Berbagi ke Anak Yatim Melalui Paket Aqiqah Bantul Peduli

Assalamu’alaikum, selamat datang di website qurban-aqiqah.com. kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian aqiqah, perngertian aqiqah anak, apakah aqiqah wajib dari orang tua, makna aqiqah, hukum aqiqah, dan sebagainya. Untuk anda yang akan melaksanakan ibadah aqiqah untuk anak anda silahkan pesan layanan atau jasa aqiqah di Aqiqah Berkah. Untuk melihat atau mengetahui secara jelas tentang Aqiah Berkah silahkan kunjungi websitnya di aqiqahberkah.com.

Apakah Aqiqah Itu ?

Aqiqah sudah pernah kita bahas dalam artikel yang sebelumnya bahwa pengertiannya adalah sebagai pengungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dengan atas lahirnya anak. Aqiqah dilakukan dengan cara penyembelihan hewan aqiqah berupa kambing atau domba baik jantan atau betina. Untuk orang tua yang mempunyai anak baru lahir semestinya sangat bahagia dengan hadirnya anak tersebut, maka dari itu aqiqah dilaksanakan juga sebagai pengungkapan rasa gembira. Dengan melaksanakan ibadah aqiqah juga termasuk sunnah rosul dan sebagai perwujudan cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Aqiqah juga dapat mempererat tali persaudaraan. Hukum dari melaksanakan aqiqah adalah sunnah mu’akkad. Dilaksanakannya aqiqah hari ke tujuh sejak kelahiran bayi, dan jika orang tua pada waktu tersebut tidak mampu melaksanakan ibadah aqiqah untuk anaknya maka tidak apa apa baginya melaksanakan jika dengan watu yang mereka mampu.

Arti Aqiqah Anak

Manfaat Aqiqah bagi bayi diantaranya mendapatkan pahala karena telah melaksanakan sunnah rosul dengan begitu berarti kita menunjukan bahwa kita mencintai Nabi Muhammad SAW, yang kedua pelaksanaan aqiqah juga dapat meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, yang ketiga mendoakan bayi karena saat pelaksanaan aqiqah disertai dengan doa untuk bayi, yang ke empat menghilangkan kotoran atau penyakit bagi bayi, ke lima dapat meningkatkan rasa cinca atara umat muslim, yang terakhir dapat melepaskan bayi dari kekangan jin yang telah mendampinginya sejak lahir. Antara keuntungan tersebut masih banyak keuntungan lain yang diperoleh dengan melaksanakan ibadah aqiqah. Pelaksanaan aqiqah bagi bayi juga sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT dan wujud rasa gembira atas kelahiran sang bayi.

Apakah Aqiqah Harus Dari Orang Tua ?

Aqiqah baik dilaksanakan pada hari ke tujuh sejak kelahiran bayi. Hukum untuk pelaksanaan aqiqah adalah sunnah Mu’akkad. Menjalankan ibadah aqiqah adalah sebagai pengungkapan rasa syukur orang tua kepada Allah SWT karena telah lahirnya anak. Aqiqah dilaksanakan pada waktu tersebut apabila keadaan orang tua mampu melaksanakannya. Apabila tidak mapu dalam waktu yang lebih utama tersebut dapat melaksanakannya kapan saja dan mereka dalam keadaan mampu. Bayi tersebut sudah dalam keadaan dewasa dan belum juga diaqiqahi boleh bagi anak tersebut untuk mengaqiqahi dirinya sendiri. Membutuhkan jasa aqiqah yang terpecaya silahkan pesan di Aqiqah Berkah, untuk lebih jelasnya jangan lupa silahkan kunjungi website aqiqahberkah.com.

Apa Makna Dari Aqiqah ?

Makna dari aqiqah adalah sebagai pengungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dengan atas lahirnya anak dengan penyembelihan hewan kambing. Aqiqah dilakukan dengan cara penyembelihan hewan aqiqah berupa kambing atau domba baik jantan atau betina. Dengan melaksanakan ibadah aqiqah juga termasuk sunnah rosul dan sebagai perwujudan cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Aqiqah juga dapat mempererat tali persaudaraan. Hukum dari melaksanakan aqiqah adalah sunnah mu’akkad. Dilaksanakannya aqiqah hari ke tujuh sejak kelahiran bayi, dan jika orang tua pada waktu tersebut tidak mampu melaksanakan ibadah aqiqah untuk anaknya maka tidak apa apa baginya melaksanakan jika dengan watu yang mereka mampu. Dalam keadaan dewasa dan belum diaqiqahi boleh untuknya mengaqiqahi diri sendiri.

