Harga Kambing Qurban Madiun

HARGA KAMBING QURBAN MADIUN

Kambing qurban yang banyak diminati masyarakat adalah kambing jenis gibas dan lokal. Karena kedua jenis kambing ini sangatlah mudah dijumpai dan di budidaya di Indonesia.

Sejarah adanya qurban telah disampaikan melalaui Al-Quranul Karim bahwa peristiwa qurban terdapat dua kejadian. Peristwa tersebut dilakukan oleh Habil dan Qabil, putera Nabi Adam serta pada saat Nabi Ibrahim akan mengorbankan Nabi Ismail atas perintah Allah. Adanya peristiwa dalam Al-quran tersebut kemudian umat islam mematuhi dan melaksanakan sesuai kurban sesuai tuntunan ajaran Islam.

Ibadah qurban merupakan ibadah yang dilakukan pada saat Hari Raya Idul Adha. Ibadah qurban dilakukan dengan tujuan ibadah kepada Allah SWT pada Hari Raya Haji dan tiga hari kemudian (tanggal 11 sampai 13). Ada ulama yang berpendapat bahwa ibadah qurban hukumnya sunnah, ada pula yang mehyatakan qurban itu wajib.

Bagi seluruh umat muslim yang kini telah mampu untuk turut serta melaksanakan ibadah qurban, hendaknya ikut serta berqurban di saat Idul Adha tiba. Sangat penting untuk diketahui mengenai harga hewan qurban, syarat hewan qurban serta syarat pembagian daging qurban yang benar menurut Islam. Berikut ini adalah beberapa syarat dan ketentuan pembagian daging qurban :

  1. Dalam berqurban, orang yang turut serta berqurban harus mampu menyediakan hewan sembelihan dengan cara yang halal tanpa berhutang.
  2. Hewan qurban haruslah binatang ternak seperti unta, sapi, domba dan kambing.
  3. Binatang qurban yang akan disembelih tidak memiliki cacat, tidak buta, sehat, tidak picang, telah berumur lebih dari satu tahun untuk kambing.
  4. Orang yang melakukan qurban adalah orang yang merdeka (bukan budak), baligh dan berakal.
  5. Daging hasil sembelihan qurban dibagi menjadi tiga, 1/3 untuk dimakan oleh yang berqurban, 1/3 disedekahkan dan 1/3 diberikan atau dihadiahkan kepada orang lain.

Rasulullah SAW bersabda :

“barang siapa menyembelih qurban sebelum shalat Hari Raya Haji, maka sesungguhnya ia menyembelih untuk dirinya sendiri. Dan barang siapa menyembelih qurban sesudah shalat hari Raya dan dua khotbahnya, sesungguhnya ia telah menyempurnakan ibadahnya, dan ia telah menjalani aturan Islam.” (Riwayat Bukhari)

Pada hadits tersebut, yang dimaksud dengan shalat Hari Raya ialah waktunya, bukan shalatnya. Karena mengerjakan sholat tidak menjadi syarat menyembelih qurban. Sabda Rasulullah SAW :

كل ايام التشريق ذ بح. رواه احمد

“Semua hari Tasyriq (tanggal 11-13 Haji) adalah waktu menyembelih qurban.” (Riwayat Ahmad)

Waktu-waktu yang sah dan dianjurkan oleh Islam untuk menyembelih binatang qurban adalah mulai dari matahari setinggi tombak pada hari Raya haji sampai terbenam matahari tanggal 13 bulan Haji seperti yang telah dijelaskan oleh Hadits diatas.

Dalam rangka menyambut Idul Adha 2016 di wiayah Kab. Madiun, Aqiqah Berkah siap menerima pemesanan hewan qurban terutama kambing dan sapi. Berikut ini harga hewan kambing qurban 2016 yang disediakan Aqiqah Berkah :

Kambing Qurban 2016 (Ready Stock)Harga Kambing Qurban Madiun

Jenis : Kambing Gibas
Berat : 24-29 Kg
Usia : > 1 tahun
Harga : Rp 1.850.000,-

Sapi Qurban 2016 (Ready Stock)

Jenis : Sapi Bali & Sapi Jawa
Berat : +/- 300 Kg
Usia : > 2 tahun
Harga : Rp 16.000.000,-

Informasi lainnya mengenai hewan kurban baik kambing maupun sapi silahkan hubungi customer service Aqiqah Berkah di nomor layanan :

SMS: 085749622504

Whatsapp: +6281335680602

PinBB: 7C0B38CE

Segera pesan hewan kurban Anda sejak sekarang. Karena dapat dipastikan ketika mendekati Idul Adha, harga kambing qurban dan sapi akan menaik sebab banyaknya para konsumen yang membeli sapi dan kambing untuk kurban. Terutama masyarakat di Jawa Timur yang mayoritas memeluk agama Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.