Daily Archives: September 6, 2019

Aqiqah Jujur dan Amanah Hanya Paket Aqiqah Godean Peduli

By | Artikel | No Comments

Assalamu’alaikum untuk anda semua yang berada di Godean dan sekitarnya, Apa kabar semuanya? nah gimana kabar hari ini? semoga anda semua dalam lindungan Allah SWT. Pada pembahasan hari ini anda akan kami jelaskan mengenai materi Aqiqah yang perlu anda ketahui. oke ayo langsung saja kita materi aqiqah tersebut yang ada dibawah ini.

A. Pengertian Aqiqah Menurut Bahasa dan Istilah

Pada awal paragraf ini anda akan kami jelaskan tentang penejlasan aqiqah menurut istilah dan juga bahasa. Dan aqiqah menurut bahasa dapat diambil dibahasa arab yang memiki arti penyembelihan dan pemotongan.

Kemudian menurut istilah Aqiqah yaitu suatu prosesi aqiqah yang dilakukan dengan cara sembelih hewan berupa kambing/ domba dengan jumlah 1 kambing untuk putri dan 2 kambing untuk putra yang dilaksanakan di 7, 14 ataupun 21 hari setelah bayi dilahirkan.

Prosesi tersebut dengan tujuan agar sang bayi terlepas dari kekangan jin, penyakit/ kotoran yang menempel pada diri bayi sejak dilahirkan, dan juga dapat melepaskan status yang tergadai.

B. Apa Makna Aqiqah ?

Banyak yang belum tau betul mengenai makna dari dilaksanakannya aqiqah, atau makna dari penting beraqiqah. Pada paragraf ini akan dijelaskan juga tentang makna dari aqiqah.

Makna aqiqah ialah sama dengan bentuk dari ungkapan rasa syukur karena telah dihadirkan dan dilahirkan bayi baik perempuan maupun laki-laki dan kelak bayi tersebut akan tumbuh menjadi anak-anak yang berbakti terhadap orang tua dan menjadi penerus agama, bangsa dan negara.

Ibadah aqiqah juga termasuk ibadah yang disunnahkan oleh Rosulullah SAW, jadi untuk anda semua yang sudah mampu beraqiqah, segeralah melaksanakan aqiqah untuk diri anda sendiri.

C. Bagaimana Cara Aqiqah Yang Benar ?

Nah dibawah ini akan kami jelaskan mengenai hal tersebut, mari simak bersama:

  1. Sembelih hewan aqiqah, sebelum pada proses sembelihan hewan aqiqah sebaiknya pilih hewan aqiqah sesuai dengan umur yang ditentukan aqiqah, tubuhnya sehat dan harus sesuai syariat islam.
  2. Masak daging aqiqah terlebih dahulu sebelum dibagikan.
  3. Buat acara aqiqah dengan berbagai susunan acara dan didalam acara tersebut terdapat Pembukaan, pembacaan ayat suci al-qur’an, pemotongan rambut serta pemberian nama bayi, pembagian daging aqiqah dan terakhir penutup acara.

Dan itulah cara aqiqah yang benar, jika anda ingin melaksanakan aqiqah sendiri dirumah, namun jika anda ingin menyalurkan aqiqah ketempat yang membutuhkan maka dibolehkan saja.

D. Acara Aqiqah Seperti Apa ?

Sudah dijelaskan barusan pada paragraf diatas mengenai acara aqiqah, namu diatas hanya intinya saja, dan disini nanti akan djelaskan lagi tentang hal tersebut.

Untuk acara aqiqah sendiri pertama pastinya pembukaan terlebih dahulu dan pembukaan acara tersebut akan dibuka oleh pembawa acara dengan bacaan bismillahirrohmanirrohim.

Setelah pembukaan acara selanjutnya ialah pembacaan ayat suci al-qur’an, kemudian pembawa acara mempersilahkan salah satu atau wakil dari anak yang diaqiqah untuk menyampaikan kata sambutan untuk para tamu undangan yang sudah hadir.

