan kapan saja sampai orang tua sudah mampu mengaqiqah anakya.

Tetapi jika anak sudah mampu, maka anak tersebut diperbolehkan untuk meng-aqiqah-i dirinya sendiri.

B. Bagaimana Hukum Aqiqah Dalam Islam ?

Beberapa pendapat para ulama tentang masalah hukum aqiqah yaitu ada ulama yang berpendapat hawa hukum aqiqah adalah wajib, sunnah mu’akkad, dan juga sunnah.

Dan menurut ulama mazhab Syafi’i, bahwa melaksanakan aqiqah hukumnya adalah sunnah yang berarti bila mampu. Dari perbedaan pendapat tadi disebabkan karena banyaknya hadis yang dilihat dari segi makna yang terdapat dalam hadits tersebut erta kedudukan dari hadits tersebut.

Perbedaan pendapat menurut ulama Ahlusunnah Waljama’ah yang mu’tabar, penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Menurut madzhab Imam Hanafi, hukum ibadah aqiqah merupakan mubah artinya adalah jika dilaksanakan tidak mendapat pahala dan apabila dilaksanakan juga mendapat dosa.
  2. Menurut madzhab Imam Malik hukum ibadah aqiqah merupakan sunnah, artinya apabila dilaksanakan mendapat pahala dan apabila dilaksanakan tidak mendapat dosa.
  3. Menurut Madzhab Imam Syafi’i, bahwa hukum ibadah aqiqah merupakan sunnah, dan pendapat ini sama dengan pendapat ulama madzhab Imam Malik
  4. Menurut Madzhab Imam Ahmad bin Hanbal bahwa hukum aqiqah adalah sunnah, dan pendapat tersebut sama dengan pendapat madzhab Imam Malik dan Madzhab Imam Syafi’i.

C. Apa Hukum Aqiqah Bagi Anak ?

Hukum aqiqah pada dasarnya ialah sunnah muakkad, yang atrtinya sebaiknya dilaksanakan. Melaksanakan aqiqah bayi yang baru lahir menurut Islam dan telah disepakati oleh ulama secara shahih adalah pada hari ketujuh setelah hari kelahiran dari sang bayi tersebut.

Apabila di hari tersebut sang bayi belum di aqiqahi dikarenakan sang orang tua belum mampu, maka bisa dilaksanakan pada hari ke empat belas setelah hari kelahiran dari sang bayi.

Dan apabila pada hari tersebut sang orang tua masih belum berkemampuan melaksanakan aqiqah untuk buah hatinya, maka boleh dilaksanakan pada hari ke dua puluh satu dari hari kelahiran sang bayi. Dan Ibadah aqiqah bisa dilakukan kapan saja pada saat kedua orang tua dari san g anak sudah berkemapuan mengaqiqahi sang buah hati.

D. Maksud Aqiqah Tergadai

Berdasarkan apa yang diriwayatkan oleh para ulama mengenai makna ‘tergadai’ ini, maknanya adalah bahwa apa saja amalan amalan anak tidak akan sampai kepada orang tuanya sampai anak tersebut disembelihkan hewan untuk aqiqahnya.

Jika anak meng-aqiqah-i dirinya sendiri, maka anak tersebut telah mengeluarkan kedua orang tuanya dari gadaian yang orang tua ikut ke dalam status tergadai tersebut.

Ketika si anak melaksanakan aqiqahnya sendiri, lebih baik daging aqiqah tersebut disedekah kan sedikit dan sisanya di simpan dan dimakan sendiri agar amalan amalan si anak sampai kepada orang tua yang telah melahirkan si anak tersebut. Dengan begitu, si anak dan orang tua yang masuk ke dalam status tergadai telah terbebas dari status tergadai tersebut.

E. Apakah Aqiqah Wajib

Jawabannya adalah tidak, karena hukum aqiqah adalah sunnah muakkad, jadi sebaiknya dilaksanakan. Tetapi jika belum mapu melaksanan, boleh kapan saja melaksanakan aqiqah saat sudah mampu melaksanakannya. Hari hari yang disunnahkan adalah pada hari ke-tujuh, ke-empat belas, atau dihari ke-21 dari kelahiran si bayi.

