Kambing Qurban Murah di Bogor

Kambing Qurban Murah di Bogor

gibas
Para sahabat yang berbahagia kini sebelum kami mengulas mengenai kambing qurban murah di Bogor. Kami akan mengulas dahulu mengenai pembagian daging qurban. Simak ulasan berikut ini..

PEMBAGIAN DAGING QURBAN

Tidak ada ketentuan seberapa banyak daging qurban yang harus dibagikan. Tetapi sebaiknya daging qurban tersebut; sepertiga dimakan, sepertiga disedekahkan kepada fakir miskin dan dihadiahkan kepada orang kaya, dan sepertiganya sisanya disimpan.

Sebagaimana diriwayatkan dari Salamah bin Al-Akwa’ r.a , sesungguhnya Nabi SAW bersabda;
“Makanlah daging hewan qurban, berilah makan orang lain dengannya dan simpanlah.”

Makna “memberi makan” mencakup sedekah untuk para fakir miskin dan hadiah untuk orang kaya. Seandainya seorang menyedekahkan seluruh daging qurbannya, maka ini diperbolehkan. Berdasarkan hadits dari Ali bin Abi Thalib r.a berkata;
“Rasulullah SAW memerintahkan kepadaku untuk mengurusi qurban-qurbannya; membagi-bagikan daging, kulit, dan pakaiannya kepada orang-orang miskin, dan aku tidak diperbolehkan memberi suatu apapun dari qurban kepada penyembelihnya.”

Catatan :

  1. Dianjurkan bagi orang yang berqurban agar memakan daging qurbannya dan bersedekah dengannya. Allah SAW berfirman;
    ”Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa hewan ternak. Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.”
  2. Daging qurban hendaknya dibagikan didaerah dimana orang yang berqurban tinggal. Tetapi jika ada hajat dan manfaat yang lebih besar untuk dikirim ke daerah lain yang memerlukannya, maka diperbolehkan. Syaikh ‟Abdullah bin Muhammad Ath-Thayar r.a mengatakan;
    “Pada asalnya qurban itu disembelih oleh orang yang berqurban di daerahnya. Akan tetapi, apabila ada hajat dan manfaat yang lebih besar untuk dikirim (ke daerah lain) –misalnya; ke negeri yang sedang mengalami kelaparan atau tertimpa bencana,- maka diperbolehkan.”
  3. Diperbolehkan memberikan daging qurban kepada orang kafir, selama orang kafir tersebut bukan merupakan kafir harbi (orang kafir yang memerangi kaum muslimin). Hal ini sebagaimana fatwa dari Lajnah Da’imah, sebagai berikut;
    “Kita dibolehkan memberi daging qurban kepada orang kafir Mu‟ahid (orang kafir yang mengikat perjanjian damai dengan kaum muslimin) baik karena statusnya sebagai orang miskin, kerabat, tetangga, atau karena dalam rangka menarik simpati mereka. Namun tidak dibolehkan memberikan daging qurban kepada orang kafir harbi, karena kewajiban kita kepada kafir harbi adalah merendahkan mereka dan melemahkan kekuatan mereka. Hukum ini juga berlaku untuk pemberian sedekah.”
  4. Jika setelah disembelih daging qurban busuk, dicuri, atau diambil orang lain yang tanpa ada kecerobahan dari pihak pemilik qurban, maka pemilik qurban tidak wajib mengganti. Namun jika hal itu diebabkan karena kecerobahan pemilik qurban, maka wajib mengganti daging qurban yang harus disedekahkan dan kemudian menyedekahkannya. Ini adalah pendapat Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah.
  5. Tidak diperbolehkan memperjual-belikan bagian apapun dari hewan qurban, termasuk kulitnya.
    Haramnya menjual kulit qurban merupakan pendapat mayoritas ulama‟. Berdasarkan hadits Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda;
    “Barang siapa yang menjual kulit hewan qurbannya, maka tidak ada (nilainya ibadah) qurbannya.”
  6. Upah untuk penyembelih harus diambilkan dari harta lain (selain qurban). Dan penyembelih boleh diberi daging qurban sebagai sedekah, dan bukan sebagai upah. Ali bin Abi Thalib r.a berkata;
    “Rasulullah SAW memerintahkan kepadaku untuk mengurusi unta qurban beliau; menyedekahkan daging, kulit, dan bagian punggungnya, dan aku tidak diperbolehkan memberi kepada penyembelihnya suatu (apapun) dari hewan qurban.” Lalu Ali r.a berkata, “Kami memberinya (upah) dari apa yang kami miliki.”
  7. Bagi seorang yang memperoleh hadiah atau sedekah daging qurban, maka diperbolehkan memanfaatkan sekehendaknya, daging tersebut dapat dijual atau dimanfaatkan dalam bentuk lain.
    Akan tetapi tidak diperkenankan untuk menjualnya kembali kepada orang yang memberi hadiah atau sedekah kepadanya. Ini adalah pendapat Syaikh Muhammad bin Shalih Al-„Utsaimin rahimahullah.
  8. Diperbolehkan menyimpan daging qurban sampai waktu yang lama, selama masih enak dimakan. Kecuali jika qurban disembelih pada saat-saat kelaparan, maka tidak boleh menyimpan daging qurban lebih dari tiga hari. Berdasarkan hadits Salamah bin Al-Akwa’ r.a , Rasulullah bersabda;
    “Barangsiapa berqurban, maka tidak boleh ada daging qurban yang masih tersisa dirumahnya setelah hari ketiga.” Maka pada tahun berikutnya para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah apakah kami harus berbuat sebagaimana telah kami lakukan pada tahun lalu?” Beliau bersabda,
    “Makanlah daging hewan qurban, berilah makan orang lain dengannya, dan simpanlah, karena pada tahun kemarin orang berada dalam kesusahan, maka aku ingin kalian membantu mereka.”
    Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi kami Muhammad, kepada keluarganya, dan para sahabatnya.

