Paket Aqiqah Daerah Pondok Gede Peduli Yang Jujur Dan Amanah

By September 9, 2019 Artikel No Comments

Sebelum memulai pembahasan artikel ini alangkah baiknya kami ucapkan terlebiih dulu salam Assalamu’alaikum semuanya. berjumpa lagi diartikel aqiqah berkah kami, nah sebelum kita membahas tentang paket aqiqah yang ada di Pondok Gede kami akan bahas terlebih dahulu mengenai aqiqah, qurban beserta dalilnya dibawah ini.

A. Pengertian Aqiqah dan Qurban Beserta Dalilnya

Arti dari kata aqiqah yaitu penyembelihan dan pemotongan, dan jika diartikan secara jelas yaitu Suatu prosesi hewan yang disembelih untuk niat ibadah aqiqah dan dilaksanakan sesuai dengan waktu yang disunnahkan aqiqah.

Dan dibawah ini dalil tentang aqiqah yang perlu anda ketahui:

“setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, maka pada hari ketujuh sembelihkan hewan, cukur rambutnya, dan diberi nama” (HR. Ahmad dan Imam)

Kemudian qurban artinya dekat, Arti secara lengkap yakni ibadah sunnah yang dilakukan dengan penyembelihan binatang qurban serta dilaksanakan pada hari raya idul adha, dan jenis hewannya pun juga harus sesuai dengan peraturan yang ada pada agama islam. Dan ini adalah dalil tentang qurban:

“dan jika kalian telah melihat hila (tanggal) masuknya bulan Dzulhijjah, dan salah seorang diantara kamu ingin berqurban, maka hendaklah ia membiarkan rambut dan kukunya” (HR. Muslim)

B. Tata Cara Aqiqahan Menurut Islam

  1. Sebelum pada prosesi aqiqah tentunya harus menyiapkan makanannya terlebih dahulu, nah maka dari itu kita harus sembelih hewan aqiqah terlebuh dahulu dengan niat untuk aqiqah.
  2. Proses penyembelihan hewan tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan sunnah yang dianjurkan aqiqah, namun dihari yang disunnahkantersebut dapat dilaksanakan jika sudah mampu, Namun jika dihari tersebut anda belum mampu, maka aqiqah dapat dilaksanakan di hari sesuai anda mampu.
  3. Didalam acara aqiqahan, Cukur dan beri nama sang bayi sambil diiringi lantunan sholawat nabi serta membaca doa untuk sang bayi.
  4. Dipenghujung acara aqiqahan, silahkan bagi daging aqiqah untuk para tamu undangan, namun bisa juga dibagi kepada tentangga, teman, kerabat ataupun fakir miskin.

C. Tuntunan Acara Aqiqah

Tuntunan acara aqiqah adalah sebagai berikut:

  1. Yang pertama pada acara aqiqah ialah membuka acara yang dipimpin oleh pembawa acara dengan mengucap salam dan membaca kalimat bismillahhirrohmanirrohim.
  2. Lalu membacakan ayat-ayat suci Al-qur’an.
  3. Silahkan beri kata sambutan untuk tamu undangan yang dapat dipimpin oleh salah satu wakil dari orang tua bayi, namun akan lebih baik jika yang memimpin ialah ayah dari bayi.
  4. Prosesi pencukuran rambut bayi serta pemberian nama, yang diiringi dengan sholwat nabi dan juga lantunan doa untuk bayi yang diaqiqah.
  5. Mendengarkan ceramah dari pak ustadz yang telah diundang oleh sang pemilik acara.
  6. Persilahkan para tamu undangan untuk mencicipi masakan aqiqah, dan setelah itu bagikan nasi kotak kepada para tamu yang akan pulang.

D. Doa Menyembelih Binatang Aqiqah

Pada saat prosesi sembelih hewan aqiqah akan ada niat khusus yang dibaca, dan niat tersebut haruslah benar sesuai peraturan yang ada dalam agama islam. Dan inilah niat tersebut:

“Bismillah Allahu Akbar. Allahumma minka wa laka, hadzihi ‘aqiiqotu (nama anak yang diaqiqah)”

yang artinya “dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah aqiqah (nama anak yang diaqiqahi)”

E. Contoh Doa Aqiqah

Didalam acara aqiqahan tentunya ada bacaan doa atau tahlil yang harus dibaca, dan bacaan tersebut ialah sebagai berikut:

“Allahummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyani wa min jami’is sayyiati wal ‘ishyani wahrishu bihadlanatika wa kafalatika al-mahmadati wa bidawami ‘inayatika wa ri’ayatika an-nafidzati nuqaddimu biha ‘alal qiyami bima kalaftana min huquqi rububiyyatika al-karimati nadabtana ilaihi fima bainana wa baina khalqika min makarimil akhlaqi wa athyabu ma fadldlaltana minal arzaqi. Allahummaj’alna wa iyyahum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur’ani wa la taj’alna wa iyyahum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyani.”

F. Tata Cara Pembagian Daging Qurban dan Aqiqah

Cara membagikan daging qurban adalah dibagikan dalam keadaan masih belum dimasak atau masih mentah. Yang selanjutnya diberikan pada orang yang membutuhkan, yakni masyarakat fakir miskin.

Sebagian ulama berpendapat bahwa pembagian daging qurban dapat dibedakan jadi 3 bagian, dan tiga bagian tersebut ialah yang satu untuk masyarakat fakir miskin, kemudian sebagian untuk orang kaya, dan sebagian lagi untuk orang yang berqurban.

Tetapi, pembagian daging qurban yang utama adalah dibagikan semuanya, kecuali orang yang berqurban memakan sedikit daging qurban tersebut agar mendapat berkah ibadah qurban nya.

Sementara pembagian daging aqiqah adalah harus dengan keadaan sudah matang. Lalu silahkan bagi untuk parafakir miskin, tetangga, sahabat, kerabat, dan bisa juga dibagikan sekaligus disedekahkan ke tempat tempat yang membutuhkan, seperti panti asuhan atau panti anak yatim piatu.

G. Peduli Sesama Dengan Berbagi Melalui Aqiqah Berkah Peduli

Mari berbagi peduli dengan cara menyalurkan aqiqah anda ketempat dan masyarakat yang membutuhkan. Mari ayah bunda kita saling peduli terhadap sesama agar kita juga bisa berbagi kebahagiaan dengan yang lain, sebab kebahagiaan mereka adalah kebahagiaan kita semua.

Aqiqah Berkah sekarang hadir dengan layanan baru, yaitu Aqiqah Berkah Peduli, layanan tersebut khusus untuk menyalurkan aqiqah ketempat dan orang yang pantas atau berhak menerima aqiqah.

Dengan pelayanannya yang ramah, dan pesannya pun juga mudah serta harganya juga sangat murah, Aqiqah Berkah siap membantu memudahkan untuk melaksanakan aqiqah.

Mari langsung saja hubungi nomor layanan kami di 0813-3565-0602 atau bisa juga anda kunjungi website kami di qurban-aqiqah.com.

1. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

2. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

Leave a Reply

Your email address will not be published.