Dan selanjutnya bisa diisi dengan ceramah dari ustadz yang sudah diundang untuk acar tersebut. Kemudian kita sampai kepuncak acara yaitu prosesi pencukuran rambut bayi sekaligus pemberian nama untuk bayi, pada prosesi pencukuran rambut bayi tamu undangan sambil membaca sholawat serta panjatan do’a untuk sang bayi.

Setelah prosesi tersebut tuan rumah akan mempersilahkan para tamu untuk menikmati hidangan makanan aqiqah yang sudah disiapkan sambil membagi nasi kotak aqiqah kepada para tamu undangan, dan dilanjutkan dengan doa penutup acara.

E. Doa Aqiqah Anak

Diatas tadi ada penjelasan mengenai prosesi pencukuran rambut dan pemberian nama, nah dalam proses tersebut akan ada doanya tersendiri, dan doa tersebut ialah sebagai berikut:

“U’iidzuka bi kalimaatillahittammaati min kulli syaithooni wa haammah. Wa min kulli ‘ainin laammah.”

Artinya: “Saya perlindungan engkau, wahai bayi, dengan kalimat Allah yang prima, dari tiap godaan syaitan, serta dari setiap pandangan yang penuh dengan kebencian”

F. Pembagian Daging Hewan Aqiqah

Sebelum dibagikan daging aqiqah haruslah dimasak terlebih dahulu agar sang penerima bisa langsung menyantap dan menikmatinya dengan sepenuh hati.

Untuk tempat yang bisa untuk dibagikan daging aqiqah ialah bisa dimasjid, dipanti asuhan ataupun dipondok pesantren. Sedangkan orang yang menerima daging aqiqah ialah bisa tetangga, kerabat, teman, fakir miskin ataupun sahabat.

Mengapa daging aqiqah jika dibagikan harus dimasak terlebih dulu, karena memasak daging tersebut bisa membutuhkan banyak biaya untuk membeli bumbu masakan.

G. Layanan Aqiqah Yang Jujur Dan Amanah Hanya Di Aqiqah Berkah peduli

Hallo yang berada di daerah Godean dan sekitarnya dan sekarang sedang mencari jasa penyaluran aqiqah yang kepercayaanya bisa diandalakan dan pemesanannya pun juga gampang serta harganya pun juga terjangkau, mari langsung saja telfon, sms atau watshaap dinomor kami di 0813-3568-0602 kami akan siap membantu aqiqah anda dengan cara penyaluran aqiqah ketempat yang berhak disalurkan aqiqah.

Nah mudahkan sekarangaqiqah di Aqiqah Berkah, layanannya pun juga ramah dan sabar. Berikut adalah harga 2 paket layanan Aqiqah Berkah:

1. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

2. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

Paket Aqiqah Gunung Putri Peduli

By | Artikel | No Comments

Assalamualaikum, saya ucapkan terimakasih kepada yang sudah berkunjung dan membaca website ini. Dan konten kali ini akan menjelaskan mengenai pengertian aqiqah, tata cara aqiqah menurut syariat Islam, doa untuk anak saat aqiqah, doa sembelih hewan aqiqah, doa memotong rambut aqiqah saat aqiqah, dan yang lainnya. Langsung saja saya jelaskan tentang hal hal tersebut, silahkan simak penjelasan penjelasan berikut ini.

A. Pengertian Aqiqah

Aqiqah adalah ibadah sunnah yang betujuan untuk menebus bayi dari status tergadai dengan cara sembelih hewan aqiqah yang harus sesuai syariat syariat Islam.

Aqiqah merupakan bentuk pengungkapan rasa bersyukur kepada Allah atas karunia-Nya karena telah lahirnya seorang anak. Aqiqah dapat dilaksanakan saat bayi masih berumur tujuh hari jika orang tua sudah mampu melakukan aqiqah.

