Daily Archives: September 7, 2019

Aqiqah Murah Dengan Paket Aqiqah Kambing Guling

By | Artikel | No Comments

Hallo ayah bunda semuanya, apa kabarnya hari ini, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Saat ini aqiqah berkah akan hadir dengan berbagai paket masakan aqiqah yang akan memudahkan aqiqah anda semua, dengan pelayanannya yang ramah dan pengantarannya yang tepat waktu.

Tapi sebelum kami jelaskan mengenai paket aqiqah berkah adakalanya kami berbagi ilmu kepada anda semua mengenai aqiqah. Dan berikut ialah penjelasannya.

A. Pengertian Aqiqah Menggunakan Bahasa Jawa

Ibadah aqiqah merupakan ibadah yang disunnahkan dan harus dilaksanakan, pelaksanaan aqiqah disetiap daerah ialah sama, hanya saja yang membedakan ialah makanan hidangannya saja.

Karena setiap daerah tentunya memiliki ciri khas makanan tersendiri, namun dari perbedaan makanan daerah tersebut bahan utama yang dimasak untuk aqiqah ialah daging kambing.

Sebab hewan kambing adalah hewan yang pakai pada saat ibadah aqiqah. Dari atas dapat disimpulkan bahwa pengertian dari aqiqah yaitu prosesi penyembelihan kambing atu domba yang sudah diniatkan untuk ibadah aqiqah dengan sebanyak 1 ekor untuk anak putri dan 2 ekor untuk anak putra.

Pelaksanaannya juga dilakukan di hari ke 7,14,atau dapat juga dilakukan dihari 21 sesudah bayi lahir. Apabila tidak mampu melakukan dihari tersebut maka bisa dilakukan dihari dan waktu lainnya sesuai dengan kemampuan anda beraqiqah.

B. Cara Aqiqah Menurut Sunnah

Ada caranya aqiqah menurut sunnah, dan berikut ialah caranya:

  1. Pilih hewan aqiqah yang sesuai dengan syariat islam, lalu kemudian lakukan penyembelihan hewan aqiqah dengan niat sembelih hewan aqiqah.
  2. Pelaksanaanya acara aqiqah yaitu di hari ke 7, 14 maupun dihari ke 14 setelah bayi lahir.
  3. Pencukuran rambut disertai dengan pemberian nama bayi yang memilik arti baik dan bagus.
  4. Membagikan daging aqiqah yang sudah matang dan sudah menjadi makanan.

C. Bacaan Acara Aqiqah

Berikut ini adalah bacaan bacaan doa yang bisa dipanjatkan saat acara aqiqah anak:

“Allahummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyani wa min jami’is sayyiati wal ‘ishyani wahrishu bihadlanatika wa kafalatika al-mahmadati wa bidawami ‘inayatika wa ri’ayatika an-nafidzati nuqaddimu biha ‘alal qiyami bima kalaftana min huquqi rububiyyatika al-karimati nadabtana ilaihi fima bainana wa baina khalqika min makarimil akhlaqi wa athyabu ma fadldlaltana minal arzaqi. Allahummaj’alna wa iyyahum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur’ani wa la taj’alna wa iyyahum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyani.”

Artinya: “Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela.”

D. Biaya Acara Aqiqah

Untuk biaya aqiqah sebaiknya sesuai kan dengan kemampuan Anda dan juga usahakan agar tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Atau bisa dikatakan sebaiknya Anda menghemat biaya untuk aqiqah.

Karena untuk melaksanakan aqiqah tentunya akan memerlukan banyak biaya. Untuk menghindari pengeluaran yang banyak, Anda bisa melakukan perencanaan budget yang digunakan untuk beraqiqah.

Perencanaan ini bisa dilakukan setelah mengetahui jenis kelamin bayi yang masih dalam kandungan. Dan juga hindari untuk berhutang karena ditakutkan bisa memberatkan di kemudian hari walaupun melaksanakan aqiqah boleh dengan berhutang terlebih dahulu.

Susunlah anggaran biaya yang digunakan agar mengetahui pengeluaran dana digunakan untuk apa saja. Atau Anda bisa menggunakan jasa layanan aqiqah untuk lebih mengehemat biaya pelaksanaan aqiqah.

