Daily Archives: September 4, 2019

Paket Aqiqah Enak Jakarta Peduli Yang Sudah Di Percaya Di Banyak Masyarakat

By | Artikel | No Comments

Assaalamualaikum sahabat aqiqah, Oke ketemu lagi pada artikel Aqiqah Berkah, dan kali ini kami tidak hanya memberi informasi mengenai materi aqiqah saja, tetapi kali ini kami juga akan memberi informasi mengenai qurban dan juga tentang khitan. Langsung saja ketahap pertama dibawah ini

A. Pengertian Aqiqah Menurut Syariat Islam

Kata aqiqah sebenarnya ialah kata yang berasal dari bahasa arab dan artinya ialah pemotongan atau penyembelihan.

Dan pengertian secara panjang Aqiqah ialah suatu prosesi penyembelihan maupun pemotongan daging aqiqah dan waktu pelaksnaanya ialah dihari ketujuh, empat belas, ataupun dihari dihari dua puluh satu setelah bayi tersebut dilahirkan.

Akan tetapi jika orang tua anak belum berkemampuan beraqiqah dihari sunnah aqiqah tersebut, maka orang tua anak dapat mengaqiqahi anak disaat sudah berkemampuan aqiqah.

Namun jika anak yang akan diaqiqah sudah tumbuh atau beranjak dewasa dan ingin melakukan aqiqah sendiri, maka sangat diperbolehkan untuk mengaqiqahi dirinya sendiri.

Sebab apabila anak anda sudah bisa mencari nafkah sendiri maka sangat dianjurkan sekali untuk dia melaksanakan aqiqah sendiri.

B. Pengertian Qurban Aqiqah dan Khitan

Dari judul materi diatas pasti ada perbedaan dari masing-masing, tetapi dari pengertian aqiqah dan qurban ialah tak jauh berbeda, dan pengertian dari kedua tersebut ialah sama-sama ibadah sunnah, namun dibawah ini akan kami jelaskan satu persatu tentang ke tiga pengertian tersebut:

  1. Pengartian dari kata qurban yaitu dekat, dan pengertian panjangnya yaitu ibadah yang disunnahkan untuk lebih dekat lagi kepada Allah SWT dengan penyembelihan hewan pada hari raya idul adha jika sudah mampu.
  2. Kata aqiqah juga memiliki arti sebagai penyembelihan, apabila dijelaskan secara lengkap yaitu suatu ibadah sunnah yang diniatkan atau ditujukan untuk ibadah aqiqah dan sebagai bentuk wujud dari orang tua kepada Allah SWT karena telah dilahirkan bayi. Yang selanjutnya bentuk/wujud rasa syukur tersebut dilakukan dengan cara sembelih hewan domba/kambing sejumlah 1 ekor saja untuk perempuan dan jumlah 2 ekor untuk laki-laki
  3. Arti dari kata Khitan ialah memotong sebagian dari bagian depan, dan pengertiannya secara panjang ialah pemotongan kulup atau kulit dari bagian alat kelamin laki-laki atau bisa disebut “qulfah” agar tidak terhimpun kotoran didalamnya.

C. Tata Cara Aqiqah Menurut Hukum Islam

Kebanyakan ada yang belum mengerti tentang tata cara aqiqah yang benar, berikut ini ialah tata cara tersebut:

  1. Pertama yaitu proses penyembelihan hewan aqiqah, yaitu 1 ekor jika yang diaqiqah perempuan, dan 2 ekor jika yang diaqiqah laki-laki
  2. Kemudian memasak daging dari sembelihan hewan aqiqah tersebut untuk dimakan para tamu undangan pada acara aqiqah, atau bisa juga dibagikan kepada para tetangga maupun kerabat
  3. Isi dari acara aqiqah yaitu pencukuran dari sebagian rambut bayi sambil memberi nama yang bagus untuk bayi dan diiringi dengan sholawat dan do’a untuk sang bayi yang diaqiqah
  4. Kemudian akhir acara ialah mempersilahkan tamu undangan untuk mencicipi masakan aqiqah yang telah dihidangkan, atau bisa juga membagikan daging aqiqah tersebut kepada para tetangga, teman ataupun kerabat terdekat

D. Contoh Acara Aqiqah

Acara aqiqah biasanya diawali dengan membaca ayat suci Al-Qur’an yang bertujuan supaya acara aqiqah dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan dan diridhoi oleh Allah swt..