Aqiqah bukanlah wajib, melainkan sunnah, sunnah yang lebih baik dilaksanakan. Karena Nabi Muhammad SAW juga melaksanakan aqiqah untuk cucu nya, yaitu Hasan dan Husain.

Jika Anda melaksanakan aqiqah anda akan mendapat banyak pahala, karena telah melaksanakan sunnah Rasulullah SAW. juga dapat meningkatkan ibadah kepada Allah swt. karena didalam acara aqiqah akan ada pembacaan Al-Qur’an dan pembacaan tahlil.

F. Ingin Aqiqah Tapi Berada di Bogor, Tenang Aqiqah Berkah Bogor Peduli Solusinya

Untuk Ayah dan Bunda yang bertempat tinggal di daerah Bogor dan sekitarnya,tidak perlu bingung dan pusing lagi untuk mencari jasa layanan aqiqah atau jasa penyaluran aqiqah.

Karena di Aqiqah Berkah menyediakan jasa layanan dan penyaluran aqiqah yang murah, mudah dan amanah dan pastianya Aqiqah Berkah siap membantu penyaluran aqiqah putra putri ayah dan bunda .

Dengan menyediakan dua paket layanan aqiqah, yaitu Paket Aqiqah Mandiri dan Paket Aqiqah Peduli. Kini Aqiqah Berkah siap membantu aqiqah anak Anda dengan menyalurkan menu menu pesanan Anda ke tempat yang membutuhkan, panti asuhan, pondok pesantren, dan tempat atau masyarakat yang membutuhkan.

Selain tempat tempat rekomendasi kami, Anda juga bisa menentukan tempat tempat yang Anda inginkan untuk menyalurkan aqiqah anak Anda yang kemudian informasikan kepada kami agar kami dapat menyalurkan aqiqah anak Anda ketempat tersebut.

Dengan pelayanan yang profesional, kami siap menyalurkan berbagai pesanan Anda ke tempat tempat yang Anda inginkan dan sudah diinformasikan kepada kami sebelumnya.

Kami juga akan mengirimkan foto foto dokumentasi dan berkas berkas aqiqah yang sudah kami laksanakan kepada Anda via pos ke alamat Anda. Anda akan mendapatkan buku risalah aqiqah dari kami dan sertifikat sebagai tanda bahwa anda sudah melaksanakan aqiqah dari lembaga Peduli Dhuafa.

Paket Aqiqah Bandung Peduli, Solusi Aqiqah di Bumi Parahyangan

By | Artikel | No Comments

Assalamu’alaikum, kembali lagi di website qurban-aqiqah.com. kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai aqiqah mulai dari pelaksanaan aqiqah kapan hingga cara menyalurkan aqiqah. Bagi anda yang mencari jasa atau layanan aqiqah yang terpercaya silahkan pesan di Aqiqah Berkah yaitu jasa aqiqah yang mudah, murah dan terpercaya. Lebih jelasnya tentang Aqiqah Berkah silahkan kunjungi aqiqahberkah.com.

Kapan Aqiqah Dilaksanakan Dalam Islam?

Aqiqah adalah menyampaian rasa syukur karena nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita atas lahirnya anak. Aqiqah sesuai islam dan melaksanakan aqiqah yang baik dilaksanakan pada hari ke tujuh setelah kelahiran bayi.

Dan sesuai dipandukan oleh Nabi Muhammad yang telah mengaqiqahi cucunya Hasan dan Husein saat hari ke tujuh setelah kelahirannya.

Namun apabila pada saat waktu tersebut orang tua dalam keadaan kurang mampu untuk melaksanakan maka tidak apa apa baginya, dan bisa melaksanakan aqiqah kapan saja saat orang tua sudah mampu untuk melaksanakannya.

