Aqiqah di Ngetos Nganjuk

AQIQAH NGETOS NGANJUK

Apa yang akan terlintas dibenak Anda ketika mendengar Kecamatan Ngetos ? Ngetos merupakan satu diantara 20 Kecamatan di Nganjuk yang didapati bangunan candi.

Aqiqah Kec. NgetosKecamatan Ngetos, Nganjuk terdiri dari 9 desa seperti Desa Ngetos sendiri, Kuncirm Suru, Klodan, Oro-oro Ombo, Kepel, Blongko, Kweden, dan Mojoduwur. Wilayah Kecamatan Ngetos berada di Nganjuk bagian barat, karena daerah ini memiliki akses yang mudah ke wilayah Kec. Sawahan, Kec. Wilangan dan ke Madiun.

Di Kec. Ngetos ini terkenal dengan adanya candi Ngetos yang terletak di Desa Ngetos sekitar 17 km arah selatan Kota Nganjuk. Bangunan candi yang terletak ditepi jalan beraspal antara Kuncir dan Ngetos sangat mudah ditemukan.

Dengan ditemukannya bangunan candi di wilayah Kec.Ngetos, Nganjuk menunjukkan bahwa pada masa didirikannya candi ini digunakan untuk peribadatan. Berdasarkan penemuan arca di candi Ngetos, agama yang dinaut pada jaman berdirinya candi ini adalah agama Siwa dan Wisnu. Sama persis seperti agama yang dianut oleh Hayam Wuruk selaku pemimpin Majapahit kala itu.

Meskipun induk candi Ngetos lebih dahulu berdiri, hal ini tidak menjadikan seluruh penduduk di Ngetos menganut agama yang sama. Seiring masuknya Islam di Nusantara, para penduduk di Ngetos banyak yang memeluk agama Islam.

Pesan Aqiqah 1Tercatat hingga tahun 2016, masjid yang berdiri kokoh dan difungsikan di wilayahh Kec. Ngetos sebanyak 53 masjid. Data ini menunjukkan bahwa penduduk di Kec. Ngetos kini mulai banyak yang memeluk Islam dan grafik menunjukkan peningkatan hal beribadah masyarakat muslim disana.

Dalam kesempatan tersebut, untuk membantu saudara muslim di Kec. Ngetos Nganjuk maka mulai bermunculanlah jasa layanan aqiqah dan qurban. Adanya jasa layanan tersebut untuk membantu kelancaran ibadah sunnah aqiqah penduduk di Kec. Ngetos khususnya.

Kenapa harus aqiqah ?

Sungguh, seharusnya kita bersyukur atas lahirnya bayi ditengah-tengah keluarga, karena suami istri akan sangat bahagia ketika diberi rizki keturunan dari-Nya. Imam Ibnul Qayyim dalam kitabnya ‘Tuhfatul Maudud’ mengatakan bahwa : Imam Jauhari berkata : Aqiqah ialah “menyembelih hewan pada hari ketujuhnya dan mencukur rambutnya.”

Menurut beberapa ahli fiqih, aqiqah memiliki status hukum sunnah muakad bagi penanggung nafkah bayi. Beberapa orang menyebutkan bahwa aqiqah adalah nama untuk hewan yang disembelih. Namun, secara syar’i aqiqah adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang telah lahir.

Aqiqah menurut sunnah Nabi dilaksanakan pada hari ketujuh sejak kelahiran bayi. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dikatakan :

تذبح لسبع ، و لاربع عشر ، و لاحد و عشرين

“Disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari ke-empat belas, dan pada hari kedua puluh satu.

Waktu penyembelihan hewan untuk aqiqah jika memungkinkan dilangsungkan pada hari ke tujuh. Jika tidak, maka pada hari ke-14. Dan apabila masih tidak memungkinkan, maka pada hari ke-21 dari hari kelahirannya. Jika masih tidak memungkinkan lagi maka dapat dilaksanakan kapan saja.

Adapun ketika saudara muslim melaksanakan aqiqah menurut sunnah atau syariat Islam, maka akan memiliki beberapa manfaat bagi orang lain maupun bagi shohibul aiqiqah, diantaranya :ab (2)

  1. Memberikan kabar atau berita baik tentang kelahiran anak kepada sanak saudara, tetangga sekaligus memberikan informasi tentang nasab anak agar tidak terjadi prasangka buruk oleh para tetangga.
  2. Mencerminkan sikap murah hati dan dermawan.
  3. Mengikuti jejak Nabi Ibrahim ketika mau menyembelih anaknya yaitu Ismail namun diganti dengan domba.
  4. Merupakan bentuk atau wujud pengorbanan kepada Allah SWT seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim.
  5. Melepaskan status anak yang tergadai hal ini karena anak yang baru lahir kalau belum di aqiqahi statusnya adalah tergadai. Maka kalau tergadai berarti harus ditebus terlebih dahulu agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Nah, untuk Anda yang berdomisili di wilayah Kec. Ngetos Nganjuk segerakan beraqiqah bila putera puteri Anda telah lahir. Untuk memudahkan dalam pelaksanaan aqiqah, percayakan pelaksanaan aqiqah pada jasa layanan Aqiqah Berkah yang berlamat di Jl. Raya Baron Timur No. 1 Baron, Nganjuk.

Atau Anda memerlukan pemesanan hewan untuk Idul Adha 1437 h (tahun 2016), Aqiqah Berkah menyediakan hewan qurban dengan pilihan terbaik dan kualitas hewan terbaik. Insya Allah akan selalu berkah, Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.