Kemudian dilanjutkan dengan beberapa sambutan dari penyelenggara aqiqah, atau orang tua bayi yang diaqiqahi. Setelah sambutan sudah selesai dilanjutkan dengan pencukuran rambut bayi yang dilakukan oleh orang tua si bayi yang diaqiqahi, dengan makna agar semua penyakit serta gangguan yang ditujukan terhadap si bayi dapat hilang.

Dan selanjutnya ialah acara doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz dengan tujuan supaya acara aqiqah diberkahi serta doa yang dipanjatkan untuk sang bayi diijabah oleh Allah SWT. kemudian yang terakhir ialah bagian dari pengajian atau ceramah dari ustadz.

E. Bagaimana Cara Membagikan Daging Aqiqah ?

Cara pembagian daging yang lebih baik ialah sebagian bisa dibagikan ke para tentangga ataupun para tamu unadangan dan sebagian lagi disisakan untuk dimakan sendiri.

Dan dalam pembagian tersebut juga alangkah lebih baik jika dibagikan dalam keadaan sudah matang dan sudah menjadi makanan siap menikmati.

Pembagian daging aqiqah tersebut bisa dibagikan atau disalurkan ke tempat yang berhak menerima aqiqah, seperti masjid, pondok pesantren ataupun tempat lain yang membutuhkan, selain itu sisakan sedikit daging aqiqah tersebut untuk dimakan sendiri.

Nah dari penjelasan diatas mengapa kebanyakan orang lebih memilih aqiqah menggunakan kambing berjenis kelamin jantan daripada menggunakan kambing berjenis kelamin betina, sebab walaupun harga kambing jantan lebih mahal dari harga kambing betina akan tetapi daging dari kambing jantan juga lebih banyak dan bisa dibagikan kebanyak orang.

F. Doa Aqiqah Bahasa Indonesia

Dan berikut ialah doa aqiqah dalam bahasa indonesia yang dapat anda hafalkan:

  1. Doa saat rambut bayi dicukur
    “Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah SAW, dan segala puji Bagi Allah, Tuhan semesta alam.”
  2. Doa saat meniup ubun ubun bayi setelah rambutnya dicukur
    “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.”

G. Mau Aqiqah Anda di Salurkan Ke Panti Asuhan, Pesantren Maupun Tempat lainnya? Segera Hubungi Aqiqah Berkah Sekarang Juga

Nah untuk anda semua yang ingin aqiqah putra putri anda ataupun aqiqah anda disalurkan ke berbagai tempat seperti panti asuhan, pondok pesantren, masjid, ataupun tempat lainnya silahkan anda menghubungi nomor kami di 0813-3568-0602.

Aqiqah Berkah sekarang sudah ada layanan jasa untuk menyalurkan aqiqah, dan dijamin murah mudah, dan amanah. Utuk pelayanannya pun juga ramah dan sabar.

Aqiqah Berkah akan memudahkan anda yang kurang waktu atau belum sempat melaksanakan aqiqah dikarenakan hal kerjaan, jadwal padat, ataupun hal lainnya.


daftar harga aqiqah mandiri


daftar harga aqiqah peduli

Paket Aqiqah di Tasikmalaya Peduli

By | Artikel | No Comments

Assaalamualaikum, saya berterimakasih karena Anda telah berkunjung diwebsite ini. Kali ini akan dijelaskan tentang maksud aqiqah dan qurban, apakah aqiqah wajib dalam Islam, cara aqiqah anak yang sudah meninggal, bagaimana hukum aqiqah dengan sapi, hukum membagi daging aqiqah mentah, cara membagikan daging aqiqah, dan yang lainnya. Baiklah, silahkan simak penjelasan penjelasan dari saya mengenai hal hal tersebut.

