Daily Archives: September 2, 2019

Tebarkan Kebaikan Melalui Paket Aqiqah di Semarang Peduli

By | Artikel | No Comments

Assaalamualaikum semuanya, saya ucapkan terimakasih bagi yang sudah mengunjungi website kami, Pada artikel diwebsite ini nanti kami akan menjelaskan tentang aqiqah secara lengkap lagi, meskipun diartikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai materi tentang aqiqah. Oke langsung saja kita bahas mengenai hal tersebut dibawah ini.

A. Arti Aqiqah Dalam Bahasa Arab

Sekarang kita mulai dari pembahasan pertama, dan pada pembahasan ini kami akan memberi informasi tentang arti aqiqah didalam bahas arab. Kata aqiqah sebenarnya berasal dari kata bahasa arab yang dapat diartikan sebagai penyembelihan dan pemotongan.

Jika diartikan secara panjang atau dijelaskan secara panjang ialah Proses penyembelihan dan pemotongan hewan kambing atau domba yang diniatkan khusus untuk ibadah aqiqah.

Menurut sunnahnya waktu untuk aqiqah ialah di hari ketujuh, hari ke empat belas, ataupun di hari kedua puluh satu sesudah hari dilahirkannya sang bayi tersebut. Namun jika anda belum mampu mengaqiqahi di salah satu hari tersebut, maka anda bisa mengaqiqahi dihari kapan saja sampai anda sudah mampu mengaqiqahi.

B. Aqiqah Setelah Dewasa

Oke sekarang kita dipembahasan kedua, yaitu tentang Aqiqah setelah dewasa. Maksud dari aqiqah setelah dewasa yaitu jika anda sekarang sudah tumbuh dewasa bahkan sudah akan menikah dan sudah bisa mencari nafkah sendiri namun diwaktu kecil atau masih bayi anda belum sempat diaqiqah oleh kedua orang tua anda, maka anda masih bisa untuk melaksanakan aqiqah sendiri.

Untuk hari dan waktu pelaksanaanya pun anda juga bisa memilih sendiri, sebab jika waktu untuk aqiqah setelah dewasa anda bebas memilih hari dan waktunya.

Kecuali jika anda baru dilahirkan maka waktu untuk aqiqah ditentukan menurut perarturan sunnah aqiqah. Waktu yang disunnahkan ialah di waktu hari ketujuh sesudah dilahirkan, hari keempat belas sesudah dilahrkan, atau hari kedua puluh satu sesudah dilahirkan.

Tidak hanya setelah dewasa saja, aqiqah juga bisa dilaksanakan setelah anda menikah bahkan sudah memiliki anak sekaligus. Sebab tidak batas akhirnya dan tidak ada batas waktunya untuk melaksanakan aqiqah.

Jadi intinya selama belum diaqiqahi oleh orang tua anda, maka masih disunnahkan dan dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah. Aqiqah tersebut juga untuk kebaikan anda sendiri, sebab jika anda belum diaqiqah, maka status anda masih tergadai.

C. Apa Hukum Daging Aqiqah ?

Hukum daging aqiqah adalah harus dibagikan kepada orang orang sekitar. Apalagi pada saat banyak orang orang sekitar yang mengalami krisis dan kelaparan.

Jadi jika hal itu terjadi, usahakan agar membagikan semua daging aqiqah kepada orang orang yang mengalami hal tersebut. Dan jika hal itu tidak terjadi di lingkungan sekitar, maka diperbolehkan bagi orang yang beraqiqah untuk menyimpan daging hasil aqiqah tersebut sebagian.

Membagikan daging aqiqah harus dalam keadaan sudah dimasak terlebih dahulu. Dengan tujuan agar mempermudah orang orang yang menerimanya, karena tentunya memasak daging tersebut akan membutuhkan banyak biaya untuk membeli bumbu serta bahan masakan lainnya dan tentunya orang orang yang mengalami krisis dan kelaparan yang menerima daging aqiqah tersebut akan kesulitan untuk memasaknya.

D. Apakah Aqiqah Harus Hari Ke 7 ?

Jawabannya adalah tidak harus dihari ketujuh. Karena boleh juga dilaksanakan pada hari ke-14, atau pada hari ke-21 dari hari kelahiran bayi. Tetapi dengan syarat jika dihari ketujuh belum mampu melaksanakannya boleh dilaksanakan dihari ke-14 nya.

