Jasa Penyaluran Paket Aqiqah Citayam Peduli Yang Terpercaya

Assaalamualaikum semuanya, terimakasih bagi Anda yang sudah berkunjung di konten website ini. Pada kali ini akan dijelaskan tentang pengertian aqiqah beserta dengan dalilnya, pengertian aqiqah dalam Bahasa Jawa, cara aqiqah yang sesuai dengan sunnah, bolehkah makan daging aqiqah anak, hukum aqiqah wajib, cara menghitung aqiqah menurut Islam, dan yang lainnya. Langsung saja saya membahas mengenai hal hal tersebut, silahkan simak penjelasan penjelasan berikut ini.

A. Pengertian Aqiqah dan Dalil

Secara bahasa aqiqah diartikan memotong atau menyembelih, yang berasal dari kata Bahasa Arab. Sementara pengertian aqiqah jika menurut Istilah, Aqiqah yaitu proses menyembelih kambing untuk menebus bayi yang baru lahir dari status tergadainya oleh orang tua si bayi sebagai bentuk rasa syukur orang tua kepada Allah swt. atas karunia-Nya berupa kelahiran anak dengan disertai syarat syarat tertentu sesuai dengan tuntunan agama Islam. Dalil dalil mengenai aqiqah adalah sebagai berikut:

“Rasulullah SAW memerintahkan kepada kami supaya menyembelih aqiqah untuk anak laki laki dua ekor dan untuk anak perempuan seekor kambing” (HR. At-Tirmidzi)

“Anak anak tergadai pada aqiqahnya, disembelihkan pada hari ketujuh, dan pada hari ketujuh itu pula dicukurlah rambut si bayi dan diberi nama” (HR. At-Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah dari Hasan)

B. Pengertian Aqiqah Dalam Bahasa Jawa

Aqiqah minangka proses nyembeleh ternakan sing ditindakake dening wong tuwa lan tujuane minangka wujud rasa syukur kanggo wong tuwa marang Allah swt. kanggo lair saka bocah sing diiringi niat lan uga ana kahanan kanggo kahanan tartamtu.

Teges aqiqah ing syar’i yaiku sato kewan sing dipateni dening wong tuwa kanggo nebus bayi sing wis dilahirake menyang jagad iki. Hukum ngetrapake aqiqah yaiku sunnah mu’akkad, sanajan wong tuwa isih durung bisa.

Aqiqah minangka afdhal kanggo bocah lanang yaiku nggunakake 2 wedhus utawa wedhus, dene kanggo bocah wadon mung nggunakake 1 wedhus utawa wedhus. Disunnahkan nganakake sato kewan kanggo anak aqiqah ing dina kaping pitu kelairane bayi, kanthi syarat yen wong tuwane bisa.

Yen ing dina kapitu wong tuwa ora bisa, mula ing dina kaping papat lair anak. Lan yen durung bisa, mula dina kaping rong puluh dina ulang taun anak kasebut. Yen isih ora praktek, mula bisa ditindakake kapan wae wong tuwa.

C. Cara Aqiqah Sesuai Sunnah

Cara melaksanakan aqiqah sesuai sunnah adalah sebagai berikut:

Menyembelih hewan ternak, yaitu dengan berjumlah sebanyak dua ekor kambing untuk anak laki laki dan hanya 1 ekor kambing untuk anak perempuan.

Dan hewan tersebut sudah cukup usianya, jika menggunakan kambing berusia minimal satu tahun jika menggunakan domba berusia minimal 6 bulan. Dan juga hewan tersebut sehat dan tidak cacat fisiknya
Sembelih pada hari ke-tujuh, ke-empat belas, atau ke-21 dari kelahiran si bayi dengan niat untuk aqiqah


Cukur sebagian rambut si bayi dan panjatkan doa doa untuk si bayi. dan juga pembacaan Al-qur’an dan pembacaan tahlil
Bagikan daging hasil aqiqah tesebut kepada tetangga, sahabat, kerabat, fakir miskin dan yang lainnya

D. Apakah Boleh Makan Daging Aqiqah Anak ?

“Aqiqah yang sesuai sunnah, untuk anak laki laki dua ekor kambing dan untuk anak perempuan seekor kambing. Dimasak utuh tulangnya, tidak dipecah tulangnya, dimakan sendiri, diberikan ke orang lain, dan disedekahkan” Hadits ini berasal dari ‘Aisyah r.a.

