Hewan Qurban di Nganjuk

Mau tau informasi terupdate hewan qurban 1437 H di Nganjuk ? Segera check di www.aqiqahberkah.com dan pesan hewan qurban di nomor 085853444472 🙂

Berikut ini akan kami beri ulasan mengenai hewan qurban dan pengetahuan mengenai qurban berdasarkan syariat agama Islam. Mari kita simak ulasan artikel berikut ini !!Dalil Qurban

Ibadah qurban dilaksanakan saat Hari raya Idul Adha atau bulan Dzulhijjah dalam penanggalan Islam. Pada tahun 2016 ini atau Idul Adha 1437 Hijriah jatuh pada bulan September 2016. Maka segera persiapkan hewan qurban adara ibadah lebih sempurna.

Dasar perintah Idul Adha atau perintah qurban adalah dimulai tatkala Allah memerintahkan dan mengutus kepada Nabi Ibrahim melalui mimpinya untuk mempersembahkan putranya yakni Ismail. Di dalam Al-Quran telah disebutkan bahwa Ibrahim dan Ismail mematuhi perintah tersebut dan bertepatan saat Ibrahim akan menyembelih Ismail, Allah menggantinya dengan domba.

Berikut ini sejarah mengenai perintah berqurban yang tertera dalam Al-Quran ayat 107-108 Surat Ash-Shaffat (37). Melihat kandungan Surat Ash-Shaffat, Ibrahim As melaksanakan perintah dari Allah SWT untuk mengurbankan anaknya yang kemudian menjadi tuntunan untuk melaksanakan qurban yang diabadikan, ayat tersebut adalah :

“Dan kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. Kami abadikan anak Ibrahim (pujian yang baik ) dikalangan orang-orang yang datang kemudian “.

Syariat berqurban dengan menyembelih binatang ternak tersebut menjadi syariat untuk umat nabi Muhammad. Ibadah qurban itu disyariatkan kepada umat Muhammad pada tahun kedua dari Hijrah Nabi SAW. Sebagaimana disyariatkan shalat ‘Idul Adha, shalat ‘Idul Fitri dan Zakat.

Pada prinsipnya, binatang yang disembelih untuk qurban hendaknya yang baik dan tidak cacat. Pada hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi berqurban dengan menyembelih kambing yang bagus dan enak dipandang, Hadits Rasulullah :

Dari Anas semoga Allah meridhoinya, berkata: “ Bahwasanya Nabi SAW telah berqurban dengan dua ekor gibas yang enak dipandang mata lagi mempunyai tanduk. Beliau menyembelih sendiri dengan membaca Basmallah dan bertakbir.”

qurban 2016

Sebaliknya, hewan yang cacat tidak memenuhi kriteria untuk dijadikan hewan qurban. Mengingat Allah SWT telah berfirman dalam Surat Al Imran(3) ayat 92 :

”Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebaktian (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja kamu nafkahkan , maka sesungguhnya Allah mengetahuinya “.

Saudara muslim yang dirahmati Allah, maka mari kita persiapkan hewan qurban sejak sekarang untuk pelaksanaan qurban 1437 Hijriah yang bertepatan pada bulan September esok. Hewan qurban yang kita pilih haruslah sempurna dan cukup umur untuk di qurbankan.

Nabi SAW telah memberikan kriteria hewan yang tidak memenuhi syarat untuk berqurban ada empat. Yaitu berdasarkan pada hadits riwayat At Tirmidzi.

bismillahBersabda Nabi SAW, “Empat binatang yang tidak boleh dijadikan binatang qurban, yaitu yang buta lagi jelas kebutaannya, yang sakit lagi jelas sakitnya, yang pincang lagi jelas pincangnya, dan binatang kurus kering dan tidak bersih”.

Kriteria yang berkaitan dengan umur hewan qurban telah dipaparkan dalam beberapa hadits seperti berikut ini :

  1. Unta yang dapat disembelih untuk qurban adalah yang telah berumur 5 (lima) tahun
  2. Untuk sapi telah berumur 2 (dua) tahun
  3. Untuk kambing telah berumur 1 (satu) tahun

Itulah yang disebut “Musinnah”. Hadits yang menyatakan hal ini adalah hadits riwayat Muslim : “Dari jabir bahwasanya Rasulullah saw bersabda, “jangan kamu sembelih sebagai binatang qurban, kecuali yang telah “Musinnah”. Jika kamu sukar memeperolehnya, maka sembelihlah kambing yang masih muda “.

Mengenai syarat umur hewan qurban tidak mutlak, karena pada akhir hadits dinyatakan, “kalau kamu tidak memperolehnya, maka sembelihlah anak kambing”. Dalam keadaan yang sulit untuk mendapatkan hewan yang telah mencapai umur seperti diatas, kurang dari umur yang ditetapkan itu pun diperbolehkan. Tetapi ingat, hal itu hanya sebagai keringanan kalau memang benar-benar tidak didapati hewan yang telah cukup umurnya.

dalil qurbanHadits lain yang dapat kita jadikan dasar mengenai keringanan hewan qurban adalah Hadits Riwayat Bukhari Muslim : “Berkata ‘Uqbah bin Amir, aku berkata :”Ya Rasulullah, aku hanya memperoleh anak kambing”, Rasulullah menjawab : “Berqurbanlah dengan anak kambing itu”

Apa saja jenis hewan yang boleh untuk berqurban ? Mengenai jenis hewan qurban dari jenis jantan, hal itu bukanlah syari’at, melainkan suatu keutamaan menurut ulama Syafiiyah. Jadi hewan dari jenis betina juga telah mencukupi untuk disembelih sebagai hewan qurban, apabila jantan tidak didapati.

Pesan segera hewan qurban di Nganjuk. Tersedia kambing qurban dan sapi qurban dengan harga terjangkau. Anda juga dapat melakukan tabungan qurban agarbisa ikut serta berqurban saat Idul Adha. Pesan hewan qurban di nomor 085853444472.

Leave a Reply

Your email address will not be published.