Atau jika dihari ke-14 juga masih belum mampu, maka aqiqah boleh dilaksanakan di hari ke-21 dari hari kelahiran Apabila dihari hari tersebut masih belum bisa melaksanakan, maka pelaksanaan aqiqah diperbolehkan untuk dilaksanakan kapan saja saat orang tua sudah mampu melaksanakannya.

Dan apabila sampai dewasa si anak belum juga diaqiqahi karena orang tua belum juga mampu melaksanakannya, maka diperbolehkan bagi si anak untuk meng-aqiqah-i dirinya sendiri dengan syarat si anak tersebut sudah mampu.

E. Cara Aqiqah Yang Syar’i

Cara aqiqah yang sesuai syar’i adalah sebagai berikut:

  1. Sembelih kambing aqiqah, dengan jumlah kambing yaitu 2 ekor untuk anak putra dan 1 ekor kambing saja untuk anak putri, saat sembelih tidak lupa disertai dengan bacaan niat menyembelih hewan aqiqah serta menyebutkan nama yang diaqiqahi
  2. Mencukur sebagian dari rambut bayi sambil memberi nama bayi yang memiliki arti nama yang bagus
  3. Masak daging aqiqah menjadi masakan siap santap atau siap saji
  4. Membagi daging aqiqah kepada para tetangga, sahabat, kerabat dan orang lain yang berhak menerima aqiqah

F. Cara Niat Aqiqah Untuk Diri Sendiri

Ada sebagian yang belum tau betul mengenai niat aqiqah untuk diri sendiri, dan disini kami akan memberi sedikit ilmu tentang niat aqiqah untuk diri sendiri.

Namun sebelum kita pada niat aqiqah kami akan memberi sedikit pengetahuan mengenai hal tersebut. Sebagian dari ulama berkata bahwa aqiqah untuk diri sendiri boleh dilakukan, namun ada sebagian ulama lagi yang berkata bahwa aqiqah untuk diri sendiri tidak boleh dilaksanakan.

Sebab tanggungan aqiqah untuk diri sendiri ialah tanggungan dari orang tua kita. Oke sekarang kita kembali ke pembahasan atas tadi, yaitu tentang niat dari aqiqah, dan berikut ialah bunyi dari niat aqiqah tersebut:

“Bismillah. Allahu Akbar. Allahumma minka wa laka, hadzihi ‘aqiqati” sebagi niat beraqiqah bagi diri sendiri. Atau juga bisa menggunakan bacaan niat “Bismillahi. Allahu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni, Hadzihi aqiqatu…(ucapkan nama orang yang diaqiqahi)” jika saat menyembelih hewan diwakilkan oleh orang lain yang lebih berpengalaman dan orang yang bersangkutan tidak berani menyembelihnya.

G. Menu Masakan Aqiqah Berkah Beserta Harganya

Dengan harga yang terjangkau, kami menyediakan menu menu masakan aqiqah yang beragam dan tentunya tidak akan bau prengus kambing dan rasanya pun tidak perlu diragukan lagi.

Karena masakan dari Aqiqah Berkah dimasak oleh juru masak yang sudah berpengalaman dan tentunya sudah profesional. Dan juga kami akan melayani pesanan dengan profesional. Jika Anda ingin memesan jasa aqiqah kepada kami.

Berikut adalah daftar harga Paket Aqiqah Mandiri dan Paket Aqiqah Peduli dari kami yang tipe tipe nya dibedakan berdasarkan jenis kambingnya,.


daftar harga aqiqah mandiri


daftar harga aqiqah peduli

Paket Aqiqah di Bandar Lampung Peduli Yang Terpercaya

By | Artikel | No Comments

Assalamu’alaikum sahabat aqiqah yang berada di Bandar Lampung dan sekitarnya, Nah ketemu lagi di artikel Aqiqah Berkah ini. Untuk anda semua khususnya ayah dan bunda yang sudah memiliki anak, pastinya sekarang sedang mencari tau pengetahuan tentang aqiqah, bah di artikel ini Aqiqah Berkah akan memberi sedikit ilmu pengetahuan tentang aqiqah. Tidak hanya aqiqah saja, disini Aqiqah Berkah juga akan memebri sedikit ilmu mengenai qurban. Baik langsung saja kita bahas bersama mengenai materi diatas dibawah ini.

