Daily Archives: September 12, 2019

Tebarkan Kebaikan Melalui Paket Aqiqah Indramayu Peduli

By | Artikel | No Comments

Hallo semuanya, sebelumnya saya ucapkan Asslamu’alaikum untuk ayah bunda dan masyarakat yang ada di kota Indramayu juga sekitarnya.

Kali ini di artikel Aqiqah Berkah akan mengulas tentang materi aqiqah dengan lengkap dan jelas.

Dan setelah itu Aqiqah Berkah juga akan menjelaskan mengenai tebarkan kebaikan melalui paket aqiqah indramayu peduli.

Arti Aqiqah Menurut Istilah Syara

Menurut istilah Syara artinya aqiqah ialah penyembelihan hewan tertentu yang dilakukan pada hari ketujuh.

Dan jika diartikan dengan jelas arti dari aqiqah ialah hewan ternak yang disembelih dan juga dipotong dengan niat aqiqah dan dilakukan sesuai waktu yang disunnahkan untuk aqiqah.

Hewan yang disembelih tersebut bisa berupa hewan domba ataupun hewan kambing, asalkan kedua hewan tersebut dapat memenuhi syariat dalam islam.

Jika anda sudah baligh dan ingin melaksanakan sendiri karena sudah ada biaya sendiri, maka anda juga boleh beraqiqah sendiri menggunakan biaya anda sendiri. Dengan begitu anda akan lebih meringankan beban orang tua untuk tidak mengaqiqahi anaknya.

Arti Nazar Aqiqah

Aqiqah merupakan ibadah yang dilaksanakan dengan cara menyembelih hewan kambing. Hukum dari aqiqah adalah Sunnah Mu’akkad.

Nazar merupakan janji, dan arti dari nazar aqiqah jika mereka mempunyai janji untuk melaksanakan ibadah sunnah untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dari Allah, dan jika Allah menghendaki keinginannya tersebut ia harus melaksanakan ibadahnya.

Nazar hanya boleh dilakukan untuk ibadah sunnah saja tidak dengan wajib, seperti sholat sunnah, puasa sunnah dan ibadah sunnah lainnya.

Apabila permintaannya tidak dihendaki oleh Allah maka ia tidak wajib melaksanakannya. Seperti itulah penjelasan tentang nazar.

Anda berjanji untuk melaksanakan ibadah aqiqah apabila permintaan anda dikehendaki oleh Allah, dan permintaan anda dikabulkan oleh Allah anda haruslah melaksanakan aqiqah tersebut.

Arti Mimpi Aqiqah

Arti dari aqiqah sudah kami jelaskan diparagraf atas tadi. Waktu pelaksanaan aqiqah dapat dilakukan kapan saja, namun waktu aqiqah yang lebih afdal ialah dilaksanakan pada waktu bayi umur 7 hari, 14 hari, ataupun umur 21 hari.

Apabila ayah bunda sudah mempunyai biaya untuk beraqiqah, sebaiknya hendak lakukan aqiqah dihari tersebut. Mimpi tentang acara, sudah semestinya semua orang telah mengalami mimpi.

Dijaman nabi nabi mimpi merupak wahyu dari Allah seperti kisah pada Nabi Ibrahim AS.

Mimpi merupakan bentuk komunikasi dalam alam bawah sadar tentang sesuatu yang akan kita alami dalam waktu dekat. Jadi seperti itu yang bisa saya bahas.

Rentetan Acara Aqiqah

Rentetan acara aqiqah yang pertama adalah pembukaan yang dibacakan oleh mc terlebih dahulu membaca salam dan basmallah.

Dan acara yang kedua ialah membacakan ayat-ayat suci al-qur’an yang bisa dibacakan oleh ayah dari bayi yang diaqiqah.

Kemudian yang ketiga yaitu memberi kata sambutan kepada semua pra tamu undangan, kata sambutan tersebut juga bisa disampaikan oleh ayah dari bayi yang diaqiqah.

