Mari Berbuat Baik Dengan Paket Aqiqah Cianjur Peduli

By August 27, 2019 Artikel No Comments

Assaalamualaikum Ayah Bunda semuanya yang berada di Cianjur dan sekitarnya, Ketemu lagi di diartikel kami. Nah pada kesempatan ini Aqiqah Berkah akan membahas tenang pengertian dari aqiqah, arti dari aqiqah untuk bayi, hakikat dari aqiqah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, aqiqah menggunakan kambing jantan, Apakah boleh aqiqah menggunakan kambing betina, makna dari aqiqah. Mari langsung saja kami jelaskan materi di atas.

A. Pengertian Aqiqah

Secara bahasa aqiqah dapat diartikan menyembelih atau memotong.Dan kata aqiqah adalah serapan kata dari bahasa arab. Dan jika menurut Istilah Aqiqah yaitu menyembelih domba atau kambing baik betina ataupun jantan yang ditujukan untuk aqiqah anak sebagai rasa bersyukur dan rasa cinta kepada Allah SWT dan juga Rosul.

Bagi setiap orang tua yang memiliki anak yang belum diaqiqah, maka sangat disunnahkan atau dianjurkan sekali untuk mengaqiqahi anak. Hari pelaksanaan aqiqah yang disunnahkan dan lebih baik dilaksanakan ialah di hari ke-7, 14, dan 21 setelah hari dilahirkannya sang bayi.

Dan jika dihari tersebut bayi belum diaqiqahi sebab orang tua belum berkemampuan, maka hari untuk aqiqah dapat diganti kapan saja saat orang tua suda dapat melakukan aqiqah anak.

B. Arti Aqiqah Bayi

Aqiqah anak bayi yaitu salah satu ibadah yang disunnahkan sebagai wujud ungkapan rasa bersyukur dan rasa cinta setiap orang tua kepada Allah SWT karena telah dikaruniai bayi putra ataupun putri.

Setelah dulahirkan bayi tersebut maka setiap orang tua dianjurkan untuk segera mengaqiqahi bayinya apabila sudah mampu, dengan syarat dan ketentuan yang sesuai dengan syariat islam.

Aqiqah anak yang sesuai syariat disunnahkan dilaksanakan pada saat anak masih berusia tujuh hari, 14 hari, atau 21 hari dari hari kelahiranya.

Apabila dihari yang disunnahkan aqiqah sang orang tua masih belum dapat mengaqiqahi bayinya, maka aqiqah dapat dilakukan kapan saja ketika orang tua sudah benar-benar mampu beraqiqah untuk anaknya. Namun jika anaknya sudah mampu beraqiqah sendiri, maka diperbolehkan beraqiqah untuk dirinya sendiri.

C. Hakikat Aqiqah Adalah Sebagai Ungkapan Rasa

Pada dasarnya hakikat dalam aqiqah ialah sebagai pengungkapan rasa syukur orang tua kepada Allah SWT. karena telah dikarunia seorang anak laki-laki dan perempuan.

Sedangkan makna dari aqiqah secara syar’i yaitu kambing atau domba yang disembelih oleh orang tua sang bayi guna ditujukan untuk menebus diri bayi masih tergadai.

Hukum melakukan aqiqah yaitu sunnah mu’akkad, walaupun kedua orang tua masih dalam keadaan belum mampu. Dan jumlah kambing untuk aqiqah yaitu 1 ekor kambing atau domba untuk perempuan dan 2 ekor kambing atau domba untuk laki-laki.

Sedangkan waktu untuk menyembelih hewan sebaiknya dilakukan pada saat hari ke-7, 14 atau hari ke-21 setelah hari dilahirkannya sang bayi ke dunia.

D. Apakah Aqiqah Harus Kambing Jantan ?

Mengenai hal ini sebenarnya tidak dijelaskan dalam suatu nash, baik Al-Qur’an ataupun di dalam Hadits. Tetapi sebagian ulama mengatakan bahwa aqiqah bisa mengguna kambing apa saja (bebas).


