AQIQAH DI MADIUN

Kabupaten Madiun merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Timur yang tergolong maju dalam segi ekonomi. Madiun sebagai wilayah yang jadi lintasan jalur utama Surabaya – Yogyakarta.

Assalamu’alaikum wr wb sahabat Aqiqah Berkah di wilayah Kabupaten dan Kota Madiun. Alhamdulillah kini Aqiqah Berkah dapat membnatu melayani aqiqah untuk Anda yang berdomisili di wilayah Kabupaten dan Kota Madiun. Wilayah Madiun yang berupa perbukitan, pegunungan dan komplek perumahan menjadi kesempatan adanya jasa layanan aqiqah.

Aqiqah Berkah (2)

Potensi yang menonjol dari Kabupaten dan Kota Madiun adalah pertanian padi, kedelai, palawija, perkebunan kakao, kopi, mangga, durian, rambutan dan hasil hutan lainnya seperti produk kerajinan kayu jati. Mayoritas penduduk di Kabupaten Madiun adalah petani dan pengrajin. Di Madiun terdapat PT INKA (Persero) yang merupakan industri Kereta Api Indonesia.

Mengulas mengenai Kabupaten dan Kota Madiun, destinasi wisata merupakan pembasahan yang sangat menarik. DI Kabupaten Madiun terdapat banyak sekali tempat wisata seperti Waduk Bening Widas, Wana Wisata Grape, Monumen Kresek, Taman Rekreasi Umbul, Air Terjun Seweru / Serondo, Air Terjun Krecekan Denu, Waduk Notopuro, Waduk Kedungbrubus, Waduk Dawuhan.

Makanan khas untuk daerah Madiun hampir sama dengan wilayah disekitarnya yakni pecel Madiun, Brem, Madumongso, Lempeng, Kue Satu dan Sego Jotos. Mau nyoba salah satu kuliner khas Madiun ? Anda bisa mendapatkan kuliner tersebut ketika berkunjung ke Kabupaten Madiun. Makanan tersebut juga dapat disuguhkan ketika Anda memesan paket aqiqah di Madiun.

Pesan Aqiqah 2

Aqiqah di Madiun tersedia di berbagai wilayah Kecamatan di seluruh Madiun seperti : Aqiqah Madiun, Aqiqah Sawahan, Aqiqah Balerejo, Aqiqah Wonosari, Aqiqah Mejayan, Aqiqah Pilangkenceng, Aqiqah Saradan, Aqiqah Kare, Aqiqah Gemarang, Aqiqah Wungu, Aqiqah Jiwan, Aqiqah Kebonsari, Aqiqah Dolopo, Aqiqah Dagangan, Aqiqah Geger.

Nha, bagi Anda para orangtua yang akan melaksanakan aqiqah atau berencana melaksanakan aqiqah dapat memesan secara online pada jasa aqiqah di Madiun, contact person :

Call : 085853444472

SMS : 085853444472

Whatsapp : 085853444472

H-3 pelaksanaan aqiqah, Aqiqah Berkah akan siap melayani. Anda dapat memesan paket aqiqah murah Madiun, catering aqiqah murah Madiun, maupun kambing aqiqah murah Madiun. Tersedia lengkap untuk keperluan aqiqah pada Aqiqah Berkah di Kabupaten Madiun.

Makna Aqiqah

Mengapa perlu melaksanakan aqiqah ? Tidak sedikit umat muslim yang melaksanakan aqiqah namun tidak memahami hakikat aqiqah dan hukum melaksanakan aqiqah. Dapat dikatakan bahwa pelaksanaan aqiqah adalah tradisi saja, bukan atas dasar pemahaman perintah sesungguhnya. Nah untuk itu, pada artikel kali ini akan diberikan pemahaman mengenai aqiqah.

Aqiqah adalah sembelihan untuk anak yang baru lahir sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Swt. Dengan niat dan syarat-syarat tertentu. Oleh sebagian ulama ia disebut dengan nasikah atau dzabihah (sembelihan).

Kata Aqiqah berasal dari kata al-Aqqu yang berarti memotong (Al-Qoth’u). Al-Ashmu’i berpendapat: Aqiqah asalnya adalah rambut di kepala anak yang baru lahir. Kambing yang dipotong disebut aqiqah karena rambut anak tersebut dipotong ketika kambing itu disembelih.

Hukum aqiqah menurut kalangan Syafi’i dan Hambali adalah sunnah muakad. Dasar yang dipakai oleh kalangan Syafii dan Hambali adalah hadis Nabi saw. yaitu, “Anak tergadai dengan aqiqahnya. Disembelihkan untuknya pada hari ketujuh (dari kelahirannya)”. (Riwayat Tirmidzi, Hasan Shahih).

Tuntunan pelaksanaan aqiqah menurut kesepakatan ulama adalah pada hari ke tujuh kelahiran sang anak. Hal ini berdasarkan hadis Samirah di mana Nabi saw. bersabda, “Seorang anak terikat dengan aqiqahnya. Ia disembelihkan aqiqah pada hari ketujuh dan diberi nama”. (Riwayat Tirmidzi).

Namun demikian, apabila terlewat dan tidak bisa dilaksanakan pada hari ketujuh, ia bisa dilaksanakan pada hari ke-14. Dan jika tidak juga, maka pada hari ke-21 atau kapan saja ia mampu. Imam Malik berkata: Pada dzohirnya bahwa keterikatannya pada hari ke 7 (tujuh) atas dasar anjuran, maka sekiranya menyembelih pada hari ke 4 (empat) ke 8 (delapan), ke 10 (sepuluh) atau setelahnya Aqiqah itu telah cukup. Karena prinsip ajaran Islam adalah memudahkan bukan menyulitkan sebagaimana firman Allah Swt.: “Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu”. (al-Baqarah [2]: 185)

Leave a Reply

Your email address will not be published.