E. Menu Untuk Syukuran Aqiqah

Menu untuk masakan aqiqah bisa bermacam macam sesuai selera Anda, misalnya menggunakan menu, gule, sate kambing, daging lapis, krengsengan, kambing guling, rendang, dan ada banyak lagi meun lainnya yang dapat Anda gunakan untuk menu acara aqiqah.

Atau Anda bisa menggunakan sebuah kotak yang didalamnya berisi nasi kebuli atau nasi biasa yang lauknya masakan kambing. Bisa juga ditambah dengan menu menu lain yang bukan masakan kambing, seperti puding, gorengan, buah buahan, kue kue buatan rumahan, dan masih banyak lagi.

Yang kemudian kotak tersebut dibagikan kepada orang orang sekitar. Orang sekitar yang dimaksud adalah para fakir miskin, tetangga, sahabat, kerabat, atau bisa juga dibagikan ke panti panti yang membutuhkan dan yang lainnya.

F. Tata Cara Pembagian Daging Aqiqah

Daging aqiqah haruslah dibagikan dalam keadaan matang atau daging aqiqah hendak dimasak dulu sebelum dihidangkan atau dibagikan kepada para tamu dan orang disekitar.

Maksut dari Orang sekitar yaitu tetangga, fakir miskin, kerabat, sahabat. Mambagi daging aqiqah diharuskan dalam keadaan sudah matang agar dapat memudahkan orang menerima terutama untuk fakir miskin karena tidak perlu memasak terlebih dahulu daging aqiqah tersebut dan tinggal memakannya saja.

Dan sebab masak daging kambing juga butuh biaya untuk beli bumbu serta bahan masakan. Yang belum pasti penerima daging aqiqah mampu membelinya dan sekaligus untuk memasak daging aqiqah tersebut.

G. Ingin Aqiqah Menggunakan Kambing Guling Yang Enak Dan Lezat? Segera Pesan Di Aqiqah Berkah Sekarang Juga

hayhay untuk ayah bunda semua yang akan mempunyai acara aqiqah, hajatan, tasyakuran, pernikahan ataupun acara lainnya dan ingin menggunakan kambing guling agar acara anda terlihat menjadi mewah.

Nah segera pesan langsung ke Aqiqah Berkah, sebab di Aqiqah Berkah juga menyediakan Kambing Guling yang rasanya dijamin enak dan ketagihan. Kambing guling di Aqiqah Berkah terbilang sangat murah sekali, dan banyak masyarakat yang sudah membuktikan rasa dari kambing guling aqiqah berkah.

Jadi jika ingin acara anda terlihat mewah meskipun dibuat dengan cara yang sederhana pasti akan terlihat mewah jika menu hidangannya kambing guling. Yuk buruan tunggu apa lagi mari hubungi langsung nomor kami di 0813-3568-0602.

1. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

2. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

Harga Paket Aqiqah di Gresik Yang Murah dan Sesuai Dengan Isi Kantong

By | Artikel | No Comments

Assalamu’alaikum, selamat datang diwebsite resmi Aqiqah Berkah yaitu di qurban-aqiqah.com. Diartikel ini nanti akan dibahaskan tentang aqiqah.

Untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah untuk putra putrinya silahkan bisa memesan di layanan atau jasa aqiqah di Aqiqah Berkah.

Aqiah Berkah adalah layanan yang murah, mudah serta amanah, dijamin sangat membantu kelancaran aqiqah putra putri anda, silahkan kunjungi di aqiqahberkah.com.

Makna Acara Aqiqah

Dilaksanakannya ibadah aqiqah ialah dengan cara penyembelihan hewan kambing. Kambing untuk aqiqah ada ketenannya yaitu tidak cacat fisiknya.

Adapun hikmah melakukan aqiqah ialah untuk mendkatkan diri kita kepada Allah SWT, mengikuti ajaran Rasulullah SAW, dan sebagai tali persaudaraan antar manusia.

Ibadah aqiqah dapat dilaksanakan saat hari ketujuh setelah kelahirannya bayi. Peraturan untuk banyaknya kambing untuk aqiqah bayi putri ialah 1 ekor dan bayi putra ialah 2 ekor hewan aqiqah kambing.

