Manfaat Akikah

MANFAAT AKIKAH

Aqiqah adalah salah satu Sunnah Rasulullah yang mesti kita laksanakan bagi keluarga yang mampu. Mengingat aqiqah adalah salah satu pendidikan untuk menjadikan anak yang shaleh.

30 Manfaat Akikah

Melakukan Aqiqah untuk anak adalah salah satu awal pendidikan keluarga untuk membentuk generasi yang Rabbani. Nilai-nilai keislaman mulai ditanamkan sejak usia dini. Banyak sekali manfaat yang bisa kita petik dari melakukan aqiqah untuk anak. Sedekah dengan nilai membeli seekor kambing atau lebih tidak akan mengalahkan dengan pahala melakukan aqiqah untuk anak.

Nabi SAW bersabda :
“Setiap bayi lahir tergadai oleh aqiqahnya, disembelih untuknya pada hari ke tujuh , dicukur rambutnya dan diberi nama.” (HR. Ibnu Majah)

Syarat kambing aqiqah seperti syarat kambing untuk kurban dan dianjurkan untuk memberikan daging kambing dalam keadaan matang dan dimakruhkan memecah tulang. Tidak sah berserikat dalam sembelihan aqiqah. Inilah perbedaan antara binatang aqiqah dan kurban. Daging aqiqah dianjurkan sebagian dimakan dan sebagian lain disedekahkan.

Manfaat aqiqah bagi anak, menurut Ibnu Qayyim, adalah sarana pendekatan diri kepada Allah. Aqiqah mengandung sifat murah hati dan sifat mengalahkan kikiran jiwa. Di dalamnya juga ada unsur memberi makanan kepada sanak keluarga. Aqiqah juga berfungsi melepaskan tanggungan anak yang tergadaikan sehingga ada peluang antara anak dan orang tua untuk saling memberi syafaat. Selain itu, aqiqah bermanfaat melestarikan ajaran islam yang menggantikan kebiasaan jahiliyah dan berfungsi mengagungkan kedudukan nasab dengan cara mengumumkan atau mempermaklumkan.

Aqiqah merupakan bukti rasa syukur yang ditampakkan ketika menerima nikmat. Rasa syukur ini dinyatakan dalam bentuk memberi makanan kepada orang banyak, sebagaimana sitiran Al-Quran, “Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).” (QS Adh-Dhuha : 11)

30 Manfaat Aqiqah

Diantara manfaat melakukan aqiqah adalah sebagai berikut

  1. Memberikan berita baik tentang kelahiran anak kepada tetangga sekaligus memberikan informasi tentang nasab anak agar tidak terjadi persangkaan buruk oleh para tetangga.
  2. Mencerminkan sikap murah hati dan dermawan yang nantinya akan menghilangkan sikap kikir, bakhil dan pelit.
  3. Mengikuti jejak Nabi Ibrahim ketika mau menyembelih anaknya yaitu Ismail namun diganti dengan domba.
  4. Merupakan wujud pengorbanan kepada Allah Swt seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim.
  5. Semoga dikabulkannya doa untuk si bayi karena orangtuanya bersedia berqurban.
  6. Melepaskan status anak yang tergadai, karena anak yang baru lahir kalau belum di aqiqahi statusnya adalah tergadai. Yang mana kalau tergadai ya harus ditebus terlebih dahulu agar bisa mendapatkan manfaatnya.
  7. Sebagai pembebas dari gangguan setan, karena bayi yang baru lahir akan senantiasa diganggu setan.
  8. Sebagai penghambat setan untuk mengganggu si bayi, sehingga bayi akan lebih terlindungi, karena setan akan berusaha untuk menjadikan si bayi menjadi pengikutnya.

Melihat manfaat dari Aqiqah ini, sebaiknya para orangtua yang belum melaksanakan aqiqah untuk anaknya agar berupaya untuk melaksanakannya. Sebenarnya aqiqah kalau sudah direncanakan sejak awal, aqiqah tidak memberatkan para keluarga. Makanya menjadi hal yang penting untuk mempersiapkan materi untuk meyambut kelahiran sang bayi.

Imam Ahmad berkata bahwa syafaat anak kepada orang tua tergadai oleh aqiqahnya. Begitu juga Atha` bin Abi Rabah berkata bahwa yang dimaksud dengan tergadai adalah bahwa orang tua akan terhalang dari syafaat anaknya.

Nah mungkin itulah yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat aqiqah. Semoga apa yang kami sampaikan tersebut bermanfaat untuk anda.

Informasi dan pemesanan Aqiqah Hubungi :

Call / SMS : 085053444472

Whatsapp : 085853444472

Leave a Reply

Your email address will not be published.