Jual Kambing Qurban Jakarta Selatan

Jual Kambing Qurban Murah Jakarta Selatan

Para sahabat yang berbahagia kini sebelum kami mengulas mengenai kambing qurban murah di Bogor. Kami akan mengulas dahulu mengenai syarat-syarat penyembelihan. Simak ulasan berikut ini..

SYARAT-SYARAT PENYEMBELIHAN

Syarat-syarat penyembelihan, antara lain :

1. Orang yang Menyembelih Adalah Seorang Muslim atau Ahli Kitab (yahudi atau nashrani), Laki-laki atau Wanita
Allah SWT berfirman;
”Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al-Kitab itu halal bagimu, dan makananmu halal (pula) bagi mereka.”

Adapun seorang penyembah berhala, maka sembelihannya tidak dihalalkan, demikian pula orang yang murtad.
Diantara dalil yang menunjukkan bolehnya memakan sembelihan yang dilakukan olah wanita adalah hadits Ka‟ab bin Malik r.a ia berkata;
”Bahwasannya seorang wanita menyembelih seekor domba dengan batu, lalu Nabi a ditanya tentang hal itu, kemudian beliau memerintahkan untuk memakannya.”

Dan Nabi SAW pernah memakan kambing yang dihadiahkan oleh seorang wanita yahudi. Beliau juga pernah memakan roti yang kurang enak pada penjamuan yang diadakan oleh seorang yahudi yang mengundang beliau.

2. Orang yang Menyembelih Adalah Orang yang
Berakal dan Tamyiz Tamyiz adalah dapat membedakan yang berbahaya dan tidak. Tamyiz biasanya dimulai sejak anak berusia tujuh tahun. Dengan demikian tidak halal hukumnya sembelihan orang gila, orang yang dalam keadaan mabuk, anak kecil yang belum tamyiz, atau orang tua yang telah kehilangan sifat tamyiz, dan yang semisalnya.

3. Ada Kesengajaan Untuk Menyembelih
Menyembelih merupakan suatu perbuatan yang membutuhkan niat. Sehingga jika tidak ada niat menyembelih, maka sembelihannya tidak sah.

4. Meyebut Nama Allah Ketika Menyembelih
Menyebut Nama Allah SWT adalah syarat kehalalan hewan sembelihan. Barangsiapa yang tidak menyebut Nama Allah dengan sengaja, maka sembelihannya tidak halal. Allah SWT berfirman;
“Maka makanlah hewan-hewan (yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, jika engkau beriman kepada ayat-ayat-Nya.”

Apabila disebutkan padanya nama selain Allah, maka menjadi tidak halal, meskipun nama Allah juga disebut. Dalam hadits qudsi yang shahih, Allah SWT berfirman;
“Barangsiapa yang beramal dengan menyekutukan-Ku dengan sesuatu yang lain, maka Kutinggalkan ia bersama sekutunya tersebut.”

Catatan :

  1. Apabila seorang muslim lupa tidak membaca Basmalah, maka sembelihannya tetap halal.
    Pendapat mayoritas ulama‟ diantara tiga imam madzhab yang empat, bahwa membaca basmalah bagi seorang muslim ketika menyembelih adalah wajib ketika ingat, tidak mengapa jika lupa.
    Berdasarkan hadits dari Ibnu „Abbas p dari Nabi SAW beliau sabda;
    ”Sesungguhnya Allah memaafkan perbuatan umatku yang disebabkan oleh salah, lupa, atau dipaksa.”
  2. Apabila penyembelihnya dilakukan oleh orang yang bisu sehingga tidak bisa mengucapkan bismillah, maka ia dapat menggantikan dengan isyarat. Ini adalah pendapat Syaikh Muhammad bin Shalih Al- ‟Utsaimin rahimuhullah.
  3. Tidak ada keharusan untuk menanyakan cara penyembelihan. Diriwayatkan dari „Aisyah r.a, ia berkata;
    “Beberapa orang berkata kepada Nabi SAW, “Ada sekelompok orang memberi kami daging namun kami tidak tahu apakah mereka menyebut Nama Allah atau tidak?” Maka Nabi a bersabda, “Bacalah Bismillah oleh kalian dan makanlah.”
    „Aisyah r.a berkata, „Orang-orang yang menghadiahkan daging tersebut adalah orang yang
    baru saja meninggalkan kekufuran.‟”
    Berkata Syaikh Muhammad bin Shalih Al- „Utsaimin rahimahullah;
    “Tidak ada keharusan untuk menanyakan cara menyembelih yang dilakukan oleh seorang muslim atau kitabi (ahli kitab), apakah membaca bismillah atau tidak. Bahkan hal tersebut tidak pantas dilakukan, karena itu termasuk sikap berlebih-lebihan dalam beragama. Nabi a sendiri memakan sembelihan yahudi tanpa bertanya terlebih dahulu.”
  4. Apabila seorang mengetahui dengan jelas, bahwa seorang ahli kitab yang menyembelih dengan menyebut nama selain Allah, maka sembelihan tersebut menjadi tidak halal baginya. Imam Az-Zuhri rahimahullah berkata;
    “Sembelihan nashara halal. Apabila engkau mendengarnya menyebut atas nama selain Allah ketika menyembelih, maka janganlah engkau makan.”