A. Apa Itu Aqiqah dan Qurban ?

Materi tentag Aqiqah dan Qurban sebenarnya sudah pernah dibahas diartikel Aqiqah Berkah sebelumnya, namun di artikel iini akan kami bahas kembali tentang dua materi tersebut.

Pertama yaitu kita akan membahas tentang arti dari kata aqiqah, dan arti dari aqiqah sendiri sebetulnya diambil dari kata bahasa arab yang artinya memotong atau menyembelih.

Namun jika diartikan secara panjang dan lengkap ialah suatu proses menyembelih dan memotong hewan yang ditujukan khusus untuk aqiqah, dan hewan tersebut bisa berupa hewan domba ataupun hewan kambing.

Sekarang lanjut dengan penjelasan tentang qurban, menurut bahasa arab arti dari kata qurban ialah dekat, namun jika dijelaskan secara lengkap ialah suatu proses penyembelihan dan pemotongan hewan yang yang diniatkan khusus untuk ibadah qurban, dan hewan untuk ibadah qurban sendiri bisa berupa sapi, kambing, domba, dan unta.

B. Apakah Boleh Berqurban Sebelum Aqiqah ?

Dipembahasan ini ada yang bertanya tentang apakah boleh berqurban sebelum aqiqah? baik kami akan menjawab dan sedikit menjelaskan mengenai hal tersebut.

Ada beberapa alasan mengenai hal tersebut, namun sebenarnya dapat disimpulkan bahwa melaksanakan qurban bisa dilakukan sebelum aqiqah. Dan berikut alasannya:

  1. Apabila hari raya idul adha atau hari raya qurban masih jauh, maka alangkah lebih baik kita melaksanakan ibadah aqiqah terlebih dahulu, namun apabila hari raya idul adha atau hari raya sudah mendekati maka boleh melaksanakan ibadah qurban terlebih dahulu.
  2. Apabila anda belum diaqiqahi sejak kecil atau sejak dilahirkan dan hendak ingin berqurban, maka qurban anda tersebut sudah sama dengan mewakili ibadah aqiqah anda.
  3. Ibadah qurban mempunyai hukum yang lebih utama dibandingkan dengan hukum ibadah aqiqah, jadi maksutnya ialah jika anda hanya mempunyai biaya untuk melaksanakan salah satu dari ibadah tersebut, maka sebaiknya anda pilih untuk melaksanakan ibadah qurban terlebih dahulu.

Namun apabila anda ingin melaksanakan kedua ibadah tersebut secara bersamaan, maka hal tersebut juga diperbolehkan dengan niat melaksanakan ibadah qurban dan sekaligus dengan niat ibadah aqiqah.

C. Apakah Aqiqah Wajib Atau Tidak ?

Pada paragraf ini juga ada pertanyaan tentang wajib dan tidaknya beraqiqah? Oke diparagraf ini akan menjawab tentang pertanyaan tersebut. Dan jawaban dari wajib dan tidaknya aqiqah ialah Tidak, sebab hukum dari aqiqah sendiri ialah sunnah muakad.

Namun jangan karena hukum aqiqah sunnah anda tidak melaksanakan aqiqah, karena jika anda tidak melaksanakan aqiqah, maka anda akan merugi, sebab arti dari sunnah muakad ialah sunnah yang dianjurkan. Melaksanakan aqiqah juga sama dengan kita menjalankan sunnah Rosulullah SAW.

Dengan kita melaksanakan aqiqah kita juga bisa mempererat tali silturahmi dan tali persaudaraan antar sesama umat muslim. Tujuan dari dilaksanakannya ibdah aqiqah ialah untuk melepas status tergadai yang masih berada pada diri kita sejak kecil dan sejak dilahirkan kedunia.

Jadi untuk anda yang belum diaqiqahi oleh kedua orang tuanya sejak kecil, sekarang masih bisa untuk melaksanakan aqiqah, sebab melaksanakan ibadah aqiqah tidak ada batas habisnya.

D. Apakah Aqiqah Bisa Diganti Dengan Qurban ?

Jawabannya adalah tidak, karena aqiqah dan qurban adalah ibadah yang berbeda, jadi tidak dapat diganti. Tetapi ada beberapa ulama yang mengatakan bahwa jika seseorang yang belum diaqiqahi dan melaksanakan qurban, maka qurban tersebut sudah mewakili aqiqahnya.

