Daily Archives: August 23, 2019

Tebarkan Aqiqah Anak anda Melalui Paket Aqiqah Cileungsi Peduli

By | Artikel | No Comments

Assaalamualaikum Ayah dan Bunda semuanya, terimakasih telah berkunjung di website ini. Dan di artikel ini Aqiqah Berkah akan menjelaskan mengenai pengertian aqiqah, pengertian aqiqah anak, makna aqiqah secara syariat, niat aqiqah, hukum aqiqah bagi anak yang sudah meninggal, tujuan aqiqah, dan yang lainnya. Mari sekarang langsung saja kita bahas mengenai materi yang telah saya tulis di atas tadi, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

A. Pengertian Aqiqah

Pembahasan yang pertama ialah mengenai pengertian dari Aqiqah, pasti semua banyak yang belum tau lebih dalam mengenai pengertian dari aqiqah.

Oke mari kita bahas bersama, Aqiqah sebenarnya berasal dari Bahasa Arab yang memiliki arti yaitu memotong ataupun menyembelih binatang.

Sedangkan menurut Istilah, Aqiqah adalah menyembelih hewan ternak berupa kambing atau domba yang bertujuan sebagai pengungkapan rasa syukur semua orang tua kepada Allah SWT karena telah dihadirkannya seorang bayi perempuan atau laki-laki yang disertai syarat aqiqah menurut syariat Islam.

Ada ulama yang menjelaskan bahwa fungsi dari mengaqiqahi anak adalah sebagai penebus. Maksud dari kata menebus adalah, aqiqah akan menjadi penebus diri dari bayi tersebut yang masih terkekang oleh jin atau yang mengiringi diri bayi tersebut sejak dilahirkan.

Untuk kedua orang tua disunnahkan untuk mengaqiqahi si anak sesuai waktu yang disunnahkan untuk melaksanakan aqiqah.Yaitu pada hari ketujuh, empat belas ataupun dihari dua puluh satu sesudah dilahirkannya sang bayi.

Dan jika di hari ketujuh tersebut ayah dan bunda belum bisa mengaqiqahinya, maka hari untuk aqiqah bisa diganti dihari ke empat belas sesudah kelahiran si bayi tersebut.

Dan jika dihari ke empat belas tersebut ayah dan bunda masih belum bisa mampu mengaqiqahinya, maka hari untuk aqiqah bisa digantikan di hari ke dua puluh satu sesudah hari kelahiran si bayi.

B. Pengertian Aqiqah Anak

Dan sekarang kita membahas mengenai Aqiqah anak, dan aqiqah anak merupakan salah satu ibadah sunnah sebagai bentuk pengungkapan rasa bersyukur kedua orang tua kepada Allah SWT. karena sudah dilahirkannya bayi laki-laki ataupun bayi perempuan, yang disertai dengan niat dan syarat yang sesuai dengan tuntunan agama Islam.

Disunnahkannya aqiqah sesuai syari’at ialah dilaksanakannya aqiqah pada saat anak masih berusia tujuh hari, 14 hari, atau 21 hari dari hari kelahiranya.

Apabila pada hari yang disunnahkan kedua orang tua masih belum berkemampuan mengaqiqahi, maka aqiqah bisa diganti kapan saja sampai orang tua sudah mampu beraqiqah untuk anaknya. Namun apabila anak sudah mampu mengaqiqahi dirinya sendiri, maka anak tersebut boleh mengaqiqahi dirinya sendiri.

C. Makna Aqiqah Secara Syariat

Berlanjut dipembahasan selanjutnya yaitu makna aqiqah secara syariat, pengertian dari Aqiqah ialah salah satu ibadah sunnah sebagai wujud ungkapan rasa syukur ayah dan bunda kepada Allah SWT. karena telah dilahirkan bayi perempuan ataupun bayi laki-laki.

Dan berikut adalah penjelasan dari aqiqah menurut Islam dari para ulama ahlusunnah:

  1. Dari Ibnul-Qayyim yang mengutip dari perkataan Abu ‘Ubaid bahwa Al-Ashmaa’iy dan yang lainnya mengatakan bahwa: “pada asalnya makna aqiqah itu ialah rambut bawaan yang ada dikepala bayi ketika lahir.” Pengertian ini dimaksudkan untuk kambing atau domba yang disembelih untuk aqiqah anak bersamaan dengan dicukurnya rambut dari si bayi.
  2. Kemudian ulama Al-Jauhari mengatakan: “aqiqah merupakan menyembelih hewan pada hari ketujuh, dan disertai dengan mencukur rambutnya”. Yang disusul dengan perkataan Ibnul-Qayyim bahwa,: “dari penjelasan ini jelaslah bahwa aqiqah itu disebutkan demikian karena mengandung dua unsur diatas dan ini lebih utama”.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa arti aqiqah menurut islam adalah binatang yang disembelih oleh orang tua karena telah dihadirkannya seorang anak yang sholeh dan sholekhah, dan juga sebagai bentuk wujud rasa bersyukur orang tua kepada Allah SAW disertai dengan niat dan syarat yang sesuai dengan tuntunan dari dalam syariat agama Islam.

