Aqiqah Jujur dan Amanah Hanya Paket Aqiqah Godean Peduli

By September 6, 2019 Artikel No Comments

Assalamu’alaikum untuk anda semua yang berada di Godean dan sekitarnya, Apa kabar semuanya? nah gimana kabar hari ini? semoga anda semua dalam lindungan Allah SWT. Pada pembahasan hari ini anda akan kami jelaskan mengenai materi Aqiqah yang perlu anda ketahui. oke ayo langsung saja kita materi aqiqah tersebut yang ada dibawah ini.

A. Pengertian Aqiqah Menurut Bahasa dan Istilah

Pada awal paragraf ini anda akan kami jelaskan tentang penejlasan aqiqah menurut istilah dan juga bahasa. Dan aqiqah menurut bahasa dapat diambil dibahasa arab yang memiki arti penyembelihan dan pemotongan.

Kemudian menurut istilah Aqiqah yaitu suatu prosesi aqiqah yang dilakukan dengan cara sembelih hewan berupa kambing/ domba dengan jumlah 1 kambing untuk putri dan 2 kambing untuk putra yang dilaksanakan di 7, 14 ataupun 21 hari setelah bayi dilahirkan.

Prosesi tersebut dengan tujuan agar sang bayi terlepas dari kekangan jin, penyakit/ kotoran yang menempel pada diri bayi sejak dilahirkan, dan juga dapat melepaskan status yang tergadai.

B. Apa Makna Aqiqah ?

Banyak yang belum tau betul mengenai makna dari dilaksanakannya aqiqah, atau makna dari penting beraqiqah. Pada paragraf ini akan dijelaskan juga tentang makna dari aqiqah.

Makna aqiqah ialah sama dengan bentuk dari ungkapan rasa syukur karena telah dihadirkan dan dilahirkan bayi baik perempuan maupun laki-laki dan kelak bayi tersebut akan tumbuh menjadi anak-anak yang berbakti terhadap orang tua dan menjadi penerus agama, bangsa dan negara.

Ibadah aqiqah juga termasuk ibadah yang disunnahkan oleh Rosulullah SAW, jadi untuk anda semua yang sudah mampu beraqiqah, segeralah melaksanakan aqiqah untuk diri anda sendiri.

C. Bagaimana Cara Aqiqah Yang Benar ?

Nah dibawah ini akan kami jelaskan mengenai hal tersebut, mari simak bersama:

  1. Sembelih hewan aqiqah, sebelum pada proses sembelihan hewan aqiqah sebaiknya pilih hewan aqiqah sesuai dengan umur yang ditentukan aqiqah, tubuhnya sehat dan harus sesuai syariat islam.
  2. Masak daging aqiqah terlebih dahulu sebelum dibagikan.
  3. Buat acara aqiqah dengan berbagai susunan acara dan didalam acara tersebut terdapat Pembukaan, pembacaan ayat suci al-qur’an, pemotongan rambut serta pemberian nama bayi, pembagian daging aqiqah dan terakhir penutup acara.

Dan itulah cara aqiqah yang benar, jika anda ingin melaksanakan aqiqah sendiri dirumah, namun jika anda ingin menyalurkan aqiqah ketempat yang membutuhkan maka dibolehkan saja.

D. Acara Aqiqah Seperti Apa ?

Sudah dijelaskan barusan pada paragraf diatas mengenai acara aqiqah, namu diatas hanya intinya saja, dan disini nanti akan djelaskan lagi tentang hal tersebut.

Untuk acara aqiqah sendiri pertama pastinya pembukaan terlebih dahulu dan pembukaan acara tersebut akan dibuka oleh pembawa acara dengan bacaan bismillahirrohmanirrohim.

Setelah pembukaan acara selanjutnya ialah pembacaan ayat suci al-qur’an, kemudian pembawa acara mempersilahkan salah satu atau wakil dari anak yang diaqiqah untuk menyampaikan kata sambutan untuk para tamu undangan yang sudah hadir.

Dan selanjutnya bisa diisi dengan ceramah dari ustadz yang sudah diundang untuk acar tersebut. Kemudian kita sampai kepuncak acara yaitu prosesi pencukuran rambut bayi sekaligus pemberian nama untuk bayi, pada prosesi pencukuran rambut bayi tamu undangan sambil membaca sholawat serta panjatan do’a untuk sang bayi.

Setelah prosesi tersebut tuan rumah akan mempersilahkan para tamu untuk menikmati hidangan makanan aqiqah yang sudah disiapkan sambil membagi nasi kotak aqiqah kepada para tamu undangan, dan dilanjutkan dengan doa penutup acara.

E. Doa Aqiqah Anak

Diatas tadi ada penjelasan mengenai prosesi pencukuran rambut dan pemberian nama, nah dalam proses tersebut akan ada doanya tersendiri, dan doa tersebut ialah sebagai berikut:

“U’iidzuka bi kalimaatillahittammaati min kulli syaithooni wa haammah. Wa min kulli ‘ainin laammah.”

Artinya: “Saya perlindungan engkau, wahai bayi, dengan kalimat Allah yang prima, dari tiap godaan syaitan, serta dari setiap pandangan yang penuh dengan kebencian”

F. Pembagian Daging Hewan Aqiqah

Sebelum dibagikan daging aqiqah haruslah dimasak terlebih dahulu agar sang penerima bisa langsung menyantap dan menikmatinya dengan sepenuh hati.

Untuk tempat yang bisa untuk dibagikan daging aqiqah ialah bisa dimasjid, dipanti asuhan ataupun dipondok pesantren. Sedangkan orang yang menerima daging aqiqah ialah bisa tetangga, kerabat, teman, fakir miskin ataupun sahabat.

Mengapa daging aqiqah jika dibagikan harus dimasak terlebih dulu, karena memasak daging tersebut bisa membutuhkan banyak biaya untuk membeli bumbu masakan.

G. Layanan Aqiqah Yang Jujur Dan Amanah Hanya Di Aqiqah Berkah peduli

Hallo yang berada di daerah Godean dan sekitarnya dan sekarang sedang mencari jasa penyaluran aqiqah yang kepercayaanya bisa diandalakan dan pemesanannya pun juga gampang serta harganya pun juga terjangkau, mari langsung saja telfon, sms atau watshaap dinomor kami di 0813-3568-0602 kami akan siap membantu aqiqah anda dengan cara penyaluran aqiqah ketempat yang berhak disalurkan aqiqah.

Nah mudahkan sekarangaqiqah di Aqiqah Berkah, layanannya pun juga ramah dan sabar. Berikut adalah harga 2 paket layanan Aqiqah Berkah:

1. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

2. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

Leave a Reply

Your email address will not be published.