Didalam acara aqiqah juga ada prosesi pencukuran rambut pada bayi disertai dengan memberi nama. Sebagai ucapan terima kasih untuk tamu undangan, kemuadian tamu yang sudah hadir dipersilahkan untuk menikmati masakan olahan kambing yang sudah dihidangkan.

Cara Aqiqah Anak Menurut Islam

Pada pembahasan yang kedua ini kami akan membahas tentang cara aqiqah anak yang sesuai aturan islam, walaupun diartikel sebelumnya sudah pernah dijelaskan.

Dan cara aqiqah yang sesuau yaitu awal yang dilakukan mestinya memilih kambing yang sesuai dengan syariat islam, dan tidak lupa harus memilih kambing yang benar-benar sehat dan tidak ada cacat pada tubuhnya.

Seteleh itu lakukan sembelihan hewan dengan niat menyembelih hewan aqiqah karna Allah SWT, untuk jenis kambingnya pun bisa bebas, bisa kambing jantan ataupun bisa dengan kambing betina.

Setelah disembelih kambing akan dipisahkan kulit dari tubuhnya yang nanti selanjutkan daging kambing dipotong kecil-kecil lalu dimasak untuk dihidangkan pada acara aqiqah. Nah diacara aqiqah tersebut akan ada prosesi pencukuran sebagian dari rambut bayi dan disertai dengan pemberian nama bayi.

Cara Pelaksanaan Aqiqah

Pelaksanaan aqiqah menurut sunnahnya pelaksanaan aqiqah yaitu dihari ke-7 setelah lahirnya bayi. Yang harus disiapkan, pastinya menyiapkan untuk hewan kambing yang akan diaqiqahkan.

Kapan aqiqah anak tersebut dilaksanakan, untuk pelaksanaan aqiqah anak disunnahkan untuk melaksanakan pada hari ketujuh sejak kelahiran anak. Berikutnya persiapan untuk acara aqiqah nya seperti ustadz, alat cukur rambut, sound system, dekorasi untuk rumah agar terlihat indah, souvenir, undangan, serta makanan yang akan dihidangkan dalam acara aqiqah.

Selanjutnya menyiapkan untuk susunan acara aqiqah serta mc yang akan membawakan acara aqiqah. Biaya untuk acara aqiqah juga harus dipersiapkan, dan dalam acara menggunakan layanan atau jasa aqiqah atau tidak.

Cara Penyembelihan Aqiqah

Cara menyembelih hewan aqiqah yaitu yang sudah pasti kambing haruslah sesuai dengan ketentuan hewan aqiqah yaitu tidak mempunyai cacat ditubuhnya.

Yang pertama cara menyembelih hewan aqiqah yaitu siapkan alat yang digunakan untuk menyembelih, alat tersebut haruslah tajam seperti pisau usahakan saat pisau diasah jangan didepan hewan yang akan disembelih.

Selanjutnya dianjurkan mengarahkan kambing kearah kiblat dan sambil membaca do’a saat menyembelih hewan aqiqah dan sembelihlah hewan aqiqah dengan cepat.

Yang keempat biarakan hewan yang disembelih terbaring dan pastikan kaming tersebut telah mati. Orang yang menyembelih haruslah orang yang ahli agar menyembelih kambingnya harus sesuai syariat islam.

Doa Aqiqah

Sebelum mengawali segala sesuatu hendaknya membaca do’a, seperti halnya melaksanakan ibadah aqiqah berikut adalah do’a untuk aqiqah anak :

Allohumma haadzihii ‘aqiqotu… .bin/binti… .fataqobbalhaa

Artinya : “ Ya Allah, ini merupakan aqiqah dari… .bin/binti… .terimalah ya Allah.”

Do’a saat menyembelih hewan

Bismillahi wallahu Akbar. Allahumma minka wa laka, Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu… .(sebutkan nama bayi)

Artinya : “Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah aqiqahnya… .(sebutkan nama bayi).”

Pembagian Daging Kambing Aqiqah

Aqiqah adalah ibadah sunnah dengan cara menyembelih hewan kambing juga sebagai ungkapan rasa bersyukur kita pada Allah SWT atas kahdirannya sang buah hati yang baru lahir.

