Keutamaan Qurban Kambing

Keutamaan Qurban Kambing

Apa kabar para sahabat Aqiqah Berkah yang di selalu di Muliakan oleh Allah SWT. Nah kini kami akan mengulas mengenai keutamaan qurban. Langsung saja ya guys…..

Kurban

Penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan pada hari kurban (Idul Adha), karena hari raya ini dituntut untuk melakukan pengorbanan yang sebesar-besarnya. Sebagaimana yang kita ketahui, kisah dari Nabi Ibrahim a s. yang telah rela mengorbankan putranya untuk melaksanakan perintah Allah Swt. Ismail sebagai seorang putra begitu rela dan ikhlas menjadi korban. Karena keikhlasan merekalah Allah menggantikan dengan seekor domba. Kisah tersebut diabadikan dalam Al-Quran.

Istilah Kurban, menurut etimologi diambil dari kata qurraba ,yugarribu, qurbanan yang berarti mendekatkan diri kepada Allah. Luwies Ma’aluf mendefinisikan kurban sebagai setiap perkara yang digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah, baik berupa penyembelihan hewan maupun yang lainnya.

Pada masa jahiliyah bangsa Arab sudah mempraktikkan tradisi kurban yang diwariskan secara turun-temurun. Sebelum dikurbankan, hewan-hewan kurban itu dilepaskan untuk kebesaran patung-patung berhala yang mereka sembah. Ada tiga tujuan yang mereka harapkan dari tradisi kurban tersebut, yaitu sebagai berikut.

  1. Mendekatkan diri kepada tuhan-tuhan mereka (berhala). Mereka membakar semua daging hewan tersebut dan kulit-kulitnya diberikan kepada kahin (dukun).
  2. Sebagai cara pertobatan atau permohonan ampun atas segala dosa mereka.
  3. Sebagai penolak bala (mohon keselamatan dan supaya terlepas dari aib)

Kurban dipersembahkan dengan buah-buahan yang dibakar di tempat pemujaan berhala. Kurban yang dilakukan orang-orang zaman dahulu tidak hanya berupa penyembelihan serta menyajikan buah-buahan, tetapi juga menjadikan manusia sebagai kurban.

  1. Bangsa Finiki, Persia, dan Romawi mempersembahkan Kurban bagi dewa-dewa mereka dengan menyembelih manusia.
  2. Di Benua Eropa, kebiasaan menyembelih manusia sebagai kurban berlangsung sampai 657 M
  3. Raja Arab yang bernama Al-Hirah sering melakukan penyembelihan manusia sebagi persembahan terhadap tuhannya Al-Uzza.
  4. Bangsa Mesir memiliki kebiasaan berkurban dengan anak gadis. Anak gadis yang dijadikan kurban itu didandani kemudian ditenggelamkan kedasar sungai Nil. Kebiasaan buruk bangsa Mesir itu baru bisa dihilangkan ketika lslam datang kesana pada masa Amr bin Ash.

Kurban pada zaman Nabi Adam as dimulai dengan peristwa Qabil dan Habil. Peristiwa berdarah ini diawali dengan penolakan Qabil untuk dijodohkan dengan Labuda, dan menginginkan saudara kembarnya sendiri yaitu Iklima yang konon parasnya lebih cantik dibandingkan dengan Labuda.

Menghadapi kasus tersebut, atas perintah Allah, Nabi Adam memerintahkan Qabil dan Habil untuk berkurban dengan ketentuan bahwa kurban yang diterima Allah-lah yang berhak menikahi Iklima. Qabil mempersembahkan kurbannya dengan buah-buahan, sedangkan Habil dengan menyembelih kambing betina.

Ternyata kurban yang di terima Allah adalah kurbannya Habil yang ditandai dengan turunnya api yang membakar kurban Habil. Sehingga Habil berhak menikahi Iklima. Qabil sangat marah dan dengki pada saudaranya maka Habil dibunuh Qabil.

Pengertian dan Dasar Hukum Kurban

Kurban atau Udhiyyah dalam bahasa Arab adalah nama hewan sembelihan seperti unta, sapi, dan kambing yang disembelih pada Hari Raya Nahar (kurban) dan Tasyrik sebagai bentuk tagarrub (pendekatan diri) kepada Allah Swt.

Menurut bahasa, istilah Rurban berarti mendekatkan diri, sedangkan menurut istilah, kurban berarti menyembelih hewan tertentu pada hari raya Idul Adha dan hari tasyrik dengan maksud untuk beribadah kepada Allah Swt.

