Paket Aqiqah di Tasikmalaya Peduli

By September 4, 2019 Artikel No Comments

Assaalamualaikum, saya berterimakasih karena Anda telah berkunjung diwebsite ini. Kali ini akan dijelaskan tentang maksud aqiqah dan qurban, apakah aqiqah wajib dalam Islam, cara aqiqah anak yang sudah meninggal, bagaimana hukum aqiqah dengan sapi, hukum membagi daging aqiqah mentah, cara membagikan daging aqiqah, dan yang lainnya. Baiklah, silahkan simak penjelasan penjelasan dari saya mengenai hal hal tersebut.

A. Maksud Aqiqah dan Qurban

Pada awal pembahasan ini kami akan memeberi sedikit pengertian mengenai maksud dari aqiqah dan qurban. Aqiqah dan qurban tidaklah jauh berbeda dari pengertiannya, Aqiqah ialah suatu prosesi penyembelihan dan pemotongan kambing atau domba yang dilaksanakan dengan tujuan melepas status diri yang masih tergadai.

Sedangkan maksud dari qurban ialah tidak jauh beda dengan maksud dari aqiqah, yaitu suatu prosesi penyembelihan dan pemotongan sapi, kambing, domba, atau unta yang dilaksanakan dengan tujuan untuk ibadah aqiqah.

Hukum dari kedua tersebut ialah sunnah atau bisa dimaksud dengan sunnah yang dianjurkan. Dan kedua ibadah sunnah tersebut dilaksanakan pada orang yang sudah mampu melaksanakannnya.

B. Apakah Aqiqah Wajib Dalam Islam ?

Ada beberapa pertanyaan mengenai apakah aqiqah wajib dalam islam? dan Jawaban dari pertanyaan tersebut ialah tidak, karena hukum dari aqiqah sendiri yaitu sunnah muakkad, dan sebaiknya dilakukan.

Namun apabila belum mampu beraqiqah dihari yang sudah disunnahkan aqiqah, maka bisa kapan saja untuk melakukan aqiqah ketika sudah mampu melakukannya.

Dan hari/ waktu yang sunnah ialah dihari ke-7,14, ataupun dihari 21 sesudah hari bayi tersebut lahir. Melaksanakan ibadah aqiqah tidaklah wajib, tetapi sunnah, atau bisa disebut dengan sunnah yang lebih baik dilakukan.

Sebab Nabi Muhammad SAW melakukan aqiqah untuk cucu tercintanya, yang bernama Hasan dan juga Husain. Apabila Anda beraqiqah, maka anda jugaakan mendapat banyak pahala, karena dengan melaksanakan aqiqah sama dengan anda telah menjalankan sunnah Rosulullah SAW. Dan ibadah aqiqah juga dapat meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT.

C. Cara Aqiqah Anak Yang Sudah Meninggal

Ada juga pertanyaan yang bertanya tentang bagaimana cara mengaqiqahi anak yang sudah meninggal, Oke mari kita bahas bersama mengenai hal tersebut.

Banyak yang mengatakan bahwa aqiqah hanya untuk anak yang masih hidup saja, namun ada juga yang mengatakan aqiqah masih boleh untuk anak yang sudah meninggal.

Dari perbedaan tersebut kami terus mencari informasi mengenai hal boleh tidaknya mengaqiqahi anak yang sudah meninggal dan sampai akhirnya kami menemukan kesimpulan.

Yaitu bahwa mengaqiqahi anak yang sudah meninggal ialah masih diperbolehkan, hal tersebut diperbolehkan sebab hukum waktu melaksanakan aqiqah ialah tidak ada batas habis dan batas akhirnya.

Jadi untuk anda yang mempunyai anak yang sudah meninggal dan ketika masih hidup anak tersebut belum sempat diaqiqahi, maka orang tua masih bisa untuk mengaqiqahi anak yang sudah meninggal tersebut.

Untuk caranya pun sama dengan cara aqiqah anak yang masih hidup pada umumnya, dan berikut ialah cara aqiqah tersebut:

  1. Menyembelih hewan aqiqah dengan jumlah 2 ekor untuk anak laki-laki dan 1 ekor saja untuk anak perempuan, dan hewan tersebut harus benar-benar sehat, cukup umur serta tidak mempunyai cacat fisik.
  2. Masak daging aqiqah dari hewan yang disembelih tersebut menjadi masakan yang sudah siap saji ataupun masakan siap santap.
  3. Membagi daging aqiqah kepada para tamu undangan, tetangga, ataupun kerabat. Bisa juga disalurkan atau dibagikan ketempat panti asuhan, pondok pesantren, masjid ataupun tempat lainnya.

