Paket Aqiqah Bekasi Utara Peduli Siap Membantu Anda Melaksanakan Aqiqah

By August 20, 2019 Artikel No Comments

Assaalamualaikum ayah bunda yang bertempat tinggal di daerah Bekasi dan sekitarnya, terimakasih telah mengunjungidi website resmi kami di Aqiqah Berkah. Dan pada kesempatan ini Aqiqah Berkah akan menjelaskan mengenai arti dari kata aqiqah, Apa hukum dari aqiqah menurut Islam, apakah wajib aqiqah bagi anak, apakan ada batas waktu untuk aqiqah, apakah aqiqah boleh dengan uang pinjaman. Oke mari langsung saja kita bahas bersama mengenai hal diatas dibawah ini.

A. Arti Kata Aqiqah

Kata aqiqah sendiri berasal dari kata Bahasa Arab artinya adalah memotong atau menyembelih. Aqiqah merupakan salah satu ibadah sunnah sebagai wujud rasa bersyukur dari orang tua kepada Allah swt.

karena lahirnya buah hati tercinta, dan kelahiran bayi tersebut harus diaqiqahi dengan disertai niat dan syarat syarat aqiqah yang sesuai dengan tuntunan dari agama Islam.

Dan aqiqah sendiri dilaksanakan pada hari ke tujuh, empat belas atau dua puluh satu setelah kelahiran bayi tersebut. Apabila ketiga hari tersebut kedua orang tua dari sang bayi belum berkemampuan melaksanakan aqiqah untuk bayinya, maka sang anak tersebut boleh di aqiqah setelah kedua orang tua dari anak sudah berkemampuan mengaqiqahi anaknya.

Dan apabila sang anak sudah beranjak dewasa atau sudah sampai bisa mencari rezeki sendiri tapi masih belum juga di aqiqahi oleh kedua orang tuanya, maka anak tersebut bisa mengaqiqahi dirinya sendiri.

B. Apa Hukum Aqiqah Dalam Islam ?

Ada beberapa pendapat para ulama yang membahas masalah hukum aqiqah, dan pendapat dari para ulama bahwa hukum aqiqah ialah wajib, sunnah mu’akkad, dan juga sunnah.

Dan menurut pendapat ulama mazhab Syafi’i, hukum melakukan aqiqah ialah sunnah, maksudnya adalah jika orang berkemampuan melaksanakan aqiqah.

Dari pendapat diatas dapat dibedakan dari para ulama disebabkan oleh ada banyak hadis yang dilihat dari segi makna juga dari segi perawi hadits dapat dilihat dari shahih dan tidaknya hadits tersebut dan dari kedudukan hadistnya.

pendapat dari perbedaan para ulama Ahlusunnah Waljama’ah yang mu’tabar, pengertiannya adalah sebagai berikut:

  1. Menurut madzhab Imam Hanafi, bahwa hukum aqiqah merupakan mubah artinya apabila dilakukan tidak mendapat pahala dan apabila dilakukan juga tidak mendapat dosa.
  2. Menurut madzhab Imam Malik hukum dari aqiqah yaitu sunnah, yang artinya apabia dilakasanakan mendapat pahala namun apabila tidak dilaksanakan tidak mendapat dosa
  3. Menurut Madzhab Imam Syafi’i, madzhab, dan madzhab Imam Malik, hukum dari aqiqah yaitu sunnah, yang artinya yaitu apabila dilakuakan kita mendapat pahala dan apabila tidak dilakuakan kita tidak mendapat dosa.
    4.Dan yang terkahir Menurut Madzhab Imam Ahmad bin Hanbal bahwa hukum aqiqah ialah sunnah, dan pendapat tersbut sama dengan pendapat madzhab Imam Malik dan Madzhab Imam Syafi’i.

C. Apakah Aqiqah Anak Itu Wajib ?

Dan jawaban dari pertanyaan tersebut yaitu tidak, karena hukum dari aqiqah merupakan sunnah muakkad, jadi sebaiknya dilaksanakan. Tetapi jika belum mapu melaksanan, boleh kapan saja melaksanakan aqiqah saat sudah mampu melaksanakannya.

Hari hari yang disunnahkan adalah pada hari ke-tujuh, ke-empat belas, atau dihari ke-21 dari kelahiran si bayi. Aqiqah bukanlah wajib, melainkan sunnah, sunnah yang lebih baik dilaksanakan.

Karena Nabi Muhammad SAW juga melaksanakan aqiqah untuk cucu nya, yaitu Hasan dan Husain. Jika Anda melaksanakan aqiqah anda akan mendapat banyak pahala, karena telah melaksanakan salah satu sunnah Rasulullah SAW.

Dan juga dapat meningkatkan ibadah kepada Allah swt. karena didalam acara aqiqah akan ada pembacaan Al-Qur’an dan pembacaan tahlil.

D. Apakah Aqiqah Ada Batas Waktunya ?

Oke sekarang kita bahas mengenai apakah aqiqah ada batas waktunya? menurut yang kami ketahui bahwa aqiqah sebenarnya tidak ada batas waktunya.

