Aqiqah di Prambon Nganjuk

AQIQAH DI PRAMBON NGANJUK

Aqiqah merupakan perintah penebusan anak yang baru lahir dengan status tergadai. Dilaksanakan sekali dalam seumur hidup dengan menyembelih hewan ternak berupa domba atau kambing.

Kecamatan Prambon merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kediri disebelah selatan dan barat, tepatnya Kec. Banyakan di selatan dan Kec. Tarokan di barat. Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Tanjunganom, dan Kecamatan Ngronggot di sebelah timur.

Sungai Brantas juga mengaliri di bagian selatan yang juga sebagai batas wilayah dengan Kabupaten Kediri tepatnya Kecamatan Papar , Kecamatan ini juga merupakan tempat tinggal Seandi Briantama tepatnya di desa Mojoagung. Secara geografis Kecamatan Prambon terletak pada koordinat 111°45’ sampai 112°13’ Bujur Timur dan 7°2’ sampai 7°50’ Lintang Selatan.

Aqiqah dan Qurban Kec. PrambonSecara geografis keseluruhan desa yang berada di Kecamatan Prambon tergolong dataran dengan topografi datar, pada ketinggian ±57 meter dari permukaan laut. Wilayah Kecamatan Prambon memiliki tradisi dan struktur tanah yang cukup produktif untuk berbagai jenis tanaman. Kondisi dan struktur tanah yang produktif ini juga ditunjang dengan penyediaan air dari sungai brantas yang mengalir disepanjang lahan pertanian diwilayah Kecamatan Prambon.

Kecamatan Prambon memiliki 14 Desa, 46 Dusun, 134 RW dan 435 RT. Jumlah ke-14 Desa/Keluraha tersebut antara lain : Desa Kurungrejo, Desa Sonoageng, Desa Sugihwaras, Desa Baleturi, Desa Rowoharjo, Desa Bandung, Desa Mojoagung, Desa Tegaron, Desa Tanjungtani, Desa Sanggrahan, Desa Watudandang, Desa Singkalanyar, Desa Gondanglegi, Desa Nglawak.

Di wilayah Kec. Prambon terdapat 346 bangunan ibadah umat muslim yakni masjid dan musholla. Masjid dan Musholla yang berada di Kec. Prambon aktif digunakan ibadah setiap harinya. Di Kecamatan inilah banyak juga dijumpai pesantren-pesantren. Data ini menunjukkan bahwa masyarakat di Kec. Prambon sangat proaktif dalam melaksanakan ibadah seperti ibadah sunnah aqiqah dan qurban.

Rekomendasi untuk jasa layanan aqiqah dan qurban terpercaya di Kec. Prambon Nganjuk adalah Jasa Layanan Aqiqah Berkah. Karena jasa layanan Aqiqah Berkah yang telah sejak lama dipertengahan tahun 2008 membantu kelancaran pelaksanaan aqiqah dan qurban masyarakat muslim. Baik pelaksanaan aqiqah di wilayah Nganjuk hingga di luar wilayah Nganjuk dan Jawa Timur.

Bila Anda yang berdomisili di wialayah Kec. Prambon dan sekitarnya sedang membutuhkan kambing guna aqiqah ataupun qurban, Anda dapat memesan pada jasa layanan aqiqah dan qurban yang berkantor pusat di Jl. Raya Baron Timur No. 1 Baron Nganjuk. Atau Anda dapat menghubungi langsung nomor layanan aqiqah dan qurban 085853444472 (Call/SMS/Whatsapp).

Sempurnakan ibadah sunnah aqiqah dan ibadah qurban 1437 H dengan memesan hewan qurban. Tersedia kambing aqiqah, kambing qurban maupun sapi qurban. Untuk aqiqah, tersedia paket aqiqah murah, catering aqiqah murah, souvenir aqiqah murah dan kambing aqiqah murah.

Kenapa harus melakukan aqiqah ?

Aqiqah dalam pelaksanaannya dihukumi sunnah muakad bagi penanggung nafkah si anak. Aqiqah dilaksanakan dalam rangka perwujudan rasa syukur atas nikmat kelahiran bayi di tengah-tengah keluarga. Baik yang terlahir bayi laki-laki atau bayi perempuan patut di syukuri dengan upaya pelaksanaan aqiqah anak.

Rasulullah SAW bersabda :

“Setiap bayi tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan (kambing) untuknya pada hari ke tujuh, dicukur dan diberi nama” [HR Abu awud, no. 2838, at-Tirmidzi no. 1522, Ibnu Majah no. 3165 dll dari sahabat Samurah bin Jundub r.a.. Hadits ini dishahihkan oleh al-Hakim dan disetujui oleh adz-Dzahabi, Syaikh al-Albani dan Syaikh Abu Ishaq al-Huwaini dalam kitab al-Insyirah Fi Adabin Nikah hlm. 97

Atas dasar dan niat untuk membantu meringankan pelaksanaan aqiqah bagi saudara khususnya di wilayah Kecamatan Prambon Nganjuk, kini Aqiqah Berkah siap membantu melayani aqiqah putera puteri Anda di wilayah Prambon Nganjuk maupun sekitar Nganjuk lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.