Kambing Qurban Lengkong Nganjuk

KAMBING QURBAN LENGKONG NGANJUK

kambing editMengapa umat Islam harus berqurban saat Idul Adha ?

Qurban merupakan salah satu ibadah yang diperintahkan Allah SWT kepada umat muslim melalui perintahnya dalam Al-Qur’an yang artinya: “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus” (QS. Al-Kautsar : 1-3).

Ibadah qurban mempunyai hikmah untuk membersihkan hati agar menjadi lahan yang subur untuk tumbuhnya iman dan takwa. Qurban adalah amalan yang paling dicintai Allah SWT pada saat Idul Adha.

“Tidak ada suatu amal anak Adam pada hari raya qurban yang lebih dicintai Allah selain menyembelih hewan qurban.” (HR. Tirmidzi). “Menyembelih hewan pada hari raya qurban, aqiqah (setelah mendapat anak), dan hadyu (ketika haji), lebih utama daripada shadaqah yang nilainya sama.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi).

Apa manfaat berqurban bagi umat muslim ?

Manfaat Qurban

  1. Menghidupkan sunnah Nabi Ibrahim a.s.
  2. Mendidik jiwa ke arah taqwa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  3. Mengikis sifat tamak (serakah) dan mewujudkan sifat murah hati.
  4. Menghapuskan dosa dan mengharap keridhaan Allah SWT.
  5. Menjalinkan hubungan kasih sayang sesama manusia.

Bagaimana kambing qurban yang sesuai syariat Islam ?

Pict Kambing AqiqahDalam memlih kambing qurban ada banyak hal yang harus anda pertimbangkan, mulai dari kesempurnaan hewan hingga kesehatan. Tidak diperbolehkan berqurban dengan hewan yang cacat atau belum cukup umur untuk disembelih.

Tidak hanya memiliki dari segi berat rata-ratanya saja, namun yang tak kalah penting ialah memilih dari segi kesehatan hewan ternak yang akan dijadikan sembelihan qurban di Hari Raya Idul Adha 1437 H.

Pada saat hari raya qurban, qurban seekor kambing dapat dilakukan untuk mewakili satu orang (satu nama saja) baik untuk mereka yang berjenis kelamin laki-laki atau perempuan. Penyembelihan hewan qurban dilakukan lebih afdhol setelah sholat ied.

Seperti yang disampaikan oleh Rasulullah SAW yang artinya sebagai berikut :

“Barang siapa yang menyembelih sebelum shalat maka ia menyembelih untuk dirinya sendiri, dan barang siapa yang menyembelih setelah shalat maka ia telah menyempurnakan kurbannya, dan sesuai dengan sunnah kaum muslimin”.

Dalam pembagian daging qurban, diutamakan dalam keadaan mentah. Berikut ini adalah syarat dan ketentuan pembagian daging qurban :

  1. Orang yang berqurban harus mampu menyediakan hewan sembelihan dengan cara halal tanpa berhutang.
  2. Qurban harus binatang ternak, seperti unta, sapi, kambing, atau biri-biri.
  3. Binatang yang akan disembelih tidak memiliki cacat, tidak buta, tidak pincang, tidak sakit, dan kuping serta ekor harus utuh.
  4. Hewan qurban telah cukup umur, yaitu unta berumur 5 tahun atau lebih, sapi atau kerbau telah berumur 2 tahun, dan domba atau kambing berumur lebih dari 1 tahun.
  5. Orang yang melakukan kurban hendaklah yang merdeka (bukan budak), baligh, dan berakal.
  6. Daging hewan kurban dibagi tiga, 1/3 untuk dimakan oleh yang berkurban, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 bagian dihadiahkan kepada orang lain.

Harga jual kambing qurban Lengkong Nganjuk akan kian melambung tinggi ketika mendekati musim qurban tiba. Maka segeralah persiapkan kambing qurban Anda. Untuk informasi dan pemesanan kambing qurban hubungi nomor layanan :

telpCall (085853444472)

smsSMS (085853444472)

whatsapp-logo-hd-2Whatsapp (085853444472)

Aqiqah Berkah selalu siap melayani dan membantu anda dalam kelancaran ibadah qurban maupun aqiqah. Semoga kita menjadi insan yang selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published.