Harga Kambing Aqiqah Nganjuk

Berapa harga kambing aqiqah terbaru tahun 2016 ? Bagaimana syarat kambing aqiqah yang baik menurut islam ?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, berikut ini akan kita ulas mengenai harga kambing aqiqah Nganjuk dan syarat kambing aqiqah yang sesuai dengan syariat dan tuntunan agama Islam.

Saudara muslim yang dirahmati Allah, aqiqah merupakan penyembelihan hewan ternak sebagai pernyataan syukur orangtua atas kelahiran sang buah hati yang berstatus tergadai. Jadi bisa dibilang aqiqah sebagai penebusan anak yang masih tergadai.

Kambing nganjuk

Kebanyakan masyarakat kita khususnya di Nganjuk memilih beraqiqah dengan membeli kambing aqiqah di pasaran ketika mendekati waktu aqiqah tiba (H-1). Bila memilih kambing, pilihlah kambing yang berkualitas untuk sembelihan aqiqah putera puteri anda. Jangan sampai karena tergiur harga kambing murah lantas mengesampingkan kesempurnaan dan kesehatan kambing.

kambing editBerdasarkan pengamatan pada beberapa penjual kambing, harga kambing aqiqah Nganjuk mengalami pasang surut harga jual setiap bulannya. Peningkatan penjualan kambing untuk qurban terjadi saat musim haji tiba. Tercatat sejak tahun 2012 hingga 2015 harga kambing dengan berat 20-25 Kg mengalami kenaikan dan penurunan harga mulai Rp 1.000.000,- hingga Rp 2.400.000,-.

Besar prosentase kenaikan harga kambing aqiqah dipicu karena banyaknya para umat muslim yang ingin melakukan aqiqah khususnya di wilayah Nganjuk dan sekitarnya. Kenaikan dan penurunan harga kambing tidak terjadi pada satu tempat saja, melainkan terjadi hampir diseluruh wilayah di Indonesia. Beberapa media mencatat terjadi kenaikan harga jual hewan sekitar 15-30 % setiap tahunnya.

Bagi yang akan melakukan aqiqah untuk buah hati anda tahun 2016, segera pesan paket aqiqah maupun kambing aqiqah. Harga kambing Aqiqah Berkah 2016 disesuaikan dengan ukuran kambing serta usia kambing. Aqiqah Berkah melayani pemesanan paket aqiqah, kambing aqiqah hingga hewan qurban.

Pemesanan paket aqiqah maupun kambing aqiqah dapat menghubungi :

telphoneTelephone : 0858-5344-4472

smsSMS : 0858-5344-4472

whatsapp-logo-hd-2Whatsapp : 0858-5344-4472

Apa saja syarat sah kambing untuk aqiqah ?
Untuk mengetahui syarat utama kambing aqiqah, ada baiknya mengetahui jumlah kambing yang disembelih untuk aqiqah berdasarkan sunnah Nabi SAW. Sabda Rasulullah SAW :

عن الغلام شاتان وعن الجارية شاة لايضركم أذكرانا كن أم إناثا

“Untuk anak laki-laki dua kambing, dan untuk anak perempuan satu kambing, dan tidak memudharati kalian apakah kambing-kambing tersebut jantan atau betina.” (HR. Ashhabus Sunan, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany).

Berdasarkan keterangan hadits diatas, Rasul menganjurkan untuk menyembelih dua ekor kambing untuk bayi laki-laki. Seekor kambing disembelih untuk bayi perempuan. Rasul tidak mewajibkan untuk menyembelih kambing dengan jenis kelamin jantan dan tidak pula mengharamkan atau melarang menyembelih kambing betina.

Berikut ini 3 syarat kambing aqiqah yang disyariatkan agama Islam :

  1. Jenis kambing untuk aqiqah boleh menggunakan kambing yang berjenis kelamin laki-laki atau kambing jantan atau betina.
  2. Tentang umur dari kambing itu sendiri mereka mengkiaskan dengan umur kambing dhahaayaa (kambing qurban), yaitu : Untuk domba atau biri-biri cukup satu tahun atau kurang sedikit. Untuk kambing biasa umurnya cukup dua tahun dan masuk tahun ketiga.
  3. Adapun tentang sifatnya pun dikiaskan dengan dhahaayaa yaitu kambing yang sehat dan bagus bukan kambing yang cacat dan sakit sebagaimana yang telah diterangkan oleh Imam Malik.

Semoga informasi dan pengetahuan mengenai kambing aqiqah diatas bermanfaat untuk pembaca dan saudara muslim semua. Jangan lupa menginformasikan pada sanak saudara dan saudara yang membutuhkan informasi mengenai aqiqah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.