Dan jika hanya mampu untuk melaksanakan salah satu dari keduanya, maka laksanakanlah salah satu terlebih dahulu. Ada ulama yang mengtakan hal ini untuk mendahulukan yang menurut situasi dan kondisi saat itu, artinya laksanakan aqiqah terlebih dahulu jika situasi kondisi nya adalah jauh dari hari raya Idul Adha, jika mendekati, maka bisamelaksanakan ibadah qurban terlebih dulu.

Namun bisa juga anda melaksanakan kedua ibadah tersebut secara bersamaan, dengan cara saat niat menyembelih hewan bisa membaca niat untuk berqurban sekaligus berniat untuk beraqiqah.

E. Apakah Daging Aqiqah Harus Habis ?

Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari mengatakan “siapa yang diantara kalian yang melaksanakan qurban, maka janganlah ada daging qurban yang masih tersisa dalam rumahnya setelah hari ketiga”.

Maksud melarang disini adalah untuk bisa dibagikan secara merata kepada orang orang sekitar yang berha menerimanya. Ada juga beberapa hadits yang mengatakan bahwa boleh menyimpan daging aqiqah selama lebih dari 3 hari, dengan syarat jika orang orang di lingkungan sekitar tidak ada yang mengalami krisis dan kelaparan.

Dan jika krisis dan kelaparan terjadi dimana mana terlebih terjadi dilingkungan kalian, maka bagikanlah daging aqiqah tersebut dan tentunya sudah dimasak terlebih dahulu kepada orang orang yang membutuhkan sampai tidak ada daging aqiqah yang tersisa dirumah.

F. Doa Aqiqah Untuk Orang Dewasa

Doa ketika menyembelih hewan
Bismillâhi wallâhu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu…(ucapkan nama bayi yang diaqiqahi)

Artinya: “Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah aqiqahnya … (ucapkan nama bayi yang diaqiqahi)”

Doa saat walimatul aqiqah
Allâhummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyâni wa min jamî’is sayyiâti wal ‘ishyâni wahrishu bihadlânatika wa kafâlatika al-mahmûdati wa bidawâmi ‘inâyatika wa ri’âyatika an-nafîdzati nuqaddimu bihâ ‘alal qiyâmi bimâ kalaftanâ min huqûqi rububiyyâtika al-karîmati nadabtanâ ilaihi fîmâ bainanâ wa baina khalqika min makârimil akhlâqi wa athyabu mâ fadldlaltanâ minal arzâqi. Allâhummaj’alnâ wa iyyâhum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`âni wa lâ taj’alnâ wa iyyâhum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyâni.

Artinya: “Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela.”

G. Jasa Penyaluran Paket Aqiqah Berkah Peduli

Hallo ayah dan bunda semuanya, sekarang kita sudah mencapai kepembahasan terakhir, yaitu tentang Jasa Aqiqah Peduli yang ada di Aqiqah Berkah.

Pasti dari anda semua ada yang belum tau tentang Jasa Aqiqah Berkah yang ada di Aqiqah Berkah, nah disini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai hal tersebut.

Aqiqah Berkah ialah Jasa layanan aqiqah dan jasa penyeluran aqiqah yang sudah berdiri kurang lebih 10 tahun. Banyak yang mengatakan bahwa pelayanan di Aqiqah Berkah sangatlah ramah dan humble.

Jasa penyalurannya sendiri nanti akan disalurkan di panti asuhan, pondok pesantren, masjid dan tempat lainnya yang berhak menerima aqiqah. Untuk pemesan Aqiqah Berkah peuli nanti akan kami kirimkan sertifikat aqiqah, dan foto acara paelaksanaan aqiqah dan berkas lainnya setelah 3 hari acara dengan melalui via post.

Mari untuk anda yang belum beraqiqah segera lakasanakan aqiqah untuk kebaikan diri anda semua. Aqiqah Berkah akan memudahkan melaksanakan aqiqah anda semua.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut anda bisa menghubung nomor layanan kami di 0813-3568-0602 atau bisa juga mengunjungi website kami di qurban-aqiqah.com.


daftar harga aqiqah mandiri


daftar harga aqiqah peduli