Aqiqah di Nganjuk

Ahlan wa Sahlan saudara muslim di wilayah Nganjuk dan sekitarnya. Semoga kita senantiasa dalam lindungan-Nya dan dimudahkan pintu rizki kita semua. Aamiin Ya Robbal ‘Alamin.

Sudahkah dilaksanakan aqiqah untuk putera puteri anda ? Aqiqah dilaksanakan hanya sekali dalam seumur hidup sehingga laksanakan ibadah sunnah dengan tulus dan ikhlas agar lebih sempurna. Bagi warga Nganjuk dan sekitarnya, jangan khawatir untuk memilih kambing aqiqah atau paket aqiqah. Kami memiliki solusi untuk saudara muslim semua.

Sempurnakan ibadah sunnah aqiqah dengan mempercayakan pada jasa layanan aqiqah di Nganjuk. Jasa layanan aqiqah di Nganjuk yang terpercaya yakni Aqiqah Berkah, jasa layanan ini telah banyak membantu pelaksanaan acara aqiqah saudara muslim.

Berikut adalah hadist Rasulullah tentang aqiqah untuk anak yang baru lahir :

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّيكُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تَذْ بَحُ عَنْهُ يَوْمَسَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

“Setiap bayi tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan (kambing) untuknya pada hari ke tujuh, dicukur dan diberi nama”

Berdasarkan hadits diatas dapat diambil kesimpulan bahwa setiap anak yang lahir di dunia ini dan belum di aqiqahi, maka status bayi tersebut adalah tergadai. Sehingga untuk menebusnya maka harus dilaksanakan adanya aqiqah.

ahlan_wa_sahlan_wandtattoo_1Aqiqah dilaksanakan dengan menyembelih hewan ternak (biasanya berupa kambing atau domba) pada hari ketujuh dari kelahiran anak. Setelah itu anak diberi nama yang bagus berdasarkan anjuran syariat Islam.

Aqiqah di Nganjuk memberikan banyak manfaat dalam melaksanakan amanah aqiqah. Aqiqah Berkah melayani paket aqiqah di seluruh kecamatan di wilayah Nganjuk, baik di Bagor, Baron, Wilangan, Sawahan, Prambon, Patianrowo, Ngronggot, Lengkong, Gondang, Jatikalen, Kertosono dan wilayah di sekitar Kabupaten Nganjuk.

Layanan pada aqiqah di Nganjuk antara lain :souvenir-aqiqah

  1. Paket aqiqah peduli
  2. Paket aqiqah mandiri
  3. Kambing aqiqah jantan
  4. Kambing aqiqah betina
  5. Catering aqiqah
  6. Kambing qurban
  7. Sapi qurban

Untuk informasi dan pemesanan segera hubungi nomor layanan 085853444472 (SMS dan Whatsapp). Segera pesan paket aqiqah maupun kambing qurban, agar ibadah lebih sempurna.

Aqiqah yang afdhal untuk anak laki-laki adalah 2 ekor kambing atau domba. Sedangkan untuk anak perempuan hanya 1 ekor kambing/domba. Seperti yang telah dijelaskan oleh Rasulullah mengenai ketentuan jumlah hewan aqiqah yaitu :

عن الغلام شاتان متكأ فئتان . و عن الجارية شاة

”Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang mirip, dan untuk anak perempuan satu ekor.” Dan dibolehkan satu ekor domba untuk anak laki-laki.

Jadi jumlah sembelihan hewan atau kambing untuk aqiqah anak laki-laki dan anak perempuan berbeda. Seperti yang telah dijelaskan pada hadits diatas.

Rosul tidak mewajibkan hewan sembelihan aqiqah berjenis kelamin jantan atau melarang sembelihan berjenis kelamin betina. Namun, sebagian besar ulama sepakat bahwa kambing jantan lebih utama dijadikan sembelihan dari pada kambing betina.

Syarat kambing yang disembelih untuk aqiqah memiliki keadaan yang sama dengan kambing sembelihan qurban. Berikut keterangannya :

  1. Kambing: sempurna berusia 1 (satu) tahun dan masuk usia (dua) tahun.
  2. Domba: sempurna berusia 6 (enam) bulan dan masuk bulan ke-7 (tujuh).
  3. Tidak boleh ada anggota badan hewan yang cacat.
  4. Dagingnya tidak boleh dijual.

Aqiqah memiliki beberapa manfaat bagi orang yang melaksanakan maupun bagi orang lain, diantaranya :

  1. Memberikan kabar atau berita baik tentang kelahiran anak kepada sabak saudara, tetangga sekaligus memberikan informasi tentang nasab anak agar tidak terjadi prasangka buruk oleh para tetangga.
  2. Mencerminkan sikap murah hati dan dermawan.
  3. Mengikuti jejak Nabi Ibrahim ketika mau menyembelih anaknya yaitu Ismail namun diganti dengan domba.
  4. Merupakan bentuk atauu wujud pengorbanan kepada Allah Swt seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim.
  5. Melepaskan status anak yang tergadai hal ini karena anak yang baru lahir kalau belum di aqiqahi statusnya adalah tergadai. Maka kalau tergadai berarti harus ditebus terlebih dahulu agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Maka segeralah laksanakan sunnah nabi yang dilaksanakan hanya sekali dalam seumur hidup. Semoga rizki kita dilancarkan oleh-Nya. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.