Daily Archives: August 28, 2019

Paket Aqiqah Condet Peduli Yang Mudah Pemesanannya Dan Murah Harganya

By | Artikel | No Comments

Assalamu’alaikum masyarakat yang berada di daerah Condet dan sekitarnya,Nah ketemu lagi nih dengan kami dari Aqiqah Berkah. Gimana kabar dari semuanya? semoga baik dan sehat semuanya ya. Untuk semuanya, khususnya ayah dan bunda yang sudah memiliki anak dan belum diaqiqah, pasti ayah dan bunda mencari pengetahuan mengenai aqiqah. Dan di artikel Aqiqah Berkah ini akan menjelaskan lebih detail mengenai aqiqah. Mari kita bahas bersama dibawah ini.

A. Pengertian Aqiqah dan Qurban Menurut Bahasa dan Istilah

Pembahasan pertama yaitu tentang pengertian dari aqiqah dan qurban, memang aqiqah dan qurban hampir sama pengertiannya, hanya saja qurban dilaksanakan pada hari raya idul adha atau hari raya qurban.

Sedangkan aqiqah bisa dilaksanakan kapan saja, dan ibadah aqiqah hanya bisa dilakukan satu kali saja seumur hidup.

Kata aqiqah sendiri ialah berasal dari kata bahasa arab yang berarti pemotongan atau penyembelihan, Jika diartikan secara panjang ialah pemotongan atau penyembelihan hewan yang ditujukan untuk ibadah aqiqah, dan kambing tersebut bisa berupa kambing atau domba baik jantan atau betina.

Sedangkan pengertian qurban ialah hampir sama dengan pengertian dari aqiqah. Dan pengertian dari qurban ialah proses suati penyembelihan hewan yang dilaksanakan pada hari raya Idul Adha dan dilakukan setelah sholat Idul Adha. Dan jenis hewan untuk qurban bisa berupa Sapi, Kambing ataupun Unta.

B. Pengertian Aqiqah Untuk Anak Laki Laki

Pembahasan selanjutnya yaitu mengenai penjelasan aqiqah untuk anak laki-laki. sebelumnya syarat aqiqah untuk anak putra dan putri aturannya beda, maksud dari beda aturan yaitu mulai dari aturan jumlah hewan aqiqah.

Untuk anak putra yaitu berjumlah 2 ekor hewan aqiqah, dan untuk anak putri ialah hanya berjumlah 1 ekor hewan aqiqah saja. Untuk syarat waktu aqiqah yang disunnahkan ialah dihari ke tujuh, hari ke empat belas, ataupun hari ke dua puluh satu setelah kelahirannya sang bayi.

Jadi perbedaan aqiqah anak laki-laki dan perempuan sebenarnya tidak jauh berbeda, hanya saja yang membedakan ialah jumlah hewan aqiqah dan niat dari aqiqah tersebut.

Kita melaksanakan aqiqah adalah sebagai wujud syukur dan rasa cinta kepada Allah SWT dan juga kepada Rosul karena kita telah dikarunia sang buah hati yang sholeh dan sholekah.

C. Pengertian Aqiqah Menurut Para Ulama

Kelanjutannya yaitu pengertian aqiqah menurut para ulama, Banyak para ulama yang berbeda pendapat tentang pengertian dari aqiqah.

Namun Aqiqah sendiri dapat diartikan sebagai wujud rasa bersyukur orang tua kepada Allah SWT sebab telah dihadirkan atau dilahirkan bayi perempuan atau laki-laki yang akan membuat suatu keluarga menjadi bahagia dan rame dengan kehadiran anak tersebut.

Pelaksanaan indah aqiqah juga dilakukan sesuai syariat islam. Kembali ke pembahasan awal tadi mengenai perbedaan pendapat dari para ulama, Nah pastinya anda semua ingin mengentahu pengertian aqiqah dari para ulama, dan berikut ialah pengertian aqiqah dari beberapa ulama:

  1. Dari Ibnul-Qayyim yang mengutip perkataan dari Abu ‘Ubaid bahwa Al-Ashmaa’iy dan lainnya mengatakan: “asal dari makna kata aqiqah yaitu rambut yang dibawa sang bayi ketika lahir.” Maksud dari penjelasan tersebut ditujukan untuk kambing aqiqah yang disembelih untuk anak bersamaan dengan dicukurnya rambut dari sang bayi.
  2. Al-Jauhari juga mengatakan bahwa,: “Pengertian dari aqiqah yakni menyembelih hewan kambing atau domba pada hari ketujuhnya sesudah bayi dilahirkan, disertai dengan mencukur rambutnya”. Dan perkataan tersebut disusul dengan perkataan Ibnul-Qayyim bahwa,: “dari penjelasan tersebut sudah jelas bahwa aqiqah itu disebutkan demikian sebab aqiqah mengandung dua unsur diatas dan ini lebih utama”.

