Paket Aqiqah Bogor Peduli Siap Membantu Menyalurkan Aqiqah Anak Anda

By August 20, 2019 Artikel No Comments

Assaalamualaikum ayah dan bunda yang berada di daerah bogor dan sekitarnya, bertemu lagi di website resmi kami di Aqiqah Berkah. Dan pada kesempatan kali ini Aqiqah Berkah akan menjelasakan mengenai pengertian aqiqah secara jelas, kemudian apa hukum aqiqah menurut agama Islam, apa hukum aqiqah bagi anak, maksud aqiqah tergadaiapakah aqiqah itu wajib. Mari langsung saja kita bahas bersama berbagai penjelasan diatas tadi, dan berikut penjelasannya.

A. Pengertian Aqiqah Secara Lengkap

Kata aqiqah berasal dari Bahasa Arab yang memiliki arti memotong atau menyembelih. Aqiqah ialah salah satu ibadah sunnah sebagai bentuk ungkapan rasa bersyukur orang tua kepada Allah SWT atas kehadiran bayinya, baik bayi laki laki ataupun perempuan dengan disertai niat dan syarat syarat tertentu sesuai tuntunan agama Islam.

Aqiqah yang sesuai syariat dilakukan saat hari ke tujuh, empat belas, dan dua puluh satu setelah lahirnya sang bayi. Apabila pada hari tersebut ayah dan bunda masih belum mampu melaksanakan aqiqah untk bayinya, maka aqiqah bisa dilaksanakan kapan saja sampai orang tua sudah mampu mengaqiqah anakya.

Tetapi jika anak sudah mampu, maka anak tersebut diperbolehkan untuk meng-aqiqah-i dirinya sendiri.

B. Bagaimana Hukum Aqiqah Dalam Islam ?

Beberapa pendapat para ulama tentang masalah hukum aqiqah yaitu ada ulama yang berpendapat hawa hukum aqiqah adalah wajib, sunnah mu’akkad, dan juga sunnah.

Dan menurut ulama mazhab Syafi’i, bahwa melaksanakan aqiqah hukumnya adalah sunnah yang berarti bila mampu. Dari perbedaan pendapat tadi disebabkan karena banyaknya hadis yang dilihat dari segi makna yang terdapat dalam hadits tersebut erta kedudukan dari hadits tersebut.

Perbedaan pendapat menurut ulama Ahlusunnah Waljama’ah yang mu’tabar, penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Menurut madzhab Imam Hanafi, hukum ibadah aqiqah merupakan mubah artinya adalah jika dilaksanakan tidak mendapat pahala dan apabila dilaksanakan juga mendapat dosa.
  2. Menurut madzhab Imam Malik hukum ibadah aqiqah merupakan sunnah, artinya apabila dilaksanakan mendapat pahala dan apabila dilaksanakan tidak mendapat dosa.
  3. Menurut Madzhab Imam Syafi’i, bahwa hukum ibadah aqiqah merupakan sunnah, dan pendapat ini sama dengan pendapat ulama madzhab Imam Malik
  4. Menurut Madzhab Imam Ahmad bin Hanbal bahwa hukum aqiqah adalah sunnah, dan pendapat tersebut sama dengan pendapat madzhab Imam Malik dan Madzhab Imam Syafi’i.

C. Apa Hukum Aqiqah Bagi Anak ?

Hukum aqiqah pada dasarnya ialah sunnah muakkad, yang atrtinya sebaiknya dilaksanakan. Melaksanakan aqiqah bayi yang baru lahir menurut Islam dan telah disepakati oleh ulama secara shahih adalah pada hari ketujuh setelah hari kelahiran dari sang bayi tersebut.

Apabila di hari tersebut sang bayi belum di aqiqahi dikarenakan sang orang tua belum mampu, maka bisa dilaksanakan pada hari ke empat belas setelah hari kelahiran dari sang bayi.