Dan yang keempat ialah prosesi pencukuran rambut serta dilanjutkan dengan memberi nama untuk bayi yang diaqiqah.Yang kelima tausiyah bisa menyampaikan tentang arti aqiqah atau lainnya.

Acara terakhir do’a penutup dan selesai acara tamu undangan dipersilahkan memakan hidangan dari daging kambing yang dihidangkan.

Doa Aqiqah

Sebelum dilaksanakan aqiqah semestinya membaca do’a terlebih dahulu, berikut ini adalah do’a untuk aqiqah :

Inni u’iidzuka bikalimaatillahit taammati min kulli syaythaanin wa haammatin wamin kulli ‘aynin laammatin

Artinya : Aku berlindung untuk anak ini, dengan kaalimat Allah yang sempurna, dari segala gangguan syaitan serta gangguan binatang serta gangguan sorotan mata yang dapat membawa akibat buruk bagi apa yang dilihatnya (HR. Bukhari).

Tata Acara Aqiqah

Tata cara untuk aqiqah yang perlu disiapkan adalah waktu pelaksanaannya, menurut sunnah aqiqah dilaksanakan pada waktu hari ketujuh setelah kelahiran anak.

Syarat yang harus diperhatikan adalah dalam memilih hewan aqiqah, haruslah yang sehat tidak cacat fisik dan minimal hewan aqiqah kambing berusia satu setengah tahun.

Kemudian cara membagi daging aqiqah dalam islam yaitu sangat dianjurkan memebagi dengan keadaan matang sebab dengan begitu sang penerima aqiqah dapat langsung menikmati tanpa harus bingung masak serta mengeluarkan biaya.

Daging aqiqah dibagikan kepada kerabat atau tetangga, orang fakir dan miskin. Dalam islam disunnahkan saat aqiqah memberi nama untuk si bayi dan mencukur rambut.

Sebelum menyembelih hewan aqiqah harusalah diawali dengan membaca basmallah.

Mari Tebarkan Kebaikan Dengan Cara Menyalurkan Aqiqah Anda Melalui Aqiqah Berkah Peduli

Mari kita bersama menebarkan kebaikan kepada anak yatim ataupun kepada masyarakat yang kurang mampu dengan cara berbagi makanan aqiqah melalui Aqiqah Berkah.

Buat mereka selalu senyum bahagia dan dapat merasakan rasa masakan daging kambing yang anda salurkan melalui Aqiqah Berkah.

Di Aqiqah Berkah terdapat berbagai menu masakan dan anda bisa memilih sesuai denga keinginan anda. Untuk keterangan lebihnya tentang Aqiqah Berkah silahkan kunjungi aqiqahberkah.com.

Paket Harga Aqiqah Yang Murah Harganya dan Mudah Pesannya

By | Artikel | No Comments

Assalamualaikum, saya ucapkan terimakasih kepada yang sudah berkunjung dan membaca website ini.

Dan konten kali ini akan menjelaskan mengenai makna walimatul aqiqah, bagaimana cara aqiqah, acara selapanan dan aqiqah, susunan acara aqiqah adat jawa, doa acara aqiqah anak, apakah aqiqah boleh dimakan keluarga, dan yang lainnya.

Langsung saja saya jelaskan tentang hal hal tersebut, silahkan simak penjelasan penjelasan berikut ini.

A. Makna Walimatul Aqiqah

Makna dari dilaksnakannya walimatul aqiqah ialah sama dengan kita memberi bukti kepada Allah SWT berupa rasa syukur karena telah diberikan anugerah terindah yaitu bayi yang lucu dan menggemaskan.

Dan bayi tersebut nanti akan menjadi anak-anak yang sholeh dan sholekah serta berbakti kepada Allah SWT. Kemudian bayi tersebut akan di aqiqahi setelah ia berusia 7 hari atau 14 hari atau bisa juga berusia 14 hari dengan disembelihkannya ia kambing ataupu domba.