Dan dihari ketujuh itu rambut sang bayi akan dicukur, dan dihari itu juga sang bayi diberi nama yang memiliki arti nama yang bagus. Sebelum pada prosesi tersebut orangtua menyembelih kambing terlebih dahulu dengan niat untuk aqiqah anak.

Apabila pada hari ketujuh itu orang tua tidak mampu beraqiqah, maka aqiqah dapat dilakukan saat hari ke-14 atau juga bisa saat hari ke-21 sesudah hari kelahiran bayi.

Apabila di ketiga hari yang disunnahkan tersebut orang tua belum mampu melaksanakan, maka aqiqah boleh dilaksanakan kapan saja saat orang tua sudah mampu.

B. Tata Cara Aqiqah Menurut Syariat Islam

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai tata cara aqiqah menurut syariat islam yang benar:

  1. sembelih hewan, dengan jumlah sembelihan 2 ekor kambing apabila anak yang diaqiqahi ialah laki laki, dan sebelih 1 ekor kambing apabila anak yang diaqiqahi perempuan. Hewan tersebut memiliki syarat cukup umur, sehat, tidak memiliki cacat ditubuhnya, dan juga lebih baik menggunakan hewan yang berwarna putih.
  2. Pembagian daging aqiqah, bagikan kepada orang orang sekitar yang membutuhkan atau kepada kerabat, sahabat, tetangga, dan yang lainnya. Pembagian daging aqiqah juga harus dengan keadaan sudah matang dan sudah dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan.
  3. Pemberian nama untuk anak, berilah nama untuk anak dengan nama namaa yang memiliki arti yang baik. Hal ini bertujuan agar anak dapat mencerminkan akhlah dan imannya sesuai dengan nama baik tersebut.
  4. Mencukur rambut anak, cukurlah sebagian rambut anak dengan tujuan semata mata agar anak terhindar dari segala penyakit penyakit serta gangguan gangguan lainnya.
  5. Doa, panjatkan doa doa untuk anak agar anak kelak menjadi anak yang sholeh / sholehah.

C. Doa Untuk Anak Ketika Aqiqah

Dalam aqiqah anak, haruslah memanjatkan doa doa untuk anak agar saat pertumbuhan anak terbebas dari gangguan serta godaan syaitan. Atau agar anak selalu dalam perlindungan Allah SWT.

Berikut ini adalah doa doa yang bisa dipanjatkan saat acara aqiqah anak:

“U’iidzuka bi kalimaatillahittammaati min kulli syaithooni wa haammah. Wa min kulli ‘ainin laammah.”

Artinya: “Saya perlindungan engkau, wahai bayi, dengan kalimat Allah yang prima, dari tiap godaan syaitan, serta dari setiap pandangan yang penuh dengan kebencian”

D. Doa Hewan Aqiqah

Ketika prosesi penyembelihan hewan aqiqah dianjurkan untuk menyebut asma Allah terlebih dahulu dan dilanjutkan untuk membaca doa sembelih hewan aqiqah dibawah ini:

“Bismillah Allahu Akbar. Allahumma minka wa laka, hadzihi ‘aqiiqotu fulaan” yang artinya “dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah aqiqah fulan”

kata fulan dalam doa tersebut ditujukan untuk orang yang diaqiqahi. Dan ketika doa tersebut dibaca saat menyembelih, kata fulan tersebut diganti dengan nama anak yang diaqiqahi.

E. Doa Potong Rambut Saat Aqiqah

Dalam acara aqiqah anak, diharuskan untuk mencukur rambut anak, pemberian nama anak yang mempunyai arti baik dan bagus, dan menyembelihkan anak hewan aqiqah. Dan berikut ialah doa ketika prosesi pencukuran rambut sang bayi:

“Bismillahirrohmanirrohiim. Alhamdulillahirobbil’alaamin. Allahumma nurus samaawaati wanuurusy syamsi walqomari, Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati rosulullahi Shollallau ‘alaihi wasallah walhamdulillahi rabbil ‘alamiin.”

