Paket Aqiqah Gunung Putri Peduli

By September 6, 2019 Artikel No Comments

Assalamualaikum, saya ucapkan terimakasih kepada yang sudah berkunjung dan membaca website ini. Dan konten kali ini akan menjelaskan mengenai pengertian aqiqah, tata cara aqiqah menurut syariat Islam, doa untuk anak saat aqiqah, doa sembelih hewan aqiqah, doa memotong rambut aqiqah saat aqiqah, dan yang lainnya. Langsung saja saya jelaskan tentang hal hal tersebut, silahkan simak penjelasan penjelasan berikut ini.

A. Pengertian Aqiqah

Aqiqah adalah ibadah sunnah yang betujuan untuk menebus bayi dari status tergadai dengan cara sembelih hewan aqiqah yang harus sesuai syariat syariat Islam.

Aqiqah merupakan bentuk pengungkapan rasa bersyukur kepada Allah atas karunia-Nya karena telah lahirnya seorang anak. Aqiqah dapat dilaksanakan saat bayi masih berumur tujuh hari jika orang tua sudah mampu melakukan aqiqah.

Dan dihari ketujuh itu rambut sang bayi akan dicukur, dan dihari itu juga sang bayi diberi nama yang memiliki arti nama yang bagus. Sebelum pada prosesi tersebut orangtua menyembelih kambing terlebih dahulu dengan niat untuk aqiqah anak.

Apabila pada hari ketujuh itu orang tua tidak mampu beraqiqah, maka aqiqah dapat dilakukan saat hari ke-14 atau juga bisa saat hari ke-21 sesudah hari kelahiran bayi.

Apabila di ketiga hari yang disunnahkan tersebut orang tua belum mampu melaksanakan, maka aqiqah boleh dilaksanakan kapan saja saat orang tua sudah mampu.

B. Tata Cara Aqiqah Menurut Syariat Islam

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai tata cara aqiqah menurut syariat islam yang benar:

  1. sembelih hewan, dengan jumlah sembelihan 2 ekor kambing apabila anak yang diaqiqahi ialah laki laki, dan sebelih 1 ekor kambing apabila anak yang diaqiqahi perempuan. Hewan tersebut memiliki syarat cukup umur, sehat, tidak memiliki cacat ditubuhnya, dan juga lebih baik menggunakan hewan yang berwarna putih.
  2. Pembagian daging aqiqah, bagikan kepada orang orang sekitar yang membutuhkan atau kepada kerabat, sahabat, tetangga, dan yang lainnya. Pembagian daging aqiqah juga harus dengan keadaan sudah matang dan sudah dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan.
  3. Pemberian nama untuk anak, berilah nama untuk anak dengan nama namaa yang memiliki arti yang baik. Hal ini bertujuan agar anak dapat mencerminkan akhlah dan imannya sesuai dengan nama baik tersebut.
  4. Mencukur rambut anak, cukurlah sebagian rambut anak dengan tujuan semata mata agar anak terhindar dari segala penyakit penyakit serta gangguan gangguan lainnya.
  5. Doa, panjatkan doa doa untuk anak agar anak kelak menjadi anak yang sholeh / sholehah.

C. Doa Untuk Anak Ketika Aqiqah

Dalam aqiqah anak, haruslah memanjatkan doa doa untuk anak agar saat pertumbuhan anak terbebas dari gangguan serta godaan syaitan. Atau agar anak selalu dalam perlindungan Allah SWT.

Berikut ini adalah doa doa yang bisa dipanjatkan saat acara aqiqah anak:

“U’iidzuka bi kalimaatillahittammaati min kulli syaithooni wa haammah. Wa min kulli ‘ainin laammah.”

Artinya: “Saya perlindungan engkau, wahai bayi, dengan kalimat Allah yang prima, dari tiap godaan syaitan, serta dari setiap pandangan yang penuh dengan kebencian”

D. Doa Hewan Aqiqah

Ketika prosesi penyembelihan hewan aqiqah dianjurkan untuk menyebut asma Allah terlebih dahulu dan dilanjutkan untuk membaca doa sembelih hewan aqiqah dibawah ini:

“Bismillah Allahu Akbar. Allahumma minka wa laka, hadzihi ‘aqiiqotu fulaan” yang artinya “dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah aqiqah fulan”

kata fulan dalam doa tersebut ditujukan untuk orang yang diaqiqahi. Dan ketika doa tersebut dibaca saat menyembelih, kata fulan tersebut diganti dengan nama anak yang diaqiqahi.

E. Doa Potong Rambut Saat Aqiqah

Dalam acara aqiqah anak, diharuskan untuk mencukur rambut anak, pemberian nama anak yang mempunyai arti baik dan bagus, dan menyembelihkan anak hewan aqiqah. Dan berikut ialah doa ketika prosesi pencukuran rambut sang bayi:

“Bismillahirrohmanirrohiim. Alhamdulillahirobbil’alaamin. Allahumma nurus samaawaati wanuurusy syamsi walqomari, Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati rosulullahi Shollallau ‘alaihi wasallah walhamdulillahi rabbil ‘alamiin.”

Artinya: “dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian Rasulullah SAW, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam”.

F. Menu Makanan Untuk Aqiqahan

Menu untuk makanan diacara aqiqahan ialah bisa bebas, maksudnya bebas ialah semua daging dari olahan kambing dapat anda olah atau anda masak sesuai dengan selera anda.

Namun yang biasa dipaki pada saat acara aqiqah ialah makanan sudah dalam bentuk nasi kotak dengan isi nasi, acar, mie, sambal goreng kentang, dan olahan dari daging hewan aqiqah.

Tidak hanya itu olahan daging hewan aqiqah juga bisa dibagikan dalam bentuk masakan siap saji atau prasmanan. Jadi untuk anda yang masih bingung dengan makanan untuk acara aqiqahan ialah bisa dalam bentuk makanan bebas.

Sebab dari aqiqahan tersebut ialah niatnya kita berbagi, ihklas, dan juga memberitahukan kepada semua orang tentang kehadiran bayi.

G. Penjelasan Paket Aqiqah Berkah Peduli Beserta Daftar Harga

Paket Aqiqah Peduli merupakan salah satu dari dua layanan paket aqiqa dari jasa aqiqah via online Aqiqah Berkah.

Paket ini anak melaksanakan aqiqah anak dengan kemudian menyalurkan aqiqah tersebut ke tempat yang berhak menerima. Tidak hanya itu, nanti anda juga akan mendapatkan sertifikat aqiqah gratis, dan laporan laporan aqiqah yang sudah kami laksanakan.

Jika Anda ingin memesan jasa aqiqah kepada kami, dan dibawah ini kami beri gambaran tentang harga paket masakan yang ada di Aqiqah Berkah.

1. Paket Aqiqah Peduli


daftar harga aqiqah peduli

2. Paket Aqiqah Mandiri


daftar harga aqiqah mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published.