Dari perbedaan pengertian aqiqah menurut para ulama di atas ialah dapat disimpulkan bahwa pengertian dari aqiqah enurut islam yakni hewan atau binatang yang disembelih oleh orang tua dari anak sebagai ungkapan rasa bersyukurnya kepada Allah SWT karena telah dikaruniai anak yang sholeh dan sholekah.

D. Makna Kambing Aqiqah

Maksud pengertian dari aqiqah yakni suatu proses penyembelihan hewan aqiqah oleh orang tua yang bertujuan untuk menebus putra putrinya dari status yang masih tergadai.

Menyembelih hewan Aqiqah menggunakan hewan kambing dengan jenis jantan atau betina tidak ada masalah, namun ada yang mengatakan bahwa lebih baik jika menggunakan kambing jantan.

Dengan syarat hewan tersebut benar-benar dalam keadaan sehat dan juga tidak memiliki cacat fisik ditubuhnya. Juga dianjurkan untuk memilih hewan aqiqah yang gemuk, paling bagus dan lebih bagus hewan tersebut berwarna putih sebagaimana dalam ketentuan hewan qurban.

Sembelihlah sebanyak dua ekor kambing untuk aqiqah jika anak yang diaqiqahi ialah anak laki laki. Jika anak perempuan, maka sembelih lah satu ekor kambing.

E. Arti dan Makna Aqiqah

Mengenai arti dan makna dari aqiqah sudah pernah dijelaskan di artikel Aqiqah Berkah sebelumnya. Nah disini kami akan membahas kembali mengenai arti dan makna aqiqah tersebut.

Arti dari aqiqah yaitu suatu proses penyembelihan hewan (bisa berupa kambing atau domba) yang dilaksanakan pada hari ke-7, 14, atau hari ke-21 sesudah bayi dilahirkan.

Dan tujuan dari disembelihkannya hewan tersebut ialah untuk ibadah aqiqah sang anak. Ibadah aqiqah sendiri merupakan ibadah yang disunnahkan oleh Rosulullah SAW, Dan ibadah aqiqah adalah wujud rasa cinta kita kepada Rosulullah SAW.

Sebenarnya arti dan makna aqiqah ialah hampir sama pengertiannya dan intinya juga sama, yaitu penyembelihan hewan kambing atau domba yang ditujukan untuk anak yang baru lahir.

Nah jadi untuk anda semuanya mari kita bersama menjalankan sunnah rosul dengan beraqiqah, dan mari kita buktikan rasa cinta dan rasa syukur kita kepada Allah SWT dengan cara beraqiqah.

Aqiqah tidak hanya dilakukan untuk anak saja, Untuk anda yang sudah dewasa ataupun sudah berkeluarga dan sudah bekerja namun belum sempat diaqiqahi oleh orang tuanya ketika masih kecil dulu, maka sekarang mari segera laksanakan aqiqah untuk diri anda sendiri. Sebab akan merugi jika anda tidak mengaqiqahi diri anda sendiri.

F. Cari Aqiqah Yang Mudah Pesannya dan Murah Harganya? Ya Hanya di Aqiqah Berkah

Hallo ayah dan bunda semuanya, Aqiqah Berkah sekarang hadir dengan layanan jasa penyaluran aqiqah yang termurah, termudah dan terpercaya dikalangan banyak masyrakat.

Jadi untuk anda semua yang bertempat tinggal di luar jawa tidak usah susah dan bingung lagi untuk melaksanakan aqiqah, karena Aqiqah Berkah hadir untuk mempermudah ibadah aqiqah anda.

Aqiqah Berkah hadir dengan berbagai macam variasi menu masakan seperti: Gule, Sate, Krengsengan, Rendang, Daging lapis, Dendeng ragi, Kambing guling dan masih ada menu lainnya yang bisa ayah dan bunda pilih sendiri sesuai selera.

Tempat penyaluran aqiqah yang ada di Aqiqah Berkah meliputi: Panti Asuhan, Pondok Pesantren, dan masyrakat lain yang membutuhkan. Untuk anda yang memesan aqiqah di Aqiqah Berkah akan mendapatakan sertifikat aqiqah gratis, buku laporan gratis dan dokumen pelaksanaan aqiqah.

