Ingin Pesan Aqiqah Online Mudah? Ya Paket Aqiqah Cikarang Peduli

By August 24, 2019 Artikel No Comments

Assalamu’alaikum ayah dan bunda semuanya, ketemu kembali di website kami di qurban-aqiqah.com. Dan di artikel ini kami akan membahas mengenai aqiqah secara lengkap. Dan pasti ayah dan bunda ada yang belum mengetahui aqiqah secara dalam dan secara lengkap. Mari kita bahas bersama mengenai Aqiqah dibawah ini.

Pengertian Tentang Aqiqah

Pembahasan pertama ialah mengenai pengertian aqiqah dalam islam, Ibadah aqiqah merupakan sebagai ungkapan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena lahirnya bayi laki-laki atau perempuan.

Mengaqiqahi anak dilakukan dengan cara menyembelih hewan aqiqah yang berupa kambing atau domba entah itu berjenis kelamin betina ataupun jantan.

Bagi orang tua yang memeiliki bayi baru lahir sudah pasti merasa sangat bahagia dengan kehadirannya bayi tersebut. Maka dari itu dilaksanakannya aqiqah adalah sebagai wujud pengungkapan rasa bahagia ataupun gembira.

Dilaksanakannya ibadah aqiqah termasuk sunnah rosul dan juga sebagai wujud rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. dan juga mempererat tali saudara antar sesama umat islam.yang mereka mampu.

Apakah Hukum Aqiqah Itu Wajib ?

Di pembahasan yang kedua ialah mengenai hukum dari aqiqah. Hukum dari dilaksanakannya qiqah adalah sunnah mu’akkad (sunnah yang dianjurkan), maka dari itu untuk semua orang tua yang baru mempunyai bayi perempuan ataupun bayi laki-laki disunnahkan untuk mereka mengaqiqahi bayinya.

Ada beberapa manfaat melaksanakan ibadah aqiqah untuk anak, antara lain ialah:

  1. Mendapat pahala karena telah menjalankan sunnah rosul dan sebagai wujud rasa cinta kepada rosulnya,
  2. Akan ditingkatkan ibadah kita kepada Allah SWT
  3. Mendoakan sang bayi agar tumbuh menjadi anak yang sholeh dan sholekah
  4. Menghilangkan kotoran atau penyakit pada diri sang bayi
  5. Meningkatkan rasa cinta kita atara umat muslim
  6. Dapat melepaskan bayi dari kekangan jin yang telah mendampinginya sejak lahir.

Diantara beberapa manfaat diatas masih banyak lagi manfaat lain yang bisa diperoleh dengan melaksanakan ibadah aqiqah. Ibadah aqiqah juga sebagai bentuk pendekatan diri kita kepada Allah SWT.

Apa Hukum Aqiqah Setelah Dewasa ?

Hukum aqiqah bayi merupakan sunnah mu’akkad. Dan pelaksanaannya dilakukan pada saat hari ketujuh sejak kelahiran bayi, dan jika belum mapu melaksanakan pada hari tersebut tidak berdosa.

Meskipun kebanyakan ulama menjelaskan jika pelaksanaan aqiqah bayi tersebut sudah besar maka habis waktunya untuk mengaqiqahinya. Untuk orang tua yang belum mampu untuk menaqiqahkan anaknya tidak apa-apa untuknya bila tidak melaksanakannya.

Hari ke tujuh atau ke duapuluh satu merupakan keutamaan melaksanakan ibadah aqiqah, jika orang tua sudah mampu untuk mengaqiqahkan tidak pada waktu tersebut maka diperbolehkan melaksanakan aqiqah atau kapan saja semampunya.

Dan bila orang tua tidak dapat mengaqiqahinya waktu kecil diperbolehkan bagi anak untuk mengaqiqahi dirinya sendiri.

Hakikat Aqiqah Adalah Sebagai Ungkapan Rasa

Pembahasan berikut ialah mengenai Hakikat dari aqiqah, sebelumnya sudah dijelaskan bahwa hakikatnya aqiqah merupakan sebagai ungkapan rasa syukur semua orang tua kepada Allah SWT karena telah dikaruniai bayi laki-laki ataupun perempuan.

Dan Ibadah Aqiqah menurut syar’i adalah hewan yang disembelih untuk ditebuskan kepada anak yang telah dilahirkan. Untuk jumlah hewan aqiqah menurut sunnah yaitu berjumlah 2 ekor untuk anak laki-laki, dan 1 ekor untuk anak perempuan.

Sedangkan waktu dilaksanakannya aqiqah menurut sunnah ialah diwaktu hari ketujuh, empat belas, dan dua puluh satu setelah dilahirkannya bayi tersebut.

Dan Jika tidak mampu mengaqiqahi disalah satu waktu yang disunnahkan, maka orang tua masih bisa mengaqiqahi diwaktu kapan saja, setelah orang tua mampu mengaqiqahi.

Untuk manfaat mengaqiqahi anak diantaranya adalah melaksanakan sunnah rosul, sang anak terbebas dari statusnya yang tergadai, menyampaikan kabar gembira kepada tetangga, saudara ataupun teman dan sahabat atas kehadirannya sang buah hati.

Arti Walimah Aqiqah

Paragraf selanjutnya ialah berisi mengenai arti walimah aqiqah.Sebelumnya sama seperti yang dijelaskan diatas tadi bahwa Pengertian dari aqiqah dalam islam ialah sebagai pengungkapan rasa bersyukur kita kepada Allah SWT atas lahirnya sang buah hati.

Ibadah Aqiqah juga dilaksanakan dengan cara penyembelihan hewan kambing atau domba yang ditujukan untuk aqiqah. Dan pengertian dari walimah aqiqah yaitu ketetapan dari Allah SWT dan Rasul untuk melakukan pemotongan atau penyembelihan hewan kambing atau domba yang ditujukan untuk aqiqah dan selanjutnya memotong sebagian rambut dari bayi serta memeberi nama.

Setelah itu sambil memberikan hidangan untuk para tamu undangan sambil memberitahukan nama baru dari bayinya. Dan inti dari penjelasan tadi bahwa walimah artinya menyajikan makanan untuk acara aqiqah, pesta dan lainnya.

Aqiqah Menurut Islam Malaysia

Penjelasan selanjutnya ialah aqiqah menurut islam di malaysia. Pengertian aqiqah di malaysia dan di indonesia sama persis yaitu sebagai ungkapan rasa syukur semua orang tua kepada Allah SWT atas dilahirkannya seorang bayi lucu dan menggemaskan, entah itu bayi perempuan ataupun bayi laki-laki.

Sama halnya aqiqah juga dilakukan dengan cara menyembelih hewan kambing atau domba yang ditujukan untuk aqiqah. Ibadah aqiqah juga merupakan sunnah rosul wujud rasa cinta setiap orang tua kepada Nabi Muhammad SAW.

Ingin Pesan Aqiqah Yang Mudah dan Simple? Silahkan Pesan di Aqiqah Berkah

Dan pembahasan yang terakhir adalah mengenai Aqiqah yang mudah dan simple. Dan di Aqiqah Berkah adalah jasa layanan aqiqah yang sudah dipercaya dikalangan masyarakat.

Untuk Hewan aqiqah di Aqiqah Berkah juga sudah sesuai dengan syariat islam dan kambing atau dombanya berasal dari ternak sendiri. Untuk menyembelih hewannya juga dilakukan oleh tim ahli menyembelih dari Aqiqah Berkah yang tentunya sesuai syariat islam.

Masakan di Aqiqah Berkah juga dimasak oleh juru masak yang sudah ahli dalam bidangnya, sehingga cita rasa masakan di Aqiqah Berkah, Enak, Lezat, dan Tidak bau prengus.

Maka dari itu tidak usah diragukan lagi, silahkan pesan langsung di jasa layanan Aqiqah Berkahdi nomor layanan kami Aqiqah Berkah di 0813-3568-0602. Dan untuk kejelasannya mengenai Aqiqah Berkah bisa kunjungi website kami di aqiqahberkah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.