Hukum menyembelih hewan kurban adalah sunnah muakkad bagi yang mampu melakukannya. Berdasarkan riwayat Ummu Salamah bahwa Nabi saw bersabda:
“Jika kalian telah melihat hilal bulan Dzulhijah, hendaknya seorang di antara kalian berkurban, dan melakukan manasik dengan memotong rambut dan kukunya. (H R. Muslim).

Adapun dasar hukum kurban adalah firman Allah Swt yang artinya:
“Sesungguhnya, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah salat karena Tihammu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus dari rahmat Allah. (Q.S. al-Kautsar [108]: 1-3)

Berkurban pada hakikatnya mensyukuri atas segala nikmat yang Allah berikan kepada manusia. Karena nikmat tersebut sangat banyak, sudah seharusnya manusia melakukan pengorbanan dalam bentuk apapun kepada Allah Swt. Mengorbankan jiwa, harta, tenaga dan waktu hanya untuk mendekatkan diri kepada Allar Swt. Dalam hal ini syariat yang dianjurkan adalah melakukan penyembelihan hewan, kemudian daging hewan tersebut dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan (fakir-miskin).

Keutamaan Berkurban

Ibadah kurban sangat dianjurkan, tentunya mengandung keutamaan dan hikmah, sebagaimana sebuah riwayat dari Aisyah r.a Nabi saw telah bersabda:
“Melalui ibadah kurban manusia akan hidup lapang dalam kedermawanan”

Begitu tinggi keutamaan dari kurban. Hal tersebut dikarenakan Allah Swt. Segera mempersiapkan pahala berkurban, walaupun pisau baru digesekkan pada leher hewan itu, sebelum darahnya membasahi tanah. Hal tersebut merupakan balasan atas ketaran orang yang berkurban dalam memenuhi seruan Allah. Mereka telah mengkurbankan hartanya agar terhindar dari sikap bakhil yang merupakan tabiat asli manusia.

“Dan lebih baik (bagi mereka), walaupun manusia itupadatabianya kikir (Q. S. an-Nisa [4]: 128).

Perhatikanlah hadis berikut ini.
“Tidak ada amalan yang diperbuat manusia pada Hari Raya Kurban yang lebih dicintai oleh Allah selain menyembelih hewan. Sesungguhnya hewan kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, budu-bulu dan kuku-kukunya. Sesungguhnya sebelum darah kurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima di sisi Allah. Maka tenangkanlah jiwa dengan berkurban. (H.R. Tirmidzi).

Hadis di atas menggambarkan keutamaan yang besar bagi orangyang melakukan ibadah kurban. Pelaksanaan ibadah kurban dapat memotivasi umat Islam untuk meningkatkan pengorbanan yang besar untuk kepentingan Dinullah (agama Allah).

Adapun bagi mereka yang belum mampu untuk berkurban, dapat mengorbankan segala sesuatu yang mereka miliki untuk kepentingan menegakkan Islam. Allah Maha Mengetahui siapa di antara hamba-hamba-Nya yang telah berkurban untuk-Nya.

Waktu untuk Berkurban

Waktu penyembelihan hewan kurban adalah setelah terbit matahari pada hari Idul Adha hingga tiga hari tasyriq (11, 12 dan 13 Dzulhijjah). Setelah tida hari tersebut, maka tidak dibenarkan penyembelihan hewan qurban. Sebagaimana riwayat al-Barra r.a dari Nabi SAW, bahwa ia bersabda:
“Sesungguhnya hal pertama yang kita lakukan pada hari ini adalah salat, kemudian kembali dan memotong kurban. Barang siapa yang melakukan itu, berarti ia mendapatkan sunnah kami. Dan barang siapa yang menyembelih sebelum itu maka daging sembelihannya untuk keluarganya dan tidak dinilai sebagai ibadah kurban sama sekali.”

Penyembelihan yang dilakukan pada hari-hari tersebut (10 sampai 13 Dzulhijah) baru dapat disebutkan sebagai penyembelihan kurban. Berbeda dengan akikah yang disunatkan untuk melakukan penyembelihan pada hari ketujuh tetapi dibolehkan juga pada hari-hari lain.

Jenis Hewan Kurban

Adapun jenis hewan yang boleh dikurbankan adalah jenis hewan ternak seperti unta, sapi, dan kambing (domba). Selain dari itu, tidak dibenarkan Sebagaimana firman Allah Swt,
“…..agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak…”(QS. Al-Hajj (22): 34).

Allah Swt. tidak pernah melihat dari darah dan daging dari hewan yang disembelih, Allah hanya melihat ketulusan dari orang yang berkurban seperti yang tercantum dalam Al-Quran surat Al-Hajj ayat 37.