Selanjutnya cara membagi aging aqiqah dan qurban sangatlah beda, jika daging qurban dibagikan dengan keadaan masih mentah. Sedangkan daging aqiqah dibagikan denmgan keadaan sudah matang dengan begitu mepenerima tidak bingung untuk memasaknya dan mengeluarkan biaya untuk memasaknya.

Membagikan dalam keadaan sudah dimasak merupakan nilai lebih dengan begitu ia menanggung biaya memasak unyuk orang fakir dan miskin.

Daging aqiqah dibagikan kepada kerabat atau tetangga, orang fakir dan miskin. Seperti itulah cara pembagian daging untuk ibadah aqiqah. untuk orang tua yang akan segera melaksanakan aqiqah untuk putra putrinya, Aqiqah Berkah merupakan pelayanan yang dapat membantu kelancaran acara aqiqah putra putri anda.

Daftar Menu Masakan Aqiqah Yang Ada Di Aqiqah Berkah Beserta Harganya

Harga Paket Aqiqah Mandiri

daftar harga aqiqah mandiri

Harga Paket Aqiqah Peduli

daftar harga aqiqah peduli

Paket Aqiqah Pondok Gede Peduli

By | Artikel | No Comments

Selamat datang diartikel Aqiqah Berkah untuk anda semua, kali ini Aqiqah Berkah hadir dengan membawa materi tentang Aqiqah dan Qurban. Dari anda semua tentunya ada yang belum mengerti betul mengenai materi tersebut.

Dan dibawah ini nanti kami akan memberi pengetahuan mengenai qurban dan aqiqah tersebut. Oke mari langsung saja kita bahas dibawah ini.

Jelaskan Pengertian Aqiqah dan Qurban

Diawal ini kita akan bahas mengenai penjelasan dari aqiqah dan qurban, namun yang akan bahas terlebih dahulu yaitu tentang aqiqah.

Dan penjelasan dari aqiqah ialah suatu kegiatan atau suatu prosesi ibadah sunnah yang pelaksanaannya dilakukan dengan cara menyembelih dan memotong hewan berupa domba/kambing dengan niat aqiqah dan dilaksanakan di hari ke-7, 14, atau bisa dilaksanakan dihari ke 21 sesudah bayi dilahirkan.

Sedangkan pengertian dari qurban tidak jauh beda dengan penjelasan aqiqah, dan penjelasan dari qurban ialah suatu kegiatan atau juga prosesi penyembeliha hewan yang diantaranya sapi, kambing, domba ataupun unta yang pelaksanaannya dilakukan dihari raya idul adha dan hari tasrik saja.

Jika ibadah dilakukan hanya 1 kali saja dalam hidup dan bebas untuk dilakukan kapan saja. Namun beda dengan ibadah qurban, Dan ibadah qurban dilakukan hanya 1 kali saja dalam setahun namun bisa dilakukan berkali-kali jika ia mampu.

Bagaimana Cara Aqiqah Menurut Islam ?

Cara untuk aqiqah sebenarnya sangatlah mudah dan tidak terlalu rumit yang anda bayangkan. Dan aqiqah dapat dilakukan dengan cara sembelih hewan aqiqah, dan hewan tersebut bisa berupa kambing atau domba putih.

Saat sembelih hewan juga diharuskan dengan niat sembelih hewan khusus untuk aqiqah, prosesi penyembelihan tersebut dapat dilakukan di 7 hari, 14 hari ataupun 21 hari sesudah dilahirkannya sang bayi.

Waktu tersebut bisa anda laksanakan untuk melaksanakan ibadah aqiqah jika anda sudah mampu, namu jika anda belum mampu anda boleh melaksanakan ibadah aqiqah kapan saja sesuai dengan kemampuan anda.

Walaupun anak anda sudah tumbuh dewasa dan belum diaqiqah, maka masih disunnahkan untuk ia beraqiqah. Sebab ibadah aqiqah sangatlah penting untuk kita semua, jadi laksanakan aqiqah jika anda sudah mampu.

Cara Niat Aqiqah Anak Lelaki

Tujuan dari ibadah aqiqah ialah untuk membebaskan anak dari kekangan para jin atau untuk penebusan seorang anak yang masih tergadai. Niat adalah hal terpenting sebelum melakukan berbagai hal.