Artinya: “dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian Rasulullah SAW, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam”.

F. Menu Makanan Untuk Aqiqahan

Menu untuk makanan diacara aqiqahan ialah bisa bebas, maksudnya bebas ialah semua daging dari olahan kambing dapat anda olah atau anda masak sesuai dengan selera anda.

Namun yang biasa dipaki pada saat acara aqiqah ialah makanan sudah dalam bentuk nasi kotak dengan isi nasi, acar, mie, sambal goreng kentang, dan olahan dari daging hewan aqiqah.

Tidak hanya itu olahan daging hewan aqiqah juga bisa dibagikan dalam bentuk masakan siap saji atau prasmanan. Jadi untuk anda yang masih bingung dengan makanan untuk acara aqiqahan ialah bisa dalam bentuk makanan bebas.

Sebab dari aqiqahan tersebut ialah niatnya kita berbagi, ihklas, dan juga memberitahukan kepada semua orang tentang kehadiran bayi.

G. Penjelasan Paket Aqiqah Berkah Peduli Beserta Daftar Harga

Paket Aqiqah Peduli merupakan salah satu dari dua layanan paket aqiqa dari jasa aqiqah via online Aqiqah Berkah.

Paket ini anak melaksanakan aqiqah anak dengan kemudian menyalurkan aqiqah tersebut ke tempat yang berhak menerima. Tidak hanya itu, nanti anda juga akan mendapatkan sertifikat aqiqah gratis, dan laporan laporan aqiqah yang sudah kami laksanakan.

Jika Anda ingin memesan jasa aqiqah kepada kami, dan dibawah ini kami beri gambaran tentang harga paket masakan yang ada di Aqiqah Berkah.

1. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

2. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

Paket Aqiqah Garut Peduli Yang Murah, Mudah, Dan Amanah

By | Artikel | No Comments

Assalamualaikum, saya ucapkan terimakasih kepada yang sudah berkunjung dan membaca website ini. Dan konten kali ini akan menjelaskan mengenai pengertian aqiqah dan qurban serta dasar dasar hukumnya, makna aqiqah, bagaimana hukum aqiqah untuk diri sendiri, bagaimana proses aqiqah dilaksanakan, doa aqiqah bahasa Arab, dan yang lainnya.

A. Pengertian Aqiqah dan Qurban Serta Dasar Hukumnya

Aqiqah, kata aqiqah memiliki arti memotong atau bisa juga diartikan menyembelih. Dan ibadah sunnah aqiqah memiliki arti yaitu penyembelihan hewan ternak saat hari ketujuh dari lahirnya, entah itu anak perempuan maupun anak laki-laki.

Ibadah aqiqah hukumnya sunnah muakkad, yang berarti sunnah yang ditekankan bagi orang yang mampu melaksanakannya, jika benar benar tidak mampu maka tidak wajib untuk melaksanakan aqiqah.

Qurban, kata qurban memiliki arti dekat atau mendekatkan diri yang berasal dari kata bahasa Arab. Dan ibadah qurban merupakan proses penyembelihan hewan yang pelaksanaannya tepat pada hari raya Idul Adha dan saat hari tasyrik dengan diniatkan untuk kita lebih dekat lagi kepada Allah swt.

Dan Ibadah qurban memiliki hukum, yaitu sunnah muakkad yang artinya sunnah yang dipentingkan bagi orang yang mampu, dan tidak diwajibkan untuk orang orang yang benar benar tidak mampu.

B. Makna Aqiqah Anak

Aqiqah merupakan ibadah sunnah yang dilaksanakan pada hari ketujuh kelahiran bayi dengan tujuan untuk membebaskan bayi dari status tergadainya, yang artinya aqiqah ialah suatu prosesi untuk menebus status yang masih tergadai atau melapas dari statusnya yang tergadai.