Kambing atau domba tersebut nantinya akan disembelih dengan niat sembelih aqiqah, dan kedua hewan tersebut juga harus sehat, cukup umur dan sesuai dengan ketentuan agama islam.

Stelah disembelih tersebut, maka daging kambing dimasak adn kemudia akan disajikan dan dihidangkan kepada para tamu undangan atau walimatul aqiqah.

Dari penjelasan diatas dapat kita ambil intinya ialah makna dari walimatul aqiqah yaitu sebagai bukti bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas kelahirannya sang buah hati tercinta.

B. Bagaimana Cara Aqiqah ?

Masih ada yang belum mengerti betul mengenai cara melaksanakan aqiqah yang sesuai sunnahnya, dan berikut akan kami jelaskan mengenai aqiqah yang sesuai dengan sunnahnya:

  1. Pemilihan hewan aqiqah yaitu bisa dengan hewan kambing ataupun hewan domba putih, kemudian pilih hewan yang sehat, dan hewan harus sesuai dengan syariat islam
  2. Sembelih hewan tersebut dengan menggunakan pisau yang tajam serta membaca doa sembelih hewan aqiqah
  3. Potong daging dari hewan tersebut menjadi daging kecil-kecil, namun jika akan dibuat kambing guling bersihkan hewan tersebut
  4. Masak daging tersebut dalam bentuk masakan siap saji, siap santap ataupun dalam bentuk nasi kotak
  5. Sajikan dan bagikan daging tersebut para tamu jika anda melaksanakan acar aqiqah dirumah. namun jika anda tidak melaksanakan dirumah maka daging atau nasi kotak tersebut dapat dibagikan kepada para tetangga atau orang yang akan anda bagikan daging aqiqah

C. Acara Selapanan dan Aqiqah

Acara selapanan adalah acara tradisi adat Jawa yang dilakukan untuk memperingati hari lahir bayi yang ke-40 hari sebagai tanda syukur kepada Allah swt..

Banyak pula para orang tua Muslim yang melaksanakan acara selapanan dan digabung dengan acara aqiqah yang seharusnya aqiqah tersebut dilaksanakan pada saat hari ketujuh kelahiran bayi.

Dan tentu saja hal ini diperbolehkan, sebab acara aqiqah dapat dilaksanakan diwaktu kapan saja apabila sang orang tua belum mampu mengaqiqahi.

Dan waktu dilaksanakannya aqiqah ialah tidak batas akhir dan batas habisnya, jadi bisa dilakukan sampai kapanpun.

D. Susunan Acara Aqiqah Adat Jawa

Susunan acara aqiqah dalam adat Jawa maupun susunan acara aqiqah yang biasanya dilaksanakan adalah sama, Susunan susunan nya adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan. Yang biasanya dibuka oleh pembawa acara pada saat acara akan dimulai
  2. Membacakan ayat-ayat suci al-qur’an serta diikuti dengan bacaan tahlil dan dipimpin oleh pak ustadz
  3. Memberi sambutan kepada para tamu undangan dan sambutan tersebut bisa dipimpin oleh ayah dari anak yang diaqiqahi
  4. Prosesi pencukuran rambut pada bayi dan dilanjutkan dengan pemberian nama untuk bayi yang diaqiqahi
  5. Ceramah atau tausiyah yang dipimpin oleh pak ustadz
  6. do’a dan penutup acara
  7. Kemudian mempersilahkan para tamu untuk menyantap makanan yang sudah dihidangkan, dan selanjutnya membagikan nasi kotak kepada para tamu undangan

E. Doa Acara Aqiqah Anak

Dan dibawah do’a yang dibacakan pada saat acara aqiqahan:

“Allahummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyani wa min jami’is sayyiati wal ‘ishyani wahrishu bihadlanatika wa kafalatika al-mahmadati wa bidawami ‘inayatika wa ri’ayatika an-nafidzati nuqaddimu biha ‘alal qiyami bima kalaftana min huquqi rububiyyatika al-karimati nadabtana ilaihi fima bainana wa baina khalqika min makarimil akhlaqi wa athyabu ma fadldlaltana minal arzaqi. Allahummaj’alna wa iyyahum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur’ani wa la taj’alna wa iyyahum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyani.”