Seperti disebukan oleh rasulullah dalam hadits riwayat bukhari, bahwa segala amal itu tergantung dari niat. Untuk memulainya aqiqah setiap umat muslim dianjurkan lebih baik berniat, berikut doa ketika menyembelih hewan aqiqah :

Bismillah allahu akbar allahumma minka wa laka, haadzihi ‘aqiqotu ( sebutkan nama bayi )

Artinya : “Dengan nama allah, Allah adalah yang terbesar, Ya Allah ini dariMu. Ini adalah aqiqah (sebutkan nama bayi).”

Inspirasi Acara Aqiqah

Untuk orang tua yang baru memiliki anak pastinya akan merasa bahagia dengan begitu akan bersyukur kepada Allah SWT penyampaiannya dengan melaksanakan aqiqah untuk anaknya.

Melaksanakan aqiqah tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit dengan begitu perlu dilakukan berbagai hal seperti menyusun rencana acara aqiqah dengan baik.

Menyusun biaya untuk aqiqah dengan baik. Memilih waktu yang lebih baik untuk acara aqiqah putra putri anda. Memilih layanan atau jasa yang sesuai. Menentukan jumlah untuk tamu yang diundang dalam acara aqiqah anak anda. Menentukan bagaimana cara membuat acara aqiqah putra putri anda.

Konsep Acara Aqiqah

Aqiqah merupakan suatu ungkapan rasa syukur pada Allah SWT karena lahirnya Anak baik anak laki-laki atau perempuan. Konsep acara aqiqah yang pertama sudah pasti diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh pembawa acara dengan mengucap salam dan bacaan bismillah.

Dan kedua yaitu membaca ayat suci Al-Qur’an dan bisa dibacakan oleh ayah dari sang bayi. Yang ketiga sambutan yang disampaikan oleh tuan rumah bermaksud untuk berterimaksaih kepada tamu undangan yang telah datang.

Yang keempat yaitu prosesi mencukur rambut serta memberi nama dilakukan oleh ayah dari bayi yang diaqiqah selanjutnya yaitu tausiyah.

Kemudian yang terakhir yaitu penutup dan setelah selasai prosesi acara aqiqah maka tamu undangan dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang sudah disajikan. Tersebut merupakan konsep acara dari aqiqah anak.

Menu Masakan Aqiqah

Tidak ada aturan aqiqah mengenai menu apa saja yang harus dihidangkan pada saat acara aqiqah. Didalam acara aqiqah pastinya ada hidangan entah itu jajan basah ataupun snack kecil, dan yang paling utama didalam acara aqiqah yaitu menu olahan dari daging hewan aqiqah.

Kemudian Daging tersebut bebas dimasak menjadi apapun dan juga bisa dengan keinginan dan selera anda, tetapi biasanya didalam acara aqiqah olahan dari hewan aqiqah dibagi menjadi dua, yaitu untuk dihidangkan atau dinikmati pada saat akhir acara aqiqah, dan selanjutnya yaitu dibungkus dan dijadikan nasi kotak dengan lauk pendukung lainnya.

Nasi kotak tersebut dapat dibagikan ketika para tamu undangan hendak akan pulang dan acara tersebut sudah selesai. Namun jika anda bingung mengenai menu masakan atau menu hidangan acara aqiqah, anda bisa pesan langsung ke Aqiqah Berkah, dan dibawah ini akan dijelaskan mengenai apa itu Aqiqah Berkah.

Menu Dan Harga Aqiqah Berkah Peduli

Nah disini akan dijelaskan mengenai Aqiqah Berkah, Aqiqah Berkah menyediakan nasi kotak yang isinya berupa nasi, acar, sambal goreng kentang, kerupuk, dan menu olahan dari daging kambing tersebut.

Aqiqah Berkah juga menyediakan kambing guling, untuk kambing guling di Aqiqah Berkah rasanya dijamin enak, lezat dan tidak akan berbau prengus.

Apabila anda yang rumahnya jauh dan berada diluar jawa, kami juga melayani dengan Pelayanan Aqiqah Berkah Peduli yang nanti akan kami salurkan di tempat-tempat yang anda amanahkan seperti podok pesantren, panti asuhan ataupun tempat lainnya.