DESTINASI WISATA MADIUN

Madiun yang dahulunya bernama Purabaya berdiri tanggal 18 Juli 1568 dan kemudian berganti nama menjadi Madiun pada tanggal 16 November 1590. Madiun memiliki sebagian besar potensi hasil hutan, pertanian dan perkebunan.

Obyek wisata menjadi tujuan utama penghilang penat setiap orang. Di Kabupaten Madiun terdapat banyak sekali destinasi wisata yang musti kita kunjungi. Pada kesempatan artikel kali ini, Aqiqah Berkah akan membagikan informasi mengenai lokasi wisata yang banyak dikunjungi di Madiun.

Informasi lokasi wisata kali ini agar menjadi gambaran Anda ketika berkunjung ke kota pecel ini. Di lain kesempatan, Aqiqah Berkah telah berbagai makanan khas Madiun, untuk saat ini, inilah 5 (lima) lokasi wisata yang banyak dikunjungi di Madiun :

Wana Wisata Grape

Qurban Aqiqah (1)Wisata yang satu ini adalah wisata di Kab madiun tepatnya terletak di kaki gunung wilis dengan jarak 15 km dari Kota Madiun. Wana Wisata Grape terletak tepi hutan jati dengan luas hutan 1,5 hektar. Lokasi ini merupakan wilayah KPH Madiun.

Tempat wisata Madiun yang satu ini sangat cocok untuk refreshing setelah di dera kesibukan dan hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Grape merupakan salah satu obyek wisata yang bernuansa sejuk dan sangat alami, sehingga tidak sedikit orang memilih refreshing kesana.

Di Wana Wisata Grape juga terdapat sungai yang masih jernih mengalir dan bersumber dari mata air pegunungan Dungus. Sehingga Anda juga dapat melakukan aktifitas olahraga gunung seperti bersepeda, hiking, panjang tebing maupun kemah.

Monumen Kresek

Kota Madiun menjadi kota saksi sejarah kegalakan PKI tahun 1948. Penghargaan dan peringatan Madiun sebagai saksi sejarah PKI, terdapat suatu monumen sebagai peringatan adanya kegalakan PKI jama itu. Monumen tersebut dinamakan Monumen Kresek yang memiliki luas sekitar 2 hektar. Terletak 8 km ke arah timur Kota Madiun. Wisata yang satu ini dilengkapi dengan pendopo untuk temppat istirahat, taman, serta tanaman langka yang dilengkapi dengan area parkir.

Menurut beberapa cerita dari masyarakat Madiun, area monumen Kresek dahulunya dalah bekas rumah salah satu warga yang dijadikan tempat pembantaian PKI. Warga dikumpulkan dan dikurung di salah satu rumah tersebut untuk kemudian rumah tersebut dibakar bersama orang-orang didalamnya.

Air Terjun Krecekan Denu

Di Madiun terdapat wisata Air Terjun salah satunya bernama Air Terjun Krecekan Denu yang terletak di desa Kepel dekat dengan Grape. Jaraknya sekitar 4 km dari Grape. Tiket masuk untuk wisata ini hanya Rp 1.000,- per orang. Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus berjalan sekitar 15 menit dari lokasi parkir.

Qurban Aqiqah (2)

Air Terjun Serondo

Wisata air terjun lainnya di Madiun adalah Air Terjun Serondo yang terletak di lereng Gunung Wilis. Air terjun Serondo berada di ketinggian sekitar 400 mdpl dan dengan luas sekitar 6 hektar. Air terjun Serondo berasal dari sumber mata air dibawah gunung yang muncul di atas pohon rindang. Berlokasi di desa kare, yang merupakan salah satu wilayah Perkebunan kopi di Madiun.

Nglambangan

Destinasi wisata yang satu ini adalah obyekwisata berupa situs sejarah tempat dimana terdapat beberapa peninggalan dari zaman kerjaan majapahit seperti pura lambangsari, petirtaan, punden, lumbung, sumur kuno, tempat penyimpanan pusaka yang dinamakan dakon. Situs sejarah bernama Nglambangan ini terletak di Desa Nglambangan Kec. Wungu yang berjarak 8 km dari Kota Madiun arah timur. Saat bulan suro, lokasi mendadak berubah untuk digunakan sebagai upacara ritual tahunan.

Nah sahabat Aqiqah Berkah, itulah tadi lima lokasi wisata di Madiun yang sering menjadi tempat wisata tujuan para pendatang di Madiun. Meskipun di Madiun terdapat lokasi bersejarah penganut agama budha hindu, namun masyarakat di Madiun mayoritas memeluk agama Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.