KULINER MADIUN

Kuliner atau makanan khas menjadi tujuan dari para penggemar traveling. Ini bisa menjadi pengobat lelah perjalanan, dengan manyantap hidangan khas dari kota yang dilwati, akan menjadi kenangan menarik tersendiri.

Wisata Kuliner Madiun

Pada kesempatan artikel kali ini, Aqiqah Berkah membagikan informasi mengenai wisata kuliner yang ada di Kab. Madiun. Aqiqah Berkah mempunyai daftar makanan dan restoran yang wajib di kunjungi ketika sedang berada di kota Madiun. Di peringkat teratas daftar makanan khas Madiun adalah Nasi Pecel.

Nasi Pecel

Pecel MadiunKalau berbicara tentang kota Madiun, biasanya gak akan jauh-jauh dari kata Pecel. Hampir setiap kota di Jawa Timur bagian barat punya varian pecel yang sesuai dengan daerahnya masing-masing.

Pecel di Madiun agak berbeda dari daerah lainnya di sekitar Madiun karena dua elemen berikut yakni Kembang Turi dan Lempeng. Di daerah lain, biasanya mereka menggunakan rempeyek untuk ‘kerupuk’ nya.

Nasi Pecel Madiun biasanya dihidangkan di atas pincuk (piring yang terbuat dari daun pisang) dan lebih sedap kalau dimakan langsung pake tangan. Berbeda dengan pecel di sekitar Madiun yang mengihdangkan nasi pecel dan dimakan dengan cara disendok.

Biasanya pecel dinikmati dengan lauk tambahan seperti empal dan jerohan (babat, usus atau paru). Beberapa depot nasi pecel juga menyediakan Nasi Rawon sebagai alternatifnya.

Tahu Telor

Salah satu restoran di Kab. Madiun menyediakan menu unggulan salah satunya adalah Lontong Tahu Telor (atau biasa menyebutnya Tahu Panggung). Yang menarik dari restoran ini adalah bumbu kacangnya. Rasanya pas banget kalau dipadukan dengan tahu telor dan lontongnya.

Restoran ini terletak di Jalan Merbabu, Madiun. Sebelum ada iklan dan lain-lain, restoran ini terkenal dengan nama ‘Depot Tahu Telor’. Ternyata, sekarang mereka dikasih ‘merek’ Depot Rasa Tunggal.

Tahu Telor Madiun

Dawet Suronatan

Terletak di jalan yang sama dengan Depot Tahu Telur diatas, Dawet Suronatan merupakan favorit para pengunjung Madiun yang bersinggah di Madiun, sejak dahulu. Dawet mungkin lebih terkenal dengan sebutan ‘cendol’. Dawet suronatan mempunyai presentasi yang lumayan unik. Mereka disajikan didalam mangkuk yang lumayan kecil. Dawet suronatan juga memiliki komposisi yang lumayan unik. Selain cendol, mereka juga menggunakan bubur ketan hitam, bubur sumsum, dan tape sebagai campurannya.

Sate Ayam Ponorogo / Sate Ayam Ngepos

Sekitar 25 km arah selatan kota Madiun, ada sebuah kota bernama Ponorogo yang terkenal dengan Sate Ayamnya. Sate Ayam Ponorogo mungkin banyak terdapat di kota-kota besar di Indonesia, tetapi tentu saja rasanya tidak bisa mengalahkan aslinya.

Di Madiun, sate ayam menjadi salah satu kuliner khas dari Madiun yang berbeda dari wilayah lainnya. Bahan dasar utama sama-sama ayam namun cara memasak dan kelezatan berbeda dengan daerha yang lainnya.

Nah itu lah tadi mengenai kuliner Madiun yang banyak diminati pengunjung di Madiun. Cita rasa khas Madiun menjadi ciri utama kuliner khas Madiun. Memang kuliner khas dari Madiun memiliki kesamaan dengan makanan di daerah lainnya, yang membedakan adalah cita rasa dari masing-masing daerah.

Pada saat ini, Aqiqah Berkah juga menyediakan layanan aqiqah dan qurban khusus untuk wilayah Madiun dan sekitarnya. Jasa aqiqah di Madiun ini akan sangat membantu masyarakat di Madiun dalam menjalankan ibadah aqiqah maupun qurban. Tersedeia beragam program aqiqah dan paket untuk qurban. Harga yang relatif murah akan sangat membantu kelancaran dan kesempurnaan ibadah saudara muslim di Madiun. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi dalam melaksanakan sunnah ibadah aqiqah maupun qurban. Aqiqah Berkah akan menjadi mitra terbaik Anda dalam beribadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.