A. Maksud Aqiqah dan Qurban

Pada awal pembahasan ini kami akan memeberi sedikit pengertian mengenai maksud dari aqiqah dan qurban. Aqiqah dan qurban tidaklah jauh berbeda dari pengertiannya, Aqiqah ialah suatu prosesi penyembelihan dan pemotongan kambing atau domba yang dilaksanakan dengan tujuan melepas status diri yang masih tergadai.

Sedangkan maksud dari qurban ialah tidak jauh beda dengan maksud dari aqiqah, yaitu suatu prosesi penyembelihan dan pemotongan sapi, kambing, domba, atau unta yang dilaksanakan dengan tujuan untuk ibadah aqiqah.

Hukum dari kedua tersebut ialah sunnah atau bisa dimaksud dengan sunnah yang dianjurkan. Dan kedua ibadah sunnah tersebut dilaksanakan pada orang yang sudah mampu melaksanakannnya.

B. Apakah Aqiqah Wajib Dalam Islam ?

Ada beberapa pertanyaan mengenai apakah aqiqah wajib dalam islam? dan Jawaban dari pertanyaan tersebut ialah tidak, karena hukum dari aqiqah sendiri yaitu sunnah muakkad, dan sebaiknya dilakukan.

Namun apabila belum mampu beraqiqah dihari yang sudah disunnahkan aqiqah, maka bisa kapan saja untuk melakukan aqiqah ketika sudah mampu melakukannya.

Dan hari/ waktu yang sunnah ialah dihari ke-7,14, ataupun dihari 21 sesudah hari bayi tersebut lahir. Melaksanakan ibadah aqiqah tidaklah wajib, tetapi sunnah, atau bisa disebut dengan sunnah yang lebih baik dilakukan.

Sebab Nabi Muhammad SAW melakukan aqiqah untuk cucu tercintanya, yang bernama Hasan dan juga Husain. Apabila Anda beraqiqah, maka anda jugaakan mendapat banyak pahala, karena dengan melaksanakan aqiqah sama dengan anda telah menjalankan sunnah Rosulullah SAW. Dan ibadah aqiqah juga dapat meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT.

C. Cara Aqiqah Anak Yang Sudah Meninggal

Ada juga pertanyaan yang bertanya tentang bagaimana cara mengaqiqahi anak yang sudah meninggal, Oke mari kita bahas bersama mengenai hal tersebut.

Banyak yang mengatakan bahwa aqiqah hanya untuk anak yang masih hidup saja, namun ada juga yang mengatakan aqiqah masih boleh untuk anak yang sudah meninggal.

Dari perbedaan tersebut kami terus mencari informasi mengenai hal boleh tidaknya mengaqiqahi anak yang sudah meninggal dan sampai akhirnya kami menemukan kesimpulan.

Yaitu bahwa mengaqiqahi anak yang sudah meninggal ialah masih diperbolehkan, hal tersebut diperbolehkan sebab hukum waktu melaksanakan aqiqah ialah tidak ada batas habis dan batas akhirnya.

Jadi untuk anda yang mempunyai anak yang sudah meninggal dan ketika masih hidup anak tersebut belum sempat diaqiqahi, maka orang tua masih bisa untuk mengaqiqahi anak yang sudah meninggal tersebut.

Untuk caranya pun sama dengan cara aqiqah anak yang masih hidup pada umumnya, dan berikut ialah cara aqiqah tersebut:

  1. Menyembelih hewan aqiqah dengan jumlah 2 ekor untuk anak laki-laki dan 1 ekor saja untuk anak perempuan, dan hewan tersebut harus benar-benar sehat, cukup umur serta tidak mempunyai cacat fisik.
  2. Masak daging aqiqah dari hewan yang disembelih tersebut menjadi masakan yang sudah siap saji ataupun masakan siap santap.
  3. Membagi daging aqiqah kepada para tamu undangan, tetangga, ataupun kerabat. Bisa juga disalurkan atau dibagikan ketempat panti asuhan, pondok pesantren, masjid ataupun tempat lainnya.

