Mari Berbagi Bersama Paket Aqiqah di Palembang Peduli

By August 31, 2019 Artikel No Comments

Hayhay semuanya yang berada di Palembang dan sekitarnya, nah ketemu lagi nih diartikel Aqiqah Berkah. Dan diartikel Aqiqah Berkah ini akan dibahaskan mengenai Aqiqah menurut islam dan aqiqh menurut para ahli, serta cara aqiqah yang benar. Semuanya pasti sudah penasaran kan bagaimana cara aqiqah yang benar dan apa sih pengertian dari aqiqah. Oke langsung saja kita bahas bersama dibawah ini.

Pengertian Aqiqah Menurut Agama Islam

Pada paragraf diawal ini kami akan membahas tentang pengertian aqiqah menurut islam terlebih dahulu. Aqiqah juga dapat diartikan sebagai pengungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT karena telah dikaruniai bayi perempuan ataupun bayi laki-laki.

Aqiqah juga sebagai bentuk rasa cinta kita kepada Rosulullah SAW. Kita melaksanakan aqiqah sama dengan kita menjalankan sunnah Rosaulullah SAW.

Oke sekarang kembali kepembahasan awal, yaitu pengertian dari aqiqah. dan pengertian aqiqah menurut islam ialah suatu wujud atau bentuk rasa syukur setiap orang tua kepa Allah SWT atas dilahirkannya sang buah hati tercinta.

Bentuk dan wujud rasa syukur tersebut kemudian dibuktikan dengan cara melaksanakan aqiqah anak. Pelaksanaan aqiqah tersebut ialah dengan menyemebelih satu atau dua ekor kambing/domba pada hari ketujuh, empat belas ataupun dua puluh satu sesudah hari lahir sang bayi tersebut.

Pengertian Aqiqah Menurut Para Ahli

Kemudian yang kedua ialah pengertian aqiqah menurut para ahli. Sebenarnya pengertian aqiqah menurut agama islam dan menurut para ahli ialah hampir sama saja.

Yaitu Sebagai ungkapan rasa bersyukur setiap orang tua kepada Allah SWT karena telah dilahirkannya seorang anak laki-laki ataupun perempuan.

Pelaksanaan aqiqah sendiri dilaksanakan pada hari ketujuh sesudah bayi lahir, hari ke empat belas sesudah bayi lahir, hari ke dua puluh satu sesudah bayi tersebut lahir kedunia.

Jumlah hewan yang disunnahkan untuk aqiqah juga berbeda, yaitu 2 ekor untuk laki-laki dan 1 ekor saja untuk perempuan. Untuk orang tua yang sudah memiliki anak sangat dianjurkan untuk segera mengaqiqahi anak jika ia sudah mampu. Karena setiap anak yang terlahir didunia maka statusnya masih tergadai.

Cara Aqiqah Yang Benar Menurut Islam

Anda semua pasti ada yang belum tau betul cara aqiqah yang benar menurut islam.

Dan disini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai hal tersebut. Yang pertama cara aqiqah menurut islam yaitu dengan menyembelih hewan aqiqah sesuai syarat dan ketentuan agama islam.

Dan cara tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Pastikan pisau yang akan dipakai untuk menyembelih hewan diasah terlebih dulu sampai benar-benar tajam.
  2. Kemudian baringkan hewan dan hadapkan kearah kiblat seperti kita sholat menghadap kiblat.
  3. Injakkan kaki anda tepat di leher hewan yang akan disembelih
  4. Lalu potong tepat pada urat nadi dileher hewan tersebut
  5. Kemudian biarkan dan diamkan terlebih dulu hewan tersebut sampai benar-benar sudah mati dan tidak bergerak lagi.

Setelah menyembelih hewan, kemudian hewan tersebut dibersihkan dan dipotong-potong menjadi daging yang kecil dan kemudian diolah menjadi masakan siap siap santap ataupun siap saji.

Apakah Aqiqah Boleh Menerima Sumbangan ?

