Paket Aqiqah di Tangerang Peduli

By August 31, 2019 Artikel No Comments

Hay semuanya yang ada di tanggerang dan sekitarnya, nah di aqiqah Berkah sekarang hadiri dengan Aqiqah Berkah Peduli loh.. Pasti semua pada pada penasaran kan? dan sebelum kami menjelaskan tentang Aqiqah Berkah Peduli, kami akan memberi pengetahuan terlebih dahulu kepada ayah dan bunda mengenai Aqiqah. Dan diartikel ini nanti akan dijelaskan tentang pengertian aqiqah serta qurban, apakah aqiqah itu wajib, apakah aqiqah sama dengan qurban, apakah boleh qurban sebelum aqiqah, apakah aqiqah wajib dalam Islam, doa utnuk orang yang beraqiqah, dan yang lainnya. Yuk langsung saja kita bahas bersama dibawah ini.

A. Pengertian Tentang Aqiqah dan Qurban

Sebelumnya materi tentang pengertian dari aqiqah dan qurban sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya. Namun diartikel ini akan dijelaskan kembali mengenai materi tersebut.

Oke mari kita awali sekarang. Sebenarnya pengertian dari aqiqah dan qurban itu hampir sama, namun yang membedakan hanya arti dan pelaksanaanya saja.

Kata aqiqah ialah suatu kata yang berasal dari kata bahasa arab yang berarti pemotongan atau penyembelihan, namun jika diartikan secara lengkap ialah suatu proses penyembelihan dan pemotongan hewan aqiqah yang dilaksanakan pada hari ketujuh, empat belas atau bisa juga dihari ke dua puluh satu setelah bayi dilahirkan.

Sedangkan arti adri kata qurban ialah dekat dan jika diartikan panjang ialah suatu proses penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan pada hari raya idul adha atau hari raya idul qurban, dan dilaksanakan satu kali saja dalam setahun.

B. Apakah Aqiqah Itu Diwajibkan ?

Jawabannya adalah diwajibkan, jika aqiqah tersebut telah dinazarkan. Karena hal apapun yang jika dinazarkan, maka akan menjadi wajib hukumnya.

Dan apabila aqiqah tersebut tidak dinazarkan, maka hukum aqiqah tersebut tetaplah sunnah muakkad yang berarti dianjurkan untuk dilaksanakan.

Tetapi menurut sebagian ulama ada yang mengatakan bahwa hukum aqiqah ialah sunnah. Ada dari beberapa ulama yang berpendapat mengenai hukum aqiqah ialah sunnha yaitu ulama Imam Malik, Imam Syafi’i beserta pengikutnya, ulama Amdinah, Imam Ahmad, Abu Tsur, Ishaq, dan sebagian besar ualama fiqih dan ijtihad.

Adapula yang mengatakan hukum aqiqah yaitu wajib, dan ulama yang berpendapat bahwa hukum aqiqah ialah wajib, antara lain ialah Imam Hasa Al-Bashri, Al-Laits Ibn Sa’ad dan yang lainnya.

C. Apakah Aqiqah Sama Dengan Qurban ?

Jawabannya adalah tidak sama meskipun aqiqah dan qurban memiliki beberapa kesamaan, misalnya yaitu hewan yang digunakan boleh sama. Aqiqah dan qurban memiliki banyak perbedaan antara lain perbedaan dalam tujuan syariat nya, dimana qurban disyariatkan untuk memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. yang sejarahnya sudah tertulis di dalam Al-Qur’an sedangkan aqiqah dilaksanakan untuk mewujudkan rasa syukur orang tua atas kelahiran anaknya. Perbedaan kedua adalah pada jumlah hewan yang digunakan atau yang disembelih, jika qurban tidak memiliki batasan dalam jumlah, maka aqiqah memiliki batasan, yaitu berjumlah dua ekor untuk anak laki laki dan seekor untuk anak perempuan. Perbedaan ketiga adalah waktu pelaksanaannya, qurban dilaksanakan saat hari Idul Adha dan 3 hari setelah nya, sedangkan aqiqah adalah pada hari ketujuh dari hari kelahiran anak.