Artinya: “Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela.”

F. Apakah Aqiqah Boleh Dimakan Keluarga ?

Untuk anda yang akan melaksanakan aqiqahan dan masih bingung apakah daging aqiqah tersebut boleh dimakan untuk keluarga sendiri? oke mari kita bahas bersama.

Sebelumnya didalam syarat dan ketentuan aqiqah tidak ada syarat bahwa daging aqiqah harus dimakan siapa saja. Dan ada ulama yang berpendapat bahwa sebelum anda membagikan daging aqiqah maka, hendaknya sisakan sedikit daging aqiqah tersebut untuk dimakan keluarga sendiri.

Jadi bukan hanya orang lain yang dapat menikmati masakan dari daging aqiqah tersebut, tetapi keluarga yang beraqiqah pun juga bisa untuk memakan daging aqiqahannya sendiri.

Dari penjelasan diatas dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa daging aqiqah boleh dimakan keluarga yang beraqiqah. Jadi kita tidak hanya berbagi kebahagiaan kepada orang lain, namu kita juga dapat berbagi keahagiaan kepada keluarga sendiri.

G. Daftar Menu Catering dan Aqiqah di Aqiqah Berkah Beserta Harganya

1. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

2. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

Salurkan Aqiqah Putra Putri Anda Melalui Paket Aqiqah Cipondoh Peduli

By | Artikel | No Comments

Assalamu’alaikum yang ada di daerah Cipondoh dan sekitarnya, selamat datang di artikel kami yaitu di artikel Aqiqah Berkah. Nah apa kabar semua nih yang ada di daerah cipondoh dan sekitarnya.

Kami doakan semoga sehat dan selalu diberi kelancaran rezeki semua. Di artikel ini nanti kami akan membahas mengenai layanan penyaluran aqiqah yang ada di Aqiqah Berkah.

Namun sebelum kepembahasan kami akan memberi pengetahuan tentang aqiqah terlebih dahulu, mari kita simak bersama dibawah ini.

Apa Arti Aqiqah ?

Arti dari aqiqah ialah memotong dan menyembelih. Jika aqiqah diartikan secara panjang yaitu menjadi penyembelihan dan pemotongan hewan aqiqah yang dilaksanakan sesuai dengan hari dan waktu yang disunnahkan aqiqah.

Pemilihan hewan untuk aqiqah sendiri juga harus sesuai dengan ketentuan yang ada di aqiqah, misalnya seperti kambing harus sehat atau tidak mempunyai cacat atau penyakit dibadannya, kemudia hewan juga harus cukup umur.

Ketika kita melaksanakan ibdaha aqiqah maka sama dengan kita telah melaksanakan sunnah rosul. dan kemudian daging tersebut nanti akan dibagikan kepada orang atau mesyarakat yang membutuhkan.

Ibadah aqiqah juga sebagai penebus status kita yang masih tergadai, serta menghilangkan penyakit atau kotoran yang telah dibawa sejak dalam kandungan.

Apakah Aqiqah Ada Batas Umur ?

Aqiqah adalah ibadah yang memiliki hukum Sunnah Mu’akkad, aqiqah dilaksanakan sebagai perwujudan rasa bahagia atau syukur pada Allah SWT karena dengan kelahiran anak.

Apabila aqiqah dilakukan pada hari ketujuh setelah kelahiran bayi sesuai anjuran islam ayah dan bunda masih dengan keadaan belum mampu mengaqiqahi putra putrinya maka masih diperbolehkan mengaqiqahi kapanpun selama ayah dan bunda sudah berkemampuan.

Bila orang tua mampu ketika anak tersebut lahir maka diwajibkan untuk melaksanakan pada hari yang sudah ditentukan untuk pelaksanaan aqiqah. Jadi tidak ada batasan umur untuk pelaksanaan ibadah aqiqah. Atau boleh mengaqiqahi diri sendiri jika ketika dewasa belum diaqiqahi.

Apakah Boleh Aqiqah Dengan Kambing Betina ?

Aqiqah ialah sarana untuk menyampaikan wujud rasa bahagia setiap orang tua pada Allah atas kelahiran bayi. Ketentuan jenis kambing untuk aqiqah tidak dipermasalahkan.

Kebanyakan aqiqah menggunakan kambing jantan, karena jenis kambing jantan memiliki lebih banyak daging dibanding dengan jenis betina. Hargapun demikian untuk kambing jenis jantan harganya juga lebih mahal.

Namun meskipun kambing jantan lebih mahal dari kembing betina kita juga akan dapat berbagi kebahagiaan kepada orang banyak dengan membagikan daging aqiqah.

Apakah Aqiqah Wajib Kambing Jantan ?

Ada banyak sekali yang masih bertanya mengenai kewajiban aqiqah menggunakan kambing jantan. Sebenarya didalam ketentuan aqiqah tidak ada yang menjelaskan tentang wajib dan tidaknya aqiqah menggunakan kambing jantan.

Aqiqah bisa menggunakan kambing jantan ataupun kambing betina, jadi tidak ada kewajiban aqiqah harus menggunakan kewajiban. Memang ada orang yang berpendapat bahwa aqiqah harus wajib dengan kambing jantan dan tidak boleh menggunakan kambing betina.

Namun dari pendapat tersebut mungkin ia lebih menggunakan kambing jantan sebab daging dari kambing jantan lebih banyak dari pada daging dari kambing betina.

Dari beberapa ulama juga berpendapat bahwa lebih baik aqiqah dengan kambing jantan dari pada kambing betina sebab akan lebih banyak orang yang dibagi atau akan kebagian daging aqiqah dengan rata dan banyak.

Apakah Aqiqah Itu Ada ?

pertanyaan mengenai apakah aqiqah itu ada ialah, sebenarnya aqiqah itu ada dan aqiqah itu sangat dianjurkan sekali untuk dilaksanakan bagi setiap orang tua yang baru saja melahirkan bayi.

Hukum dari pelaksanaan aqiqah yaitu sunnah muakad atau bisa diartikan sebagai sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Aqiqah juga dapat menyambung dan memperbaiki silaturahmi kepada sesama umat islam.

Dan aqiqah ialah suatu prosesi yang dilakukan dengan penyembelihan hewan aqiqah dan dilaksanakan sesuai dengan waktu yang disunnahkan aqiqah.

Hewan yang disembelih pada saat aqiqah ialah hewan kambing dan hewan domba saja, untuk jenis kelaminnya pun bisa jantan ataupun bisa betina.

Menu Masak Kambing Aqiqah

Untuk menu masakan kambing pada saat aqiqah ialah sangat bermacam-macam, namun biasanya masakan kambing aqiqah menyesuaikan dengan masakan masing-masing daerahnya.

Jadi akan ada banyak variasi masakan aqiqahan untuk setiap daerahnya, namun yang biasa digunakan untuk acara aqiqah pada umumnya ialah menu sate dan gule, dan biasanya yang ingin acara aqiqahannya terlihat mewah ia menggunakan menu masakan kambing guling.

Jadi untuk anda yang akan melaksanakan aqiqah tidak usah bingung untuk membuat menu masakannya, sebab di acara aqiqah kita bebas untuk memasak kambing dengan jenis masakan apapun.

Dan sebelum dimasak anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa kambing pada saat hidup sehat dan memenuhi syariat islam.

Aqiqah Berkah Peduli, Jasa Penyaluran Aqiqah Yang Sudah Di Percaya Di Banyak Kalangan Masyarakat