D. Bagaimana Hukum Aqiqah Dengan Sapi ?

Didalam kitab Kifayatul Akhyar, disebutkan bahwa “Menurut pendapat yang paling shahih, aqiqah menggunakan unta gemuk atau sapi lebih utama dibandingkan aqiqah menggunakan kambing.

Tetapi pendapat lain mengatakan bahwa aqiqah menggunakan kambing lebih utama, maksud dari pendapata tersebut ialah menggunakan dua ekor kambing untuk laki laki dan seekor kambing, untuk perempuan, sebab sesuai dengan bunyi sunnahnya, Jika mencermati penjelasan dari kitab tersebut, beraqiqah menggunakan sapi atau unta jelas suatu kebolehan.

Bahkan dikatakan dengan sangat sangat jelas, bahwa dari pendapat yang lebih shahih ialah pendapat yang mengatakan jika aqiqah menggunakan hewan unta atau sapi lebih utama dibandingkan aqiqah menggunakan kambing.

E. Hukum Membagi Daging Aqiqah Mentah

Diparagraf ini kita akan membahas mengenai hukum dari membagi daging aqiqah dengan keadaan mentah dan tidak dimasak. Untuk hukum pembagian daging aqiqah dengan keadaan mentah sebenarnya boleh-boleh saja.

Jadi apabila pembagian daging aqiqah dalam keadaan mentah masih diperbolehkan saja, namun akan lebih afdalnya jika membagikan daging aqiqah dengan keadaan sudah matang dan sudah disajikan dalam bentuk makanan siap santap.

Karena dalam pembagian daging aqiqah dalam keadaan matang, maka orang yang menerima aqiqah akan lebih mudah untuk langsung menikmati daging aqiqah tersebut.

Dan juga para tamu juga akan langsung bisa menyantap hidangan daging aqiqah tersebut. Jadi intinya untuk hukum membagikan daging aqiqah dalam keadaan mentah ialah diperbolehkan saja.

F. Cara Membagikan Aqiqah

Seperti yang sudah dijelaskan barusan bahwa cara untuk membagi daging aqiqah yaitu lebih baiknya dimasak terlebih dahulu. Namun jika anda hendak membagikan daging tersebut dalam keadaan mentah maka boleh-boleh saja, namu ada kalanya akan lebih baik jika daging tersebut diolah menjadi masakan terlebih dulu.

Daging aqiqah harus dimasak terlebih dahulu dengan tujuan agar penerima aqiqah tidak perlu memasaknya kembali atau repot untuk memikirkan menu olahan daging aqiqah.

Jadi untuk membagi daging aqiqah membutuhkan proses yang seikit lama, sebab daging aqiqah harus dimasak terlebih dulu menjadi makanan yang enak dan lezat.

G. Paket Aqiqah Berkah Peduli Beserta Daftar Harganya

Hallo untuk sahabat Aqiqah Berkar semuanya, sekarang kita sudah mencapai pada pembahasan yang terakhir pada artikel ini. Oke sekarang kami akan memberi sedikit informasi mengenai jasa layanan aqiqah berkah peduli yang ada di Aqiqah Berkah.

Sekarang Aqiqah Berkah hadir untuk anda yang bertempat tinggal di luar jawa dengan jasa penyaluran aqiqah berkah peduli. Maksud dari Aqiqah Berkah peduli ialah suatu layanan penyaluran aqiqah untuk anda yang bertempat tinggal jauh atau tidak bisa dijangkau lagi dengan pelayanan antar masakan aqiqah berkah.

Layanan penyaluran tersebut nantinya akan menyelurkan aqiqah anda ketempat yang berhak menerima aqiqah seperti masjid, pondok pesantren, panti asuhan ataupun tempat lain yang anda amanahkan.

Dan nanti anda juga akan mendapat sertifikat aqiqah gratis dari aqiqah berkah serta dokumen/ berkas pelaksanaan aqiqah.

A. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

B. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri