Jasa Aqiqah di Wilangan Nganjuk

JASA AQIQAH DI WILANGAN NGANJUK

Wilangan merupakan salah satu Kecamatan di wilayah Kab. Nganjuk yang terdapat makam sosok yang masyhur yakni Syekh Sulukhi. Beliau utusan dari kerajaan Demak untuk menyebarkan agama Islam.

Kecamatan Wilangan merupakan Kecamatan yang memiliki desa atau kelurahan paling sedikit di Kab. Nganjuk sama seperti Kec. Ngluyu. Di Wilangan terdapat 6 desa / kelurahan. Ke enam desa tersebut antara lain : Desa Mancon, Desa Ngadipiro, Desa Ngudikan, Desa Sudimoroharjo, Desa Sukoharjo, Desa Wilangan.

Jasa Aqiqah di Wilangan

Aqiqah

Aqiqah adalah menyembelih hewan ternak pada hari ketujuh dari hari lahirnya anak (lakilaki atau perempuan). Hukum aqiqah adalah sunnah bagi orang yang wajib menanggung nafkah si anak.

Rasylullah SAW bersabda :

من احب منكم ان ينسك عن ولد ه فليفعل عن الغلام شا تا ن مكا فا تان وعن الجا رية شاة. روا ه احمد وابو دا ود وا لنسا ئ.

“Barang siapa diantara kamu ingin beribadah tentang anaknya, maka kerjakanlah untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang sama umurnya, dan untuk anak perempuan seekor kambing”. (Riwayat Ahmad, Abu Dawud dan Nasai).

Untuk anak laki-laki hendaklah disembelih dua ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan seekor kambing saja. Hendaklah disembelih pada hari ketujuh dari hari lahirnya anak. Tetapi kalau tidak dapat, boleh juga beberapa hari setelah hari itu asal anak belum sampai baligh (dewasa).

Sabda Rasulullah SAW :

الغلم مر تهن بعقيقته تذ بح عنه في اليم السا بع و يحلق راسه و يسمي

“Anak yang baru lahir menjadi rungguhan samapi disembelihkan baginya aqiqah pada hari ketujuh dari lahirnya, dan di hari itu juga hendaklah dicukur rambut kepalanyadan diberi nama”. (Riwayat Ahmad dan Tirmidzi)

Yang dimaksud dengan menjadi rungguhan adalah sebagaimana rungguhan yang harus ditebus dengan membayar hutang. Begitu juga dengan anak, ditebus dengan disembelihkannya aqiqah.

Pesan Aqiqah 1

Binatang yang sah menjadi sembelihan aqiqah sama dengan keadaan binatang yang sah untuk qurban bai dari segi macamnya, umurnya dan jangan cacat. Orang yang melaksanakan aqiqah (shohibul aqiqah) boleh memakan daging sembelihan aqiqah dan hanya 1/3 dari daging aqiqah tersebut.

Dalam rangka membantu kelancaran aqiqah sahabat Aqiqah Berkah di Kec. Wilangan Nganjuk, kami menyediakan jasa layanan aqiqah di Wilangan Nganjuk. Untuk konsultasi dan pemesanan jasa aqiqah di wilayah Kec. Wilangan secara online silahkan hubungi nomor :

SMS : 0858-5344-4472

Call : 0858-5344-4472

Whatsapp : 0858-5344-4472

Pemesanan kambing aqiqah secara offline dapat datang langsung ke alamat Jl. Raya Baron Timur No. 1 Baron Nganjuk. Pelayanan online hingga 24 jam. Untuk offline, Aqiqah Berkah buka dari jam 08.00-16.00 WIB.

Aqiqah Berkah melayani jasa aqiqah di wilayah Wilangan seperti :

  1. Jasa Aqiqah di Desa Mancon
  2. Jasa Aqiqah di Desa Ngadipiro
  3. Jasa Aqiqah di Desa Ngudikan
  4. Jasa Aqiqah di Desa Sudimoroharjo
  5. Jasa Aqiqah di Desa Sukoharjo
  6. Jasa Aqiqah di Desa Wilangan

Dengan terlaksananya pelaksanaan aqiqah anak, maka akan lebih menyempurnakan ibadah Anda. Berikut ini manfaat atau faedah dari melaksanakan aqiqah anak :

  1. Menyampaikan berita tentang kehadiran anak serta secara tidak langsung mengabarkan tentang posisi nasab anak agar tidak ada persangkaan buruk terhadap status anak.
  2. Mengikuti panggilan sifat murah hati dan dermawan dan menjauhi panggilan sifat kikir dan pelit.
  3. Aqiqah adalah kelanjutan kebaikan dan ketundukan sebab melakukan hal ini semenjak masa bayi menunjukkan kemauan orang tua untuk berkorban dijalan Allah seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim.
  4. Melepas status anak yang masih tergadai karena anak tergadai dengan aqiqahnya.
  5. Imam Ahmad berkata bahwa syafaat anak kepada orang tua tergadai oleh aqiqahnya. Begitu juga Atha` bin Abi Rabah berkata bahwa yang dimaksud dengan tergadai adalah bahwa orang tua akan terhalang dari syafaat anaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.