D. Bagaimana Niat Aqiqah ?

Seperti yang disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits yang diriwatkan oleh Al-Bukhari, bahwa segala amal tergantung pada niatnya, dan akan mendapatkan sesuatu dari apa yang menjadi niat tersebut.

Niat merupakan hal yang sangat penting dalam hal beribadah, karena tentu setiap beribadah harus diniatkan atas nama Allah swt. termasuk ibadah aqiqah ini. Inilah niat yang bisa diucapkan saat beraqiqah.

بِسْمِ اللهِ ، اللَّهُ أَكْبَرُ ، اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ ، هَذِهِ عَقِيقَةُ فُلاَن

(Bismillah. Allahuakbar. Allahumma minka wa laka, haadzihi ‘aqiiqotu fulaan)

Yang artinya: Dengan nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah aqiqah fulan (untuk kata fulan, bisa diganti dengan nama anak Anda yang diaqiqahi)

E. Bagaimana Hukum Aqiqah Bagi Orang Yang Sudah Meninggal ?

Dapat dijelaskan dari Imam Nawawi dalam kitab Majmu’ Syarah Al-Muhadzah Juz 8 hal. 406, ialah: “berkurban untuk orang yang sudah meninggal diperbolehkan, karena kurban adalah sebagian dari jenisnya shodakoh, dan shodakoh untuk orang meninggal adalah sah (atau diperbolehkan) dan manfaat shodakoh tersebut akan sampai ke orang yang sudah meninggal”.

Jika dijelaskan dalam kitab tersebut, melakukan ibadah sunnah aqiqah bagi orang yang sudah meninggal masih diperbolehkan, karena amalan dari aqiqah akan masih tetap sampai kepada orang yang sudah meninggal dunia.

Jadi tetaplaksanakan aqiqah anak walaupun anak tersebut sudah meninggal, dengan syarat Anda sebagai orang tua anak sudah mampu untuk melakukan aqiqah anak tersebut, jika belum mampu maka diperbolehkan untuk mengaqiqahkan anak kapan saja saat Anda sudah mampu mengaqiqahkan anak Anda.

F. Apa Tujuan Aqiqah ?

Adapun tujuan tujuan aqiqah adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan Sunnah Rasulullah SAW, yang menjadi tujuan utama aqiqah bagi orang tua
  2. Dapat menjalin sekaligus mempererat hubungan Ukhuwah Islamiyah terhadap sesama, dengan membagikan hasil daging aqiqah tersebut kepada orang muslim yang lain
  3. Melepaskan anak yang lahir dari status tergadainya diri anak tersebut, karena setiap anak yang baru lahir pasti akan tergadai dengan aqiqahnya
  4. Menghilangkan penyakit bagi si anak, karena pada saat aqiqah rambut bayi akan dicukur sebagaian dah hal ini dimaksudkan sebagai perumpaan agar segala penyakit si bayi terbuang
  5. Anak akan mendapatkan doa doa yang baik dari sesama Muslim, karena pada saat pelaksanaan aqiqah akan ada pembacaan ayat ayat suci Al-Qur’an, pembacaan tahlil, dan juga pembacaan doa doa untuk bayi yang diaqiqahi

G. Layanan Aqiqah Peduli Yang Sesuai Syariat Islam

Oke sekarang kita sudah sampai kepembahasan yang terakhir, yaitu Layanan Aqiqah Peduli yang Sesuai Syariat Islam.

Nah untuk ayah dan bunda yang bertempat tinggal didaerah Cileungsi dan sekitarnya dan sedang mencari jasa layananan penyaluran aqiqah untuk putra putrinya tak usah bingung dan pusing lagi, segera hubungi dan pesan di Aqiqah Berkah dinomor layanan kami Aqiqah Berkah 0813-3568-0602 atau bisa kunjungi di website resmi kami di www.aqiqahberkah.com disitu akan dijelaskan mengenai layanan di Aqiqah Berkah secara lengkap.

Oke ayah dan bunda di Aqiqah Berkah juga menyediakan berbagai variasi menu masakan aqiqah dan masakan catering seperti: Gule, sate, Krengseng, Dendeng Ragi, Daging Lapis, Kambing Guling, Rendang dan masih ada menu masakan lainnya.

Untuk cita rasanya masakan di Aqiqah Berkah dijamin enak, lezat dan tidak berbau prengus karena masakan di Aqiqah Berkah dimasak oleh juru masak yang sudah berprofesional dan jga sudah berpengalaman dibidangnya kurang lebih 10 tahun.

Hewan aqiqahnya sendiri Aqiqah Berkah memilih hewan aqiqah yang benar-benar sesuai dengan syariat islam. Untuk dokumen, foto acara aqiqah, sertifikat aqiqah dan berkas lainnya akan kami kirim via pos ke alamat ayah dan bunda.

Nah tunggu apalagi ayah dan bunda, mari beraqiqah bersama Aqiqah Berkah, karena aqiqah akan terasa lebih mudah jika pesan di Aqiqah Berkah.