6 Penyebab Mata Juling Pada Bayi

By August 8, 2016 Berita No Comments

6 PENYEBAB MATA JULING PADA BAYI

Strabismus atau nama lain dari mata juling. Kondisi ini membuat mata tidak dapat melihat ke bagian arah yang sama seperti apa yang terlihat pada gerakan mata. Mata akan terlihat seperti melihat bagian lain ketika sedang fokus, biasanya mata akan melihat ke arah kiri atau kanan.

Penyebab Mata Juling

Pada bayi yang berusia dibawah 3 bulan, seringkali penglihatannya belum optimal. Mata sang bayi berfungsi sebagai penglihatan optimal di usia 3-6 bulan ke atas. Sedangkan apabila anda menemui fokus mata yang tidak simetris pada bayi yang berusia 6 bulan lebih maka sebaiknya anda waspada. Kelainan mata  seperti juling dapat terjadi pada sang bayi Anda.

Juling pada anak dibagi menjadi dua bentuk, pertama adalah bentuk juling esotropia dan exotropia. Esotropi merupakan juling ke arah mendalam sehingga mendekati batang hidung dan juga exotropia yaitu juling ke arah luar sehingga menjauhi hidung.

Ada beberapa penyebab terjadinya mata juling pada bayi. Simak penjelasan berikut ini :

  1. Mata juling biasanya terjadi ketika anak-anak masuk tahap perkembangan dan jarang terjadi pada bayi. Penyebab mata juling pada anak-anak bisa terjadi karena gangguan mata yang sangat awal, gangguan pada otot mata dan gangguan pada syaraf. Penyebab sebenarnya dari masalah juling pada bayi ini tidak diketahui.
  2. Mata juling pada bayi juga bisa terjadi karena mata malas atau mata lelah pada bahaya. Terkadang beberapa bayi terlihat seperti melihat sekilas, namun sama sekali tidak melihat ke arah yang fokus.
  3. Mata juling pada bayi juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti sindrom down, bayi dengan kelainan hidrocefalus, anak-anak yang dilahirkan dengan kelainan pada sistem syaraf, bayi yang dilahirkan secara prematur dan bayi yang pernah cedera akibat jatuh.
  4. Ketika bayi menderita juling bawaan, maka bayi akan terlihat juling sejak dilahirkan hingga usia enam bulan. Kondisi ini bisa disebabkan karena otot mata yang berkembang sejak dalam kandungan hingga lahir ternyata tidak berkembang sempurna.
  5. Juling pada bayi juga bisa disebabkan karena penyakit tertentu, seperti penyakit tumor mata atau retinoblastoma.
  6. Juling pada bayi juga bisa disebabkan karena kondisi amblypobia. Ini adalah sebuah kondisi ketika mata terlihat malas untuk melihat secara fokus dan biasanya terjadi sejak masih bayi.

8Gizi & NutrisiIbu Hamil (1)

Waspdai gejala juling pada mata bayi Anda, untuk itu lakukan cara pencegahakan pada mata juling. Berikut ini beberapa langkah yang mungkin dapat Anda coba untuk mencegah agar sang bayi tidak juling.

  1. Ketika Anda mengajak bayi bermain, maka buatlah suara yang bisa menarik konsentrasi dan penglihatan bayi. Cara ini akan membantu otot mata bayi bisa bekerja dengan baik dan membuat fokus mata bayi berkembang dengan sempurna.
  2. Ketika Anda mengajak bayi bermain, maka cobalah mengajak bayi untuk berkomunikasi sambil melihat bagian mata secara jelas. Cara ini bisa membantu bayi untuk menggunakan otot mata dengan baik dan terhindar dengan mata malas.
  3. Jika bayi Anda masih dalam tahap perkembangan maka ajak otot mata bayi latihan dengan baik. Caranya adalah dengan menggunakan senter yang diarahkan pada bagian atas mata. Cara ini akan membuat gerakan mata bayi sesuai dengan arah gerakan senter.
  4. Jika Anda mengajak bayi bermain, maka cobalah untuk datang dari berbagai arah yang berbeda. Cara ini akan membantu mata bayi bekerja dengan baik.

Mata juling pada bayi bisa menjadi kondisi yang sangat umum. Hal ini bisa terjadi hingga bayi berusia satu tahun. Apabila setelah itu mata bayi tetap juling, maka Anda bisa membawa bayi ke ahli mata untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Pemeriksaan lebih lanjut dapat dilakukan pada usia anak anda 2 tahun. Biasanya akan diminta untuk data. Terdiri dari pada usia 6 bulan,usia 1 tahun atau 2 tahun. Data ini sangat penting bagi dokter untuk menentukan kelainan pada anak anda merupakan kelainan bawaan atau bukan bawaan. Sehingga pada usia balita (di bawah 5 tahun) sangat penting sekiranya untuk dapat menghilangkan dominasi dari salah satu mata yang tidak juling pada anak anda. Dengan adanya dominasi fungsi, penglihatan mata yang juling sehingga mengalami penurunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.