Kita mengaqiqahi anak sama dengan kita sudah menjalankan sunnah rosul, tidak hanya itu, kita juga akan mendapat pahala dari Allah SWT karena sudah melaksanakan ibadah aqiqah.

Pelaksanaan ibadah aqiqah juga dapat meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT. Pada pelaksanaan aqiqah sendiri sanga bayi atau sang anak banyak mendapatkan doa dari banyak orang yang telah hadir diacara aqiqah tersebut, dan pada saat itu juga status anak yang masih tergadai akan terbebas dan terlepas dari status tersebut.

Oke sekarang kita lanjut kepembahasan awal tadi yaitu tentang pertanyaan apakah aqiqh boleh menerima sumbangan? mari kita bahas bersama.

Sebenarnya aqiqah menerima sumbangan itu tidak apa, seperti halnya jika diacara pernikahan ataupun khitanan kita juga akan menerima sumbangan dari orang luar berupa uang. Menerima sumbangan sama artinya kita menerima rezeki, jadi intinya kita boleh saja menerima sumbangan dari luar.

Apakah Kambing Aqiqah Harus Jantan ?

Sebenarnya untuk jenis kelamin untuk aqiqah itu bebas dan tidak peraturannya, hanya saja aqiqah yang lebih baik itu menggunakan kambing jantan.

Maksudnya ialah jika kita menggunakan kambing jantan maka kita juga akan mendapatkan daging lebih banyak, sebab daging kambing jantan dan betina dagingya pun banyakan kambing jantan, dan maka dari itulah kambing jantan lebih mahal dari kambing betina.

Namun jika anda hanya bisa membeli kambing betina untuk aqiqah maka diperbolehkan saja, sebab gak ada perbedaan antara aqiqah menggunakan kambing jantan ataupun kambing betina.

Jadi untuk anda yang akan melaksanakan aqiqah bebas menggunakan jenis kambing atau jenis domba apapun. Asalkan kedua hewan tersebut benar-benar sehat dan tidak ada cacat dibadannya, dan pastinya hewan harus cukup umur ya.

Apakah Sapi Bisa Untuk Aqiqah ?

Seperti peraturan aqiqah, bahwa peraturan untuk jenis hewan aqiqah yang diperbolehkan hanya hewan kambing dan hewan domba saja. Meskipun ada sebagian ulama yang memperbolehkan aqiqah menggunakan sapi sebab harganya mahal dan dagingnya yang banyak.

Namun ada juga ulama yang tidak memperbolehkan aqiqah menggunakan hewan sapi, sebab aqiqah juga bisa menghilangkan sifat kehewanan seperti hewan kambing.

Dan mengapa harus hewan kambing? sebab hewan kambing memiliki sifat yang tidak pernah mandi sehingga kambing tersebut berbau dan sulit sekali untuk menurut kepada manusia. Nah dari penjelasan itulah mengapa aqiqah tidak boleh menggunakan hewan sapi ataupun hewan unta.

Jasa layanan Aqiqah Berkah Peduli Yang Mudah Pesannya, Murah Harganya, dan Amanah Penyalurannya

Jasa Aqiqah Berkah ialah jasa layanan aqiqah dan jasa penyaluran aqiqah yang sudah terpercaya di berbagai kalangan masyarakat. Di Aqiqah Berkah hewan aqiqahnya pun juga sudah sesuai dengan ketentuan hewan untuk aqiqah, kemudian hewan kambingnyapun juga diambil dari ternak sendiri.

Penyembelihannya juga dilakukan oleh ahlinya yang pasti sesuai syariat islam. Masakannya dimasak oleh juru masak yang ahli, masakannya enak dan tidak bau prengus.

Tidak diragukan lagi silahkan pesan di jasa Aqiqah Berkah, untuk kejelasan tentang Aqiqah Berkah silahkan kunjungi aqiqahberkah.com.

Daftar Harga Aqiqah Mandiri

daftar harga aqiqah mandiri

Daftar Harga Aqiqah Peduli

daftar harga aqiqah peduli

Leave a Reply

Your email address will not be published.