Dan pada kitab Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah disebutkan pula bahwa orang yang beraqiqah dapat membagikan hasil aqiqah tersebut dalam bentuk daging mentah ataupun dalam bentuk masakan daging, tetapi akan lebih baik jika dibagikan dalam keadaan sudah dimasak.

Kemudian hasil daging aqiqah tersebut dibagikan atau disedekahkan pada fakir miskin, para tetangga, kerabat, atau teman dekat. Yang berarti keluarga nya pun boleh memakan hasil aqiqah tersebut. Atau bisa juga mengundang orang fakir miskin atau pun orang kaya untuk memakan hasil hasil masakan aqiqah tersebut di rumahnya.

E. Apakah Hukum Aqiqah Wajib ?

Jawabannya adalah tidak, karena hukum aqiqah adalah sunnah muakkad, jadi sebaiknya dilaksanakan. Tetapi jika belum mapu melaksanan, maka diperbolehkan kapan saja melaksanakan aqiqah saat sudah mampu melaksanakannya.

Hari hari yang disunnahkan adalah pada hari ke-tujuh, ke-14, atau dihari ke-21 dari kelahiran si bayi. Aqiqah bukanlah wajib, melainkan sunnah, sunnah yang lebih baik dilaksanakan. Karena Nabi Muhammad SAW juga melaksanakan aqiqah untuk cucu nya, yaitu Hasan dan Husain.

Jika Anda melaksanakan aqiqah anda akan mendapat banyak pahala, karena telah melaksanakan sunnah Rasulullah SAW. selain itu, juga dapat meningkatkan ibadah kepada Allah swt. karena didalam acara aqiqah akan ada pembacaan Al-Qur’an dan pembacaan tahlil.

F. Cara Menghitung Aqiqah Menurut Islam

Jika menurut sebagian besar ulama, maka perhitungan tujuh hari aqiqah dimulai dari waktu siang hari, sedangkan waktu malam hari tidak dihitung dan hitungannya menjadi hari berikutnya.

Sebagai contoh, misalnya bayi lahir pada hari Senin (tanggal 1 bulan Januari) di siang hari, maka perhitungan aqiqah dimulai dari hari Senin tersebut, jadi pelaksanaan aqiqahnya adalah pada hari Ahad (tanggal 7 bulan Januari).

Dan apabila si bayi lahir pada hari Senin (tanggal 1 bulan Januari) di malam hari), maka perhitungan awal aqiqah dimulai dari hari esoknya, yaitu pada hari Selasa (taggal 2 bulan Januari), jadi tujuh hari kelahiran si bayi untuk pelaksanaan aqiqah adalah pada hari Senin (taggal 8 bulan Januari).

G. Aqiqah Murah, Mudah, dan Amanah Ya Hanya Di Aqiqah Berkah Peduli

Layanan Aqiqah Peduli merupakan salah satu dari dua paket layanan aqiqah di Aqiqah Berkah. Layanan aqiqah peduli ini akan menyalurkan aqiqah ke tempat tempat membutuhkan yang sudah Anda amanah kan kepada kami.

Dengan bekerja secara profesional, maka sudah pasti pengantarannya akan tepat waktu sesuai dengan waktu yang sudah Anda informasikan kepada kami. Aqiqah Berkah menyediakan berbagai menu menu masakan yang lezat dan juga tidak ada bau prengus kambing, karena masakan tersebut dimasak oleh juru masak yang sudah berpengalaman.

Dan dua paket layanan aqiqah dari Aqiqah Berkah adalah Paket Aqiqah Peduli dan Paket Aqiqah Mandiri. Paket Aqiqah Mandiri merupakan paket layanan aqiqah yang menu menu masakannya akan diantar ke alamat Anda, berbeda dengan paket Aqiqah Peduli yang menu masakannya diantar ke tempat tempat membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.