Dan apabila pada hari tersebut sang orang tua masih belum berkemampuan melaksanakan aqiqah untuk buah hatinya, maka boleh dilaksanakan pada hari ke dua puluh satu dari hari kelahiran sang bayi. Dan Ibadah aqiqah bisa dilakukan kapan saja pada saat kedua orang tua dari san g anak sudah berkemapuan mengaqiqahi sang buah hati.

D. Maksud Aqiqah Tergadai

Berdasarkan apa yang diriwayatkan oleh para ulama mengenai makna ‘tergadai’ ini, maknanya adalah bahwa apa saja amalan amalan anak tidak akan sampai kepada orang tuanya sampai anak tersebut disembelihkan hewan untuk aqiqahnya.

Jika anak meng-aqiqah-i dirinya sendiri, maka anak tersebut telah mengeluarkan kedua orang tuanya dari gadaian yang orang tua ikut ke dalam status tergadai tersebut.

Ketika si anak melaksanakan aqiqahnya sendiri, lebih baik daging aqiqah tersebut disedekah kan sedikit dan sisanya di simpan dan dimakan sendiri agar amalan amalan si anak sampai kepada orang tua yang telah melahirkan si anak tersebut. Dengan begitu, si anak dan orang tua yang masuk ke dalam status tergadai telah terbebas dari status tergadai tersebut.

E. Apakah Aqiqah Wajib

Jawabannya adalah tidak, karena hukum aqiqah adalah sunnah muakkad, jadi sebaiknya dilaksanakan. Tetapi jika belum mapu melaksanan, boleh kapan saja melaksanakan aqiqah saat sudah mampu melaksanakannya. Hari hari yang disunnahkan adalah pada hari ke-tujuh, ke-empat belas, atau dihari ke-21 dari kelahiran si bayi.

Aqiqah bukanlah wajib, melainkan sunnah, sunnah yang lebih baik dilaksanakan. Karena Nabi Muhammad SAW juga melaksanakan aqiqah untuk cucu nya, yaitu Hasan dan Husain.

Jika Anda melaksanakan aqiqah anda akan mendapat banyak pahala, karena telah melaksanakan sunnah Rasulullah SAW. juga dapat meningkatkan ibadah kepada Allah swt. karena didalam acara aqiqah akan ada pembacaan Al-Qur’an dan pembacaan tahlil.

F. Ingin Aqiqah Tapi Berada di Bogor, Tenang Aqiqah Berkah Bogor Peduli Solusinya

Untuk Ayah dan Bunda yang bertempat tinggal di daerah Bogor dan sekitarnya,tidak perlu bingung dan pusing lagi untuk mencari jasa layanan aqiqah atau jasa penyaluran aqiqah.

Karena di Aqiqah Berkah menyediakan jasa layanan dan penyaluran aqiqah yang murah, mudah dan amanah dan pastianya Aqiqah Berkah siap membantu penyaluran aqiqah putra putri ayah dan bunda .

Dengan menyediakan dua paket layanan aqiqah, yaitu Paket Aqiqah Mandiri dan Paket Aqiqah Peduli. Kini Aqiqah Berkah siap membantu aqiqah anak Anda dengan menyalurkan menu menu pesanan Anda ke tempat yang membutuhkan, panti asuhan, pondok pesantren, dan tempat atau masyarakat yang membutuhkan.

Selain tempat tempat rekomendasi kami, Anda juga bisa menentukan tempat tempat yang Anda inginkan untuk menyalurkan aqiqah anak Anda yang kemudian informasikan kepada kami agar kami dapat menyalurkan aqiqah anak Anda ketempat tersebut.

Dengan pelayanan yang profesional, kami siap menyalurkan berbagai pesanan Anda ke tempat tempat yang Anda inginkan dan sudah diinformasikan kepada kami sebelumnya.

Kami juga akan mengirimkan foto foto dokumentasi dan berkas berkas aqiqah yang sudah kami laksanakan kepada Anda via pos ke alamat Anda. Anda akan mendapatkan buku risalah aqiqah dari kami dan sertifikat sebagai tanda bahwa anda sudah melaksanakan aqiqah dari lembaga Peduli Dhuafa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.