Paket Aqiqah Garut Peduli Yang Murah, Mudah, Dan Amanah

By September 6, 2019 Artikel No Comments

Assalamualaikum, saya ucapkan terimakasih kepada yang sudah berkunjung dan membaca website ini. Dan konten kali ini akan menjelaskan mengenai pengertian aqiqah dan qurban serta dasar dasar hukumnya, makna aqiqah, bagaimana hukum aqiqah untuk diri sendiri, bagaimana proses aqiqah dilaksanakan, doa aqiqah bahasa Arab, dan yang lainnya.

A. Pengertian Aqiqah dan Qurban Serta Dasar Hukumnya

Aqiqah, kata aqiqah memiliki arti memotong atau bisa juga diartikan menyembelih. Dan ibadah sunnah aqiqah memiliki arti yaitu penyembelihan hewan ternak saat hari ketujuh dari lahirnya, entah itu anak perempuan maupun anak laki-laki.

Ibadah aqiqah hukumnya sunnah muakkad, yang berarti sunnah yang ditekankan bagi orang yang mampu melaksanakannya, jika benar benar tidak mampu maka tidak wajib untuk melaksanakan aqiqah.

Qurban, kata qurban memiliki arti dekat atau mendekatkan diri yang berasal dari kata bahasa Arab. Dan ibadah qurban merupakan proses penyembelihan hewan yang pelaksanaannya tepat pada hari raya Idul Adha dan saat hari tasyrik dengan diniatkan untuk kita lebih dekat lagi kepada Allah swt.

Dan Ibadah qurban memiliki hukum, yaitu sunnah muakkad yang artinya sunnah yang dipentingkan bagi orang yang mampu, dan tidak diwajibkan untuk orang orang yang benar benar tidak mampu.

B. Makna Aqiqah Anak

Aqiqah merupakan ibadah sunnah yang dilaksanakan pada hari ketujuh kelahiran bayi dengan tujuan untuk membebaskan bayi dari status tergadainya, yang artinya aqiqah ialah suatu prosesi untuk menebus status yang masih tergadai atau melapas dari statusnya yang tergadai.

Aqiqah juga merupakan suatu bentuk ungkapan rasa syukur orang tua atas karunia-Nya dengan lahirnya sang bayi. Selain dilakukan dihari ketujuh setelah kelahiran, aqiqah juga dapat dilakukan pada hari ke-14 dan bisa juga pada hari ke-21 setelah dilahirnya anak, namun apabila dihari ke-7 orang tua tidak berkemampuan aqiqah untuk anaknya.

Ibadah aqiqah memiliki hukum sunnah muakkad yang berarti sunnah yang ditekankan bagi yang mampu, jika tidak mampu maka tidak wajib untuk melaksanakannya.

C. Bagaimana Hukum Aqiqah Untuk Diri Sendiri ?

Mengenai pembahasan tentang hukum aqiqah sendiri, ada juga ulama yang berkatabahwa hukum dari beraqiqah yaitu wajib, tetapi ada juga yang berkata bahwa hukum aqiqah ialah sunnah.

Berdasarkan agama islam hukum aqiqah yaitu sunnah muakad, dan jika diartikan ialah sebagai sunnah yang dianjurkan. Jadi untuk anda ataupun putra putri anda yang belum diaqiqah, sebaiknya segera laksanakan aqiqah jika sudah mampu. Melaksanakan aqiqah ialah sama saja dengan kita menjalankan sunnah rosul.

D. Bagaimana Proses Aqiqah Dilaksanakan ?

Proses aqiqah biasanya diawali dengan penyembelihan hewan ternak sejumlah1 ekor anak perempuan dan 2 ekor anak laki-laki dengan syarat hewan ternak tersebut sudah cukup umur dan tentunya hewan tersebut sehat dan tidak memiliki cacat di tubuhnya.

Kemudian daging hasil aqiqah tersebut dibagikan kepada orang orang sekitar dalam keadaan sesudah dimasak terlebih dahulu. Berilah anak nama yang baik saat pelaksanaan aqiqah dengan tujuan agar anak mencerminkan akhlak dan imannya sesuai dengan nama yang telah diberikan.

Cukurlah sebagian rambut anak saat aqiqah dengan tujuan agar anak terhindar dari penyakit penyakit serta gangguan. Serta tidak lupa untuk selalu berdoa kepada Allah swt. agar anak tersebut dapat tumbuh menjadi anak yang sholeh / sholehah juga agar pertumbuhan anak terhindar dari godaan syaitan.

E. Doa Aqiqah Bahasa Arab

Saat pemanjatan doa untuk aqiqah, Anda bisa melafalkan kata dalam bahasa Arab, bahasa Indonesia ataupun dalam bahasa sehari hari yang biasa digunakan.

Berikut ini adalah ucapan doa dalam bahasa Arab, “U’iidzuka bi kalimaatillahittammaati min kulli syaithooni wa haammah. Wa min kulli ‘ainin laammah.”

Yang artinya “Saya perlindungan engkau, wahai bayi, dengan kalimat Allah yang prima, dari tiap godaan syaitan, serta dari setiap pandangan yang penuh dengan kebencian”

F. Layanan Aqiqah Berkah Peduli Yang Terpercaya

Nah sekarang Aqiqah Berkah menghadirkan pelayanan baru yaitu jasa penyaluran Aqiqah yang dipercaya banyakmasyarakat, dan pelayanan tersebut dinamakan dengan pelayanan Paket Aqiqah Berkah Peduli.

Penjelasan tentang Paket Aqiqah Berkah Peduli yaitu untuk anda yang tidak mrmpunyai waktu untuk beraqiqah dan untuk anda yang bertempat tinggal jauh dan ingin melaksanakan aqiqah tetapi belum bisa.

Nah di Aqiqah Berkah Peduli ini melayani untuk anda yang tidak bisa aqiqah dengan cara menyalurkan Aqiqah anda ke panti asuhan, pondok pesantren, masjid ataupun tempat yang anda amanahkan.

1. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

2. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published.