Anak yang sudah dewasa dan belum dilaksanakan aqiqah oleh orang tua boleh untuknya melaksanakan aqiqahnya untuk dirinya sendiri.

Syarat dan Ketentuan Aqiqah Dalam Islam

Nah sekarang kita bahas mengenai syarat dan ketentuan aqiqah dalam islam, Tahukah ayah bunda semuanya bahwa waktu untuk melaksanakan aqiqah lebih baik dilaksankan di hari ke tujuh setelah kelahiran sang buah hati.

Dan untuk jumlah bianatng aqiqah ialah satu ekor untuk bayi perempuan dan dua ekor untuk bayi laki-laki. Untuk Jenis binatang aqiqah yang lebih utama adalah dengan kambing berjenis kelamin jantan, namun jika kambing jantan tidak sesuai untuk pelaksanaan aqiqah tidak apa-pa dengan kambing betina, kenapa harus jantan ?karena kambing jantan lebih mahal dan memiliki banyak daging daripada kambing betina.

Pembagian untuk dagingnya lebih baik dibagikan dalam keadaan matang, mengapa demikian ? karena agar yang menerima bisa langsung memakan dan tidak perlu repot memasak dan mengeluarkan biaya untuk memasaknya.

Fungsi Aqiqah Dalam Islam

Fungsi aqiqah menurut islam adalah sebagai penyampaian rasa syukur kepada Allah SWT karena telah lahirnya bayi, sebagai bentuk ibadah dan pendekatan diri kepada Allah SWT, menjalankan sunnah rosul.

Seperti panduan rosulullah yang telah mengaqiqahkan cucunya Hasan dan Husein saat hari ke tujuh setelah kelahiran sang cucu tercinta. Untuk aqiqah lebih baik apabila dilaksanakan saat hari ke tujuh setelah kelahiran sang buah hati.

Susunan Acara Aqiqah Dalam Islam

Untuk yang pertama pastinya pembukaan, yang kedua ialah membaca ayat-ayat suci Al-qur’an. kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari tuan rumah atau sohibul bait, dan supaya acara terasa lebih lengkap jika salah satu perwakilan orang tua sang bayi menyampaikan satu, dua kata untuk menyambut para tamu uandangan.

Dan acara berikutnya ialah pencukuran rambut bayi serta pemberian nama untuk bayi. Susunan acara yang terakhir adalah menikmati menu makanan olahan daging aqiqah serta menyiapkan hidangan yang sudah dikemas untuk tamu.

Aqiqah Peduli, Pilihan Aqiqah Enak di Bandung

Untuk ayah dan bunda yang sedang mencari paket aqiqah peduli yang enak, murah dan amanah silahkan pesan langsung di Aqiqah Berkah. Pastinya dengan harga yang murah dan terpecaya.

Dengan berbagai menu seperti sate, gule, dendeng ragi, krengseng, kambing guling, dan masih banyak lagi anda juga bisa memilih sesuai keinginan anda. Kambingnya diolah oleh juru masak profesional masakannyapun enak dan tidak berbau prengus kambing. Silahkan pesan langsung di Aqiqah Berkah.

Daftar Harga Paket Aqiqah Bandung Peduli

Harga Paket Aqiqah Kambing Betina

  1. Tipe A seharga Rp 1.635.000 mendapat 50 Paket
  2. Tipe B seharga Rp 1.900.000 mendapat 60 Paket
  3. Tipe C seharga Rp 2.000.000 mendapat 70 Paket
  4. Tipe D seharga Rp 2.100.000 mendapat 80 Paket
  5. Tipe E seharga Rp 2.300.000 mendapat 90 Paket

Harga Paket Aqiqah Kambing Jantan

  1. Tipe A seharga Rp 2.135.000 mendapat 50 Paket
  2. Tipe B seharga Rp 2.285.000 mendapat 60 Paket
  3. Tipe C seharga Rp 2.485.000 mendapat 70 Paket
  4. Tipe D seharga Rp 2.585.000 mendapat 80 Paket
  5. Tipe E seharga Rp 2.785.000 mendapat 90 Paket

Dan untuk pemesanan Paket Aqiqah Berkah Peduli Bandung, silahkan ayah dan bunda bisa langsung hubungi Nomor layanan kami di 0813-3568-0602, Insya Allah kami siap menyalurkan aqiqah ayah dan bunda sesuai dengan amanah ayah dan bunda.


