Harga Domba Qurban 2016

HARGA DOMBA QURBAN 2016

Kebutuhan akan domba qurban tahun 2016 kian meningkat. Hewan sembelihan qurban yang banyak diminati adalah kambing dan domba. Segera persiapkan hewan qurban 2016 sekarang.

Bagaimana dengan persiapan hewan untuk qurban tahun 2016 / 1437 H ? Sudahkah saudara memesan kambing / domba qurban untuk qurban esok ? Jangan sampai terlambat mempersiapkan hewan sembelihan qurban 1437 H, pesan segera.

kambing edit

Hari Raya Qurban 1437 H tahun 2016 Insya Allah dilaksanakan pada bulan September 2016. Untuk itu segera pesan hewan qurban sekarang juga agar ibadah qurban lebih sempurna. Qurban merupakan penyembelihan hewan ternak bagi manusia untuk menjadi lebih dekat dengan kasih sayang Allah.

Dalam ilmu fiqih qurban disebut “udhiyya” yang berarti hewan yang disembelih saat Idul Adha. Menyembelih binatang dapat disebut “tadhiyya” yang berarti menyembelih hewan khusus pada waktu tertentu dengan niat ibadah dan ketaatan. Ini juga dapat disebut “zabh” dan “Nahr”.

Nilai dari ketaatan baribadah untuk menyembelih hewan qurban tidak sebanding dengan harga domba qurban 2016 yang harus dibayar. Yang dimaksud dengan hewan khusus diatas adalah hewan yang diterima menurut syariat agama sebagai kurban seperti domba, kambing, sapi dan unta.

Sedangkan yang dimaksud dengan waktu tertentu adalah hari Idul Adha. Dalam hukum islam, qurban merupakan ritual wajib yang dilakukan di dunia ini dan untuk mendapatkan amal baik (pahala) untuk akhirat.

banner 3

Ibadah qurban dilaksanakan dengan maksud untuk medekatkan dir kepada Allah SWT dan hanya dilakukan untuk Allah semata. Dilarang oleh agama untuk mengorbankan hewan bagi siapapun selain Allah. Rasulullah SAW memperingatkan kepada umat muslim untuk berqurban hanya pada Allah dan untuk Allah, bukan selain Allah. Bedrikut sabda Nabi Muhammad SAW :

“Semoga Allah melaknat orang-orang yang mengorbankan binatang untuk orang lain selain untuk Allah.” (Muslim, Nasai)

Hikmah disyariatkannya ibadah qurban adalah untuk mengenang sejarah Idul Adha sendiri yang dialami oleh Nabi Ibrahim dan sebagai suatu upaya untuk memberikan kemudahan pada hari Id. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw, “Hari-hari itu tidak lain adalah hari-hari untuk makan dan minum serta berdzikir kepada Allah Azza wa Jalla.”

Hewan yang diperbolehkan untuk dijadikan sembellihan qurban adalah onta, sapi (kerbau), domba dan kambing. Selain dari tiga jenis hewan tersebut tidak diperbolehkan untuk dijadikan hewan qurban. Allah SWT berfirman, “supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dianugerahkan Allah kepada mereka.” (Al-Hajj: 34).

Dari Abu Hurairah ra berkata, aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda, “Binatang qurban yang paling bagus adalah kambing yang jadza’ (powel/berumur satu tahun).” (HR Ahmad dan Tirmidzi).

Harga domba qurban 2016 berdasarkan pengamatan pada beberapa penjual domba, menempati harga dari Rp 1.000.000,- hingga Rp 2.400.000,-. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Beberapa ketentuan yang harus dipenuhi dalam hewan qurban adalah :

  • Cukup umurnya, untuk sapi berumur 2 tahun, kambing jawa berumur 1 tahun, domba ½ tahun, unta berumur 5 tahun
  • Domba berumur 1 tahun dan powel giginya
  • Tidak memiliki aib (cacat fisik)
  • Ternak tidak kurus
  • Diutamakan ternak berkelamin jantan dan tidak di kebiri
  • Ternak harus sehat

Adapun persyaratan tambahannya :

  • Ternak berasal dari daerah bebas penyakit menular
  • Ternak dipelihara secara baik
  • Ternak berasal dari penampungan yang jelas
  • Ternak mendapatkan perlakuan yang layak

Syarat berqurban dengan domba haruslah yang berumur setengah tahun, kambing jawa yang berumur satu tahun, sapi yang berumur dua tahun, dan unta yang berumur lima tahun, baik itu jantan atau betina. Hal ini sesuai dengan hadits-hadits di atas tadi.

Ibadah qurban tinggal sebentar lagi, maka segera persiapkan hewan sembelihan qurban segera. Pada Aqiqah Berkah yang tersedia adalah kambing qurban dengan harga Rp 1.850.000,- berat 24-29 Kg.

Leave a Reply

Your email address will not be published.