D. Bagaimana Hukum Aqiqah Dengan Sapi ?

Didalam kitab Kifayatul Akhyar, disebutkan bahwa “Menurut pendapat yang paling shahih, aqiqah menggunakan unta gemuk atau sapi lebih utama dibandingkan aqiqah menggunakan kambing.

Tetapi pendapat lain mengatakan bahwa aqiqah menggunakan kambing lebih utama, maksud dari pendapata tersebut ialah menggunakan dua ekor kambing untuk laki laki dan seekor kambing, untuk perempuan, sebab sesuai dengan bunyi sunnahnya, Jika mencermati penjelasan dari kitab tersebut, beraqiqah menggunakan sapi atau unta jelas suatu kebolehan.

Bahkan dikatakan dengan sangat sangat jelas, bahwa dari pendapat yang lebih shahih ialah pendapat yang mengatakan jika aqiqah menggunakan hewan unta atau sapi lebih utama dibandingkan aqiqah menggunakan kambing.

E. Hukum Membagi Daging Aqiqah Mentah

Diparagraf ini kita akan membahas mengenai hukum dari membagi daging aqiqah dengan keadaan mentah dan tidak dimasak. Untuk hukum pembagian daging aqiqah dengan keadaan mentah sebenarnya boleh-boleh saja.

Jadi apabila pembagian daging aqiqah dalam keadaan mentah masih diperbolehkan saja, namun akan lebih afdalnya jika membagikan daging aqiqah dengan keadaan sudah matang dan sudah disajikan dalam bentuk makanan siap santap.

Karena dalam pembagian daging aqiqah dalam keadaan matang, maka orang yang menerima aqiqah akan lebih mudah untuk langsung menikmati daging aqiqah tersebut.

Dan juga para tamu juga akan langsung bisa menyantap hidangan daging aqiqah tersebut. Jadi intinya untuk hukum membagikan daging aqiqah dalam keadaan mentah ialah diperbolehkan saja.

F. Cara Membagikan Aqiqah

Seperti yang sudah dijelaskan barusan bahwa cara untuk membagi daging aqiqah yaitu lebih baiknya dimasak terlebih dahulu. Namun jika anda hendak membagikan daging tersebut dalam keadaan mentah maka boleh-boleh saja, namu ada kalanya akan lebih baik jika daging tersebut diolah menjadi masakan terlebih dulu.

Daging aqiqah harus dimasak terlebih dahulu dengan tujuan agar penerima aqiqah tidak perlu memasaknya kembali atau repot untuk memikirkan menu olahan daging aqiqah.

Jadi untuk membagi daging aqiqah membutuhkan proses yang seikit lama, sebab daging aqiqah harus dimasak terlebih dulu menjadi makanan yang enak dan lezat.

G. Paket Aqiqah Berkah Peduli Beserta Daftar Harganya

Hallo untuk sahabat Aqiqah Berkar semuanya, sekarang kita sudah mencapai pada pembahasan yang terakhir pada artikel ini. Oke sekarang kami akan memberi sedikit informasi mengenai jasa layanan aqiqah berkah peduli yang ada di Aqiqah Berkah.

Sekarang Aqiqah Berkah hadir untuk anda yang bertempat tinggal di luar jawa dengan jasa penyaluran aqiqah berkah peduli. Maksud dari Aqiqah Berkah peduli ialah suatu layanan penyaluran aqiqah untuk anda yang bertempat tinggal jauh atau tidak bisa dijangkau lagi dengan pelayanan antar masakan aqiqah berkah.

Layanan penyaluran tersebut nantinya akan menyelurkan aqiqah anda ketempat yang berhak menerima aqiqah seperti masjid, pondok pesantren, panti asuhan ataupun tempat lain yang anda amanahkan.

Dan nanti anda juga akan mendapat sertifikat aqiqah gratis dari aqiqah berkah serta dokumen/ berkas pelaksanaan aqiqah.

A. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

B. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published.