Aqiqah Murah dan Amanah Hanya Paket Aqiqah di Bandung Peduli

By | Artikel | No Comments

Assalamu’alaikum Ayah dan Bunda semuanya, gimana kabarnya hari ini? saya doakan semoga baik dan sehat semuanya ya. Nah Pada artikel kali ini kami dari Aqiqah Berkah akan membahas mengenai aqiqah, dari ayah dan bunda pasti ada yang belum mengerti lebih dalam mengenai apa itu aqiqah kan? nah dibawah ini nanti kami akan menjelaskan mengenai aqiqah secara lengkap. Oke langsung saja kita bahas bersama mengenai penjelasan diatas.

Pengertian Aqiqah dan Pelaksanaannya

Pengertian aqiqah ialah penyampaian rasa bahagia dan bersyukur kepada Allah SWT atas kelahiran sang buah hati tercinta. Pelaksaan aqiqah dengan cara menyembelih binatang ternak kambing atau domba pada hari ketujuh setelah hari lahirnya sang buah hati.

Atau jika orang tua belum berkemampuan mengaqiqahi sang anak pada waktu yang dianjurkan, maka bisa melaksanakan aqiqah kapan saja sampai orang tua berkemampuan melaksanakan aqiqah anaknya.

Dan hikmah melaksanakan aqiqah ialah sebagai perwujudan rasa cinta kita semua kepada Allah SWT, Nabi kita Muhammad SAW, dan dapat mempererat tali silaturahmi antar saudara.

Binatang yang disembelih untuk aqiqah harus sesuai dengan syaratnya yaitu yang sehat atau tidak cacat fisik, badan tidak kurus, binatang aqiqah harus minimal berumur satu tahun dan akan memasuki usia dua tahun.

Bagaimana Makna Aqiqah ?

Makna dari aqiqah sebagai bentuk penyampaian rasa syukur kedua orang tua kepada Allah SWT karena kehadirannya sang buah hati tercinta, aqiqah dimaksudkan sebagai pelepasan jin yang mengiringi diri bayi yang baru lahir.

Pelaksanaan aqiqah yaitu pada hari ketujuh setelah lahirnya sang bayi dan dilakukan dengan menyembelih binatang kambing atau domba sebagai syarat binatang aqiqah.

Syarat binatang aqiqah yaitu pastinya binatang sehat, tubuh tidak ada yang cacat, badan tidak kurus, dan minimal biantang berumur satu tahun atau sedang memasuki umur dua tahun. Untuk jenis kambing tidak menjadi masalah dalam persyaratan binatang aqiqah.

Dan dalam membagi daging aqiqah bisa dibagikan dalam betuk daging sudah matang atau sudah dimasak, dengan begitu penerima bisa menikmati tanpa bingung memasak dan mengeluarkan biaya untuk memasak, berarti kita sudah menanggung biaya masak dan akan ada manfaat lebih.

Pengertian Penyembelihan Aqiqah

Adapun cara untuk menyembelih hewan aqiqah adalah yang pertama persiapkan alat yang digunakan seperti pisau dan itu haruslah tajam. Yang berikutnya mempersiapkan hewan aqiqahnya dengan sesuai ketentuan syarat hewan aqiqah.

Hewan yang akan disembelih dihadapakan ke arah kiblat. Membaca basmalah sebelum menyembelih hewannya dan potonglah di urat nadi agar hewan tersebut tidak cepat mengeluarkan darah.

Disunahkan untuk membaca salawat nabi saat memotong, setelah itu membaca takbir. Membagikan sebagian dari daging hewan aqiqah atau qurban kepada fakir miskin, tetangga dan yang membutuhkan.