D. Apakah Boleh Qurban Sebelum Aqiqah ?

Terdapat beberapa alasan untuk hal ini tetapi dapat disimpulkan bahwaa berqurban boleh dilakukan sebelum melaksanakan aqiqah. Berikut ini adalah alasan alasannya

  1. Jika situasi kondisinya tidaklah mendekati hari Idul Adha, maka lakukan aqiqah terlebih dahulu dan jika mendekati Idul Adha, maka berqurbanlah terlebih dahulu
  2. Jika pelaksana belum diaqiqahi semenjak dilahirkan dan hendak berqurban, maka qurban tersebut sudah mewakili aqiqah untuk si pelaksana
  3. Qurban memiliki keutamaan hukum yang terlebih utama dibandingkan dengan aqiqah, jadi jika hanya memiliki dana untuk melakukan salah satu dari keduanya, maka pilihlah untuk melaksanakan qurban terlebih dahulu

Tetapi jika ingin untuk melaksanakan keduanya secara bersamaan, hal tersebut juga diperbolehkan dengan niat menyembelih hewan untuk berqurban sekaligus untuk beraqiqah.

E. Apakah Aqiqah Wajib Dalam Islam ?

Jawabannya adalah tidak, karena hukum aqiqah adalah sunnah muakkad, jadi sebaiknya dilaksanakan.

Tetapi jika belum mapu melaksanan, boleh kapan saja melaksanakan aqiqah saat sudah mampu melaksanakannya. Hari hari yang disunnahkan adalah pada hari ke-tujuh, ke-empat belas, atau dihari ke-21 dari kelahiran si bayi. Aqiqah bukanlah wajib, melainkan sunnah, sunnah yang lebih baik dilaksanakan.

Karena Nabi Muhammad SAW juga melaksanakan aqiqah untuk cucu nya, yaitu Hasan dan Husain. Jika Anda melaksanakan aqiqah anda akan mendapat banyak pahala, karena sudah melaksanakan sunnah Rasulullah SAW. juga dapat meningkatkan ibadah kepada Allah swt. karena didalam acara aqiqah akan ada pembacaan Al-Qur’an dan pembacaan tahlil.

F. Doa Untuk Orang Yang Aqiqah

  1. Doa ketika menyembelih hewan

Bismillâhi wallâhu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu…(ucapkan nama bayi yang diaqiqahi)

Artinya: “Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah aqiqahnya … (ucapkan nama bayi yang diaqiqahi)”

  1. Doa saat walimatul aqiqah

Allâhummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyâni wa min jamî’is sayyiâti wal ‘ishyâni wahrishu bihadlânatika wa kafâlatika al-mahmûdati wa bidawâmi ‘inâyatika wa ri’âyatika an-nafîdzati nuqaddimu bihâ ‘alal qiyâmi bimâ kalaftanâ min huqûqi rububiyyâtika al-karîmati nadabtanâ ilaihi fîmâ bainanâ wa baina khalqika min makârimil akhlâqi wa athyabu mâ fadldlaltanâ minal arzâqi. Allâhummaj’alnâ wa iyyâhum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`âni wa lâ taj’alnâ wa iyyâhum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyâni.

Artinya: “Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela.”

G. Daftar Harga Aqiqah Berkah Peduli

Jika Anda ingin memesan aqiqah anak Anda tetapi dengan disalurkan ke tempat tempat yang membutuhkan, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi ingin memesan dimana.

Kini Kami, Aqiqah Berkah menyediakan Paket Aqiqah Peduli, yaitu paket yang nantinya akan kami salurkan ke tempat tempat yang membutuhkan. Atau bisa juga disalurkan ke tempat yang Anda inginkan dengan menginformasikannya kepada tim kami saat Anda melakukan pemesanan.

Dengan harga yang terjangkau kami siap melayani pesanan dengan profesional. Berikut adalah daftar harga 2 paket layanan aqiqah di Aqiqah Berkah

A. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

B. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published.