Berkas-berkas tersebut nanti akan kami kirim melalui via pos setelah pelaksanaan aqiqah.

Layanan Jasa Paket Aqiqah Cilegon Peduli

By | Artikel | No Comments

Assalamu’alaikum semuanya yang ada di Cilegon dan sekitarnya, berjumpa lagi di website kami di qurban-aqiqah.com. pada artikel kali ini kami masih akan membahas seputar aqiqah secara lengkap. Untuk ayah dan bunda yang sudah memiliki anak yang masih kecil ataupun sudah besar sangat dianjurkan sekali untuk mengaqiqahinya. Karena manfaat aqiqah untuk anak sangat lah besar sekali. Dan jika ayah dan bunda ada yang belum mengerti mengenai aqiqah lebih dalam lagi, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Apakah Arti Aqiqah ?

Di artikel sebelumnya sudah pernah kita bahas mengenai arti dari aqiqah, nah di artikel ini kami akan kembali membahas mengenai arti dari aqiqah.

Pasti ada yang sebagian belum tau betul tentang arti dari aqiqah, Nah arti dari aqiqah sendiri ialah memotong atau menyembelih hewan. Dan arti panjang aqiqah ialah pemotongan atau penyembelihan hewan yang ditujukan khusus untuk aqiqah anak, dan hewan tersebut bisa berupa hewan domba atau kambing.

Pelaksanaan penyembelihan hewan tersebut bisa dilakukan pada hari ke 7, 14, atau 21 setelah hari bayi dilahirkan. Ketiga waktu tersebut ialah waktu yang disunnahkan untuk melaksanakan aqiqah anak.

Apabila di salah satu waktu tersebut ayah dan bunda belum bisa melaksanakan aqiqah, maka tidak usah takut atau khawatir lagi, karena waktu aqiqah tidak harus dilaksanakan diwaktu tersebut saja.

Dan waktu aqiqah bisa dilaksanakan diwaktu kapan saja ketika ayah dan bunda sudah berkemampuan melaksanakan aqiqah anak. Jadi untuk waktu aqiqah sendiri tidak ada batas akhirnya dan batas habisnya.

Rasa Syukur dan cinta kita kepada Allah SWT dan Rosul dapat kita buktikan melalui aqiqah tersebut.

Apa Arti Aqiqah Anak ?

Yang kedua ialah membahas mengenai manfaat dari aqiqah anak, Ayah dan bunda semuanya pasti belum ada yang tau pasti mengenai manfaat dari mengaqiqahi anak. Banyak sekali manfaat aqiqah anak, nah dibawah ada beberapa manfaat untuk mengaqiqahi anak:

  1. Yang pertama ialah sebagai wujud rasa syukur kita semua kepada Allah SWT karena telah dikarunia atau sudah dilahirkan bayi laki-laki ataupun bayi perempuan.
  2. Yang kedua ialah menjalankan sunnah sang Rosul
  3. Kemudian terlepasnya status tergadai dari si bayi tersebut
  4. Menghilangkan kotoran dan penyakit yang ada pada diri bayi yang telah dibawa dari dalam kandungan
  5. Memberi kabar atau berita bahagia kepada saudara, tetangga, bahkan teman dan sahabat akan kehadirang sang buah hati tersebut, serta memberi nama bayi tersebut

Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat dari aqiqah, dan sebenarnya manfaat dari aqiqah masih banyak lagi.

Jika ayah dan bunda ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai manfaat aqiqah untuk anak ataupun untuk diri sendiri bisa mengunjungi diwebsite kami di qurban-aqiqah.com

Apakah Boleh Aqiqah Untuk Diri Sendiri ?

Nah sekarang yang kita bahas ialah mengenai aqiqah untuk diri sendiri. banyak yang bertanya apakah boleh mengaqiqahi untuk diri sendiri? Oke mari kita bahas bersama pertanyaan tersebut.

Sebelum kita bahas kita harus lebih tau terlebih dahulu tentang hukum aqiqah. Dan hukum dari aqiqah ialah sunnah mu’akad, atau sunnah yang dianjurkan.

Biasanya aqiqah dilaksanakan hanya untuk bayi atau anak saja, namun aqiqah juga bisa dilaksanakan untuk dirinya sendiri. Maksudnya ialah apabila anda sekarang dalam posisi sudah bekerja ataupun sudah berkeluarga dan ingin beraqiqah sendiri karena dulu waktu masih kecil belum diaqiqah oleh orang tua, maka masih boleh untuk beraqiqah sendiri.