Bagaimana Hukum Aqiqah ?

Hukum aqiqah bayi merupakan sunnah mu’akkad. Dan pelaksanaannya dilakukan pada saat hari ketujuh sejak kelahiran bayi, dan jika belum mapu melaksanakan pada hari tersebut tidak berdosa. Meskipun kebanyakan ulama menjelaskan jika pelaksanaan aqiqah bayi tersebut sudah besar maka habis waktunya untuk mengaqiqahinya. Untuk orang tua yang belum mampu untuk menaqiqahkan anaknya tidak apa-apa untuknya bila tidak melaksanakannya. Hari ke tujuh atau ke duapuluh satu merupakan keutamaan melaksanakan ibadah aqiqah, jika orang tua sudah mampu untuk mengaqiqahkan tidak pada waktu tersebut maka diperbolehkan melaksanakan aqiqah atau kapan saja semampunya. Dan bila orang tua tidak dapat mengaqiqahinya diperbolehkan bagi anak untuk mengaqiqahi dirinya sendiri.

Pelaksanaannya dilakukan pada saat hari ketujuh sejak kelahiran bayi, dan jika belum mapu melaksanakan pada hari tersebut tidak berdosa. Meskipun kebanyakan ulama menjelaskan jika pelaksanaan aqiqah bayi tersebut sudah besar maka habis waktunya untuk mengaqiqahinya. Untuk orang tua yang belum mampu untuk menaqiqahkan anaknya tidak apa-apa untuknya bila tidak melaksanakannya. Hari ke tujuh atau ke duapuluh satu merupakan keutamaan melaksanakan ibadah aqiqah, jika orang tua sudah mampu untuk mengaqiqahkan tidak pada waktu tersebut maka diperbolehkan melaksanakan aqiqah atau kapan saja semampunya. Dan bila orang tua tidak dapat mengaqiqahinya diperbolehkan bagi anak untuk mengaqiqahi dirinya sendiri.

Bagaimana Ketentuan Aqiqah ?

Ketentuan untuk pelaksanaan aqiqah diantaranya waktu untuk pelaksanaannya. Pelaksanaan aqiqah lebih baik dilaksanakan pada hari ke tujuh sejak kelahiran bayi. Tetapi ada orang yang belum mampu mengaqiqahkan anaknya pada waktu tersebut, tidak apa apa baginya melakukan kapan saja selama mereka mampu. Selanjutnya untuk jumlah kambing, untuk jumlah kambing aqiqah untuk anak perempuan berjumah seekor saja hewan aqiqah sedangkan untuk anak laki-laki dua ekor hewan aqiqah. Ketentuan kambingnya yang pasti tidak cacat fisik, tidak terlalu kurus dan siap untuk dilaksanakannya aqiqah. Untuk kambing jantan atau betina, itu diperbolehkan semua asal kambingnya sesuai dengan ketentuan kambing aqiqah. Aqiqah lebih banyak dengan menggunakan kambing jantan karena dagingnya yang banyak. Pembagian daging aqiqah sudah dalam keadaan dimasak lebih baik darpada dalam keadaan mentah, karena penerima daging tersebut bisa langsung memakannya tanpa repot mengeluarkan biaya untuk memasaknya.

Berbagi Sesama Dengan Aqiqah Peduli yang Sudah Dipercaya di Kalangan Masyarakat

Aqiqah Berkah adalah layanan atau jasa aqiqah yang sudah dipercaya dikalangan masyarakat. Di Aqiqah berkah terdapat dua paket yaitu Paket Aqiqah Mandiri dan Paket Aqiqah Peduli. Untuk anda yang ingin pesan layanan Paket Aqiqah Peduli tim Aqiqah Berkah siap membagikan atau menyalurkannya di sesama yang membutuhkan. Jangan berpikir panjang untuk pesan di Aqiqah Berkah, silahkan kunjungi websitenya aqiqahberkah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.