Paket Aqiqah Jakarta Peduli, Solusi Aqiqah Warga Kota Besar

Assalamualaikum semuanya, terimakasih kami ucapkan karena sudah berkunjung di website ini. Kali ini akan menjelaskan mengenai arti aqiqah menurut agama islam, cara cara beraqiqah dengan benar sesuai tuntunan islam, hukum aqiqah jika menggunakan kambing betina dan yang lainnya. Langsung saja saya jelaskan mengenai hal hal yang sudah saya tulis sebelumnya, silahkan simak penjelasan penjelasan berikut ini.

A. Apa Arti Aqiqah Menurut Islam?

Aqiqah ialah salah satu ibadah sunnah sebagai bentuk perwujudan rasa syukur orang tua kepada Allah swt. atas kelahiran seorang anak baik laki laki maupun perempuan dengan disertai niat dan syarat syarat tertentu sesuai tuntunan agama Islam. Aqiqah menurut Islam dari para sahabat sahabt dan para ulama ahlusunnah adalah sebagai berikut:

  1. Dari Ibnul-Qayyim yang mengutip dari perkataan Abu ‘Ubaid bahwa Al-Ashmaa’iy dan yang lainnya berkata: “pada asalnya makna aqiqah itu adalah rambut bawaan yang ada dikepala bayi ketika lahir.” Pengertian ini dimaksudkan untuk kambing yang disembelih untuk aqiqah anak bersamaan dengan dicukurnya rambut si bayi.
  2. Al-Jauhari juga berkata bahwa,: “aqiqah adalah menyembelih hewan pada hari ketujuhnya, dan mencukur rambutnya”. Yang disusul dengan perkataan Ibnul-Qayyim bahwa,: “dari penjelasan ini jelaslah bahwa aqiqah itu disebutkan demikian karena mengandung dua unsur diatas dan ini lebih utama”.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa arti aqiqah menurut islam ialah hewan yang disembelih oleh orang tua anak karena kelahiran seorang anak baik laki laki maupun perempuan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SAW dengan disertai niat dan syarat syarat tertentu sesuai tuntunan dalam agama Islam.

B. Cara Aqiqah Anak Dalam Islam

Cara aqiqah anak yang disunahkan dalam islam adalah sebagai berikut:

  1. Aqiqah disunnahkan dilaksanakan pada hari ke-7, ke-14, atau ke-21 dari kelahiran anak, jika tidak mampu maka boleh kapan saja asalkan orang tua sudah mampu.
  2. Aqiqah untuk anak jika anaknya laki laki adalah dengan menggunakan 2 ekor kambing sementara untuk anak perempuan hanya menggunakan 1 ekor kambing saja.
  3. Aqiqah sebaiknya dilakukan di tempat orang tua si bayi berada dan si bayi dilahirkan. Tetapi jika orang tua si bayi tidak bisa mengurusi aqiqah anaknya, maka aqiqah boleh dilakukan di tempat linnya.
  4. Hasil daging aqiqah sebaiknya diberikan dan dihadiahkan kepada fakir miskin, kerabat, tetangga, dan yang lainnya. Dan boleh juga dibagikan ke panti asuhan dengan maksud untuk bersedekah.

C. Hukumnya Aqiqah Dengan Kambing Betina

Pada dasarnya, aqiqah dengan kambing betina ataupun kambing jantan adalah diperbolehkan. Karena pada hadits hadits tidak pernah disebutkan untuk aqiqah harus menggunakan kambing jantan ataupun harus menggunakan kambing betina. Rasulullah SAW juga tidak menganjurkan atau mewajibkan untuk aqiqah dengan menggunakan kambing jantan ataupun menggunakan kambing betina. Orang tua anak mau beraqiqah dengan menggunakan kambing jantan atau kambing betina adalah suatu kebebasan dan hak bagi kedua orang tua si anak. Maka dari itu jika orang tua anak mampu untuk beraqiqah menggunakan kambing betina dan tidak mampu menggunakan kambing jantan boleh boleh saja. Dengan syarat kambing kambing tersebut sudah sesuai dengan syarat syarat untuk melakukan aqiqah.

D. Apakah Paket Aqiqah Jakarta Peduli itu?

Jika anda bertanya apakah paket aqiqah Jakarta peduli itu? Paket aqiqah Jakarta peduli adalah salah satu jasa paket layanan aqiqah untuk daerah Jakarta dan sekitarnya dari layanan aqiqah dan qurban via online Aqiqah Berkah. Paket ini berupa masakan masakan aqiqah yang nantinya akan dikirimkan dan dibagikan pada tempat tempat yang dikehendaki atau diamanahkan kepada tim Aqiqah Berkah oleh pemesan, seperti di pondok pesantren, panti asuhan, dan masyarakat yang membutuhkan. Anda juga akan mendapatkan sertifikat aqiqah dari Peduli Dhuafa dan buku risalah aqiqah. Tidak hanya Paket Peduli, di Aqiqah Berkah juga terdapat Paket Aqiqah Mandiri yang waktu pelaksanaannya, menu masakan aqiqah nya bisa ditentukan oleh shahibul aqiqah. Untuk pengiriman Paket Mandiri tidak akan ditarik biaya pengiriman atau gratis ongkos kirim.

E. Bolehkah Aqiqah di Panti Asuhan?

Jika hal ini bermaksud untuk membagikan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan, hukumnya adalah diperbolehkan dan tidak menggugurkan kesunahan aqiqah tersebut. Di karenakan hasil aqiqah haruslah dibagikan atau bisa juga disedekahkan kepada orang orang sekitar tanpa membeda bedakan orang orang tersebut. Termasuk ke panti asuhan yang terdapat banyak sekali orang orang yang membutuhkan.

F. Daftar Paket Aqiqah Peduli

G. Cara Pemesanan Paket Aqiqah Peduli

Cara pemesanannya cukup mudah, yaitu:

  1. Silahkan Anda hubungi nomor layanan kami yang sudah tertera di website kami, dan tim kami akan memberikan penjelasan yang lebih detail.
  2. Informasikan kepada tim melalui SMS atau email tentang nama anak, tempat tanggal lahir, nama bapak & ibu, tanggal permintaan pelaksanaan aqiqah, dan alamat Anda untuk pengiriman laporan aqiqah.
  3. Transfer dana ke nomor rekening lembaga yang sudah direkomendasikan oleh tim Aqiqah Berkah
  4. Konfirmasi pemesanan Anda kepada tim Aqiqah Berkah jika Anda sudah mentransfer dana tersebut.
  5. Aqiqah akan dilaksanakan sesuai tanggal yang sudah disepakati dengan Anda.
  6. Kurang lebih di hari ketiga pelaksanaan, tim Aqiqah Berkah akan mengirim laporan aqiqah via pos ke alamat yang sudah ditentukan.
  7. Segera konfirmasi ke tim Aqiqah Berkah jika laporan sudah samapi di Shohibul Aqiqah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.