Karena waktu aqiqah tidak ada batas akhirnya, jadi kapan saja kita masih bisa untuk melaksanakan aqiqah meskipun kita sudah tumbuh dewasa ataupun sudah berkeluarga dan mempunyai anak.

Apakah Aqiqah Itu Hukumnya Wajib ?

Dan seperti yang sudah kita bahas bersama diatas tadi bahwa hukum aqiqah yaitu sunnah mu’akkad (sunnah yang dianjurkan). Memang benar hukum mengaqiqahi tidak wajib, tetapi sunnah.

Namun jika hukum aqiqah sunnah kita semua akan sangat merugi apabila tidak melakukan aqiqah untuk anak ataupun untuk diri sendiri. Jadi mengaqiqahi anak adalah tugas bagi setiap orang tua, dan pelaksanaan aqiqah ialah di hari ke tujuh, empat belas, atau hari ke dua puluh satu setelah kaelahiran sang anak tersebut.

Dan pelaksanaan aqiqah sendiri dilakukan dengan cara menyembelih kambing atau domba yang disertai dengan niat dan syarat aqiqah yang sesuai dengan syariat islam.

Untuk aqiqah diri sendiri bisa dilakukan kapan saja, karena aqiqah untuk diri sendiri tidak ada batas habisnya. Jadi sangat dianjurkan sekali bagi anda ataupun putri putri anda yang belum aqiqah untuk segera melakukan aqiqah apabila sudah mampu.

Apakah Aqiqah Harus Kambing Laki Laki ?

Aqiqah merupakan wujud atau bentuk rasa syukur pada Allah atas lahirnya anak. Pastiya anda merasa sangat bahagia dengan kelahiran anak anda, biasanya untuk penyampaian rasa bahagia dilaksanakanlah ibadah aqiqah.

Ketentuan jumlah kambing aqiqah untuk anak laki-laki dan perempuan berbeda, anak laki laki dengan menyembelih dua hewan kambing aqiqah, anak perempuan seekor saja hewan kambing aqiqah.

Jenis kambingnya baik menggunakan yang jantan atau betina (bebas), namun akan sebaiknya jika aqiqah menggunakan kambing jantan. Sebab kambing jantan dikenal karena harganya yang sedikit terbilang mahal dari kambing betina dan daging dari kambing jantan pun juga banyak.

Maka dari itu kebanyakan saat melaksanakan ibadah aqiqah lebih banyak yang menggunakan kambing jantan.

Apakah Boleh Aqiqah Pakai Kambing Betina ?

Aqiqah merupakan sarana untuk penyampaian wujud rasa bahagia orang tua kepada Allah dengan kelahiran bayi. Jenis kambingnya baik menggunakan yang jantan atau betina tetap diperbolehkan, namun bisa lebih baik jika menggunakan kambing jantan.

Sebab harga dari kambing jantan terkenal mahal haraganya dibanding dengan kambing betina. Dan daging dari kambing jantan pun juga sangat banyak.

Maka dari itu banyak sekali yang melaksanakan ibadah aqiqah lebih menggunakan kambing yang berjenis kelamin jantan atau laki-laki. Akan tetapi jika kambing jantan tidak memenuhi kitreria untuk hewan aqiqah seperti cacat fisik dan sebagainya tidak diperbolehkan dengan kambing laki-laki.

Anda yang akan mengaqiqahkan anak anda silahkan pesan di Aqiqah Berkah yaitu layanan yang sudah tepercaya dikalangan masyarakat.

Layanan Jasa Paket Aqiqah Cilegon Peduli Yang Sudah Dipercaya Di Kalangan masyarakat

Membutuhkan jasa atau layanan aqiqah yang sudah dipercaya di kalangan masyarakat pesan saja di Aqiqah Berkah. Di Aqiqah Berkah terdapat dua paket yaitu salah satunya Paket Aqiah Peduli.

Tim aqiqah berkah siap menyalurkan kepada yang berhak menerimanya dengan tepat waktu, dan pastinya sangat membantu dalam acara ibadah aqiqah untuk anak anda.

Tunggu apalagi pesan di Aqiqah Berkah kejelasan cara pemesanan , tempat dan sebagainya tentang Aqiqah Berkah silahkan kunjungi aqiqahberkah.com.