Dan berdasarkan hadis shahih dari Ummu Kurz Al Ka’biyah, beliau pernah menyakan hal ini kepada Rasulullah SAW mengenai aqiqah kemudian beliau menjawab, “ya, untuk anak laki laki dua ekor kambing, dan untuk anak perempuan satu ekor kambing, dan bukan merupakan penghalang jika kambing yang kamu sembelih jantan atau betina” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasai, dan yang lainnya).

Jadi penjelasannya ialah untuk jenis kelamin hewan untuk aqiqh adalah bisa betina ataupun jantan, dan artinya bebas dan sesuai yang orang tua minta.

Karena untuk jenis kelamin hewan aqiqah tidak ada yang mempermasalahkannya, dan yang paling penting ialah kambing sehat, tidak cacat fisik dan cukup umur.

E. Apakah Aqiqah Boleh Pakai Kambing Betina ?

Sebenarnya tidak dipermasalahkan masalah jenis kelamin hewan untuk aqiqah diharuskan jantan atau betina. Karena hal tersebut seperti yang dikatakan Rasulullah SAW yang diriwatkan dalam hadist shahih oleh Abu Dawid, At-Tirmidzi, An-Nasai, dan yang lainnya. Beberapa ulama juga ada yang mengetakan demikian, bahwa aqiqah bisa dengan hewan kambing jenis apa saja (bebas).

Asalkan kambing atau domba tersebut benar-benar sehat, tidak cacat fisik dan sudah cukup umur. Dan juga dianjurkan untuk memilih kambing atau domba yang gemuk, bagus, dan hewan tersebut berwarna putih sebagaimana dalam ketentuan hewan qurban. Kemudian menyemelih 1 kambing atau domba untuk anak putri dan 2 kambing atau domba untuk anak putra.

F. Apa Makna Aqiqah ?

Kata dari aqiqah ialah berasal dari Bahasa Arab, yang bermaksud bisa pemotongan atau penyembelihan. Ibadah Aqiqah juga salah satu ibadah sunnah yang dilaksanakan dengan penyembelihan hewan kambing atau domba sebagai bentuk wujud ungkapan rasa syukur setiap orang tua kepada Allah SWT karena telah dihadirkannya seorang bayi baik bayi laki-laki ataupun bayi perempuan.

Melaksanakan aqiqah juga disertai dengan niat yang benar dan syarat aqiqah yang benar yang sesuai dengan tuntunan agama Islam. Waktu mengaqiqahi yang sesuai syariat ialah dilaksanakan dihari ke-tujuh, ke-empat belas, dan ke-21 setelah sang bayi dilahirkan.

Dan jika dihari yang disunnahkan untuk sang anak belum diaqiqah sebab orang tua belum mampu, maka aqiqah dapat dilaksanakan kapan saja ketika orang tua sudah benar mampu beraqiqah untuk anaknya. Namun apabila sang anak sudah berkemampuan beraqiqah sendiri, maka diperbolehkan untuk beraqiqah sendiri.

G. Kami siap Menyalurkan Aqiqah Anda Sesuai Dengan Amanah Anda dengan Aqiqah Berkah Peduli

Untuk Anda yang ingin aqiqahnya disalurkan ke panti asuhan, pesantren dan tempat lain yang membutuhkan, segera hubungi kami Aqiqah Berkah di 0813-3568-0602.

Di Aqiqah Berkah sekarang melayanai jasa penyaluran aqiqah yang sudah dipercaya dibanyak kalangan masyarakat, khususnya masyarakat Cianjur dan sekitarnya.

Di Aqiqah Berkah menyediakan berbagai macam menu masakan aqiqah yang murah, enak, lezat dan juga tidak bau prengus. Masakan di Aqiqah Berkah sendiri dimasak oleh juri masak yang sudah profesional dan sudah berpengalaman dibidangnya selama kurang lebih 10 tahun.

Jadi untuk anda semuanya khususnya untuk setiap orang tua yang mempunyai anak dan belum di aqiqah segera laksanakan aqiqah anak anda, karena dengan kita melaksanakan aqiqah sama dengan kita menjalankan sunnah rosul.

Untuk anda anda yang melaksanakan aqiqah di Aqiqah Berkah akan mendapatkan sertifikat gratis, Buku laporan gratis, dan dokumen pelaksanaan aqiqah, dan berkas-berkas tersebut nanti akan kami kirimkan melalui via post ke alamat rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.