Kambing Aqiqah Mejayan Madiun

KAMBING AQIQAH MEJAYAN MADIUN

Anda membutuhkan informasi mengenai kambing untuk aqiqah di wilayah Kecamatan Mejayan Madiun ? Aqiqah Berkah wilayah Mejayan Madiun menyediakan kambing untuk aqiqah yang telah diseleksi sesuai tuntunan syariat Islam. Pesan kambing aqiqah online 085853444472.

Sedia Kambing Aqiqah Mejayan Madiun

Setiap bayi muslim yang terlahir di dunia ini disyukuri dengan bentuk aqiqah. Aqiqah dilakukan hanya sekali dalam seumur hidup. Untuk itu, dalam pelaksanaan aqiqah berikan pelayanan, jamuan terbaik dan kesan yang terbaik untuk kesempurnaan ibadah sunnah.

Anjuran ibadah aqiqah dilaksanakan dengan penuh ikhlas dan penyembelihan hewan ternak berupa kambing maupun domba. Karena di wilayah Kec. Mejayan Madiun paling mudah dan banyak dijumpai kambing dari pada domba, sehingga aqiqah lebih dominan dengan menyembelih hewan kambing.

Selain ditandai dengan penyembelihan hewan ternak berupa kambing, aqiqah ditandai pula dengan mencukur rambut di kepala sang bayi dan memberi nama yang baik untuk sang bayi. Berilah nama yang baik dan yang dianjurkan oleh Islam, jangan memberi nama anak seperti nama berhala.

Jumlah Kambing Untuk Aqiqah

Ketentuan mengenai jumlah kambing yang disembelih untuk aqiqah antara laki-laki dan perempuan berbeda. Untuk anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan disembelihkan seekor kambing saja.

Sabda Rasulullah SAW :

عن الغلام شاتان وعن الجارية شاة لايضركم أذكرانا كن أم إناثا

“Untuk anak laki-laki dua kambing, dan untuk anak perempuan satu kambing, dan tidak memudharati kalian apakah kambing-kambing tersebut jantan atau betina.” (HR. Ashhabus Sunan, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany).

Berdasarkan keterangan hadits diatas, Rasul menganjurkan untuk menyembelih duaekor kambing untuk bayi laki-laki. Seekor kambing disembelih untuk bayi perempuan. Rasul tidak mewajibkan untuk menyembelih kambing dengan jenis kelamin jantan dan tidak pula mengharamkan atau melarang menyembelih kambing betina.

Tata Cara Menyembelih Kambing

Berikut ini tata cara penyembelihan hewan aqiqah yang benar menurut tuntunan dan syariat ajaran Islam :

  1. Membaca Basmallah
  2. Membaca Shalawat Nabi
  3. Membaca Takbir
  4. Disembelih sendiri (apabila diwakilkan hendaknya menyaksikan penyembelihan)
  5. Membaca doa penyembelihan aqiqah
  6. Hewan yang disembelih dihadapkan ke kiblat dengan posisi di miringkan, rusuk kiri disebelah kanan
  7. Dagingnya setelah dimasak kemudian dibagikan kepada orang miskin dan tetangga
  8. Dilaksanakan pada hari ke-7 / ke-14 / ke-21 dari hari kelahiran anak
  9. Pada pelaksanaan tersebut juga dilakukan cukur/potong rambut bayi serta diberi nama yang baik

Perlu diketahui juga bahwa saat menyembelih dan memotong kambing aqiqah, tulang sembelihan tidak boleh dipotong atau sampai menyebabkan rusak. Rosul memberikan petunjuk dan keterangan lebih dalam perihal memilih kambing aqiqah. Rosul bersabda, “Jangan kalian menyembelih kecuali hewan yang sudah memenuhi umur, kecuali kalau sulit bagi kalian. Apabila sulit bagi kalian maka sembelihlah kambing dari domba.”

Ada baiknya ketika akan melaksanakan sembelihan kambing aqiqah atau memilih kambing untuk aqiqah, perhatikan kesempurnaan kambing. Meskipun harga jual kambing murah, namun kualitas haruslah yang utama. Karena kelak daging aqiqah tersebut akan dimakan oleh orang banyak.

Kesempurnaan kambing tidak hanya dilihat dari segi bebas dari cacat saja, melainkan pula dari segi umur kambing dan kesehatan kambing. Jangan sampai kambing yang anda pilih ternyata terserang penyakit. Ini akan berakibat pada orang yang memakan daging kambing tersebut.

Aqiqah Berkah menyediakan kambing untuk aqiqah di Mejayan Madiun dan sudah dipilih sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Harga jual kambing aqiqah Mejayan Madiun mulai dari Rp 1.850.000,- dengan berat 24-29 Kg jenis kambing gibas. Kambing gibas termasuk dalam kategori kambing pedaging, sehingga akan dihasilkan banyak daging ketika disembelih.

Pemesanan kambing aqiqah di wilayah Kec.Mejayan Kab. Madiun secara online, hubungi nomor :

SMS : 0858-5344-4472

Call : 0858-5344-4472

Whatsapp : 0858-5344-4472

Leave a Reply

Your email address will not be published.