Aqiqah juga merupakan suatu bentuk ungkapan rasa syukur orang tua atas karunia-Nya dengan lahirnya sang bayi. Selain dilakukan dihari ketujuh setelah kelahiran, aqiqah juga dapat dilakukan pada hari ke-14 dan bisa juga pada hari ke-21 setelah dilahirnya anak, namun apabila dihari ke-7 orang tua tidak berkemampuan aqiqah untuk anaknya.

Ibadah aqiqah memiliki hukum sunnah muakkad yang berarti sunnah yang ditekankan bagi yang mampu, jika tidak mampu maka tidak wajib untuk melaksanakannya.

C. Bagaimana Hukum Aqiqah Untuk Diri Sendiri ?

Mengenai pembahasan tentang hukum aqiqah sendiri, ada juga ulama yang berkatabahwa hukum dari beraqiqah yaitu wajib, tetapi ada juga yang berkata bahwa hukum aqiqah ialah sunnah.

Berdasarkan agama islam hukum aqiqah yaitu sunnah muakad, dan jika diartikan ialah sebagai sunnah yang dianjurkan. Jadi untuk anda ataupun putra putri anda yang belum diaqiqah, sebaiknya segera laksanakan aqiqah jika sudah mampu. Melaksanakan aqiqah ialah sama saja dengan kita menjalankan sunnah rosul.

D. Bagaimana Proses Aqiqah Dilaksanakan ?

Proses aqiqah biasanya diawali dengan penyembelihan hewan ternak sejumlah1 ekor anak perempuan dan 2 ekor anak laki-laki dengan syarat hewan ternak tersebut sudah cukup umur dan tentunya hewan tersebut sehat dan tidak memiliki cacat di tubuhnya.

Kemudian daging hasil aqiqah tersebut dibagikan kepada orang orang sekitar dalam keadaan sesudah dimasak terlebih dahulu. Berilah anak nama yang baik saat pelaksanaan aqiqah dengan tujuan agar anak mencerminkan akhlak dan imannya sesuai dengan nama yang telah diberikan.

Cukurlah sebagian rambut anak saat aqiqah dengan tujuan agar anak terhindar dari penyakit penyakit serta gangguan. Serta tidak lupa untuk selalu berdoa kepada Allah swt. agar anak tersebut dapat tumbuh menjadi anak yang sholeh / sholehah juga agar pertumbuhan anak terhindar dari godaan syaitan.

E. Doa Aqiqah Bahasa Arab

Saat pemanjatan doa untuk aqiqah, Anda bisa melafalkan kata dalam bahasa Arab, bahasa Indonesia ataupun dalam bahasa sehari hari yang biasa digunakan.

Berikut ini adalah ucapan doa dalam bahasa Arab, “U’iidzuka bi kalimaatillahittammaati min kulli syaithooni wa haammah. Wa min kulli ‘ainin laammah.”

Yang artinya “Saya perlindungan engkau, wahai bayi, dengan kalimat Allah yang prima, dari tiap godaan syaitan, serta dari setiap pandangan yang penuh dengan kebencian”

F. Layanan Aqiqah Berkah Peduli Yang Terpercaya

Nah sekarang Aqiqah Berkah menghadirkan pelayanan baru yaitu jasa penyaluran Aqiqah yang dipercaya banyakmasyarakat, dan pelayanan tersebut dinamakan dengan pelayanan Paket Aqiqah Berkah Peduli.

Penjelasan tentang Paket Aqiqah Berkah Peduli yaitu untuk anda yang tidak mrmpunyai waktu untuk beraqiqah dan untuk anda yang bertempat tinggal jauh dan ingin melaksanakan aqiqah tetapi belum bisa.

Nah di Aqiqah Berkah Peduli ini melayani untuk anda yang tidak bisa aqiqah dengan cara menyalurkan Aqiqah anda ke panti asuhan, pondok pesantren, masjid ataupun tempat yang anda amanahkan.

1. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

2. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri