3 Makanan Sehat Balita

By August 3, 2016 Berita No Comments

3 MAKANAN SEHAT BALITA

Menu makanan yang sehat untuk balita merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh para orangtua. Pada masa-masa inilah sang anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan mengaktifkan segenap indera yang dimiliki. Penuhi kebutuhan gizi dan makanan yang sehat untuk balita.

3 Tiga Makanan Sehat Balita (1)

Anak balita lebih cenderung memiliki banyak keingintahuan akan segala hal. Pada masa inilah balita terus mengeksplore lingkungan sekitar dalam skala yang lebih jauh dari hari ke hari. Untuk menunjang tumbuh kembang anak balita, maka siapkan menu makanan sehat dan bergizi yang dapat dikonsumsi oleh balita Anda.

Menu sehat balita dapat diperoleh dari umber-sumber makanan yang dikonsumsi anak pada setiap harinya . seperti makanan pokok , makanan penunjang ataupun buah-buahan segar yang di olah halus seperti jus dan lain sebagainya . akan tetapi permasalahan yang sering muncul adalah ketika balita anda mengalami susah makan.

Hal semacam itu akan membuat para orangtua khawatir dan menjadi pekerjaan rumah untuk menjaga agar tetap pada pola makannya. Memberikan asupan gizi yang seimbang pada anak yang dalam fase usia balita sesuai kebutuhan merupakan tugas yang oenting. Tentu saja para orangtua tidak ingin melihat balita lemas dan tidak aktif karena kurangnya asupan gizi yang cukup bukan ?

Berikut ini, Aqiqah Berkah memberikan resep 3 makanan sehat balita untuk dikonsumsi sehari-hari khususnya untuk balita yang susah makan. Menu makanan berikut ini tentu saja disukai oleh balita 🙂

NASI TIM KEJU

Anda dapat memberikan si kecil nasi tim keju yang diracik sendiri agarlebih aman. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi tim keju antara lain :

  1. Beras putih 250 gram ( cuci bersih )
  2. Margarin 2 sendok makan
  3. Bawang bombay 1 siung ( cincang halus )
  4. Sumsum sapi 100 gram ( cincang halus )
  5. Kaldu ayam 600 mili liter
  6. Lada bubuk 1 sendok teh ( optional )
  7. Garam 1 sendok makan
  8. Keju pramesan 25 gram ( parut )

Cara membuatnya sangatlah mudah. Langkah awal panasakan margarin dalam sebuah pinggang panas , lalu masukkan bawang bombay. tumis hingga harum. Kemudian masukkan sumsum sapi dan beras yang sudah dicuci bersih . aduk-aduk hingga bahan tercampur dengan rata.

Setelah itu masukkan air kaldu , lada , garam , dan keju , kemudian masak hingga matang dan semua air kaldu terserap ke dalam beras sehingga beras menjadi nasi. Angkat , kemudian sajikan selagi panas. Untuk bahan pelengkap, anda dapat menambahkan tambahan keju parut diatasnya untuk menambah citarasa gurih pada nasi tim keju yang anda buat.

3 Tiga Makanan Sehat Balita

NASI TIM AYAM

Menu makanan selanjutnya adalah nasi tim ayam. Tidak hanya balita, orang dewasa pun akan suka dengan menu makanan ayam. Namun untuk balita dapat diolah menjadi nasi tim ayam. Berikut ini cara membuatnya :

  1. Langkah awal campurkan semua bahan menjadi satu kedalam mangkok yang tahan panas (Nasi setengah matang 80 gram, Wortel 100 gram (diparut), Tomat 50 gram (diiris kecil-kecil), Daging ayam giling 50 gram, Kuning telur 1 butir
  2. Garam secukupnya, Air secukupnya.
  3. Kemudian tambahkan air , lalu aduk-aduk hingga semua bahan terendam dengan sempurna .
  4. Selanjutnya masukkan mangkuk tahan panas ke dalam panci tim yang sudah disiapkan , lalu tim selama beberapa menit lalu angkat .
  5. Nasi tim ayam siap disajikan kepada buah hati tercinta anda .

BUBUR KENTANG BROKOLI

Bubur kentang brokoli merupakan salah satu resep makanan yang banyak digemari oleh balita, karena rasanya yang dinilai lezat dan mampu menggugah selera makan. Cara membuatnya pun sangatlah mudah. Berikut ini bahan dan cara membuat bubur kentang brokoli untuk balita :

  1. Daging ayam tanpa lemak 40 gram (potong kecil-kecil)
  2. Kentang 200 gram (dikupas, kemudian potong kecil-kecil menyerupai potongan daging ayam)
  3. Wortel segar 40 gram (kupas lalu potong seperti potongan kentang)
  4. Air bersih 120 mili liter
  5. Brokoli 15 kuntum (potong kecil-kecil menyerupai potongan kentang dan wortel)

Cara Membuat :

  1. Pertama-tama masukkan daging ayam , kentang dan wortel kedalam panci tahan panas . masak diatas api kecil lalu tambahakan air hingga mendidih.
  2. Setelah itu tutup panci dan diamkan sekitar 30 menit.
    Selanjutnya masukkan brokoli kemudian tutup kembali panci sekitar 30 menit hingga brokoli lunak lalu angkat.
  3. Langkah akhir masukkan semua bahan kedalam blender, haluskan lalu tuang kembali kedalam mangkuk. ( biarkan hingga dingin )
  4. Setelah dingin, bubur kentang brokoli siap untuk dihidangkan kepada balita tercinta anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.