Mari Bersedekah Melalui Paket Aqiqah Cilacap Peduli

By August 26, 2019 Artikel No Comments

Assaalamualaikum semuanya yang berada di daerah Cilacap dan sekitarnya, ketemu lagi di website kami di Aqiqah Berkah. Dan kali ini Aqiqah Berkah akan menjelaskan tentang pengertian dari aqiqah secara bahasa serta secara istilah, makna aqiqah serta hakikatnya, pengertian hukum aqiqah, pengertian hewan aqiqah, dan yang lainnya. Mari langsung saja kami jelaskan mengenai materi diatas, dan silahkan simak penjelasan aqiqah dibawah ini.

A. Pengertian Aqiqah Secara Bahasa dan Istilah

Arti dari aqiqah secara bahasa yaitu memotong atau menyembelih, dan kata tersebut berasal dari kata Bahasa Arab. dan menyembelih hewan ternak berupa kambing dan domba adalah pengertian aqiqah menurut istilah.

Ketika dijelaskan secara lengkap Aqiqah yakni penyembelihan hewan domba atau hewan kambing sebagai bentuk wujud rasa syukur setiap orang tua kepada Allah SWT. karena sudah dikaruniai bayi perempuan maupun bayi laki-laki yang disertai dengan bermacam syarat-syarat tertentu dan sesuai dengan syariat Islam.

Disunahkannya aqiqah untuk kedua orang bayi pada hari ketujuh sesudah kelahiran sang bayi. Apabila pada hari ketujuh sang orang tua belum dapat mengaqiqahi bayinya, maka dapat diganti di hari empat belas sesudah kelahiran sang bayi.

Dan apabila pada hari keempat belas orang tua belum dapat beraqiqah untuk bayinya, maka di hari dua puluh satu bisa melakukan aqiqah untuk sang bayi.

B. Makna dan Hakikat Aqiqah

Memotong atau menyembelih hewan merupakan arti dari aqiqah. Dan menurut istilah ialah penyembelihan hewan ternak domba atau kambing yang disertai dengan dilaksanakannya aqiqah yang sesuai dengan sayarat dan ketentuan dari Islam.

Rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran sang bayi dan rasa cinta kepada rosul juga merupakan wujud dilaksanakannya aqiqah anak. Sdedangkan hewan yang disembelih orang tua ketika bayi sudah lahir dan ditujukan khusus untuk aqiqah sang bayi sebagai tebusan bayinya yang masih tergadai merupakan makna dari aqiqah.

Waktu pelaksanaan aqiqah yang lebih baik dan menurut sunnah ialah di waktu 7 hari, 14 hari, dan 21 hari setelah hari lahirnya sang bayi. Jika salah satu dihari tersebut sang orang tua belum dapat beraqiqah untuk sang bayi sebab belum mampu, maka hari untuk aqiqah boleh di ganti di hari kapan saja sampai orang tua sudah mampu beraqiqah untuk anaknya.

C. Pengertian Hukum Aqiqah

Ibadah aqiqah ialah ibadah sunnah yang bertujuan untuk melepaskan status tergadai si anak dan juga sebagai bentuk ungkapan rasa syukur orang tua atas kelaiharan anak. Dan aqiqah ini tidak lepas dari hukum aqiqah.

Ada para ulama berpendapat tentang 3 masalah hukum aqiqah, yakni: ada ulama yang berpendapat bahwa hukum aqiqah ialah wajib, sunnah mu’akkad, dan ada juga yang sunnah.

Sedangkan menurut ulama mazhab Syafi’i, hukum dari pelaksanaan aqiqah yaitu sunnah, yang dapat diartikan jika mampu. Dari pendapat yang berbeda diantara beberapa ulama teresebut disebabkan oleh banyaknya hadis yang dapat dilihat dari segi maknanya terdapat dalam hadits dan dari segi perawi hadits yang dilihat adalah dari shahih atau tidaknya hadits tersebut dan juga dari berbagai kedudukan dari hadits nya.

D. Pengertian Hewan Aqiqah

Aqiqah merupakan suatu proses penyembelihan hewan oleh orang tua yang ditujukan untuk menebus anaknya dari status tergadai nya.

Pelaksanaan Aqiqah bisa menggunakan binatan domba dan kambing baik itu berjenis kelamin betina atau jantan, namun ada yang mengatakan bahwa mengaqiqahi anak yang lebih baik ialah menggunakan kambing atau domba yang berjenis kelamin jantan.

Dengan syarat hewan benar-benar sehat dan tidak ada cacat fisiknya. Dan memilih hewan yang bagus dan gemuk adalah sangat dianjurkan untuk syarat hewan aqiqah.

Untuk syarat jumlah hewan aqiqahnya yaitu kambing 2 ekor untuk anak laki-laki dan kambing 1 ekor untuk anak perempuan. Untuk jenis kelamin hewan aqiqah bisa bebas sesuai ayah dan bunda pilih.

E. Menu Masakan Untuk Aqiqah

Menu menu masakan untuk aqiqah bisa bermacam macam, sesuai dengan selera Anda, seperti sate, gule, kambing guling, krengsengan, nasi kebuli, nasi kotak, soto, dendeng ragi, sate rebus, rendang, daging lapis, dan masih banyak menu menu lainnya yang dapat Anda sajikan untuk aqiqah.

Jika Anda memesan jasa aqiqah pada kami, Anda bisa memesan menu menu masakan yang sesuai dengan selera dan keinginan Anda. Untuk rasa masakannnya, Anda tidak perlu khawatir karena masakan di Aqiqah Berkah dimasak oleh juru masak yang profesional dan juga sudah sudah berpengalaman.

Maka sudah pasti tidak akan bau prengus kambing dan juga rasa masakannya yang sudah tentu enak dan lezat. Kami juga siap untuk mengantarkan menu menu aqiqah pesanan Anda ke alamat Anda atau ke tempat tempat penyaluran aqiqah yang Anda inginkan.

F. Ingin Bersedekah atau Berbagi Dengan Anak Yatim? Aqiqah Berkah Peduli Siap Membantu Anda

Untuk anda semuanya yang berada didaerah Cilacap dan sekitarnya, dan ingin melaksanakan aqiqah atau ingin menyalurkan aqiqah ketempat-tempat yang membutuhkan.

Aqiqah Berkah melayani jasa penyaluran Aqiqah yang Murah harganya, MUdah pesannya, dan Amanah penyalurannya. Aqiqah Berkah akan siap membantu menyalurkan aqiqah anda ketempat-tempat yang membutuhkan seperti, Panti asuhan, pondok pesantren dan masyarakat yang membutuhkan.

Mari untuk anda semuanya salurkan kepedulian anda melalui Aqiqah Berkah dengan menghubungi nomor layanan kami Aqiqah Berkah di 0813-3568-0602 atau bisa juga mengunjungi website resmi kami di www.aqiqahberkah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.