5 Penyakit Bayi Baru Lahir

By July 26, 2016 Berita No Comments

5 PENYAKIT BAYI BARU LAHIR

Disaat sang bayi baru lahir, biasanya memang rentan terkenan beberapa penyakit. Kulita bayi yang masih sensitif dan organ tubuh yang masih berkembang perlu kewaspadaan dalam merawat.

Qurban Untuk Orang Lain, Bolehkah - (7)

Berikut ini 5 penyakit bayi yang baru lahir dan harus diwaspadai oleh para orangtua. Bayi yang baru lahir memanglah sangat rentan terserang penyakit seperti penyakit kuning dan yang lainnya.

Berikut ini kami berikan beberapa pengetahuan mengenai 5 penyakit yang sering dialami oleh bayi baru lahir. Semoga bermanfaat untuk para orangtua 🙂

Penyakit Kuning

Penyakit ini biasanya dapat diamati melalui kebiasaan bayi. Bila kulit dan mati bayi tampak berwarna kuning dan ia menjadi malas untuk minum ASI, kemungkinan buah hati menderita penyakit kuning. Pada umunya penyakit kuning ini menyerang bayi yang baru lahir hingga dia berusia satu bulan.

Penyakit kuning pada bayi dapat disebabkan karena kekurangan ASI atau karena ada gangguan fungsi hati pada bayi. Dikutip dari laman website Tips Anak Bayi, Zat bilirubin atau pigmen kuning yang teradpat di dalam sel darah merah sang bayi meningkat dan akan membuat kulit bayi nampak menguning.

Biasanya penyakit kuning ini akan hilang dalam rentang waktu dua minggu. Alangkah lebih bak apabila Anda segera menghubungi dokter agar bayi ANda segera mendapat pertolongan yang lebih lanjut. Anda juga dapat memberikan ASI sesering mungkin sebaga bentuk pertolongan pertama.

Penyakit Apnea

Perlu diwaspadai karena salah satu dari 5 penyakit pada bayi yang baru lahir adalah penyakit apnea. Apnea merupakan sebuha kondisi saat seseorang secara tiba-tiba tidak bernafas dalam beberapa detik. Penyakit apnea dapat menyerang orang dewasa dan juga pada bayi yang baru lahir, terutama lagi bila bayi lahir secara prematur.

Meskipun hanya tidak dapat bernafas selama beberapa detik, hal tersebut juga dapat membuat kulit di area sekitar mulutbayi berubah kebiruan karena menderita kekurangan oksigen. Dikutip dari laman wesite Tips Anak Bayi, penyebab apnea ada dua hal. Pertama, karena saluran pernafasan terhambat. Kedua, karena proses pertumbuhan syarafnya yang mengatur sistem pernafasan si kecil belum sempurna, sehingga proses pernafasan bayi terhenti dalam beberapa saat.

Qurban Untuk Orang Lain, Bolehkah - (8)

Ruam Popok

Ruam popok merupakan bintil merah yang biasanya timbul di sekitar area bokong bayi. Hal tersebut seringkali terjadi dikarenakan bayi terlalu lama memakai sebuah popok yang lembab. Kullit bayi yang lembut dan sensitif akan bergesekan dengan popok bayi tersebut sehingga terjadi iritasi.

Terdapat 3 hal yang dapat menyebabkan bayi terkena ruam popok. Pettama, karena bayi alergi dengan bahan popok. Kedua, karena popok kain yang dicuci dengan memakai detergen atau pemutih tidak dibilas dengan sempurna. Ketiga, kulit bayi yang terlalu sering terkena oleh air seninya atau tinja dalam popok sehingga lebih lembab.

Eksim Susu

Mitos yang beredar, eksim susu disebabkan olehh percikan ASI yang mengenai kulit di area mulut bayi pada saat menyusui. Pada faktanya, hal tersebut ternyata disebabkan oleh 3 hal.

Pertama, adanya faktor keturunan dari orangtuanya yang juga menderita alergi. Kedua, kulit bayi kering. Ketiga, karena cuaca yang panas, kotor dan berdebu. Semuanya dapat membuat kulit bayi terasa kasar dan kemerahan terutama pada bagian pipi. Kondisi demikian biasanya akan menimbulkan rasa gatal yang membuat bayi tak nyaman.

Batuk Pilek

Penyakit batuk pilek pada bayi umumnya disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Gejala awalnya ialah batuk ataupun mengeluarkan cairan yang bening dari hidung disertai demam. Biasanya batuk pilek ini hanya terjadi pada bayi selama 2-3 hari. Untuk pencegahan, maka lakukan vaksin pada bayi di saat usia 6 bulan.

Diatas tadi merupakan 5 penyakit pada bayi baru lahir. Informasi diatas dapat menjadi pengetahuan bagi para orangtua untuk lebih waspada dan merawat sang buah hati secara intensif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.