Hewan kurban berupa domba yang dianggap layak adalah yang berumur satu tahun, kambing berumur satu tahun, sapi berumur dua tahun, dan unta berumur lima tahun. Jika semua itu menyulitkan, maka dibolehkan kurang dari itu karena Islam sendiri tidak menyulitkan. Semua hewan itu tidak dibedakan jantan atau betinanya. Hal ini didasarkan kepada hadis Rasulullah SAW.
“Janganlah kalian berkiaban kecuali yang telah berumma satu tahun ke atar jika hal itu menyiditaanmi, maka sembelihlah yang jadza kambing.”

Menurut Imam Abu Hanifah jadah adalah kambing domba yang telah berumur beberapa bulan. Hewan-hewan yang dibolehkan untuk dikurban adalah hewan-hewan yang sehat dan menyehatkan. Sehat adalah kondisi hewan yang tidak terdapat ‘aib. Menyehatkan adilah hewan yang tidak terkena vinus, yang jika dimakan dagingnyaalan membahayakan orangyang mengonsumsinya. Diantara ‘aib-aib pada hewan tersebut adalah:

  1. penyakit yang jelas terlihat;
  2. picak matanya;
  3. pincang sekali: dan
  4. sangat kurus

Semua itu didasarkan kepada hadis yang diriwayatkan Barra Bin Azis bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda:
“Empat jenis penyakit pada hewan kurban yang tidak layak yaitu hewan yang picak dengan jelas, dan yang sakitdan penyakitnya terlihatjelas, yang pincang sekali dan yang kurus sekali.”

Adapun ketentuan jumlah hewan yang dikurbankan adalah bagi satu hewan domba berarti telah memadai untuk diri dan keluarganya. Hal ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Tirmidzi bahwa Abu Ayyub berkata;
“Pada zaman Rasulullah, orang-orang berkurban dengan seekor domba untuknya dan untuk keluarga seisi rumahnya. Mereka memakan dan memberikan kepada orang lain agar manusia merasa senang, sehingga mereka menjadi sebagaimana yang engkau lihat.”

Jika dalam keluarga terdapat lima kepala dan hendak kelimanya berkurban maka hal itu lebih baik daripada hanya seekor domba. Karena keterangan di atas adalah batas minimal setiap keluarga harus berkurban satu ekor Adapun hewan sapi atau unta berlaku untuk tujuh orang yang sama-sama bermaksud melaksanakan kurban dan tagarrub (mendekatkan diri) kepada Allah. Sebagaimana diriwayatkan dari Jabir.

Nah itulah mungkin sedikit yang bisa kami sampaikan. Kami mau menyampaikan sedikit mengenai harga-harga kambing yang ada di Aqiqah berkah. Berikut harga-harganya:

A. Kambing qurban 2016 (Ready Stock)
– Jenis : Kambing / Domba Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

B. Harga Sapi qurban 2016 (Ready Stock)
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Harga kambing qurban dan sapi qurban tersebut dapat anda dapatkan melalui penawaran Paket Qurban 2016 Aqiqah Berkah. Berikut Paket Qurban 2016 yang telah kami sediakan :

  1. Paket Qurban Peduli Syar’i
    Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan dari kota semarang dan sekitarnya.
  2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
    Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban.
    Adapun area atau tempat untuk pendistribusian daging (Paket Qurban Peduli Syar’i) dan pengantaran hewan qurban (Paket Qurban Mandiri Syar’i) yang dapat kami sediakan meliputi kabupaten dan kota :
    (a) Jombang
    (b) Mojokerto
    (c) Nganjuk
    (d) Kediri
    (e) Tulungagung
    (f) Ngawi
    (g) Magetan
    (h) Ponorogo
    (i) Madiun

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai harga hewan qurban. Semoga apa yang kami sampaikan di atas tersebut bermanfaat untuk anda semuanya. Amin ya robbal alamin…..

Jika anda membutuhkan kambing Aqiqah atau Kambing dan Sapi qurban dengan Kualitas terbaik dan berkualitas anda melihat di website kami www.qurban-aqiqah.com atau bisa juga menghubungi nomor berikut ini untuk informasi lebih detailnya. Kami tunggu pesanan anda….

Untuk Informasi Lebih lanjut Hubungi Kami :
WA : +6281335680602
BBM : 7C0B38CE
TELPON/SMS : 085749622504

Hewan atau Kambing bisa dipilih di kandang kami dan Gratis titip hewan qurban sebelum di antar.

Wallahul muwaffiq.

-_-Aqiqah Berkah Siap membantu Anda dalam Qurban atau Aqiqah Anda-_-

Leave a Reply

Your email address will not be published.