Jasa Penyaluran Paket Aqiqah di Condet Peduli Yang Mudah Dan Amanah

By August 21, 2019 Artikel No Comments

Assaalamualaikum ayah dan bunda semunya, terimakasih karena sudah menyempatkan waktunya untuk berkunjung di konten website kami di Aqiqah Berkah. Dan pada konten kali ini kami akan menjelaskan tentang penjelasan tentang aqiqah, pengertian dari qurban dan aqiqah, apa beda dari pengertian aqiqah dan qurban, lebih baik melaksanakan aqiqah atau qurban terlebih dulu, apa fungsi aqiqah dan qurban, apakah benar melakukan aqiqah dulu baru melakukan qurban. Mari langsung saja kita bahas bersama berbagai pengertian diatas.

A. Pengertian Dari Aqiqah

Aqiqah merupakan suatu proses menyembelih binatang ternak kambing atau domba yang dilaksanakan dari orang tua bayi tersebut dengan bertujuan sebagai perwujudan ungkapan rasa bersyukur orang tua kepada Allah SWT karena telah dikaruniai sang buah hati tercinta.

Setelah kelahiran sang bayi, maka bayi tersebut sebaikanya di aqiqahi dengan syarat dan ketentuan sesuai agama islam. Dan makna aqiqah secara syar’i ialah hewan yang disembelih oleh kedua orang tua bertujuan untuk menebus sang bayi dari status tergadai.

Hukum melakukan aqiqah adalah sunnah mu’akkad, Aqiqah sangatlah penting bagi diri sang bayi yang baru lahir ke dunia, dan tujuan untuk diaqiqahinya sang bayi maka bayi tersebut akan terbebas dari status tergadai dan bayi tersebut akan banyak yang mendoakan.

Pelaksanaan aqiqah sendiri menurut sunnah dilaksanakan dihari ketujuh, empat belas, dan dua puluh satu setelah kelahiran sang bayi. Dan apabila dihari tersebut kedua orang tua belum berkemampuan mengaqiqahibayinya maka aqiqah bisa digantikan ketika orang tua sudah berkemampuan mengaqiqahi anaknya.

B. Pengertian Qurban dan Aqiqah

Menurut bahasa aqiqah artinya ialah memotong atau menyembelih, yang berasal dari kata Bahasa Arab.

Sedangkan menurut Istilah, Aqiqah ialah penyembelihan bianatang ternak kambing atau domba sebagai bentuk wujud rasa syukur kedua orang tua kepada Allah swt. atas lahirnya seorang bayi dengan syarat tertentu yang sesuai dengan syariat Islam dan disunnahkan untuk dilaksanakan pada saat bayi masih berusia tujuh hari.

Dan penjelasan mengenai qurban menurut bahasa ialah dekat atau mendekatkan diri, berasal dari kata Bahasa Arab.

Dan pengertian qurban menurut istilah yaitu proses menyembelih hewan kambing atau domba bisa yang dilakukan saat hari besar Islam yakni hari raya Idul Adha dan juga pada saat hari tasyriq yang bertujuan sebagai pendekatan diri kepada Allah swt..

C. Perbedaan Pengertian Aqiqah dan Qurban

Ada perbedaan antara kedua ibadah aqiqah dan qurban, antara lain:

  1. Aqiqah merupakan ibadah sunnah yang dilakukan untuk bayi yang baru dilahirkan didunia sebagai bentuk atau wujud dari ungkapan rasa syukur kedua orang tua kepada Allah SWT. Sedangkan qurban merupakan ibadah sunnah yang dilaksanakan dengan tujuan agar diri menjadi merasa lebih dekat dengan Allah swt.
  2. Aqiqah yang paling afdhol dilaksanakan pada tujuh hari dari kelahiran bayi. Sementara qurban dilaksanakan saat sesudah sholat Idul Adha dan 3 hari setelahnya, atau pada tanggal 11,12,13, Dzulhijjah
  3. Daging aqiqah lebih baik dibagikan sesudah dimasak terlebih dahulu dan sudah dalam keadaan matang menjadi makanan sedangkan pembagian dalam daging qurban, ialah dibagikan dalam keadaan mentah dan tidak perlu dimasak terlebih dahulu.
  4. Melaksanakan aqiqah adalah dengan menyembelih salah satu dari dua jenis hewan ternak, yaitu kambing atau domba. Sementara qurban dengan menyembelih hewan ternak, antara lain sapi, kambing, domba, kerbau, atau unta
  5. Aqiqah hanya dapat dilaksanakan satu kali saja dalam seumur hidup, sementara qurban dapat dilaksanakan setiap tahun apabila memang sudah mampu

D. Apakah Aqiqah Dulu Atau Qurban Dulu ?

Jawabannya adalah tergantung situasi dan kondisi. Maksudnya adalah jika kondisinya mendekati hari raya Idul Adha, maka lebih baik mendahulukan qurban terlebih dahulu.