Jadi untuk anda semua yang belum melaksanakan aqiqah bisa melaksanakan aqiqah meskipun sudah berusia dewasa ataupun sudah berkeluarga, karena tujuan aqiqah adalah untuk menebus status diri kita yang masih tergadai.

Dan hukum melakukan aqiqah ketika anak sudah beranjak dewasa sebenarnyadiperbolehkan saja. Berhubung waktu yang disunahkan untuk mengaqiqah anak ialah saat hari ke tujuh, empat belas dan dua puluh dari hari kelahiran bayi, dan jika dari salah satu waktu tersebut kedua orang tua belum juga berkemampuan mengaqiqahi anaknya maka aqiqah diperbolehkan kapan saja sampai orang tua mampu mengaqiqahi sang anak.

Menurut ulama mazhab Hambali, bahwa mengaqiqah anak tidak perlu saat anak masih kecil, namun bisa melakukan aqiqah anak saat anak sudah beranjak dewasa, dengan syarat jika sampai dewasa anak tersebut belum juga diaqiqahi oleh kedua orang tuanya.

Hal tersebut diperbolehkan karena adanya sunnah melaksanakan aqiqah dan melaksanakan aqiqah tidak ada batas waktunya. Dan selama anak belum diaqiqahi juga, maka masih disunahkan melakukan aqiqah meskipun anak sudah dewasa atau bahkan sudah tua.

Dengan begitu, sunnah aqiqah tidak akan gugur, meskipun anak belum ataupun sudah dewasa sanga anak belum juga diaqiqahi karena aqiqah tidak memiliki batasan akhir dalam melaksanakannya.

E. Apakah Boleh Aqiqah Dengan Uang Pinjaman ?

Aqiqah merupakan salah satu sunnah Nabi SAW, jadi sebagai seorang muslim orang tua harus melakukan aqiqah untuk anak nya apabila sudah mampu.

Dan apabila belum berkemampuan melaksanakan aqiqah pada saat hari yang disunnahkan aqiqah, maka orang tua bisa berhutang terlebih dahulu dengan syarat orang tua benar benar sanggup untuk melunasi hutangnya tersebut.

Dan jika belum sanggup untuk melunasi hutang tersebut karena tidak tetapnya penghasilan, maka jangan lah melaksanakan aqiqah dengan berhutang terlebih dahulu. Tunggulah sampai benar benar mampu untuk melakuakan aqiqah anak.

Karena aqiqah tidak memiliki batasan waktu untuk melakuakannya, Anda bisa melaksanakan aqiqah kapan saja saat Anda sudah mampu untuk melaksanakannya, walaupun anak yang akan Anda aqiqahi sudah dewasa.

F. Menu Aqiqah Berkah Bekasi

Menu menu masakan di Aqiqah Berkah Berkasi bermacam macam, seperti sate, kambing guling, krengsengan, nasi kebuli, nasi kotak, dan masih banyak lagi menu lainnya. Anda juga bisa memesan menu menu lain yang sesuai dengan selera dan keinginan Anda.

Untuk rasa masakannnya, Anda tidak perlu khawatir karena masakan di Aqiqah Berkah cabang Bekasi dimasak oleh juru masak yang sudah berpengalaman dan profesional. Karena dimasak oleh juru masak yang profesional, maka sudah pasti tidak akan bau prengus kambing dan juga rasanya yang enak dan lezat.

G. Aqiqah Peduli Solusi Untuk Anda yang Sedang Berada di Daerah Bekasi

Untuk Anda yang berada di daerah Bekasi dan sekitarnya, Anda tidak perlu bingung lagi untuk memesan jasa aqiqah dimana. Karena Aqiqah Berkah akan membantu melancarkan acara aqiqah Ayah dan bunda.

Di Aqiqah Berkah juga menyediakan dua macam paket layanan aqiqah, yakni Paket Aqiqah Berkah Mandiri dan Paket Aqiqah Berkah Peduli. Dan Aqiqah Berkah akan membantu acara aqiqahan anak Ayah dan bunda dengan menyalirkan menu menu pesanan Anda ke tempat yang membutuhkan, seperti panti yatim piatu, pondok pesantren, panti asuhan, dan tempat tempat yang membutuhkan lainnya.

Selain tempat tempat rekomendasi kami, Anda juga bisa menentukan tempat tempat yang Anda inginkan untuk menyalurkan aqiqah anak Anda yang kemudian iformasikan kepada kami agar kami dapat menyalurkan aqiqah anak Anda ketempat tersebut.

Dengan pelayanan yang profesional, kami siap menyalurkan berbagai pesanan Anda ke tempat tempat yang Anda inginkan dan sudah diinformasikan kepada kami sebelumnya.

Kami juga akan mengirimkan foto foto dokumentasi dan berkas berkas aqiqah yang sudah kami laksanakan kepada Anda via pos ke alamat Ayah dan bunda.

Dan ayah dan bunda akan mendapatkan sertifikat aqiqah sebagai bukti bahwa ayah dan bunda sudah melakukan aqiqah dari lembaga Peduli Dhuafa. Dan ayah dan bunda juga akan mendapatkan buku risalah aqiqah dari kami secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.