Kesehatan Ibu Hamil

By August 3, 2016 Berita One Comment

KESEHATAN IBU HAMIL

Setiap ibu hamil menginginkan agar tetap terjaga kesehatan ibu dan janinnya. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil agar tetap sehat hingga proses kelahiran.

3 Kesehatan Ibu Hamil

Dalam masa kehamilan, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan agar tetap sehat baik ibu hamil maupun janin :

  1. Makan 1-2 piring lebih banyak makanan bergizi dalam 1 hari- terlebih jika anda kurus, makan lebih banyak sayur dan buah, lauk- pauk – daging merah, ayam, telur, ikan, ercis dan kacang- kacangan setiap hari.
  2. Periksa kehamilan secara teratur ke bidan atau petugas kesehatan lainnya.
  3. Minum suplemen zat besi dari bidan tiap hari untuk mencegah pendarahan pada saat melahirkan.
  4. Menerima suntikan TT 2 kali semasa kehamilan
  5. Menggunakan garam beryodium di makanan setiap hari untuk kesehatan janin.
  6. Tetap melakukan aktivitas sehari- hari dan berolahraga secara teratur, tapi jaga jangan terlalu capek.

Selain memperhatikan hal yang perlu dilakukan saat kehamilan, berikut ini merupakan hal-hal yang juga perlu Anda hindari untuk kesehatan janin :

  1. Bekerja terlalu keras dan tidak cukup istirahat.
  2. Minum obat sembarangan kecuali dengan resep dokter.
  3. Pijat perut.
  4. Berada di sekitar anak- anak penderita cacar atau cacar Jerman.
  5. Merokok
  6. Minum minuman beralkohol
  7. Bekerja dengan dan menghirup pestisida, herbisida atau bahan kimia lainnya.
  8. Makan terlalu sedikit dengan menu monoton; tidak ada makanan yang harus dihindari selama kehamilan.

Ibu hamil biasanya mengalami beberapa masalah ringan seperti mual dan muntah, panas di rongga dada, kaki bengkak maupun hal lainnya seperti sembelit. Untuk mengatasi hal-hal semacam itu, berikut ini beberapa pertolongan pertama untuk mengatasi masalah ringan selama kehamilan :

  1. Mual atau Muntah-Coba makan dengan porsi kecil tapi teratur walaupun tidak ada nafsu makan. Jika masih berlanjut, bidan mungkin bisa memberi obat.
  2. Panas atau Terbakar –di lambung atau rongga dada (asam lambung dan dada sesak) – Makan makanan dalam porsi kecil sampai habis dan banyak minum air.Bidan mungkin bisa memberi obat.
  3. Bengkak Kaki- Istirahat dengan kaki diangkat selama beberapa kali dalam sehari. Makan secara teratur dan kurangi makanan bergaram tiggi seperti mi instan. Jika kaki sangat bengkak, dikuti pembengkakan tangan dan wajah, segera pergi berobat.
  4. Sakit Punggung : Bisa diatasi melalui olahraga serta sikap duduk dan berdiri tegak.
  5. Terlalu kurus, pucat dan lemah : Makan lebih banyak beserta lauk pauk seperti ercis, kacang- kacangan, daging ayam, susu, telur, daging merah, ikan dan sayur warna hijau tua. Minum kapsul zat besi setiap hari.
  6. Sembelit :Minum banyak air- kurang lebih 6-8 gelas sehari. Makan banyak buah, sayuran, dan ubi. Banyak berolahraga.

3 Kesehatan Ibu dan anak

Untuk para ibu hamil, posisi duduk saat sedang hamil juga dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi. Itulah sebabnya mengapa disarankan duduk dengan posisi yang tidak sembarangan bagi ibu hamil. Berikut ini beberapa posisi duduk yang tidak dianjurkan bagi para ibu hamil :

Posisi Bungkuk

Saat posisi membungkuk, punggung Anda tidak terjaga lurus. Berat badan dibebankan pada sumsum tulang belakang. Dan ini dapat membahayakan keselamatan Anda, juga janin yang ada di dalam perut. Maka dari itu, hindari posisi duduk seperti ini

Duduk dengan kaki menggantung

Duduk dengan kaki menggantung akan meningkatkan aliran darah ke kaki Anda. Sehingga, kaki akan mengalami pembengkakkan, yang mana hal ini merupakam masalah umum bagi para ibu hamil.

Duduk Tanpa Sandaran

Duduk tanpa sandaran, menyebabkan punggung dalam posisi tegang. Sehingga, punggung akan lekas nyeri dan pegal. Sebaiknya jika sedang duduk, pilihlah kursi yang memiliki sandaran. Agar punggung dalam kondisi nyaman dan rileks.

Posisi Duduk membungkuk Ke Depan

Duduk membungkuk ke depan adalah posisi paling berbahaya bagi ibu hamil. Karena, saat Anda membungkuk ke arah depan, beban tubuh beralih menekan perut Anda. Apalagi jika masa kehamilan telah memasuki fase lanjut, tulang rusuk Anda dapat menusuk tubuh bayi dan meninggalkan bekas permanen.

Posisi Duduk Setengah

Ibu hamil terkadang lalai dan sering duduk dengan posisi seperti ini. Tahukah Anda bahwa pada posisi ini sumsum tulang belakang menahan berat tubuh Anda. Dan itulah sebabnya, jika Anda duduk seperti ini dalam waktu yang lama, punggung akan terasa nyeri dan pegal.

One Comment

  • HamilPlus says:

    terimakasih artikelnya,
    panduan diatas membantu saya dalam menjalan kehamilan pertama saya,
    doakan biar lancar ya bund,

    sekalian mau tanya, apakah diperbolehkan Bumil mengkonsumsi obat (batuk, pilek, demam) ??

Leave a Reply

Your email address will not be published.