Nah itulah mungkin yang dapat kami sampaikan mengenai pembagian hewan qurban. Barikut ini harga kambing qurban di Bogor.

Daftar Harga Kambing dan Sapi Qurban di Bogor

Untuk sobat semua yang tinggal di Bogor dan ingin membeli kambing untuk berqurban kami memberikan referensi harga kambing qurban berikut ini:

A. Kambing qurban 2016 (Ready Stock)
– Jenis : Kambing / Domba Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

B. Harga Sapi qurban 2016 (Ready Stock)
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Harga kambing qurban dan sapi qurban tersebut dapat anda dapatkan melalui penawaran Paket Qurban 2016 Aqiqah Berkah. Berikut Paket Qurban 2016 yang telah kami sediakan :

  1. Paket Qurban Peduli Syar’i
    Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan dari kota semarang dan sekitarnya.
  2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
    Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban.
    Adapun area atau tempat untuk pendistribusian daging (Paket Qurban Peduli Syar’i) dan pengantaran hewan qurban (Paket Qurban Mandiri Syar’i) yang dapat kami sediakan meliputi kabupaten dan kota :
    (a) Jombang
    (b) Mojokerto
    (c) Nganjuk
    (d) Kediri
    (e) Tulungagung
    (f) Ngawi
    (g) Magetan
    (h) Ponorogo
    (i) Madiun

Nilai tambah hewan qurban Aqiqah Berkah
– Syarat hewan qurban sesuai syar’i
– Umur hewan telah mencukupi (Nishab)
– Dipelihara secara baik dan tidak ber-aib
– Ternak berasal dari daerah bebas penyakit menular
– Ternak berasal dari penampungan yang jelas
– Ternak mendapatkan perlakuan yang layak

Silahkan bagi sahabat Aqiqah Berkah yang ada di wilayah Bogor dan sekitarnya yang ingin memesan penawaran paket qurban 2016 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

SMS / TELPON :

0858-5344-4472

Leave a Reply

Your email address will not be published.