5. Menyembelih Dengan Menggunakan Alat yang Dapat Mengalirkan Darah, Selain Tulang dan Kuku
Hal ini berdasarkan riwayat dari Rafi‟ bin Khudaij r.a ia berkata, Rasulullah SAW bersabda;
”Apa saja yang dapat mengalirkan darah dan disebutkan Nama Allah, makanlah, asalkan alat tersebut bukan gigi dan kuku. Adapun gigi adalah tulang dan kuku adalah pisau orang Habasyah.”

6. Memutuskan Dua Saluran Darah dan Dua Urat Leher; Tenggorokan (Saluran Pernafasan), Dan Kerongkongan (Saluran Pencernaan)
Dalam hal peyembelihan hewan dibagi menjadi dua, yaitu :

a. Hewan yang dapat disembelih
Untuk hewan yang dapat disembelih, maka hewan tersebut disembelih pada pangkal lehernya, dengan memutuskan dua saluran darah dan dua urat leher; tenggorokan (saluran pernafasan), dan kerongkongan (saluran pencernaan). Sebagaimana atsar dari Ibnu ‟Abbas rahimahullah, ia berkata;
”Menyembelih itu pada leher dan pangkal lehernya.”

Berkata Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‟Utaimin rahimahullah;
”Terpotongnya semua saluran (dua saluran urat leher, kerongkongan, dan tenggorokan) itu jelas lebih utama, lebih bersih, dan lebih suci, akan tetapi jika hanya dicukupkan dengan dua saluran urat leher saja, maka menurut pendapat yang benar bahwa sembelihannya halal. Adapun jika hanya dicukupkan dengan tenggorokan dan kerongkongan saja, maka berdasarkan pendapat yang benar bahwa sembelihan itu diharamkan.”

Catatan :
Adapun hewan yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam hewan buas, yang masih dalam keadaan hidup dan masih sempat disenyembelih secara syar‟i, maka menjadi halal.

Adapun tanda-tanda hewan tersebut masih dalam keadaan hidup adalah masih bergerak dan memancarkan darah segar yang deras ketika disembelih.

b. Hewan yang tidak dapat disembelih
Adapun hewan yang yang tidak dapat disembelih, maka hewan tersebut dilukai sesuai dengan kemampuan dengan melukai di tempat mana saja dari badannya, asalkan darah bisa mengalir pada bagian tubuh yang mana saja sudah mencukupi (sah). Akan tetapi yang lebih utama adalah memilih bagian tubuh yang menyebabkan nyawa lebih cepat keluar, karena hal tersebut labih menyenangkan bagi hewan dan tidak menyiksa.

Diriwayatkan bahwa para sahabat mendapatkan rampasan perang berupa unta dan kambing, lalu seekor unta manjadi liar dan lari. Kemudian seorang melepaskan panah ke arahnya dan tepat mengenainya. Rasulullah SAW bersabda;
”Sesungguhnya unta itu memiliki sifat liar seperti liar hewan lainnya. Apabila ada unta yang lari lagi, maka lakukanlah seperti itu.”

Ibnu „Abbas p berkata; “Apa saja yang engkau tidak mampu untuk menyembelihnya dari hewan, maka hukumnya seperti buruan. Unta yang lari dan jatuh kedalam sumur dan engkau mampu menyembelihnya pada bagian mana saja, maka sembelihlah. Ini adalah pendapat „Ali, Ibnu „Umar, dan „Aisyah r.a.”

Nah itulah mungkin yang dapat kami sampaikan. Berikut ini harga kambing yang ada di jakarta selatan. mari di simak agar tau harganya sesuai dengan jenis kambingnya.

Daftar Harga Kambing dan Sapi Qurban di Jakarta Selatan

Untuk sobat semua yang tinggal di Jakarta Selatan dan ingin membeli kambing untuk berqurban kami memberikan referensi harga kambing qurban berikut ini:

A. Kambing qurban 2016 (Ready Stock)
– Jenis : Kambing / Domba Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

B. Harga Sapi qurban 2016 (Ready Stock)
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Nilai tambah hewan qurban Aqiqah Berkah
– Syarat hewan qurban sesuai syar’i
– Umur hewan telah mencukupi (Nishab)
– Dipelihara secara baik dan tidak ber-aib
– Ternak berasal dari daerah bebas penyakit menular
– Ternak berasal dari penampungan yang jelas
– Ternak mendapatkan perlakuan yang layak

Silahkan bagi sahabat Aqiqah Berkah yang ada di wilayah Jakarta Selatan dan sekitarnya yang ingin memesan penawaran paket qurban 2016 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

SMS / TELPON :

0858-5344-4472

Leave a Reply

Your email address will not be published.