Untuk membagi daging aqiqah bisa dibagikan dalam bentuk atau keadaan sudah matang dan sudah diolah menjadi masakan agar orang yang menerima aqiqah tidak perlu repot lagi untuk memasaknya.

Bagaimana Hukum Pelaksanaan Aqiqah ?

Hukum aqiqah ialah Sunnah Mu’akkad, dan dari hukum melaksanakan aqiqah ialah wajib untuk orang tua yang sudah berkemampuan untuk melakukan aqiqah anaknya dengan waktu yang sudah dianjurkan untuk beraqiqah.

Untuk orang tua yang belum berkemampuan aqiqah untuk anaknya maka bisa beraqiqah kapan saja saat sudah mampu melakukan aqiqah anaknya. Aqiqah menurut anjuran bisa dilakukan saat hari ketujuh, empat belas, atau dua puluh satu setelah kelahiran anak.

Dilaksankannya aqiqah dengan cara menyembelih hewan kabing dan domba, untuk jenis tidak dipermasalahkan untuk aqiqah, harus sesuai syarat hewan untuk aqiqah yang sehat dan tidak cacat fisik. Begitulah hukum untuk pelaksanaan aqiqah yang saya bahas.

Bagaimana Cara Pembagian Aqiqah ?

Aqiqah dilaksanakan karena sebagai bentuk rasa bersyukur orang tua kepada Allah atas kehadiran sang buah hati tercinta. Pelaksanaan aqiqah dilaksanakan saat hari ke tujuh setelah kelahiran sang bayi.

Dan untuk jumlah hewan aqiqah untuk anak perempuan ialah satu ekor hewan kambing sedangkan dua ekor hewan kambing untuk anak laki-laki. Membagi daging aqiqah sebaiknya dibagikan dalam keadaan matang dan sudah diolah menjadi makanan siap santap, supaya orang yang sudah terima daging aqiqah bisa langsung manyantapnya dan tidak perlu memasaknya terlebih dahulu. Dan apabila daging aqiqah dibagikan dalam keadaan mentah juga diperbolehkan.

Acara Aqiqah Sesuai Sunnah

Oke sekarang kita bahas mengenai acara aqiqah sesuai sunnah, dan yang pertama pada acara aqiqah pastinya pembukaan terlebih dahulu dengan membaca bismillah, dan selanjutnya baisanya membaca ayat-ayat suci Al-qur’an.

Dan acara berikutnya ialah sambutan dari sohibul bait, kemudian perwakilan dari orang tua sang bayi untuk menyampaikan satu atau dua kata penyambutan.

Selanjutnya ialah mencukur rambut dari bayi disertai dengan memberi nama sang bayi. Dan puncak acara yang terakhir ialah menikmati sajian masakan daging aqiqah dan menyiapkan hidangan yang sudah dikemas untuk para tamu.

Berbagai Macam Menu Masakan Aqiqah Beserta Harganya

Oke sekerang kita sudah mencapai pembahasan yang terakhir yaitu berbagai macam menu masakan aqiqah, Nah untuk ayah dan bunda yang akan melaksanakan acara aqiqah untuk putra putrinya, Kini Aqiqah Berkah siap membantu dalam kelancaran acara aqiqah ayah dan bunda, di aqiqah Berkah menghadirkan berbagai macam menu masakan aqiqah seperti, Sate, Gule, Rendang, Krengseng, Daging Lapis, Dendeng ragi, Kambing Guling dan masih ada lagi.


Di aqiqah Berkah juga terdapat dua macam paket masakan aqiqah, yaitu Paket Aqiqah Mandiri dan Paket Aqiqah Peduli. dan untuk ayah dan bunda yang ingin tau mengenai harga masakan di aqiqah berkah, Berikut daftar harga masakan aqiqah berkah:

Daftar Harga Aqiqah Mandiri

daftar harga aqiqah mandiri

Daftar Harga Aqiqah Peduli

daftar harga aqiqah peduli