Dan jika kondisinya masih jauh dari hari saat Idul Adha, maka lebih baik laksanakan ibadah aqiqah untuk anak Anda terlebih dahulu. Baik pula apabila Anda menginginkan keduanya dilaksanakan bersamaan, dan mengikuti pendapat Imam Ramli yang memperbolehkan dua niat dalam menyembelih hewan, yaitu niat untuk beraqiqah sekaligus niat untuk berqurban.

Dikarenakan pada aqiqah dan qurban memiliki cara yang berbeda dalam membagikan hasil sembelihan, yaitu pada pembagian daging aqiqah boleh juga dibagikan dalam keadaan mentah tetapi kan menjadi lebih baik jika pembagiannya dalam keadaan matang, dan pada qurban daging dibagikan masih dalam keadaan mentah.

Untuk pembagian hasil daging sembelihan itu, tidak perlu dipermasalahkan karena kedua cara pembagian daging tersebut adalah untuk meraih keutamaan, bukan untuk keabsahan dalah beribadah.

E. Apa Fungsi Aqiqah dan Qurban ?

  1. Sebagai wujud ungkapan dari rasa syukur kedua orang tua kepada Allah swt. atas karunia-Nya berupa kelahiran sang buah hati tercinta.
  2. Mengajarkan sejak dini kepada anak yang masih kecil untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah swt.
  3. Bisa semakin mempererat tali persaudaraan dan tali silaturahmi diantara para tetangga dan antara sesama umat Muslim.
  4. Menunjukkan rasa tanggung jawab orang tua atas amanah yang sudah diberikan oleh Allah swt.
  5. Menumbuhkan sikap kepedulian sosial terhadap orang orang yang membutuhkan lainnya.

B. Fungsi qurban

  1. Sebagai sarana untuk melaksanakan pendekatan diri kepada Allah swt.
  2. Mengikuti sunnah Rasululullah SAW
  3. Turut serta memperhatikan gizi orang orang yang kurang mampu dengan memberika hasil daging qurban
  4. Melatih sifat sabar dan jiwa rela berkorban, sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
  5. Mewujudkan ke-setiakawan-an dan kepedulian sosial

F. Apakah Harus Aqiqah Dulu Baru Qurban ?

Jawabannya adalah iya, harus aqiqah terlebih dahulu, jika dalam kondisi dimana hari raya Idul Adha masih jauh jauh hari. Dikarenakan hal ini tergantung situasi dan kondisi saat itu.

Tetapi jika ingin melaksanakan keduanya secara bersamaan diperbolehkan juga dengan dua niat saat menyembelih hewan, berniat untuk beraqiqah dan berniat untuk berqurban, hal ini sesuai dengan pendapat Imam Ramli.

Untuk perbedaan dalam pembagian hasil sembelihannya pada daging aqiqah lebih baik dibagikan dalam keadaan matang atau sudah dimasak dan pada daging qurban dibagikan masih dalam keadaan mentah atau belum dimasaka atau diolah menjadi makanan, dan daging aqiqah juga boleh dibagikan dalam bentuk daging segar atau masih mentah, sama dengan pembagian dalam daging qurban.

Hal ini dikarenakan kedua cara pembagian daging tersebut adalah untuk meraih keutamaan, bukan untuk keabsahan dalah beribadah.

G. Pesan Aqiqah di Aqiqah Berkah Begitu Mudah

Berikut adalah cara pemesanan aqiqah di Aqiqah Berkah:

  1. Silahkan ayah dan bunda hubungi nomor layanan kami Aqiqah Berkah di 0813-3568-0602
  2. Selanjutnya informasikan kepada kami bisa melalui SMS, WA atau email mengena putra atau putri ayah bunda yang akan diaqiqah, dengan format nama anak yang akan diaqiqahi, tempat tanggal lahir anak, dan nama kedua orang dari anak, serta tanggal pelaksanaan aqiqah, sambil mencantumkan alamat rumah Ayah dan bunda untuk tempat pengiriman laporan pelaksanaan aqiqah serta serifikat.
  3. Kemudian transfer dana ke nomor rekening yang sudah diinformasikan oleh tim Aqiqah Berkah.
  4. Dan jika ayah dan bunda sudah mentransfer biaya untuk aqiqah ke rekening Aqiqah Berkah, maka segera konfirmasi kepada kami
  5. selanjutnya pelaksanaan aqiqah akan dilaksanakan sesuai dengan hari dan tanggal yang sudah Ayah dan bunda amanahkan kepada kami.
  6. Kurang lebih setelah tiga hari pelaksanaan aqiqah, kami akan mengirim laporan dan sertifikat aqiqah seta berkas berkas aqiqah melalui via pos ke alamat ayah dan bunda
  7. Dan yang terakhir Segera konfirmasi kepada kami jika laporan dan berkas aqiqah sudah sampai di rumah ayah dan bunda.


daftar harga aqiqah mandiri


daftar harga aqiqah peduli

Leave a Reply

Your email address will not be published.